KODE IKLAN DFP 1 9 Tips Menentukan Smartphone Android Berkualitas | Masgunggoyo

Recents Posts

    Iklan Atas Artikel

    9 Tips Menentukan Smartphone Android Berkualitas

    KODE IKLAN 200x200
    KODE IKLAN 336x280
     Tips Memilih Smartphone Android Berkualitas 9 Tips Memilih Smartphone Android Berkualitas

    Apakah kau berencana untuk membeli smartphone android baru? Kalau begitu sebaiknya anda membaca artikel ini deh. Memang apa keuntungannya saya membaca artikel ini?

    Anda akan dituntun menuju jalan kebenaran yang akan memperlihatkan anda pengetahuan bagaimana cara menentukan smartphone android yang berkualitas. Di dalam artikel ini saya akan berusaha memaparkan 8 tips sederhana untuk anda yang sedang galau dalam membeli hp android.

    Tapi sebelum itu ada beberapa hal kecil yang perlu anda perhatikan, diantaranya:


    A. Dana/uang

    Sebelum anda membeli smartphone, pastikan bahwa budget anda telah mencukupi. Silahkan sesuaikan budget dengan smartphone impian anda.

    Semakin anggun kualitas dari smartphone android kamu, itu berarti semakin mahal pula budget yang harus dikeluarkan.


    B. Fungsi smartphone

    Poin ini saya rasa sangat penting. Anda harus memperhatikan untuk apa smartphone itu nantinya, mau dipakai untuk apa?

    Jika anda hanya memakai smartphone hanya untuk acara normal saja menyerupai browsing, foto, sms, dan telepon, maka anda tidak perlu membeli android yang mempunyai spesifikasi mewah.

    Tapi bila anda ingin memakai smartphone untuk acara menyerupai game, streaming, kerja, dan acara berat lainnya, maka anda harus membeli smartphone yang mempunyai spesifikasi mumpuni.

    Itu saja yang perlu anda perhatikan sebelum membeli smartphone. Selanjutnya, mari kita simak 8 tips menentukan smartphone terbaik:


    1. Processor atau CPU (Central Processing Unit)

    Hal pertama yang harus kita periksa dan perhatikan ketika membeli smartphone gres ialah processornya.

    Apa itu processor?

    secara sederhana processor yaitu otak utama dalam sebuah sistem android. Sama halnya dengan manusia, smartphone android juga punya otak.

    Semakin baik otak insan berpikir, maka semakin baik pula orang tersebut melaksanakan tugasnya. Hal semacam ini juga berlaku pada android. Jika processor yang dimiliki mempunyai kualitas yang anggun maka anggun pula ponsel android itu bekerja.

    Lalu apa alhasil bila processor yang dimiliki mempunyai spesifikasi yang rendah?

    Tentunya smartphone akan terasa berat ketika digunakan, sering mengalami force close, lag, hang, dan sebagainya. Berikut yaitu tips menentukan prosesor android :


    A. Bagaimana sih cara menentukan processor yang baik?

    Jika kau punya dana/uang lebih, maka saya sarankan untuk membeli smartphone yang dibekali processor seperti: Snapdragon, QualCom, Tegra, Exynos, atau Nvidia.

    Namun, bila kondisi keuangan anda sedang kritis, maka silahkan pilih processor Intel atau Mediatek sudah cukup untuk penggunaan normal.


    B. Kualitas android tidak bisa hanya ditentukan oleh merek processornya saja

    Misalkan anda membeli smartphone A, dengan processor Qualcom, tapi seri-nya yaitu 200. Itu berarti processor ini mempunyai kualitas low.

    Nah, cara untuk menentukan processor yang baik yaitu dengan melihat seri dari processor itu sendiri. Pilihlah processor dengan seri tertinggi. Semakin tinggi seri processor, maka semakin tinggi pula kualitas processor tersebut.


    C. Selain merek dan seri processor, anda juga harus memperhatikan clockspeed processor tersebut

    Minimal carilah android yang mempunyai clockspeed 1Ghz atau lebih tinggi maka semakin baik kualitasnya.


    D. Pilihlah processor yang mempunyai banyak inti(cores) 

    Minimal pilihlah yang memakai 2 core, atau yang biasa disebut Dual Core. Semakin banyak inti(cores) pada processor maka semakin baik pula kinerja processor tersebut.

    Apa sih gunanya cores(inti)?

    Simpel saja sih. Gunanya untuk membagi tugas/pekerjaan. Jika processor anda yaitu Duad Core/dua inti, maka pekerjaan akan dibagi menjadi dua.

    Bila anda memakai processor Quad Core/4 inti, maka kiprah akan dibagi menjadi 4. Semakin banyak core dari processor, maka semakin ringan pula processor melaksanakan banyak tugasnya.


    2. RAM (Random Access Memory)

    Jika processor atau chipset bekerja sebagai otak, maka RAM yaitu sebagai ingatannya. RAM berkhasiat ketika kita menjalankan banyak sekali aplikasi secara bersamaan.

    RAM yaitu memori sementara yang bekerja sebagai pendukung processor. Semakin besar kapasitas RAM, maka kemampuan android untuk menjalankan aplikasi akan semakin cepat dan praktis.

    Pernahkah kau membuka banyak aplikasi di dalam layar androidmu? bila pernah, maka kau pastinya pernah mengalami suatu kondisi dimana ponsel android menjadi lemot, lag, dan bahkan force close.

    Itu semua terjadi lantaran memori RAM sudah penuh, dan sudah tidak bisa untuk menjalankan aplikasi lagi. Dari klarifikasi ini tentu kita tahu bahwa RAM juga merupakan faktor yang sangat besar lengan berkuasa terhadap kinerja hp android.

    Lalu seberapa besar kapasitas RAM yang kita butuhkan?

    Jawaban ini tergantung bagimana kebutuhan anda, bila anda hanya memakai hp untuk browsing dan berfoto maka anda tidak perlu memakai RAM yang besar. RAM yang mempunyai kapasitas sebesar 512-1gb saya rasa sudah cukup untuk pemakaian normal.

    Namun bila anda memakai android sebagai media untuk bermain game, maka saya sarankan anda untuk menentukan android dengan RAM yang besar. Pilih RAM yang mempunyai kapasitar 1-4gb ke atas.

    Saat menentukan RAM, anda juga perlu untuk memperhatikan frekuensi RAM tersebut. Satuan frekuensi biasanya disebut MHz. Pilihlah RAM yang punya kapasitas besar dan frekuensi yang tinggi.


    3. GPU (Graphics Processing Unit)

    Dari namanya tentu kita sudah mengetahui apa fungsi dari GPU. Secara simpel GPU dipakai sebagai media yang bertugas untuk mengolah banyak sekali tampilan grafis pada layar android. Dengan adanya GPU ini maka tampilan android anda akan menjadi semakin menawan.

    GPU akan memperlihatkan tampilan(interfaces) kepada user(pengguna) berupa tampilan yang memperlihatkan imbas 2D maupun 3D.

    Contohnya ketika kita menonton video dan game, tidak akan ada lag maupun buffering yang mengganggu bila GPU nya mumpuni. Selain lancar, memakai GPU mumpuni juga sanggup memanjakan mata kita lantaran tampilan grafis yang memukau, detail dan jernih.

    Jika anda yaitu Gamers yang sering bermain game-game 2D maupun 3D maka anda wajib menentukan GPU yang mumpuni. Ketika anda mempunyai android dengan GPU yang baik, maka tampilan grafis akan semakin menarik, lebih hidup, lebih detail, jernih dan tajam.

    Berikut yaitu tips menentukan GPU android yang mempunyai performa tinggi :


    A. Pilihlah GPU yang sudah terjamin kualitasnya, seperti: Adreno, Mali, Nvidia Tegra, PowerVR dll.


    B. Sama menyerupai processor, GPU juga mempunyai seri-nya masing-masing. Oleh lantaran itu sebaiknya anda menentukan GPU yang mempunyai seri tertinggi, yang keluaran terbaru dan mempunyai kecepatan yang mumpuni. Contohnya Tegra K1, PowerVR G6430 dan Adreno 540.


    C. Clockspeed juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas GPU. Kaprikornus pilihlah GPU dengan clockspeed tertinggi, minimal diatas 500 mHz.


    D. Core atau inti juga terdapat pada GPU. Semakin banyak core yang dimiliki maka semakin baik pula kinerja yang dihasilkan. Contohnya Mali MP4, yang berarti GPU tersebut memliki 4 buah core/inti.

    Dari klarifikasi diatas, kita sanggup menyimpulkan bahwa GPU mempunyai fungsi yang hampir sama dengan VGA(kartu grafis) pada komputer, yang mana fungsinya juga sebagai pengolah grafik pada layar monitor.

    GPU akan menjadi pertimbangan yang penting bagi para pecinta game, lantaran dengan adanya GPU ini maka tampilan game akan mempunyai kualitas 3D bahkan HD.


    4. Layar atau Display

    Komponen penting lain yaitu layar. Layar yaitu bab penting dalam sebuah perangkat android, yang berfungsi sebagai input dan output. Maksudnya bagaimana?

    Input yaitu proses ketika layar smartphone mendapatkan intruksi dari user. Misal anda ingin membuka galeri, maka anda menyentuh layar smartphone dan menekan icon gallery. Sentuhan jari anda akan diproses dan di identifikasi sebagai suatu perintah yang harus dijalankan oleh ponsel.

    Sedangkan output yaitu suatu proses dimana anda akan mendapatkan hasil dari input yang anda masukkan. Jika tadi anda memperlihatkan input biar ponsel anda membuka gallery, maka output yang akan anda terima yaitu tampilan gallery.

    Sebagus apapun android yang kau miliki, namun bila layarnya tidak bagus, maka akan sia-sia saja. Karena anda tidak akan menikmati hasil dari proses grafis yang ada. Setidaknya pilihlah smartphone yang mempunyai layar responsive, kuat, dan masih mulus.

    Berikut yaitu tips menentukan layar di smartphone android :

    A. Untuk pemilihan layar yang baik, anda bisa menentukan teknologi layar yang sudah terjamin kualitasnya, menyerupai Super Amoled, IPS, atau TFT.


    B. Kerapatan layar juga perlu diperhatikan, kerapatan ini sering disebut pixel. Semakin rapat maka semakin baik tampilan yang dihasilkan. Pilih layar dengan pixel per inchi diatas 300 supaya kualitas yang dihasilkan semakin baik.


    C. Hal selanjutnya yang tak kalah pentingnya yaitu resolusi layar. Pilihlah layar android yang mempunyai resolusi 1280x720(HD) atau 1920×1080 (Full HD). Jika resolusi layar android semakin tinggi, maka kualitas gambar yang dihasilkan akan semakin bagus, bahkan bisa berkualitas HD.


    D. Ketahanan layar juga perlu diperhatikan. Maka dari itu, anda sebaiknya membeli android dengan layar yang sudah dilengkapi dengan anti gores. Mengapa memakai anti gores?

    Tentu saja untuk melindungi layar smartphone dari bebagai duduk perkara menyerupai retak, tergores, bahkan pecah. Anda bisa memakai anti gores menyerupai Gorilla Glass atau Dragontail.

    Kalau saya boleh memberi saran, cobalah beli android yang punya layar anti air, anti api, anti banting dan lainnya.


    E. Ukuran layar. Untuk hal ini saya serahkan kepada anda. Anda bebas ingin menentukan memakai ukuran berapa, sesuai selera anda.

    Anda bisa memakai android dengan ukuran layar 4 hingga 7 inchi untuk ukuran ponsel pada umumnya, sedangkan untuk ukuran tablet anda bisa menentukan ukuran 7 hingga 12 inchi.


    5. Kamera

    Ini yaitu bab terpenting yang wajib di pertimbangkan ketika membeli smartphone, terutama bagi kau yang sangat suka berfoto.

    Dengan adanya kamera, maka anda sanggup mengabadikan banyak sekali momen-momen terbaikmu. Jangan sembarangan dalam menentukan jenis kamera android.

    Memangnya kenapa?

    Ya tentu saja, lantaran setiap momen itu penting, maka jangan hingga anda mengambil momen-momen penting itu dengan kamera smartphone yang jelek. Foto-foto anda bisa menjadi blur, buram, dan tidak jelas.

    Oleh lantaran itu sebaiknya anda memperhatikan beberapa tips menentukan kamera smartphone berikut:


    A. Perhatikan Mega Pixelnya.

    Jika anda ingin punya android dengan kamera yang bisa mengambil gambar dengan kualitas yang baik, maka anda harus memperhatikan Mega Pixel kamera tersebut. Jika android yang anda incar mempunyai kamera diatas 7MP maka kualitas dari jepretan gambar akan semakin baik.


    B. Pilih kamera yang dilengkapi dengan flash

    Kamera yang dilengkapi dengan flash atau cahaya sanggup meningkatkan kualitas gambar yang dihasilkan. Flash juga sangat bermanfaat apabila anda ingin mengambil foto pada malam hari.


    C. Auto Fokus

    Kamera yang mempunyai fitur auto fokus akan sanggup menciptakan tangkapan kamera semakin anggun dan detail. Semakin baik fitur auto fokus kamera, akan berdampak pada foto-foto indah yang anda hasilkan.


    6. Baterai

    Bagian ini juga tidak kalah pentingnya. Baterai bagaikan sumber tenaga smartphone kamu. Jika baterainya bekualitas jelek(low) maka akan berdampak pada ketahanan smartphone kamu.

    Misal saja, baterai yang kau miliki hanya bisa bertahan 1-2 jam saja, namun peggunaan smartphone lebih dari 2 jam. Ini merupakan suatu yang tidak baik, lantaran antara pemasukan dan pengeluaran tidak sesuai.

    Perhatikan pemilihan baterai yang baik, berikut:


    A. Pilih baterai dengan daya tampung yang besar. Apabila anda yaitu pengguna smartphone biasa yang hanya memfungsikan android hanya untuk keperluan menyerupai umumnya, maka pilihlah baterai yang memiiki daya tampung 2500 mAh.

    Namun sebaliknya bila anda yaitu seorang yang sangat aktif dengan ponsel, dan bahkan tidak bisa hidup dengan ponsel, maka lebih baik anda menentukan android dengan kapasitas baterai diatas 3000 mAh.


    B. Kamu bisa menentukan sendiri ingin baterai tanam atau baterai yang bisa dicopot. Dan tentunya kedua jenis baterai ini punya kelebihan dan juga kekurangan masing-masing. Oleh alasannya yaitu itu pikirkan baik-baik ya.

    Jika anda menentukan baterai tanam, maka kelebihannya lebih awet dan duduk perkara menyerupai baterai kembung sangat jarang dijumpai. Dan bila anda menentukan baterai yang bisa dicopot, maka anda sanggup dengan gampang memindahkan dan mengganti baterai sesuai selera anda.


    C. Pilih android yang mempunyai fitur fast charging.

    Memangnya kenapa? Apabila anda menentukan android dengan fitur fast charging maka ketika anda mencharger ponsel akan lebih cepat terisi. Mungkin hanya beberapa menit saja sudah terisi full.


    7. Mendukung jaringan 4G

    Anda niscaya tidak ingin mempunyai smartphone android yang lambat dalam urusan internet bukan?

    Lalu mengapa anda harus memakai android 4G, tidak lain dan tidak bukan lagi, lantaran teknologi jaringan 4G yaitu jaringan internet yang paling cepat ketika ini.

    Tapi tunggu dulu, ada satu hal yang perlu anda perhatikan. Apa itu?

    Perhatikan dan pastikan bahwa di kawasan anda sudah mendukung jaringan 4G. akan sangat merugikan bila anda sudah membeli smartphone 4G namun di wilayah anda tidak ada jaringan 4G, maka akan sia-sia saja, lantaran tidak sanggup digunakan.


    8. Desain Smartphone

    Apalah gunanya smartphone canggih namun tampilan bentuknya tidak menarik sama sekali. Hal ini tentunya akan menciptakan penggunanya merasa bosan.

    Maka dari itu pilihlah desain smartphone sesuai dengan impian anda. Pilih tampilan yang menarik, terkesan mewah, namun perhatikan juga bahwa anda nyaman memakai smartphone tersebut.


    9. Memori internal & eksternal

    Memori yaitu tempat untuk menyimpan banyak sekali jenis data baik itu gambar, musik, app, video, data, dll. Oleh alasannya yaitu itu ketika anda membeli smartphone sebaiknya anda menentukan android yang mempunyai kapasitas memori yang besar.

    Minimal pilihlah memori internal dengan kapasitas 8 GB keatas. Dan untuk eksternalnya sendiri anda bisa menentukan yang berkapasitas minimal 32GB. Semakin besar kapasitas memori maka semakin baik pula kualitas androidmu.


    Apakah artikel ini bermanfaat? apakah artikel ini membantu anda? silahkan berikan kritik dan saran anda di komentar. Dan jangan lupa untuk share artikel ini ke sosial media anda. Terimakasih.
    KODE IKLAN 300x 250
    close
    ==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
    KODE IKLAN DFP 2
    KODE IKLAN DFP 2