Cara Gampang Mengetahui Status Unlock Bloatloader (Ubl) Pada Hp Android (Xiaomi, Asus, Oppo, Samsung Dll) - Masgunggoyo

Cara Gampang Mengetahui Status Unlock Bloatloader (Ubl) Pada Hp Android (Xiaomi, Asus, Oppo, Samsung Dll)

Untuk hp dengan sistem android versi terbaru status bootloadernya biasanya dalam keadaan di lock atau dikunci, tapi ada juga yang sudah unloack (terbuka tidak dikunci), alasan lock pada boot loader biasanya sangat bersahabat kaitannya dengan sistem keamanan perangkat itu sendiri, dengan boot loader dalam keadaan terkunci maka hp android menjadi sangat aman.

Tapi bootloader yang di-lock juga ternyata membatasi pengguna untuk memodifikasi sistem xiaomi, contohnya ketika ingin melaksanakan flashing rom, flashing twrp dan keperluan lainnya, oleh alasannya ialah itu untuk tujuan tertentu terkadang bootloader pada hp android harus dalam keadaan unlock bootloader (ubl) atau terbuka, alasannya ialah jikalau bootloader masih dalam keadaan terkunci modifikasi sistem tidak akan berhasil, bahkan sanggup menciptakan perangkat bootloop atau softbreak.

Untuk anda yang bermaksud memodifikasi sistem xiaomi menyerupai ingin menginstal ulang custom room atau melaksanakan flashing baik flashing room maupun recovery, maka langkah pertama yang harus anda ketahui ialah status bootloader dari perangkat xiaomi tersebut, dengan mengetahui statusnya maka anda sanggup tetapkan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Di artikel kali ini saya akan coba menunjukkan tutorial sederhana bagaimana cara mengetahui status bootloader di hp android xiaomi, apakah statusnya unlock atau lock.

Cara mengetahui status Unlock bloatloader (UBL) pada HP Xiaomi

berikut ialah langkah-langkah untuk mengetahui status bootloader pada hp xiaomi, apakah lock booatloader atau unlock bootloader (UBL)!:

Untuk mengetahuinya kita sanggup memakai tool khusus yaitu minimal adb fastboot. tool ini sanggup dipakai untuk semua perangkat android. langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:

1. Download minimal adb fastboot
Tool ini merupakan tool adonan dari adb dan fast boot, adb (android device bridge) sendiri ialah tool menyediakan perintah khusus untuk memerintahkan perangkat android anda, sedangkan fastboot ialah tool khusus untuk memodifikasi sistem android, melaksanakan flashing dan modifikasi lainnya.

2. Instal tool adb and fasboot di komputer anda menyerupai biasa.

3. Matikan hp android anda, kemudian masuk ke fastboot mode, caranya dalam keadaan hp mati tekan tombol volume bawah dan power secara bersamaan, tahan beberapa ketika hingga hp menyala. Mode fastboot di xiaomi akan terlihat menyerupai gambar di bawah ini:



4. Hubungkan hp dengan komputer memakai kabel usb, komputer akan menginstal driver untuk perangkat hp android yang anda hubungkan, tunggu hingga perangkat sanggup terhubung dengan baik, pastikan driver terinstal dengan baik. biasanya notifikasinya akan muncul di sudut kanan bawah layar komputer.

Klik saja untuk mengetahui informasinya, Jika bergambar x merah itu artinya error, silahkan gunakan obrolan tersebut ikuti petunjuknya, biar window secara otomatis mencari dan menginstal driver yang dibutuhkan.

5. Jalankan tool minimal adb fastboot, akan tampil menyerupai gambar di bawah ini:


6. Cek perangkat dengan mengetikan perintah : fastboot devices


Gambar di atas menunjukan perangkat sudah terbaca oleh tool adb and fastboot, jikalau tidak muncul kemungkinan driver hp anda tidak terinstal dengan baik alias error ketika melaksanakan instal /hp tidak dikenali oleh komputer. silahkan perbaiki

7. Cek status bootleader dengan mengetikan perintah fastboot oem device-info


Lihat pada goresan pena Device unlocked, jikalau bertuliskan fasle, maka itu artinya bootloader pada perangkat android anda masih terkunci (locked bootloader) , jikalau nilainya true maka itu artinya bootloader hp android anda sudah dibuka (unlock bootloader  /ubl).

Tool di atas juga selain sanggup anda gunakan untuk mengecek status unlock bootloader, sanggup juga anda gunakan untuk fungsi berikut:

a. Membuka bootloader (perintahnya : fastboot oem unlock)
b. Mengunci bootloader kembali. (perintahnya : fastboot oem lock)
c. Flash TWRP
perintah:
fastboot erase recovery
fastboot flash recovery
recovery.img (file .img harus disimpan satu folder dengan instalasi tool adb and fastboot)

Perintah-perintah fastboot lainnya anda sanggup baca di sini

Atau sanggup juga anda lihat dengan mengetikan perintah fastboot help: command akan menampilkan perintah-perintah fastboot beserta keterangannya secara lengkap.

Keluar dari fastboot mode
Oh ya untuk keluar dari fastboot mode di hp android anda sanggup tekan tombol power dalam waktu yang usang hingga hp melaksanakan restart.


Demikian artikel sederhana mengenai Cara mengetahui status Unlock bloatloader (UBL) pada HP Android (xiaomi, asus, oppo, samsung dll), semoga artikel di atas cukup membantu.

0 Response to "Cara Gampang Mengetahui Status Unlock Bloatloader (Ubl) Pada Hp Android (Xiaomi, Asus, Oppo, Samsung Dll)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel