Cara Lengkap Ke Bandara Internasional Minangkabau Padang Pariaman Sumatera Barat: Mulai Dari Menggunakan Transportasi Publik Hingga Proses Check In Sampai Ke Ruang Tunggu Pesawat Udara - Masgunggoyo

Cara Lengkap Ke Bandara Internasional Minangkabau Padang Pariaman Sumatera Barat: Mulai Dari Menggunakan Transportasi Publik Hingga Proses Check In Sampai Ke Ruang Tunggu Pesawat Udara

Sebagai daerah wisata yang sangat populer tentu banyak sekali turis bahkan penduduk lokal sekalipun inginmengetahui cara lengkap ke Bandara Internasional {BIM} Padang Pariaman Sumatera Barat mulai dari menggunakan transportasi publik khusus hingga proses check ini di konter pesawat sampai ke ruang tunggu pesawat udara. Informasi ini berdasarkan pengalaman team kami sendiri yang telah merasakan liburan di Sumatera Barat yang sangat elok ini dan hampir semua destinasi wisata yang ada sangat luar biasa indahnya, dimulai dari wisata sejarah, wisata bahari pulau, wisata mendaki gunung, wisata alam, hingga pagelaran acara tahunan Tour de Singkarak telah membuat menggila untuk selalu datang ke provinsi di pantai barat pulau Sumatera Ini.

Jika anda pemula datang ke Sumatera Barat tentu saja butuh informasi lengkap ini agar semua tahap cara untuk sampai ke BIM tepat waktu dan pastinya menggunakan transportasi publik bukan taksi sehingga budget perjalanan anda menjadi lebih terjangkau dan hemat. Semoga artikel tulisan ini dapat menjadi panduan anda setelah selesai berlibur di Ranah Minang.

#1. Dari Padang.
Khusus anda yang telah berdomisili di kota Padang tentu menjadi lokasi yang paling terbaik memulai perjalanan ini. Apalagi turis seperti anda yang telah memilih beraneka ragam jenis tipe hotel dimulai dari backpacker melati hingga berbintang. Apapun ini anda ada beberapa tahap yang bisa anda pilih untuk sampai ke BIM dengan lengkap, sebagai berikut:

==> Menggunakan Bus Damri.
Saat sekarang ini anda dapat memilih bus Damri untuk sampai ke Bandara BIM, lokasinya di sekitar Lapangan Imam Bonjol dekat dengan Gedung Telkom Lama. Ciri khas gedung ini adalah berwarna yang sangat ngejreng, nah lokasi bus Damri ini bersebelangan dengan gedung ini dan Lapangan Imam Bonjol. Untuk jadwal bus sudah tersedia dimulai dari Pukul 07:00 WIB sampai dengan 17:00 WIB dengan tarif kurang dari IDR25.000



==> Menggunakan Bus Tranex.
Tentu saja ada pilihan lainnya untuk sampai ke Bandara BIM yaitu jenis Bus Tranex. Lokasinya di depan pintu masuk stasiun kereta api di Simpang Haru atau dekat dengan Rumah Makan Silungkang. Posisinya bus ini ngetem di pintu keluar rumah makan ini, jadi saat anda sebelum berangkat ke bandara dapat cicip jenis masakan yang ada di rumah makan ini tentu memberikan nuansa etnik asli dari Ranah Minang. Untuk masalah harga sangat terjangkau sekali dan pastinya ada harga ada rasa dapat anda rasakan sebelum kembali balik pulang ke lokasi masing-masing. Jadwal bus sudah tersedia dimulai dari 07:00 WIB sampai dengan 16:00 WIB dengan tarif kurang dari IDR25.000

==> Menggunakan Kereta Api Bandara BIM.
Transportasi publik baru diluncurkan tahun 2018 ini telah memberikan kenyamanan tersendiri untuk seluruh turis dan penduduk lokal yang ingin sampai ke Bandara BIM. Sangat mudah sekali menuju ke Stasiun Kereta Api Padang tepatnya di Simpang Haru dengan tepat waktu. Jadi anda yang ingin mencoba menaiki kereta api ini pastikan anda mengetahui tata cara lengkap yang telah kami ulas di artikel terpisah {baca: link}

