Apa Itu Tsunami Dan Tips Sebelum Tsunami , Ketika Tsunami, Sehabis Tsunami - Masgunggoyo

Apa Itu Tsunami Dan Tips Sebelum Tsunami , Ketika Tsunami, Sehabis Tsunami

Kalian tau gak Apa itu TSUNAMI? tsunami berasal dari kata Jepang. Tsu : Pelabuhan dan Nami : Gelombang. Sehingga secara ilmiah tsunami berarti “Gelombang Pelabuhan.

Tsunami sanggup terjadi kalau terjadi gangguan yang mengakibatkan perpindahan sejumlah besar air, menyerupai letusan gunung api, gempa bumi, longsor maupun meteor yang jatuh ke bumi. Namun, 90% tsunami ialah akhir gempa bumi bawah laut. Dalam rekaman sejarah beberapa tsunami diakibatkan oleh gunung meletus, contohnya ketika meletusnya Gunung Krakatau.

Gerakan vertikal pada kerak bumi, sanggup mengakibatkan dasar bahari naik atau turun secara tiba-tiba, yang mengakibatkan gangguan keseimbangan air yang berada di atasnya. Hal ini mengakibatkan terjadinya fatwa energi air laut, yang ketika hingga di pantai menjadi gelombang besar yang mengakibatkan terjadinya tsunami.



Kecepatan gelombang tsunami tergantung pada kedalaman bahari di mana gelombang terjadi, dimana kecepatannya sanggup mencapai ratusan kilometer per jam. Bila tsunami mencapai pantai, kecepatannya akan menjadi kurang lebih 50 km/jam dan energinya sangat merusak tempat pantai yang dilaluinya. Di tengah bahari tinggi gelombang tsunami hanya beberapa cm hingga beberapa meter, namun ketika mencapai pantai tinggi gelombangnya sanggup mencapai puluhan meter alasannya ialah terjadi penumpukan masa air. Saat mencapai pantai tsunami akan merayap masuk daratan jauh dari garis pantai dengan jangYouan mencapai beberapa ratus meter bahkan sanggup beberapa kilometer.

Gerakan vertikal ini sanggup terjadi pada patahan bumi atau sesar. Gempa bumi juga banyak terjadi di tempat subduksi, dimana lempeng samudera menelusup ke bawah lempeng benua.

Tanah longsor yang terjadi di dasar bahari serta runtuhan gunung api juga sanggup mengakibatkan gangguan air bahari yang sanggup menghasilkan tsunami. Gempa yang mengakibatkan gerakan tegak lurus lapisan bumi. Akibatnya, dasar bahari naik-turun secara tiba-tiba sehingga keseimbangan air bahari yang berada di atasnya terganggu. Demikian pula halnya dengan benda kosmis atau meteor yang jatuh dari atas. Jika ukuran meteor atau longsor ini cukup besar, sanggup terjadi megatsunami yang tingginya mencapai ratusan meter.

Gempa yang mengakibatkan tsunami

    Gempa bumi yang berpusat di tengah bahari dan dangkal (0 – 30 km)
    Gempa bumi dengan kekuatan sekurang-kurangnya 6,5 Skala Richter
    Gempa bumi dengan teladan sesar naik atau sesar turun


Langkah Langkah Bila Terjadi Tsunami Melanda Diri Anda :

SEBELUM TSUNAMI
* Melakukan tindakan mitigasi.
* Menyiapkan rencana komunikasi
* Tentukan sistem peringatan dini.
* Tentukan jalur penyelamatan dan tempat pengungsian.


SAAT TSUNAMI
* Pantau kondisi bahari melalui radio
* Perlengkapi diri dengan pelampung dan senter
* Segera berlari menuju ke tempat yang tinggi menyerupai bukit sambil memberi peringatan kepada orang lain


SETELAH TSUNAMI
* Gunakan bantalan kaki karet/boot ketika berjalan melewati tempat yang terkena Tsunami.
* Gunakan masker dan sarung tangan serta disinfektan ketika mengevakuasi korban peristiwa yang tewas.
* Berikan kontribusi pertama bagi yang terluka.
* Hindari pusaran air.

0 Response to "Apa Itu Tsunami Dan Tips Sebelum Tsunami , Ketika Tsunami, Sehabis Tsunami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel