Recents Posts

Thursday, August 30, 2018

7 Cara Menghemat Kuota Internet Di Android

Leave a Comment

Saat ini pengguna internet semakin bertambah jumlahnya dikarenakan sebagian besar aktivitas membutuhkan internet dalam pelaksanaannya. Apalagi semakin bervariasinya konten yang ada di dunia maya, ini menciptakan orang semakin nyaman berselancar di dunia maya.

Konten dalam bentuk foto dan video menciptakan penggunaan kuota internet kita menjadi boros. Makara masuk akal kalau kuota internet kita semakin cepat habis.

Apalagi harga paket internet semakin kesini juga semakin mahal. Pasti pengeluaran kita juga menjadi lebih besar.

Tapi tenang, kalau ingin dompet tetep gendut simak cara untuk menghemat kuota internet berikut ini :

Cara Menghemat Kuota Internet pada Android

cara menghemat kuota internet di android 7 Cara Menghemat Kuota Internet di Android

Menghemat Kuota Internet dengan Memanfaatkan Wi-Fi

Gunakan wifi gratis yang ada di sekitar daerah tinggal sahabat alasannya yaitu cara ini sangat membantu kalau sahabat ingin menghemat atau mengurangi penggunaan kuota internet. Mungkin terdengar pelit kalau sahabat memakai wifi, tapi apa salahnya irit, ekonomis kan pangkal kaya.

Jika sudah tersambung dengan wifi, sahabat Harus memperbaharui sistem/aplikasi android, streaming musik atau video dan nge-game sepuasnya tanpa takut kuota internet habis alasannya yaitu penggunaan data yang besar.


Atur Batas Penggunaan Data Internet

Cara ini sangat dianjurkan pada android sahabat untuk menghindari penggunaan data yang berlebihan. Biasanya kita seringkali lupa kalau sedang asyik online entah itu chatting, streaming, atau browsing. Dengan membatasinya maka penggunaan data internet Harus terkontrol dengan baik.

Caranya Harus dilakukan dengan cara masuk ke hidangan Seting pilih Lainnya lalu pilih Penggunaan Data (Data Usage)

Matikan Sinkronisasi

Saat ini, sudah banyak smartphone yang mendukung jaringan 4G LTE dengan jaringan super cepat dan mempunyai banyak bonus. Tapi sahabat juga harus ekonomis dalam penggunaanya. Salah satu cara yang Harus dilakukan yaitu dengan mematikan sinkronisasi di sejumlah aplikasi yang jarang digunakan. Hal tersebut Harus menghemat kuota internet.

Aktifkan Penghemat Data Internet

Jika sahabat sering melaksanakan aktivitas browsing untuk mencari isu di Internet, saya sangat menganjurkan untuk mengaktifkan fitur AdBlock dan penghemat pada browser yang digunakan.

Salah satu aplikasi browser yang Harus dipakai untuk menghemat kuota yaitu Google Chrome. Karena sudah ada fitur Data Saver yang Harus menghemat kuota internet hingga 50%. Selain itu, sahabat juga Harus memakai Opera Mini atau UC Browser.

Aktifkan AdBlock Untuk Iklan

Dalam aktivitas browsing biasanya kita menemukan blog atau website yang di dalamnya terdapat sebuah iklan. Selama iklan tersebut tidak mengganggu kita dalam membaca atau mengetahui isu yang ada, penayangan Iklan tersebut tidak menjadi duduk kasus yang serius.

Tapi kalau iklan tersebut mengganggu dengan pop up yang kalau di klik akan muncul jendela baru. Ini sangat mengganggu. Makara sahabat harus mengaktifkan mode AdBlock pada browser yang kita gunakan. Gunakan Opera Mini atau UC Browser alasannya yaitu Google Chrome tidak terdapat fitur pemblokir iklan.

Cegah Pembaharuan Otomatis

Terkadang kita tidak menyadari bahwa beberapa aplikasi yang terpasang membutuhkan pembaharuan(update) dan secara otomatis melaksanakan pembaharuannya dengan kuota internet. Ini sangat berbahaya kalau terdapat puluhan aplikasi yang belum kita diperbaharui alasannya yaitu akan semakin banyak menguras kuota internet.

Makara kita perlu setting pengaturan update di playstore untuk menghemat kuota. Caranya masuk ke Play Store pilih hidangan Settings > Auto Update apps > Do not Auto-update apps. Kita juga Harus menentukan "Auto-update over WiFi Only" biar otomatis memperbarui kalau terhubung ke jaringan wi-fi.

Matikan Sambungan Data Seluler

Sangat mustahil kalau memakai internet selama 24 jam nonstop niscaya kita butuh istirahat. Kita Harus memanfaatkan waktu istirahat untuk mematikan sambungan data guna menghemat kuota internet yang kita miliki.

Itulah 7 Cara gampang yang Harus dilakukan untuk Menghemat Kuota Internet di Android, semoga bermanfaat.
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 Comments:

Post a Comment