Contoh Bisnis Plan Khusus Untuk Barber Shop Skala Kecil Bagi Pemula - Masgunggoyo

Contoh Bisnis Plan Khusus Untuk Barber Shop Skala Kecil Bagi Pemula

Anda sebagai owner Barber Shop harus mengetahui contoh bisnis plan untuk mengetahui bagaimana cara menjalankan pekerjaan ini dimulai dari sekarang hingga berjalannya dengan baik di masa yang akan datang. Dalam bisnis plan ini terlihat bagaimana informasi yang menyebutkan bahwa industri ini telah anda pilih untuk ditekuni agar dapat memenangkan kompetisi di masa yang akan datang tanpa ada halangan dan hambatan apapun bentunya sehingga owner seperti anda akan terfokus pada kinerja dan pengembangan bisnis lebih tepat. Memang contoh ini sangat sederhana khusus bagi pemula mempunyai modal kecil sebagai rintisan awal bisnis dan akan terus berkembang jika ada peluang tinggi sehingga pos lain dapat ditambah dapat disesuaikan dengan kondisi keuangan dan kesempatan yang akan dilakukan oleh owner. Berikut penjelasannya:

Alasan Memilih Bisnis Barber Shop.
Dengan berubahnya konsep gunting rambut menjadi barber shop yang lebih baik tentu menjadi peluang untuk ditekuni apalagi di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan, atau Makassar telah menghargai sebuah tempat yang nyaman untuk layanan gunting rambut di tempat yang cukup representatif. Barber Shop memang konsep gunting rambut tetapi konsepnya disesuaikan dengan karakter dari pemilik untuk memenangkan kompetisi untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak khususunya para generasi milenial dan dewasa.

Konsep Usaha Dibentuk.
Usaha yang akan dibentun tentu beraneka ragam apakah secara perseorangan hingga kerjasama atau kesepakatan dalam bentuk penyertaan modal dari beberapa owner dari teman anda. Konsep ini dapat disesuaikan dengan keinginan tetapi untuk fenomena ini kami mengambil contoh sederhana dari perseorangan sehingga lebih mudah menjelaskan lebih rinci dan akurat.



Lokasi Berdirinya Barber Shop.
Lokasi tempat yang dipilih dekat kampus, perkantoran, hingga keramaian kota. Pilihan lainnya dapat dibentuk dari rumah kuno disulap menjadi barber shop dengan konsep tempo doeloe.

Perencanaan Usaha Barber Shop.
Untuk memulai rencana usaha barber shop tentu saja ada beberapa tahap yang harus diterapkan dan lebih rinci agar langkah demi langkah dapat fokus.

#1. Persiapan Awal.
==> Anda telah mampu melakukan selera pasar untuk konsep gunting rambut dan pastinya target konsumen menjadi hal utamanya.
==> Meneliti beberapa lokasi sebagai rekomendasi tempat untuk berdirinya barber shop sehingga riset yang telah anda lakukan berhubungan dengan strategis dan banyaknya pelanggan yang melihat barber shop anda.
==> Mengurus perijinan jika dimasa yang akan datang ada peluang untuk ekspansi usaha.
==> Menyiapkan tenaga kerja jika diperlukan untuk memulai bisnis nanti.
==> Sudah mengetahui peralatan apa saja yang akan dipersiapkan dimulai dari kursi, kaca, alat-alat, desain, dan lain sebagainya.

#2. Pola Kerja Bisnis.
==> Jika anda berencana untuk menerapkan pola bagi hasil untuk pekerja lainnya dapat diterapkan biasanya 50-50
==> Buat rencana waktu tertentu memberikan potongan harga khusus untuk pelajar atau mahasiswa sebagai target awal.
==> Langsung terkoneksi dengan media sosial populer seperti Facebook atau Instagram sebagai cara untuk  media promosi dan penyampaikan informasi penting jika ada promo.
==> Seleksi pekerja sudah mulai dilakukan khususnya untuk gunting rambut. Anda dapat melakukannya diawal dan lihat pola kerja dan kesesuaian konsep dengan anda untuk menjalankan bisnis barber shop ini nanti.
==> Tidak hanya itu saja, anda juga dapat melakukan iklan di radio jika diperlukan agar memperkuat media promosi anda.
==> Selalu mengikuti semua perkembangan bisnis jika diperlukan perawatan lainnya khusus pria di masa yang akan datang dapat menjadi perhatian.

credit: ghanatalksbusiness.com

Perkiraan Modal Awal Analisa Break Even Point.
Untuk memulai bisnis harus ada beberapa biaya yang akan dipersiapkan agar semua telah selesai sempurna bisnis barber shop anda dapat berjalanan dengan baik, untuk nilai ini budget dapat berubah nilai aktualnya saat terealisasi:

Biaya Riset Rp 1.000.000
Perijinan               1.000.000
Proses rekruiment 1.000.000
Peralatan             30.000.000
Sewa tempat 1 th 12.000.000
Seragam                 500.000
Desain barber shop  10.000.000
Instalasi                   5.500.000
Lainnya               1.000.000

TOTAL Rp62.000.000

ANALISA BEP {Break Even Point}
Tarif Barber Shop
Dewasa: Rp 30.000
Anak-anak: Rp 20.000

Pendapatan per minggu {rata-rata}:
Dewasa: 50 orang         Rp1.500.000
Anak-anak: 10 orang         200.000

TOTAL         Rp1.700.000
Pendapatan per bulan Rp6.800.000

BEP: Bisnis ini telah sampai di titik impas balik modal di bulan ke 10, sehingga setelah bulan ini anda telah mulai baik kondisi bisnis karena modal sudah kembali. Memang untuk pendapatan kami mengambil rata-rata walaupun ada perbedaan setiap hari tetapi di lokasi yang cukup strategis bisa didapatkan customen anda dengan jumlah yang cukup baik.

SUMBER MODAL
Sumber modal yang anda dapatkan bisa dari modal sendiri atau beberapa rekan lainnya yang telah sepakat untuk menjalankan bisnis ini berjalan dengan baik di masa yang akan datang.

Ilustrasi angka ini memang dapat dijadikan sebagai contoh bisnis plan sederhana yang bisa anda modifikasi sesuai dengan karakter bentuk pola kerja yang akan diterapkan. Secara umum seperti ini dan pastinya setiap pelaku bisnis mempunyai nilai nominalnya. Jika rasanya ada tambahan tertentu untuk memperkuat bisnis anda lainnya dipersilahkan agar majunya perusahaan di masa yang akan datang dapat anda raih dengan baik. Khusus untuk pemakaian tenaga kerja ini dapat disesuaikan apakah di awal bisnis berjalanan masih anda sendiri menjadi tenaga kerjanya. Asumsi ini anda juga termasuk tenaga kerja barber shop, jika dimasa yang akan datang bisnis ini telah berkembang dengan pesaat anda dapat menjadi owner dan mengelola seluruh karyawan anda untuk berperan aktif menjalankan bisnis ini.


Untuk ekspansi dan membuka cabang lainnya tentu langkahnya tetap sama, dan sudah dipastikan perjalanan bisnis ini telah cukup baik serta pelanggan sudah mengenal dengan kinerja barber shop yang anda miliki. Jika ada penambahan paket tambahan seperti cuci rambut hingga perawatan lainnya dapat dimasukan ke modal awal yang berakibat modal yang anda sertakan juga meningkat pula. begitu seterusnya termasuk untuk pembuatan website jika dirasa perlu dapat juga dilakukan.

Semoga konten artikel kami ini dapat menjadi inspirasi anda untuk memulai bisnis dalam bentuk contoh bisnis plan sederhana untuk barber shop. Konsep ini sebernanya dapat diaplikasikan ke beberapa bisnis UMKM sejenis seperti cafe, warteg, hingga jajanan konsep gerobak. Akhir kata semoga bisnis anda tetap berjalan dengan baik dan menghasilkan nilai ekonomi yang cukup baik sehingga menjadi bussinesman yang anda idamkan selama ini dapat terwujud.

0 Response to "Contoh Bisnis Plan Khusus Untuk Barber Shop Skala Kecil Bagi Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel