Cara Mengatasi Smartphone Yang Cepat Panas Dan Baterai Cepat Habis

10:16 PM
Cara Mengatasi Smartphone Yang Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis | Para pengguna smartphone banyak yang mengeluh kalau smarphonenya cepat panas, bahkan panasnya melebihi ambang batas normal. Panas pada smartphone bersama-sama ialah hal yang masuk akal (asal panasnya tidak berlebih). Hal ini dikarenakan ada banyak faktor yang menyebabkan sebuah smartphone menjadi panas.

Panas pada smartphone bisa diakibatkan lantaran kerja dari CPU, RAM dan hardware lainnya. Semakin banyak aplikasi yang berjalan, maka kerja CPU dan RAM akan semakin keras daya yang diperlukan terus meningkat. Nah aktifitas ini secara umum akan menciptakan sebuah smartphone menjadi panas. Maka tak heran kalau smarphone dengan spesifikasi rendah, kualitas rendah dan biasanya harga murah akan cepat panas. Karena smartphone murah tersebut tidak bisa menjalankan aplikasi banyak secara bersamaan.

Cara Mengatasi Smartphone Yang Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis Cara Mengatasi Smartphone Yang Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis
Cara Mengatasi Smartphone Cepat Panas

Smartphone cepat panas juga bisa disebabkan lantaran terjadi kerusakan pada baterai. Biasanya baterai akan cepat habis bahkan ada perubahan fisik (menggelumbung). Jika sudah ibarat ini suhu baterai akan cepat naik dan mensugesti suhu smarphone secara keseluruhan.

Cara Mengatasi Smartphone Cepat Panas

1. Jangan Lakukan Overclock

Overclock ialah istilah yang dipakai untuk menggambarkan sebuah upaya meningkatkan kinerja smartphone melebihi kemampuan yang menjadi standar pabrikan. Akibat dari overclock ini maka hardware ibarat CPU, RAM dan lainnya akan dipaksa bekerja keras semoga smartphone berjalan lebih cepat. Tentu ini akan menyedot daya melebihi batas normal sehingga suhu pada smartphone akan naik dengan cepat.

2. Jangan Gunakan Smartphone Saat di-Charge

Idealnya, pada ketika di charge maka sebuah smartphone sebaiknya dimatikan. Jadi, smartphone harus dalam keadaan istirahat. Jika anda memaksa memakai smartphone pada ketika di charge maka akan terjadi kerusakan pada baterai. Diawali dengan suhu yang cepat panas, baterai menggelumbung bahkan pada tingkat ekstrim baterai bisa meledak.

3. Matikan Aplikasi Yang Banyak Menguras Baterai

Ada banyak aplikasi yang mungkin tetap berjalan meskipun anda sudah tidak menggunakannya. Misal aplikasi facebook, Line, Game Online dan lain sebaganinya. Aplikasi-aplikasi ini akan tetap menyedot daya baterai meskipun tidak anda gunakan. Makara pastikan semua aplikasi anda matikan jikalau sudah tidak digunakan. Ada baiknya juga anda melaksanakan seleksi ulang terhadap aplikasi yang terinstal pada smartphone anda. Jika ada aplikasi-aplikasi yang tidak anda butuhkan sebaiknya uninstal atau copot saja.

4. Jangan Membekap Smartphone

Untuk mengurangi panas jawaban aktifitas, smartphone membutuhkan sirkulasi udara yang baik. Makara jangan hingga adan membekap smarpthone anda dengan tangan hingga rapat atau mungkin mamasukkan ke dalam saku yang terlalu sempit sehingga mengurangi kelancaran sirkulasi udara.

5. Jauhkan Dari Sumber Panas

Selain dipengaruhi oleh kinerja smartphone, panas pada smartphone juga bisa diakbitkan imbas dari luar. Misal lantaran berdekatan dengan sumber panas dari alat elektronik lain. Contoh anda menaruh smartphone di atas TV, di atas kulkas, di bersahabat seterikaan yang sedang menyala, di bersahabat rice cooker dan alat elektronik lainnya. Jangan lakukan hal tersebut, lantaran akan semakin mempercepat kerusakan pada smartphone anda.

Nah itulah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi smartphone yang cepat panas. Jika usaha-usaha tersebut sudah anda lakukan tetapi smarphone tetap saja cepat panas bahkan daya baterai cepat habis atau bahkan terjadi mati mendadak. Ada baiknya anda untuk mempertimbangkan mengganti baterai.

0 Response to "Cara Mengatasi Smartphone Yang Cepat Panas Dan Baterai Cepat Habis"

Post a Comment