#2. Dari Bukittinggi, Batusangkar, atau Painan.
Saya mengambil contoh daerah ini karena tempat wisata paling favorit yang dikunjungi oleh turis. Cara terbaik adalah anda harus mengunakan travel dan akan diantar langsung ke Bandara BIM, dan tidak perlu lagi estafet menggunakan transportasi publik lainnya. Kenyamanan perjalanan yang harus diprioritaskan apalagi anda seorang turis yang masih terbatas untuk paham beberapa lokasi perjalanan, ya travel solusi terbaik. Untuk harga sewa dimulai dari dari IDR40.000 per orang sampai diantar ke Bandara BIM menjadi lebih cepat sampai.

Poto credit: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Setelah sampai di Bandara BIM tentu anda telah menuju ke pintu keberangkatan pesawat udara. Pastikan anda telah mempersiapkan e-tiket yang telah ada di handphone smartphone segera lapor ke petugas yang memeriksa setiap penumpang masuk beserta KTP atau ID yang berlaku lainnya. Saat masuk anda harus memasukan seluruh barang bawaan anda untuk dilakukan scanning atau screening di mesin yang telah disiapkan oleh pengelola bandara. Tas, ikat pinggang, gadget, elektronik, dan lain sebagainya harus masuk dalam pemeriksaan. Khusus untuk barang bawaan ukuran kecil ini dapat masukan ke wadah kontainer kecil yang telah disiapkan supaya lebih rapi dan tidak berceceran.

Semua barang telah diperiksa dan pastinya anda akan mengambilnya kembali, saatnya menuju ke konter petugas check ini yang telah tersedia di depan anda. Pastikan nama airline yang anda tumpangi telah terlihat di monitor layar dan pastinya proses check in sudah bisa dimulai. Anda tidak sendirian saat proses check ini dan harus antri, walaupun anda telah melakukan self check ini melalui website anda tetap juga melapor ke petugas untuk mendapatkan boarding pass dan tempat duduk penumpang. 

Jika anda membawa barang masuk bagase pesawat pastikan berat yang diberikan gratis setiap airline berbeda-beda. Khusus untuk dalam negeri anda mendapatkan gratis bagase dimulai dari 20kg, dan maskapai penerbangan luar negeri LCC luar negeri harus berbayar untuk 20kg ini. Barang yang diperbolehkan masuk ke kabin pemumpang pesawat hanya 7kg saja, jadi pastikan anda harus memperhatikan regulasi ini agar tidak terjadi kesalahpahaman antara penumpang dan petugas.

Semua proses di konter check in telah selesai saatnya anda menaiki eskalator menuju lantai dua ke ruang tunggu penumpang. Proses screening barang yang kedua telah dimulai, dan semua barang yang dibawa juga harus masuk ke dalam mesin seperti pemeriksaan pertama kali. Anda harus menunjukan boarding pass dan KTP atau ID yang berlaku kepada petugas, setelah semua selesai sempurna anda dipersilahkan memasuki ruang tunggu pesawat. Saat menunggu ada beberapa fasilitas yang telah disiapkan oleh pengelola bandara yaitu toilet, mushola, charger baterai handphone, dan beberapa spot tempat makan disaat anda membutuhkan. 

Jika jadwal pesawat anda sudah mulai dekat maka petugas akan menginformasikan kepada seluruh penumpang termasuk anda untuk segera bersiap-siap memasuki pesawat. Pengumuman ini tentu harus anda perhatikan karena petugas akan memeriksa kembali boarding pass dan KTP atau ID yang berlaku di pintu yang telah ditetapkan dan harus antri. Pastikan seluruh barang bawaan anda telah bersama dengan anda dan mengikuti instruksi dari petugas dimana lokasi pesawat anda parkir. Setelah sampai di dalam pesawat anda harus duduk di nomer kursi yang telah ditetapkan tertera di boarding pass. 

0 Response to "Cara Lengkap Ke Bandara Internasional Minangkabau Padang Pariaman Sumatera Barat: Mulai Dari Menggunakan Transportasi Publik Hingga Proses Check In Sampai Ke Ruang Tunggu Pesawat Udara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel