Tips Liburan Traveling Ke Kota Padang Sumatera Barat Pertama Kali: Jelajahi Nagari Minangkabau Surganya Wisata Membuat Traveler Menggila Dibuatnya - Masgunggoyo

Tips Liburan Traveling Ke Kota Padang Sumatera Barat Pertama Kali: Jelajahi Nagari Minangkabau Surganya Wisata Membuat Traveler Menggila Dibuatnya

Memang banyak sekali traveler dari DKI Jakarta yang ingin melakukan traveling ke kota Padang Sumatera Barat untuk pertama kalinya tetapi masih ragu dan sedikit sekali informasi yang memandu dan harus ngapain saja proses persiapan yang dilakukan. Pesona Sumatera Barat sebagai tempat wisata yang sudah menjadi pilihan terbaik untuk melakukan perjalanan traveling liburan sudah mendunia membuat anda sebagai traveler pemula ingin mencoba misi perjalanan ini dilakukan sendiri tanpa ada hambatan sama sekali. Jadi, pemilihan Padang Sumatera Barat sebagai pintu masuk untuk memulai eksplor perjalanan yang akan dilakukan ini tentu akan menjadi pengalaman yang belum pernah dilakukan sebelumnya ini akan terkenang sepanjang masa. Kami merasa terpanggil untuk memberikan tulisan konten artikel ini karena alasannya Sumatera Barat terkenal banyak objek wisata yang sangat menarik dan tentu saja wisata kuliner yang banyak disukai hingga diakui kelezatannya tidak akan lekang dengan waktu. Plesirankotatua membuat tulisan ini membantu rekan pemula khususnya dari DKI Jakarta yang ingin menguji kemampuan percaya diri anda untuk melabuhkan liburan ini lebih terkonsep dan terarah berikut informasi lengkapnya:

PERSIAPAN AWAL.
Persiapan yang dilakukan anda menentukan waktu liburan yang ingin dilaksanakan ke kota Padang Sumatera Barat. Sebagai informasi waktu terbaik melakukan perjalanan memang di musim kemarau dimulai dari bulan April hingga Agustus sebagai waktu paling baik karena akan memberikan kenyamanan selama perjalanan dan rata-rata akses perjalanan menggunakan darat ke beberapa daerah wisata menjadi lebih mudah untuk dicapai. Apalagi ada wisata bahari pulau yang masuk dalam perjalanan ini memang di musim kemarau waktu paling tepat untuk menikmati trip tetap dalam zona nyaman

PEMBELIAN TIKET PESAWAT.
Pembelian tiket pesawat sudah mulai dilirik dan searching dari sekarang berapa harga terbaik yang akan anda bayar. Waktu pembeliannya dapat dilakukan dimulai dari 6 bulan hingga 1 bulan sebelum keberangkatan. Jadi anda dapat mengetahui berapa biaya perjalanan PP sehingga sedini mungkin anda telah dapat menyiapkan budget liburan sudah bisa dihitung dengan akurat. Keberangkatan sebaiknya anda pilih pesawat menjelang siang dan jangan sore. Karena alasan kenyamanan dan tidak terlalu ramai penumpang yang menuju kota Padang di pagi menjelang siang, dan jika sore menjelang malam penumpang pesawat akan penuh. 



PEMILIHAN TEMPAT PENGINAPAN HOTEL ATAU HOSTEL.
Menjadi alasan harga untuk memilih tempat penginapan hotel atau hostel tentu rekomendasi terbaik untuk stay sementara untuk berlibur di kota Padang Sumatera Barat. Kami merekomendasikan hotel atau hostel yang dekat dengan pusat kota dan wisata kuliner karena akan memudahkan traveler yang akan mencari makan disaat setelah melakukan traveling seharian tidak sulit bahkan hanya jalan kaki saja sudah menemukan. Setelah anda mendarat di Bandara Internasional Minangkabau {BIM} Padang Pariaman Sumatera Barat sebaiknya anda menggunakan bus jangan kereta api. Karena bus melewati beberapa hotel atau hostel. Berikut rinciannya:

Bus yang terbaik digunakan adalah DAMRI, alasannya semua rute perjalanan yang dilewati terdapat beberapa hotel atau hostel yang menjadi target tempat menginap anda selama ada di kota Padang.

Rute Perjalanan Bus Damri:
BIM --> Air Tawar -> Jl H.Juanda -> Jl Veteran -> Taman Melati atau Jl Gereja {disekitar lokasi ini banyak sekali hotel atau hostel dimulai dari bintang satu hingga bintang 5. Jadi anda sudah mulai searching dari sekarang hotel dekat JL Gereja dan Taman Melati Padang yang sudah tersedia di online pada provider terpercaya. Di sekitar lokasi ini juga terdapat wisata kuliner malam dn pastinya dekat dengan pantai Padang menjadi nilai plus hunian anda selama di kota ini} --> Lapangan Imam Bonjol {ada juga beberapa hotel dan hostel yang sudah mulai tumbuh sebagai hunian terbaik dengan harga budget, searching dari sekarang hotel dekat dari Lapangan Imam Bonjol Padang di provider online. Sangat terbaik lokasi ini karena berada di pusat kota Padang dan sangat dekat dekat pasar tadisional serta wisata kuliner penting di malam hari ada disekitar lokasi ini}.

CONTOH ITINERATY PERJALANAN TRAVELING PERTAMA KALI DI PADANG SUMBAR.
Kami memberikan contoh itinerary perjalanan ke kota Padang Sumatera Barat untuk pertama kali: Penting! lokasi hotel berada di sekitar Jl Gereja dan sekitar Lapangan Imam Bonjol Padang sebagai lokasi strategis untuk menikmati tempat wisata dan pastinya sangat dekat dari tempat penginapan atau dekat dari Mesjid Nurul Iman Padang.

#1. Kota Padang.
===> Hari Pertama
Setelah anda check in kamar hotel istirahat sejenak dan setelah makan siang dapat menikmati tempat wisata yang masih dapat dikunjungi menjelang sore sebagai berikut:

Museum Adityawarmah: lokasinya tidak jauh dari JL Gereja dan Lapangan Imam Bonjol yang harus anda kunjungi untuk melihat koleksi menarik dari generasi ke generasi masih terawat dengan baik. Mendapatkan informasi penting perjalanan sejarah di Minangkabau dapat terlihat dari seluruh benda yang dipajang. 

Kawasan Kota Tua Padang dan Jembatan Siti Nurbaya: ke kawasan tua kota Padang memang butuh waktu jalan kaki 10 menit dari kawasan tempat menginap ini. Bisa melihat gedung peninggalan di zaman kolonial Belanda di mulai dari Pasar Mudiak hingga ke kawasan jembatan Siti Nurbaya. Satu kawasan ini memang satu rute perjalanan yang dapat anda eksplor di hari pertama datang di kota Padang.

Kawasan Pantai Padang: Setelah mendatangi rute awal diatas saatnya di sore hari kunjungi kawasan panyai Padang. Jangan khawatir, untuk jarak kesana tidak terlalu jauh dari tempat menginap hanya 10 menit berjalan kaki saja anda telah sampai di pantai. 

Kawasan Batu Malin Kundang: Penting dikunjungi sebagai wisata lain yang ada di Pantai Air Manis dengan rute perjalanan dari muaro Bukit Padang. Selama perjalanan menuju ke tempat wisata ini akan disuguhkan pemandangan alam perbukitan dan pantai jadi perjalanan tidak akan bosan malah menjadi amazing. Disekitar tempat wisata ini anda juga dapat menikmati berbagai atraksi wisata dapat mengunjungi pulau Pisang yang tidak perlu menyewa perahu, lokasi pulau sangat dengan dengan bibir pantai disaat laut surut. Dan dapat juga menikmati olah raga paralayang dari sekitar bukit Padang dan akan mendarat di Pantai Air Manis. 

Baca selengkapnya:

TIPS! sekarang ini telah tersedia ojek online di kota Padang yang dapat anda gunakan untuk membantu perjalanan lain di kota ini. Jadi, tidak ada hambatan lagi untuk menikmati perjalanan ini dengan suka cita.

===> Hari Kedua.
Masih di kota Padang anda juga dapat mengunjungi pulau yang masih sangat mudah didatangi hanya menggunakan kereta api saja yang berangkat dari Stasiun Padang Simpang Haru. Untuk sampai ke stasiun ini sebaiknya menggunakan ojek online saja lebih praktis dan terbaik, jika menggunakan kendaraan umum agak sedikit sulit. Sebaiknya melakukan perjalanan pada pagi hari, untuk keberangkatan awal kereta api di Stasiun Padang Simpang Haru dimulai dari pukul 06:00 dan kedua 07:00. Lamanya perjalanan +/- 45 menit sampai ke Pantai Gandoriah menuju ke Pulau Angso Dua.

Baca Selengkapnya:

Setelah seharian penuh berkeliling pulau, keberangkatan pulang ke hotel juga sama. Menggunakan kereta api paling sore sekitar pukul 17:00, sampai di Stasiun Padang Simpang Haru gunakan kembali ojek online menuju ke tempat penginapan.

credit: siapliburan.com

===> Hari Ketiga:
Hari selanjutnya anda juga dapat melakukan kunjungan ke wisata bahari yang dekat dengan kota Padang. Ada beberapa rekomendasi yang dikunjungi dengan cara masing-masing yang telah kami jelaskan di konten terpisah dan dapat membacanya secara lengkap.

Baca selengkapnya:

#2. Sawahlunto
===> Hari Keempat:
Untuk melakukan wisata sejarah yang ada di Sumatera Barat ini juga dapat anda lakukan, dan telah kami ulas di artikel terpisah dan dapat anda simak prosedurnya. Tentu saja kami merekomendasikan ini disesuaikan dengan kesempatan anda sehingga waktu yang dipersiapkan nanti memang cukup dan tidak terhalang dengan budget perjalanan.

Setelah anda membacanya ada beberapa lokasi sejarah, menurut kami untuk ke Sawahlunto sebaiknya menginap langsung kesana karena dapat menghabiskan waktu satu hari penuh. Mulai dari sekarang searching hotel atau hostel yang tersedia disana dan pastinya untuk masalah harga dapat anda sesuaikan dengan budget perjalanan. Rata-rata hotel atau hostel yang ada di kota Sawahlunto ini terpusat di kotanya jadi untuk masalah wisata kuliner anda tidak usah khawatir. Untuk perjalanan sampai kesana kami telah melakukan ulasan terpisah dari artikel ini dan dapat dibaca selengkapnya. Karena anda berada di hostel atau hotel di kota Padang maka sebaiknya anda menggunakan ojek online sampai ke daerah Kubu atau Lakuak. Di aplikasi map ojek online anda dapat memasukan "Pool Jasa Malindo dan Trans Mitra" yang berada di Jl Doktor Soetomo. Keberangkatannya sebaikya pagi hari karena dapat sampai di Sawahlunto pada siang atau menjelang sore. 

Baca selengkapnya.

#3. Bukittinggi, Batusangkar, dan Nagari Pariangan.
===> Hari Kelima.
Masih ke wisata sejarah di Bukittinggi dn Batusangkar untuk melihat peninggalan sejarah yang ada disana. Rekomendasi ini kami buat untuk melihat beberapa tempat wisata yang ada disana wajib anda kunjungi dan sekalian dengan mengunjungi Rumah Gadang Pagaruyung Batusangkar. Apabila anda berasal dari kota Sawahlunto menuju ke kota Bukittinggi dapat menggunakan bus antar kota dengan tujuan langsung ke Kota Bukittinggi tepatnya di Terminal Bus Aur Kuning. Jangan khawatir sekarang ini telah hadir ojek online untuk membawa anda ke puat kota setelah sampai ke terminal, dan pemilihan hostel atau hotel di pusat kota lebih baik karena dekat juga tempat wisata kuliner yang ada disana. Berangkat kesana sebaiknya pagi hari sekali dari kota Sawahlunto dan dapat sampai ke kota Bukittinggi siang hari. Note: terminal bus Sawahlunto masih berada di pusat kotanya dan masih dekat dengan hostel atau hotel tempat anda menginap dengan +/- berjalan 5-10 menit saja.

Khusus ke Rumah Gadang Pagaruyung Batu Sangkar sebaiknya menggunakan rental mobil karena menggunakan kendaraan umum menuju ke lokasi ini cukup sulit dan estafetnya banyak sekali. Jika anda rombongan minimal 3-4 orang dapat rental mobil dari kota Bukittinggi untuk menuju ke tempat wisata ini. Dan jangan lupa masukan juga ke tempat wisata lainnya yang masih ada di kota Batusangkar yaitu Nagari Pariangan sebagai desa terindah di dunia yang telah dinobatkan sebagai tempat wisata yang harus dikunjungi telah dimuat di majalah traveler dunia dan telah kami ulas di artikel terpisah.


Untuk stay sementara sebaiknya memilih kota Bukittinggi karena lokasi terbaik untuk para turis. Jangan khawatir, banyak sekali hostel dan hotel dekat dari Jam Gadang dapat disesuaikan dengan budget perjalanan anda nanti. PENTING! pilih hotel sangat dekat dengan lokasi ini karena waktu anda lebih maksimal untuk menghabiskan waktu senggang jika masih ada tersisa waktu saat sampai ke kota Bukittinggi.

TIPS! jika anda ingin rental kendaraan pastikan bersama supirnya dan pastinya sekarang ini telah ada sewa secara online dari provider pembelian tiket yang dapat anda lakukan sekarang juga. Pastinya dari aplikasi ojek online juga sudah ada dan dapat anda coba. Untuk masalah harga sangat kompetitif sekali.

PERSIAPAN PULANG KE JAKARTA
Sudah hampir satu minggu anda berada di Sumatera Barat tentu sudah hampir semua destinasi wisata minimal dan penting yang harus dikunjungi oleh traveler sehingga pengalaman ini tidak akan pernah terlupakan. Untuk kembali ke kota Padang khususnya ke Bandara Internasional Minangkabau sebaiknya menggunakan travel dari kota Bukittinggi. Lebih praktis dan anda langsung diantarkan langsung ke bandara, di setiap lobi hotel telah anda kerjasama bersama receptionis untuk membantu tamu mereka yang akan pulang melewati bandara.  

REKAPITULASI BIAYA PERJALANAN.
Note: harga pembulatan.
-> Tiket pesawat per orang PP {harga minimal}: Rp 1.200.000
-> Transportasi Damri dari Bandara ke hostel: Rp 25.000
-> Transportasi selama di kota Padang termasuk ojek online: Rp 100.000
-> Biaya makan selama di kota Padang: Rp 120.000
-> Transportasi menuju wisata pulau Angso Duo PP termasuk ojek online kembali ke hostel atau hotel di Padang: Rp 80.000
-> Transportasi menuju ke wisata pulau dekat Padang: Rp 500.000
-> Menginap di hostel selama 2 hari: Rp 400.000
-> Transportasi dari hotel menuju pool bus ke Sawahlunto dan ojek online: Rp 60.000
-> Menginap di Sawahlunto selama 1 hari: Rp 350.000
-> Biaya makan dan mengunjungi beberapa objek wisata disana: Rp 150.000
-> Transportasi dari Sawahlunto ke Bukittinggi menggunakan bus: Rp 50.000
-> Dari Terminal Aur Kuning Bukittinggi menuju hostel atau hotel dengan ojek online: Rp 10.000
-> Biaya menginap di hotel atau hostel 1 hari: Rp 350.000
-> Biaya makan selama di Bukittinggi: Rp 100.000 
-> Sewa rental kendaraan menuju tempat wisata Batusangkar dan Nagari Pariangan: Rp 400.000
-> Travel dari Bukittinggi ke Bandara BIM Padang: Rp50.000

Rincian biaya ini dapat saja berubah setiap sesuai dengan provider yang memberikan jasanya kepada traveler. Setidaknya anda dapat menghitung biaya yang dikeluarkan selama traveling ke Padang Sumatera Barat dan beberapa tempat wisata penting yang ada disana. 

Semoga artikel tulisan ini dapat memberikan informasi awal dan rencana perjalanan anda khusus traveler pemula yang memang ingin melakukan jelajah ke Sumatera Barat dalam waktu dekat. Persiapan yang matang memang harus disiapkan apalagi waktu yang akan dihabiskan hampir satu minggu. Jangan lupa bawa perlengkapan yang cukup untuk perjalanan saja, jangan terlalu banyak dan memang anda butuhkan di perjalanan nanti. Memang perjalanan nanti di musim kemarau tetapi di kota Bukittinggi pada malam hari cuaca terasa dingin dan perlu anda membawa jaket tambahan agar terasa hangat di malam hari apabila anda ingin menikmati suasana kota Bukittinggi. Untuk pembelian hostel dan hotel sebaiknya di tempat keramaian untuk memudahkan kegiatan anda selama di kota tujuan dan yang paling penting dekat dengan wisata kuliner dan anda tidak membutuhkan biaya transportasi lagi.

0 Response to "Tips Liburan Traveling Ke Kota Padang Sumatera Barat Pertama Kali: Jelajahi Nagari Minangkabau Surganya Wisata Membuat Traveler Menggila Dibuatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel