Cara Mengatasi Problem Memori Internal Android Penuh

10:56 AM
Cara Mengatasi Masalah Memori Internal Android Penuh | Memori internal penuh pada android sangat mengganggu. Selain menciptakan kinerja smartphone android menjadi lemot juga selalu memperlihatkan notifikasi bahwa memori internet penuh. Notifikasi ini kadang sering muncul saat membuka aplikasi pada smartphone android, misal akan menelpon, akan SMS, membuka aplikasi facebook, BBM dan aplikasi lainnya. Jelas ini sangat menganggu sekali.

Memori internal android penuh dapat terjadi alasannya yaitu adanya data yang tersimpan pada memori sangat banyak, baik itu data dokumen maupun data aplikasi. Misal terlalu banyak menginstal aplikasi, terlalu banyak menyimpan file video, MP3, dan data-data lainnya. 

Jika memori penuh diakibatkan hal tersebut, maka anda dapat menghapus beberapa data yang sudah tidak atau jarang dipakai dan menguninstal aplikasi yang tidak atau kurang bermanfaat. 

Namun jikalau anda merasa sayang dengan aplikasi yang ada pada smartphone android anda, maka anda dapat memindahkan aplikasi tersebut ke memori eksternal atau memori tambahan. Caranya sangat mudah, silakan ikuti aba-aba dibawah ini.

Memindah aplikasi Android ke Memori Eksternal/ SD Card Agar Memori Internal Tidak Penuh

  1. Buka ‘Pengaturan’ (Setting)
  2. Pilih ‘Aplikasi’ (Application)
  3.  Pilih ‘Kelola Aplikasi’ (Manage Application)
  4. Pilih aplikasi yang ingin kau pindahkan
  5. Tekan tombol Move To SD Card
Cara ini cukup efektif untuk mengurangi beban pada memori internal android anda. Tapi mungkin anda akan menemui beberapa aplikasi yang tidak dapat dipindah ke memori eksternal atau SD Card.

Bersihkan cache aplikasi biar memori internal tidak penuh

Cache yaitu data-data aplikasi yang tersimpan dalam memori. Tujuan aplikasi menciptakan data cache yaitu biar aplikasi berjalan lebih cepat. Namun tanggapan dari banyaknya data cache ini akan menciptakan memori anda menjadi penuh. Agar memori tidak penuh sesak dengan data cache aplikasi silakan hapus saja data-data tersebut.  Caranya yaitu sebagai berikut:
  1.  Buka ‘Pengaturan’ (Setting)
  2.  Pilih ‘Aplikasi’ (Application)
  3.   Pilih ‘Kelola Aplikasi’ (Manage Application)
  4.  Pilih aplikasi yang ingin kau hapus cache-nya
  5.  Setelah itu tekan tombol ‘Hapus Cache’.   (Clear Cache)

Hapus folder .thumbnail


Folder .thumbnail ini yaitu folder yang berisi duplikat foto yang ada di galeri. Tujuannya agr pengguna gampang dalam melihat foto-foto yang ada dalam folder. Namun thumbnail ini juga memakan daerah dan parahnya lagi, meskipun foto sudah dihapus thumbnail akan tetap ada. Makanya silakan hapus saja folder .thumbnail ini. Caranya yaitu sebagai berikut:
  1. Buka File Manager
  2.  Pilih memori internal
  3. Buka folder DCIM
  4.  Nah, nantinya di dalam folder DCIM ini, kau akan menemukan folder .thumbnail. Kamu dapat pribadi menghapus satu folder atau membuka folder dan menentukan semua foto untuk dihapus.
Selain cara-cara di atas anda juga dapat mengatasi dilema memori internal android penuh dengan menghapus data-data yang diakibatkan aktifitas aplikasi anda. Misal anda mengirim gambar atau video via line, WA, facebook, BBM maka aplikasi akan menyimpan file-file tersebut pada folder aplikasinya. Silakan anda hapus saja jikalau semuanya sudah tidak diperlukan lagi.

Itulah cara-cara mengatasi dilema memori internal android penuh yang dapat anda lakukan. Namun perlu anda fahami, saat anda melaksanakan cara-cara diatas anda akan mengalami beberapa hal pada aplikasi anda. Terutama aplikasi yang membutuhkan username dan paswoerd seperi aplikasi sosial media, maka sesudah anda menghapus data cache anda harus login lagi dari awal. Nah, pastikan anda tidak lupa dengan username dan pasword sosial media anda ibarat facebook, BBM, twitter, line, WA dan lainnya.

0 Response to "Cara Mengatasi Problem Memori Internal Android Penuh"

Post a Comment