Kebiasan Orang Korea Selatan Harus Anda Pahami Sebelum Traveling: Supaya Tidak Terkejut dengan Keunikannya - Masgunggoyo

Kebiasan Orang Korea Selatan Harus Anda Pahami Sebelum Traveling: Supaya Tidak Terkejut dengan Keunikannya

Anda berencana melakukan traveling ke Korea Selatan dalam waktu dekat pastikan kebiasaan penduduk lokal harus dipahami agar tidak terjadi kesalahpahaman dan tidak terkejut dengan keunikan negara ginseng ini. Memang untuk merencanakan perjalanan ke laur negeri seperti Korea Selatan ini tentu saja harus mempersiapakn semua hal tidak hanya itinerary perjalanan saja tetapi kebiasaan orang Korea sehari-hari yang telah mengakar sebagai kebudayaan mereka. Tulisan ini menjelaskan kebiasaan orang Korea Selatan yang sebelumnya belum anda kenali harus di pahami sekarang juga agar saat telah sampai disana tidak kaget dan tidak percaya bahwa cara ini telah menjadi keunikan negara ini, berikut penjelasannya:

#1. Dalam Pergaulan Orang Korea Selatan Selalu Memperhatikan Gestur Tubuh.
Saat menyapa saja penduduk lokal Korea Selatan sangat sopan dengan cara menunduk sebagai cara menghormati lawan bicara. Dengan cara seperti ini sudah menjadi budaya mereka sehingga terjadi interaksi sosial yang lebih baik. Gestur tubuh ini sangat dirasakan sekali dimana anda sebagai turis nanti akan memasuki hotel, toko, hingga tempat makan sekalipun mereka akan melakukan cara seperti ini. Begitu juga saat anda telah mengenal orang Korea Selatan dengan dan sudah sangat akrab budaya gestur tubuh ini akan terjadi. 

#2. Orang Korea Selatan Tabu Menulis Dengan Tinta Berwarna Merah.
Menulis di kertas saja sangat diatur dan sangat diperhatikan oleh orang Korea Selatan. Pemilihan warna juga seperti begitu adanya, tinta berwarna merah merupakan hal yang sangat tabu isyaratnya adalah mengharapkan musibah akan datang serta mengharapkan kematian seseorang. Jadi anda harus tetap mengetahui bahwa disaat akan menuliskan kata kepada seseorang disana jangan pernah gunakan tinta berwarna merah, pilih warna hitam sebagai warna yang paling banyak digunakan untuk menulis diatas kertas.



#3. SEO Pencarian Populer Disana Bukan Google.
Penduduk lokal akan mencari informasi di internet tentu sedikit berbeda dengan penduduk dunia pada umunya. Biasanya trusi sangat terbiasa dengan SEO yang ada di Google tetapi di sana ada perbedaan, mereka lebih banyak menggunakan pencarian mesin sendiri yaitu NAVER. Jika turis berdiskusi masalah pencarian seperti Google maka mereka sedikit gaptek bahkan bingung. Jadi anda bisa memakluminya dan mencoba SEO mesin pencari ini mulai dari sekarang.

#4. Semua Gender Menggunakan Kosmetika.
Jangan kaget bahwa penduduk Korea Selatan sangat menyukai keindahan kulit. Pria dan wanita selalu menggunakan kosmetika terutama produk kesehatan kulit. Menjadi hal yang sangat biasa saat pria memperhatikan kulit mereka dengan banyak membeli produk kesehatan kulit sama dengan kebutuhan seorang wanita. Jadi anda jangan kaget saat memasuki pusat perbelanjaan khususnya di bagian perawatan kulit banyak didatangi oleh pria dan wanita. Karena telah menjadi pusat skin care dunia, rambut, dan lainnya ini terbukti dengan penduduk lokal terbawa dengan trend di negara ginseng ini.

#5. Aturan Buang Sampah Sangat Ketat Jangan Sampai Salah Meletakan.
Saat anda melakukan aktifitas tertentu dan menghasilkan sampah anda harus hati-hati membuang sampah tersebut di tempat yang telah disediakan. Aturan buang sampah di Korea Selatan sangat ketat sekali. Ada pemisahaan jenis sampah yang dibuat oleh penduduk lokal hingga turis sehingga pemisahaan ini terhihat beragam warna yang disediakan oleh pemerintah agar pemisahan sampah sudah dimulai dari penduduk. Seperti organik, kaca, hingga lainnya sudah ditetapkan jenis untuk masing-masing warna. Pastikan anda jangan kaget dengan kebiasaan penduduk Korea Selatan ini saat anda akan membuang sampah.

#6. Penduduk Lokal Jarang Mengucapkan Kata Maaf.
Memang saat melakukan kesalahan di Indonesia mayoritas dari kita akan mengucapkan kata maaf. Tetapi di Korea Selatan jarang sekali mengucapkan kata ini, seperti terjadi kesalahan di lalu lintas tabrakan atau bersenggolan dengan penduduk saat berjalan orang lokal disana tidak ada mengucapakan kata Maaf atau Sorry. Jadi kebiasaan seperti ini jangan sampai kaget setelah anda berada disana ya, karena kebiasaan melakukan tabrakan seperti ini sangat banyak terjadi sehingga anda harus memakluminya.

#7. Menikmati Makanan Harus Mengeluarkan Suara Sangat Berisik Sekali.
Di Indonesia saat seseorang makan berisik mungkin anda akan terganggu dan risih berada di dekat mereka. Tetapi berbeda dengan negara Korea Selatan, justru sebaliknya. Mereka jauh lebih berisik kalau menikmati makanan yang tersaji, dengan cara ini lah mereka memberikan jawaban bahwa hidangan akan disantap ini sangat lezat sekali. Apabila anda berada di restoran atau tempat makan jangan risih dengan suara berisik saat mereka makan karena kebiasaan inilah orang Korea Selatan kalau menikmati hidangan yang mereka pesan seperti inilah caranya.

credit: veem.com

#8. Pahami Simbol X Saat Traveling Korea Selatan.
Saat senang mengunjungi beberapa tempat wisata disana anda melihat ada simbol X disalah satu sudt jalan mempunyai arti yang sangat beragam. Seperti larangan atau tidak boleh masuk, hingga tidak boleh melintas. Arti ini sebenarnya jugan memberikan isyarat kepada orang asing dengan maksud tertentu seperti isyarat tangan dengan simbol X.

#9. Sangat Jarang Ada Polisi.
Termasuk negara yang banyak terdapat CCTV di beberapa sudut jalan terutama di persimpangan untuk monitor seluruh aktifitas penduduk, saat anda traveling akan sangat jarang terlihat Polisi yang sedang bertugas. Dengan CCTV penduduk Korea Selatan menjadi lebih takut sehingga disiplin berkendara bisa terwujud dengan efektif. Jika terjadi pelanggaran maka saat itu CCTV langsung bekerja dan semua bukti pelanggaran bisa didapat dengan adanya rekaman vidio hingga poto. Jadi, apabila terjadi pelanggaran seperti semua dokumen ini akan dikirimkan kerumah pelaku sehingga mereka tidak bisa mengelak lagi kesalahan yang telah diperbuat.

#10. Pindah Rumah Banyak Perabotan Rumah Tangga Dibuang.
Kebiasaan seperti ini tentu saja berbeda dengan Indonesia disaat akan pindah sering membawa perabotan rumah yang akan digunakan kembali walaupun ada yang bisa dipakai atau tidak. Tetapi berbeda dengan di Korea Selatan, barang yang masih layak atau tidak dipakai lagi mereka akan membuang atau memberikan kepada orang lain yang menginginkannya secara gratis. Biasanya dalam jangka waktu 1 bulan jika barang yang tidak dipakai ini tidak ada yang mengambilnya maka akan dikenakan dengan oleh pemerintah kepada pemilih barang tersebut.

#11. Tidak Tersedia Kantong Plastik Saat Berbelanja.
Kantong plastik di Korea Selatan sekarang berbayar, saat anda berbelanja harus membawa kantong plastik untuk membawa seluruh belanjaan di mini market hingga supermarket. Peraturan seperti ini sudah lama berlaku di Korea Selatan dan jangan kaget jika anda tidak ada kantong plastik akan dikenakan biaya tambahan saat membayar di kasir nanti.

#12. Orang Korea Selatan Suka Santap Makanan Panas Langsung.
Memang kebiasaan orang Korea Selatan seperti ini sedikit ekstrim menyantap hidangan masih dalam keadaan panas secara langsung menjadi fenomena tersendiri. Seperti menyantap hidangan mie atau ramen masih panas memang terlihat mengasihkan buat mereka tanpa adanya jeda waktu untuk mendinginkan sebentar, tetapi inilah yang sering mereka lakukan dan sangat menarik untuk dilihat saat momen slurup hidangan berkuah sangat banyak sekali terlihat. Jangan kaget dengan kebiasaan orang Korea Selatan menyantap hidangan seperti ini justru disinilah keunikan budaya meeka.

#13. Fenomena Operasi Plastik Sangat Marak Di Korea Selatan.
Memang negara Korea Selatan sangat maju dalam bidang kosmetika termasuk bedah plastik. Budaya mereka untuk terlihat cantik sangat tinggi sekali sehingga sudah sejak diri mereka sudah diperkenalkan operasi plastik untuk menunjang penampilan lebih menarik. Fenomena ini banyak dilakukan baik pria atau wanita menurut mereka untuk meningkatkan penampilan memang harus dilakukan cara seperti ini. Jadi jangan kaget banyak sekali sekali iklan operasi plastik yang wara-wiri di pusat Korea Selatan banyak ditemukan di sudut kota metropolitan.

#14. Penduduk Korea Selatan Selalu Update Cuaca.
Termasuk negara yang sangat banyak perubahan cuaca setiap saat maka penduduk lokal sangat terbiasa dengan selalu update cuaca setiap waktu. Setiap tanyangan televisi akan selalu ada prakiraan cuaca dan aplikasi cuaca selalu terinstall oleh penduduk lokal di samrtphone mereka. Setiap beraktifitas keseharian anda akan selalu melihat penduduk lokal Korea Selatan selalu membawa payung karena masalah cuaca, jangan kaget dengan kebiasaan ini karena ini lah budaya mereka untuk sebuah kenyamanan perjalanan.

Tag: kebiasaan orang korea sehari hari, sifat yang tidak disukai orang korea, cara hidup orang korea.

0 Response to "Kebiasan Orang Korea Selatan Harus Anda Pahami Sebelum Traveling: Supaya Tidak Terkejut dengan Keunikannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel