Anda Berencana Membeli Property Rumah Dari Pemilik Pertama: Perhatikan Tips Penting Ini Sebelum Melakukan Deal Transaksi - Masgunggoyo

Anda Berencana Membeli Property Rumah Dari Pemilik Pertama: Perhatikan Tips Penting Ini Sebelum Melakukan Deal Transaksi

Keinginan untuk membeli property rumah dari pemilik pertama alias second sudah sangat tinggi dengan pertimbangan rumah tersebut mempunyai pilihan terbaik karena berbagai alasan yaitu lokasinya sudah mulai di pusat kota, hingga ada rencana lain untuk melakukan ekspansi usaha dan lain sebagainya. Jika anda berniat untuk membeli property rumah dari pemilik pertama tentu ada beberapa tips poin penting yang harus dipahami sebelum anda melakukan deal transaksi sehingga kenyamanan untuk memilik rumah ini menjadi idaman dan tidak ada kesalahan prosedur dikemudian hari.

#1. Jangan Percaya Kondisi Rumah Dari Penampilan.
Walaupun anda telah melihat kondisi rumah melalui website ataupun brosur dari sales officer pastikan anda jangan terlalu percaya dengan kondisi rumah tersebut karena harus meneliti lebih lanjut dan terinci. Memang ada beberapa cara untuk meninggikan harga tinggi maka penjual rumah melakukan cara untuk merapikan rumah tersebut dengan cara mengecat ataupun hal lainnya agar rumah yang akan dijual terlihat prima kondisinya. Untuk memastikan bagus atau tidaknya rumah yang menjadi incaran anda sebaiknya membawa seseorang arsitek atau yang paham sekali untuk mengetahui kondisi rumah ini agar anda mendapatkan pencerahan terhadap rumah ini.

#2. Lakukan Pemeriksaan Fisik Rumah Menyeluruh.
Pastikan anda ingin memiliki properti rumah pastikan anda harus melakukan pemeriksaan fisik rumah secara menyeluruh. Lakukan komunikasi dua arah antara pemilik rumah agar anda memahami kondisi sebenarnya seperti apakah pernah dilakukan renovasi besar-besaran bukan skala tertentu sekelas eksterior. Apabila pemilik rumah pertama telah melakukan renovasi besar maka akan memberikan kualitas baik dan membuat rumah ini telah bertahan lebih lama lagi. Untuk pemeriksaan lainnya anda harus pastikan apakah seluruh elemen rumah tetap dalam kondisi baik terutama jendela, daun pintu, hingga sirkulasi udara tetap sehat menyehatkan dengan cukupnya masuk cahaya matahari ke dalam ruangan. Poin sehat juga menjadi perhatian agar kesehatan saat dihuni nanti dapat optimal.



#3. Periksa Instalasi Listrik Serta Air PDAM.
Rumah yang sehat tentu saja dialiri oleh air PDAM sebagai kebutuhan air bersih, jika rumah yang akan anda beli mempunyai sumber air bersih tersendiri seperti sumur pastikan jarak dengan safety tank air kotor haru berjarak minimal +/- 10 meter agar tidak terjadi kontaminasi pencemaran bakteri dan lain sebagainya. Rumah yang sehat lebih baik dialiri oleh air PDAM sebagai kebutuhan air yang standar untuk saat ini tetapi tidak semua daerah yang terjangkau sistem aliran air makan sumur sebagai alternatinya. Begitu juga dengan instalasi aliran listrik PLN sebagai sumber penerangan yang akan menerangi rumah harus menjadi standar untuk saat sekarang ini, tidak hanya itu saja semua peralatan keseharian telah menggunakan listrik sebagai daya penggerak apapun jenisnya. 

#4. Surat Kepemilikan Rumah Asli.
Hal yang sangat prinsip sebagai pengakuan bahwa rumah yang akan dibeli ini adalah surat kepemilikan rumah asli dan tidak palsu. Surat yang harus menjadi perhatian adalah surat jual beli, IMB {izin mendirikan bangunan} hingga sertifikat SHM bukan status masih SHGB ataupun status girik. Memang ada kondisi di lapangan kondisi sertifikat masih dalam zona SHGB tetapi hal ini tidak menjadi permasalahan karena tidak begitu sulit proses pengurusan menjadi SHM. Jika anda menemukan status rumah masij girik maka proses pengurusannya cukup panjang untuk menjadikan SHM, walaupun dari segi harga rumah jauh dibawah harga pasar tetapi ada biaya ekstra yang harus dikeluarkan untuk pengurusan ke tahap paling tinggi yaitu SHM. Jadi, prioritas paling utama adalah SHM untuk kepemilikan rumah karena minimalisir terjadi sengketa sangat kecil.

Poto credit: rachelandryanblog.com

#5. Lakukan Komparasi Harga Pasar Rumah Sejenis Sekitar.
Tentu saja anda ingin mengetahui harga pasar rumah sejenis harus dipahami agar anda tidak kemahalan saat melakukan negosiasi harga. Memang faktor tambahan lain yang menentukan harga rumah adalah lokasi yang sangat strategis hingga fasilitas pendukung disekitar rumah turut menentukan harga jual. Untuk di DKI Jakarta, faktor akses dan tidak banjir harus diperhatikan karena sangat memberikan kenyawaman saat anda bertempat tinggal disana untuk waktu yang cukup lama pasti harus diteliti lebih rinci. Harga pasar juga hrus diketahui bersamaan dengan NJOP {Nilai Jual Objek Pajak} serta PBB {Pajak Bumi Bangunan} sebagai dasar apakah harga jual properti rumah ini masih reasonable atau tidak.

#6. Kalkulasikan Jika Ada Tambahan Biaya Masa Depan.
Saat rumah telah diketahui kondisinya tentu anda akan memperhatikan biaya ekstra yang akan dikeluarkan untuk melakukan renovasi jika ada perbaikan di masa nanti. Perhitungan biaya ini sangat penting agar kestabilan fisik infrastruktur rumah tetap baik dan pastinya rumah yang anda huni bersama keluarga tetap dalam zona nyaman tidak ada kerusakan. Sebelum anda melakukan deal harga negosiasi dengan pemilik rumah pastikan anda juga menyebutkan ada beberapa bagian tertentu yang akan mempengaruhi harga rumah dan selisih harga tersebut dapat anda gunakan untuk memperbaiki. Pemikiran seperti ini banyak terlupakan sehingga budget rumah yang disediakan di awal dirasakan sangat cukup untuk renovasi ternyata over budget.

#7. Semua Oustanding Pembayaran Telah Lunas Oleh Pemilik Lama.
Semua pembayaran yang tertunggak telah lunas sempurna disaat terjadi kesepakatan pembelian. Outstanding yang mungkin saja ada seperti PBB, PLN, Telkom, atau PDAM menjadi perhatian penuh supaya kewajiban dari pemilik lama telah selesai dan saat anda memulai masa waktu terbaru telah masuk zona pemilik baru. Jadi, anda jangan sampai terlena dan terlupakan karena kewajiban ini harus selesai sebelum deal harga.

#8. Pola Pembayaran Perlunasan.
Memang saat sekarang ini berbagai macam cara pembayaran dapat dilakukan, yang menjadi rekomendasi memang secara tunai karena akan memberikan rasa lega tidak ada lagi kewajiban di masa yang akan datang sehingga anda bersama keluarga menjadi lebih tenang menjalani kehidupan yang bahagia. Tetapi ada pula opsi pembayaran yang tersedia yaitu KPR syariah yang sudah mulai dilirik dengan pola pembayaran yang terjangkau sesuai dengan kemampuan debitur seperti anda. Pastikan anda dapat mengunjungi pembiayaan terdekat untuk mendapatkan fasilitas ini dengan melengkapi beberapa syarat yang ditetapkan sehingga proses periode untuk melunasinya dapat dimusyawarahkan.

Ini lah pengalaman yang telah dialami oleh rekan kami yang tertulis di artikel semoga anda dapat menjadi lebih berpengalaman berencana membeli rumah second dari pemilik pertama dan tentu proses ini sebagai cara agar zona nyaman yang diinginkan dapat anda dapatkan sebelum melakukan deal pembayaran. Ada trik khusus agar perhitungan pembelian tepat sasaran tidak ada keraguaan disaat anda telah menyukai rumah yang akan dibeli termasuk properti idaman yang anda inginkan selama ini. Semoga bermanfaat dan semoga properti yang anda beli nantu sesuai dengan harapan.

0 Response to "Anda Berencana Membeli Property Rumah Dari Pemilik Pertama: Perhatikan Tips Penting Ini Sebelum Melakukan Deal Transaksi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel