KODE IKLAN DFP 1 Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat Jaringan Komputer, Kerugian Jaringan Komputer, Dan Jenis-Jenis Jaringan Komputer | Masgunggoyo

Recents Posts

    Iklan Atas Artikel

    Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat Jaringan Komputer, Kerugian Jaringan Komputer, Dan Jenis-Jenis Jaringan Komputer

    KODE IKLAN 200x200
    KODE IKLAN 336x280
     Materi ini saya ambil dari salah satu mata pelajaran teknik komputer dan jaringan Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat Jaringan Komputer, Kerugian Jaringan Komputer, Dan Jenis-Jenis Jaringan Komputer

    Materi ini saya ambil dari salah satu mata pelajaran teknik komputer dan jaringan(tkj) kelas X semester 1, yaitu pada cuilan Jaringan Komputer.

    Materi jaringan komputer ini meliputi beberapa sub-materi diantaranya:
    • Pengertian Jaringan Komputer
    • Manfaat Jaringan Komputer
    • Kerugian Jaringan Komputer
    • Jenis-jenis jaringan komputer berdasar letak geografi (Pan, Lan, Man, Wan)
    Setelah kita mengetahui apa-apa saja yang akan dibahas pada bahan jaringan komputer, maka selanjutnya mari kita bahas satu persatu bahan pembelajaran diatas.


    Pengertian Jaringan Komputer

    Baca Juga: Belum Lengkap Kalau Komputer Kamu Tidak Ada Software Ini.

    Secara sederhana jaringan komputer yaitu suatu hubungan antara dua atau lebih sistem komputer , melalui media trasmisi untuk sanggup melaksanakan komunikasi data antara perangkat yang satu dengan perangkat lainnya.

    Saya tidak paham!!

    Tidak masalah, itulah alasan mengapa anda tiba kesini, yaitu untuk berguru yang tadinya tidak tahu menjadi tahu, yang sudah tahu menjadi lebih tahu.

    Baiklah, mari kita bahas pengertian jaringan komputer secara lebih mendetail.

    Jaringan komputer yaitu hubungan antara satu komputer dengan komputer yang lainnya. Hubungan disini maksudnya adalah, komputer sanggup saling bertukar data satu sama lain.

    Misalkan anda mempunyai komputer yang didalamnya terdapat data, berupa gambar-gambar. Kemudian teman anda meminta gambar tersebut. Lalu anda mengirim gambar tersebut ke komputer teman anda. Itulah yang dinamakan hubungan.

    Contoh lain dari hubungan yaitu transfer file melalui Bluetooth.

    Kedua referensi diatas merupakan citra dari hubungan antar perangkat. Namun bila kita memahami lagi mengenai jaringan Komputer, maka hubungan disini ialah hubungan komputer melalui media transmisi(media penghubung).

    Komputer satu dengan yang lain melaksanakan hubungan melalui media transmisi.

    Contoh media transmisi jaringan adalah: internet, kabel jaringan(kabel UTP, kabel STP, Coaxial, Fiber Optik).

    Makara kesimpulan dari jaringan komputer adalah;

    Hubungan komputer satu dengan komputer lainnya, melalui media transmisi(media penghubung) bisa berupa internet, maupun kabel jaringan. Untuk sanggup menyebarkan data(file) satu sama lain.

    Dimana komputer yang mengirim data disebut server, dan yang mendapatkan data disebut client.

    Lalu apakah salah, bila saya menyampaikan bahwa jaringan komputer adalah:

    Pertukaran data antara dua atau lebih komputer melalui media trasmisi (penghubung) untuk sanggup menyebarkan sumber daya.

    Tidak masalah, pengertian ibarat itu juga benar!!

    Karena intinya pengertian jaringan komputer terletak pada: hubungan dan media transmisi(media penghubung). Karena tanpa adanya media transmisi, maka tidak mungkin komputer sanggup saling berhubungan, maupun bertukar data.


    Manfaat Jaringan Komputer

    1. Dapat menyebarkan sumber daya(sharing)

    Dengan adanya jaringan komputer, maka kita bisa menyebarkan sumber daya yang ada, baik sumber daya yang ada pada server maupun pada komputer client.

    • Server yaitu perangkat yang menyediakan layanan/sumber daya
    • Client yaitu komputer yang meminta layanan dari server

    Apakah bisa sebuah client menyediakan layanan, ibarat halnya server?

    Bisa saja!! Didalam jaringan ada yang namanya jaringan Peer to Peer. Jaringan Peer to Peer yaitu sebuah sistem jaringan dimana komputer server dan komputer client mempunyai kedudukan yang sama.

    Makara komputer server sanggup berubah posisi menjadi komputer client dan sebaliknya, komputer client sanggup bertukar posisi menjadi komuter server.


    2. Pengiriman data yang lebih cepat dan efisien

    Baca Juga: Apa Itu Komputer??

    Kita bisa mengirim sumber daya dari satu komputer ke komputer lain dengan sangat cepat. Kecepatan proses transfer data tergantung pada banyak hal, salah satunya yaitu kualitas jaringan.


    3. Memiliki cakupan yang luas

    Kita bisa mengirim data dari satu daerah ke daerah lain tanpa adanya kendala. Ini sebab jaringan sanggup menjangkau area wilayah yang luas. Contohnya internet.

    Kita bisa saling bertukar data dari satu Negara ke Negara lainnya dengan mudah.


    4. Dapat menyebarkan devices(peralatan)

    Misalkan dalam sebuah kantor terdapat 1 printer, maka kita tidak perlu membeli banyak printer untuk masing-masing devices.

    Printer tersebut sanggup dipakai oleh semua karyawan kantor. Tentunya dengan meggunakan jaringan komputer.


    Kerugian jaringan komputer

    1. Biaya operasional relatif mahal

    Jika anda ingin membangun sebuah jaringan untuk kantor, maka sebaiknya anda pikirkan dahulu mengenai biaya yang akan dikeluarkan.

    Jika jaringan yang dibangun ingin dikembangkan dan diperbesar lagi, maka akan ada komplemen biaya yang lebih besar lagi.

    Dan apabila anda ingin membangun jaringan untuk rumahan, mungkin biaya yang dikeluarkan relatif kecil, namun tetap akan ada biaya komplemen bila ingin memperbesar jaringan.


    2. Biaya perawatan jaringan

    Masih berkaitan dengan biaya. Ada kalanya suuatu jaringan mengalami keadaan down(kurang baik), sehingga menyebabkan penggunaan jaringan menjadi terganggu.

    Masalah ibarat ini sanggup menyebabkan pengeluaran biaya kembali.

    Baca Juga: Jarang Diketahui, Inilah Sistem Operasi Buatan Anak Bangsa(Indonesia).


    3. Keamanaan data

    Tidak bisa dipungkiri bahwa suatu jaringan sanggup bocor atau rusak. Hal ini sangat wajar, pasalnya jaringan komputer sangat rentan terhadap para perusak.

    Sekuat dan sehebat apapun keamanaan jaringan, pastinya akan ada celah didalamnya.


    4. Troubleshooting lebih sulit

    Troubleshooting merupakan aktivitas yang dilakukan untuk meyelesaikan permasalahan pada jaringan. Tahapan troubleshooting diantaranya: mengidentifikasi masalah, mencari penyebab utama, mencari solusi, melaksanakan dokumentasi.

    Jenis-jenis jaringan komputer menurut letak geografi (Pan, Lan, Man, Wan)

    A. PAN (Personal Area Network)

    Jaringan PAN merupakan jaringan yang mempunyai cakupan area terkecil. PAN dipakai untuk menghubungkan perangkat-perangkat eksklusif saja ibarat mouse, keyboard, ponsel, laptop, headphone dan lain sebagainya.

    Jangkauan dari PAN hanya 9-10 meter saja, lebih dari itu bukan termasuk jaringan PAN.

    Jaringan PAN terbentuk oleh beberapa buah komputer, atau antara komputer dan perlatan bukan computer, ibarat handphone, printer dan lainnya.

    Sebuah jaringan PAN sanggup dibangun dengan memakai teknologi wire maupun wireless.

    Wire yaitu teknik menghubungan perangkat ke jaringan dengan memakai kabel, sedangkan wireless yaitu cara menghubungkan perangkat ke jaringan tanpa memakai kabel.

    Dalam membangun jaringan PAN dengan cara WIRE, biasanya dilakukan dengan memakai perangkat USB. Sedangkan cara mengaplikasikan PAN dengan wireless, biasanya dilakukan dengan memanfaatkan Bluetooth.

    Baca Juga: Kupas Tuntas Mengenai Command Prompt(Pengertian, Fungsi, Kelebihan, Kekuragan, & Perintah-Perintah).


    B. LAN (Local Area Network)

    LAN merupakan jaringan komputer yang mempunyai jangkauan relatif kecil, namun masih diatas PAN. Jaringan LAN biasa dipakai pada rumah, sekolah, kampus, laboratorium dan sebagainya.

    LAN pada umumnya memakai teknologi IEEE 802.3 Ethernet memakai perangkat switch. Selain itu ada juga teknologi 802.11b atau yang biasa disebut Wi-fi .

    Tempat-tempat yang menyediakan jaringan LAN dengan teknologi wi-fi biasa disebut Hostpot.

    Sesuai namanya LAN mempunyai jangkauan yang kecil, sehingga membuatnya gampang dikembangkan dan mendukung transfer data yang cukup tinggi.

    Ada 6 bentuk LAN yang disebut topologi yaitu:
    • Topologi BUS
    • Topologi Star
    • Topologi RING
    • Topologi MESH
    • Topologi Extended Star
    • Topologi Hierarchical

    C. MAN (Metropolitan Area Network)

    Jaringan MAN merupakan bentuk jaringan yang hampir sama dengan LAN, namun pada jaringan MAN jumlah komputer yang dipakai lebih banyak, juga jangkauan wilayah yang lebih besar.

    MAN merupakan jaringan komputer yang meliputi area seukuran kota, atau adonan dari beberapa LAN.

    MAN biasa di implementasikan pada kampus, perkantoran, pemerintahan dan sebagainya. Jangkauan MAN berkisar pada 5-50 kilometer.

    Pada penerapan jaringan MAN juga sanggup memakai dua metode yaitu: Wire dan Wireless. Untuk memakai metode wire, biasanya memakai kabel coaxial atau fiber optik.

    Saat ini penerapan metode jaringan MAN lebih difokuskan pada metode wireless, sebab dengan cara ini, pembangunan jaringan akan lebih murah sebab tidak memerlukan instalasi kabel, selain itu pemilihan wireless juga bisa menjakau area yang sulit dijangkau kabel.

    Salah satu implementasi jaringan MAN dengan metode wireless yaitu WiMax.


    D. WAN (Wide Area Network)

    WAN yaitu jaringan yang bisa meliputi area yang sangat luas, ibarat provinsi atau Negara. Jangkauan WAN ini merupakan jangkauan yang paling luas dari jaringan lainnya.

    Salah satu referensi WAN yaitu internet.

    WAN sanggup dipakai untuk menghubungkan kantor sentra dengan kantor cabang yang berada pada area yang berbeda dan pada daerah yang jauh.


    E. Internet

    Pastinya semua orang sudah sangat mengenal apa itu internet bukan? Internet berasal dari kata internetworking.

    Internet bisa dikatakan sebagai kumpulan aneka macam macam jaringan komputer di dunia yang terhubung satu sama lain dan sanggup saling berkomunikasi.
    KODE IKLAN 300x 250
    close
    ==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
    KODE IKLAN DFP 2
    KODE IKLAN DFP 2