Recents Posts

Thursday, August 16, 2018

Pembahasan Lengkap Mengenai Router

Leave a Comment
 Dari sekian banyak perangkat pembangun jaringan Pembahasan Lengkap Mengenai Router

Dari sekian banyak perangkat pembangun jaringan, ada satu jenis perangkat yang bisa dibilang cukup penting dalam mentransmisikan data secara efisien.

Perangkat ini berjulukan Router. Router ini ialah sebuah perangkat jaringan yang sering dipakai dalam pertukaran data atau transmisi data antar jaringan.

Router bisa di ibaratkan sebagai sebuah jembatan penghubung antar dua tempat yang berbeda, jadi si Router ini bisa menghubungkan dua jaringan yang berbeda supaya sanggup bertukar data.

Nah untuk anda yang ingin lebih mengetahui apa sih Router itu, bagaimana sih cara kerja Router? maka anda bisa mengetahui jawabannya dalam pembahasan berikut ini:


1. Pengertian Router

Router ialah sebuah perangkat pada jaringan yang berfungsi untuk mentransmisikan paket data sekaligus mengidentifikasi pengiriman paket data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

Router bisa mentransmisikan paket data ke banyak sekali jaringan yang berbeda, misalnya jaringan yang mempunyai IP kelas A 10.10.10.1 ke jaringan yang mempunyai IP kelas C 192.168.10.1.

Pada awalnya Router ini di gunakan untuk melaksanakan proses enkripsi dan pengamanan data, namun seiring berkembangnya jaman maka fungsi Router semakin canggih.

Dan sekarang Router bisa melaksanakan proses pengolahan dan transmisi data ke banyak sekali jaringan.


2. Fungsi Router

Fungsi Router ialah memanajemen atau mengolah data yang akan dikirim atau ditransmisikan dari satu jaringan ke jaringan yang lainnya.

Paket data yang masuk akan dikelompokkan di dalam tabel routing, kemudian paket data tersebut akan di filter dan di seleksi untuk menentukan jalur mana yang sekiranya anggun untuk melaksanakan transmisi data.

Nah, dalam proses routing sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu Static Routing dan Dynamic Routing.

Secara sederhana, Static Routing ialah jenis routing yang penentuan jalur transmisinya dilakukan oleh Admin secara manual.

Admin juga dituntut untuk melaksanakan pengaturan dan konfigurasi secara manual pula.

Sedangkan Dynamic Routing merupakan kebalikan dari Static Routing, yaitu admin hanya bertugas memantau proses transmisi atau pertukaran data yang dilakukan oleh Router.

Proses konfigurasi hingga pemilihan jalur transmisi data sudah ditentukan secara otomatis.


3. Cara Kerja Router

Apabila terdapat 4 jenis jaringan yang berbeda dan kita ingin menghubungkan jaringan tersebut, maka kita bisa memanfaatkan Router sebagai alat penghubungnya, sekaligus media transmisi dari ke 4 jaringan tersebut.

Apabila kita ingin mentransmisikan paket data dari jaringan 1 ke jaringan 4, namun tiba-tiba saja terjadi kesalahan transmisi atau error, maka si Router ini akan menentukan rute transmisi lain.

Router akan mengidentifikasi jalur mana yang sekiranya bisa dilalui paket data secara optimal, kalau jalur 1 ke jalur 4 error. Maka Router akan mencari jalur lain, mirip jalur 1 ke 3 kemudian ke 4.

Makara pada dasarnya cara kerja dari Router ini ialah dengan mencari jalur transmisi yang paling bagus, optimal dan cepat untuk mentransmisikan paket data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.


4. Kelebihan Router

  • Dapat menghubungkan jaringan komputer yang satu dengan jaringan lainnya
  • Dapat dipakai pada hampir semua topologi jaringan
  • Mampu melaksanakan penyaringan atau filtering terhadap paket data yang akan ditransmisikan
  • Lebih gampang dikonfigurasi


5. Kekurangan Router

  • Memungkinkan PC Router menjadi lambat, lantaran Router menangani banyak jaringan secara bersama
  • Pemilihan koneksi yang limit(terbatas), hal ini dipengaruhi oleh jumlah koneksi
  • Jika Router dalam keadaan error atau bermasalah, maka jaringan yang ada akan ikut terganggu


Penutup

Demikian pembahasan mengenai Router. Dengan membaca dan memahami pembahasan ini, diperlukan anda akan lebih mengenal apa itu Router, apa fungsi Router, apa kelebihan dari penggunaan Router, dan bagaimana Router bekerja.

Pemahaman mengenai perangkat Router ini bisa dibilang cukup penting, terutama bagi anda yang bekerja di bidang Networking/Jaringan.

Saya rasa cukup sekian pembahasan mengenai Router ini, tamat kata saya ucapkan terimakasih dan hingga jumpa di postingan selanjutnya.
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 Comments:

Post a Comment