KODE IKLAN DFP 1 Penjelasan Apa Itu Mobile Friendly | Masgunggoyo

Recents Posts

    Iklan Atas Artikel

    Penjelasan Apa Itu Mobile Friendly

    KODE IKLAN 200x200
    KODE IKLAN 336x280
    Website mobile-friendly yaitu website yang dirancang untuk bisa ditampilkan dengan baik pada perangkat atau layar yang lebih kecil, menyerupai pada smartphone Android atau iPhone dan tablet berukuran sedang. Saat ini hampir seluruh orang di dunia sudah mengenal dengan baik mengenai jaringan internet dan paham menggunakannya dalam bermacam-macam perangkat. Bermula dari komputer dan laptop, bagi Anda yang menjalankan sebuah bisnis niscaya memanfaatkan jaringan internet untuk memperluas dan meningkatkan kesuksesan bisnis Anda. Hal itu termasuk penggunaan smartphone atau tablet untuk mengakses website bagi bisnis Anda.


    Website tradisional (yang tampil di layar komputer atau laptop), tidak secara umum diformat untuk tampilan ponsel dan masih belum mempunyai performa yang baik ketika diakses melalui perangkat tersebut. Sementara sudah banyak perusahaan yang melaksanakan transisi website mereka untuk diaplikasikan pada perangkat ponsel, banyak juga yang masih tak menyadari bahwa hal ini merupakan persoalan penting yang kuat besar terhadap bisnis mereka.
    Untuk merespon hal ini, ada 2 taktik pilihan yang biasa dipakai oleh website/blog:


    1. Menggunakan prinsip Responsive Web Design (RWD) untuk membuat template/desain halaman website yang bisa disesuaikan browser desktop dan mobile. Menurut prinsip ini, layout web/blog harus bisa mengikuti keadaan dengan lebar browser. Umumnya, desain responsif melibatkan dua hal: meta tag viewport (yang dipakai mobile version jg) dan CSS media queries (@mediascreen) untuk melaksanakan pembiasaan itu. Pada beberapa desain responsive yang lebih canggih, diperlengkap lagi dengan banyak sekali hal, misalnya: dipakai HTML5 secara utuh atau penggunaan javascript/jquery untuk memperkaya kemampuan respon, menyembunyikan beberapa elemen, dan menunjukkan imbas tertentu dikala peralihan device. Template dengan prinsip RWD ini bisa diakses dengan baik oleh banyak sekali browser, baik untuk desktop maupun browser mobile banyak sekali ukuran dan resolusi.

    2. Membuat desain dan versi halaman web khusus untuk kanal melalui perangkat mobile, atau istilahnya menyediakan template/theme mobile version. Konsep ini memakai fitur deteksi otomatis apabila terdapat kanal melalui mobile, sehingga kemudian (setelah terdeteksi) browser akan diredirect ke template/theme mobile version tersebut. Situs-situs gosip besar paling lazim memakai versi ini dan memakai domain bercirikan kanal mobile pada halaman versi mobile-nya (m.domain.com, mobile.domain.com, dll, ini tidak mutlak, cuma sebagai pola saja), Facebook juga (m.facebook.com). Di beberapa platform, fitur ini juga ada, misalnya: di Blogger ada fitur mobile version lengkap dengan template bawaannya atau bisa dibentuk custom-nya. Di WordPress (self-hosted) ada plugin versi mobile yang cukup populer, WP-touch. 

    sekali lagi Jadi, mobile friendly website yaitu website yang bisa menyajikan konten bagi pengguna perangkat mobile dengan baik, dengan salah satu dari dua cara di atas, dan tidak terbatas pada kemampuan sebuah template untuk merespon perangkat mobile saja.

    Mana yang lebih baik? Tidak ada. Dua-duanya baik apabila diterapkan dengan tepat, dan jelek apabila salah penerapannya. Seperti yang sudah disampaikan di atas, website gosip besar lebih menentukan memakai 2 template berbeda: desktop version dan mobile version, untuk merespon kanal dari dua jenis perangkat itu daripada memakai prinsip template responsif. Ini karena website gosip cenderung mempunyai berat file cukup tinggi (karena mempunyai banyak sekali elemen). Jadi, jikalau disesuaikan menjadi atau mengganti dengan template/theme responsif, kemungkinan beratnya tetap akan tinggi. Meski sebetulnya bisa saja diatur sedemikian rupa semoga beberapa elemen tidak ditampilkan ketika diakses melalui mobile, tapi ini masih dipandang kurang efektif.

    Tidak semua template responsif teruji dengan baik dikala diakses via mobile. Pada beberapa template Blogger khususnya, masih banyak yang cukup berat dikala diakses via browser perangkat mobile. Maka tidak heran apabila sebagian pengguna Blogger lebih menentukan memakai versi mobile daripada memakai template responsif dan mematikan fitur mobile version-nya.

    Bagaimana cara mengetahui apakah sebuah website/blog mendukung konsep mobile friendly ini? Semua mungkin sudah tahu, Google belum usang ini merilis tool untuk cek apakah sebuah website mobile friendly:

    https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/

    Di situ akan dilihat apakah sebuah website mendukung konsep mobile-friendly (lulus tes atau tidak), baik melalui penggunaan template responsif atau penggunaan template mobile. Makara konsep mobile friendly website tidak terbatas pada prinsip desain web tertentu saja (misalnya RWD saja).

    Nah, begitulah Penjelasan Apa Itu Mobile Friendly. Semoga bermanfaat.
    KODE IKLAN 300x 250
    close
    ==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
    KODE IKLAN DFP 2
    KODE IKLAN DFP 2