Ingin Investasi Tanah: Apa Saja Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Anda Melakukan Pembelian Khusus Pemula - Masgunggoyo

Ingin Investasi Tanah: Apa Saja Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Anda Melakukan Pembelian Khusus Pemula

Uang cukup untuk investasi tanah kenapa tidak, banyak sekali rekan semua yang telah memiliki uang yang cukup pastinya dari hasil pekerjaan yang telah dilakukan beberapa tahun muncul ide untuk membeli tanah yang digunakan untuk investasi agar uang yang diiliki tetap mempunyai nilai yang tetap terjaga untuk masa yang akan datang. Investasi tanah ini bermacam-macam tipe dan jenisnya ada berbentuk investasi tanah kebun, investasi tanah kavling, hingga investasi tanah pertanian. Apapun tema yang anda pilih ada hal yang harus diperhatikan sebelum anda melakukan pembelian dan pastinya dengan tips dan trik yang jitu tentu anda akan mendapatkan manfaat nilai ekonomi besar akibat harga investasi tanah tersebut akan naik berkali-kali lipat.

FORMULA: Anda ingin melakukan investasi tanah pastinya akan memikirkan harga di masa yang akan datang dapat berkali-kali lipat harganya dan ini menjadi fokus harus menjadi perhatian.

Untuk mewujudkan impian anda dengan formula yang kami tuliskan diatas ini tentu pasti semua orang akan menginginkannya apalagi tanah yang anda beli tersebut menjadi rebutan dan harga per meter perseginya telah jauh melampaui ekspektasi anda sebelumnya, pada tulisan ini kami ingin menulis konten yang berhubungan dengan investasi tanah yang banyak dipilih oleh generasi sekarang ini agar uang yang didapatkan susah payah dengan keringat yang bercucuran ini ingin melakukan investasi di sebuah unit tanah apapun jenisnya yang penting uang ini tetap bertahan harganya dimasa yang akan datang serta tidak habis begitu saja tanpa ada bekas.



#1. INVESTASI TANAH KOSONG BELUM ADA TANDA PEMBANGUNAN.
Pilihan yang ada saat sekarang ini adalah tanah kosong yang masih alami belum ada tanda-tanda pembangunan sekitar 10 tahun yang akan datang. Walaupun harganya sangat terjangkau dan bahkan pemilik tanah ingin menjualnya satu bukit atau luas hektarnya sangat banyak tentu pola pembangunannya skala industri, perumahan atau kawasan representatif. Dengan kata lain pilihan ini memang masih sangat spekulatif belum serta masih belum ada tata ruang spesifik yang akan ada pembangunan di masa yang akan datang.

Tetapi, anda dapat mempelajari fenomena seperti ini apakah di kawasan sekitar akan terjadi pembangunan yang cukup masif atau adanya rencana pemerintah kota setempat akan melakukan pembangunan seperti jalan utama yang akan melewati tanah tersebut, atau bahkan kawasan sekitar akan dibangun sekolah suatu institusi makan akan dipastikan tanah tersebut akan memberikan hasil harga yang akan semakin meningkat di masa yang akan datang, begitu juga sebaliknya.

Memang investasi tanah seperti ini anda harus jeli dengan status tanah yang akan dibeli apakah tanah adat yang masih ada perdebatan antara kaum atau suku tertentu dengan pihak investor. Jadi, informasi ini harus didapatkan agar saat anda ingin melakukan investasi yang lebih baik kualitasnya di masa yang akan datang.

#2. INVESTASI TANAH LOKASI PUSAT KOTA.
Pilihan melakukan investasi tanah di pusat kota dengan lokasi yang sangat strategis juga dapat dilakukan dengan konsekwensinya harga beli saat itu juga sudah mahal, tetapi di masa yang akan datang tanah ini akan bertambah mahal lagi karena fasilitas publik yang telah baik disekitar tanah yang anda beli tentu sudah tentu pasti akan bertambah baik. Namanya pusat kota berarti akses jalan raya telah sangat baik serta semua infrastruktur yang dibangun oleh pemerintah sudah baik. Untuk mewujudkan investasi tanah seperti ini anda harus mengeluarkan budget uang yang sangat besar sekali.

#3. INVESTASI TANAH UNTUK PERTANIAN ATAU PERKEBUNAN.
Jika anda berkeinginan untuk melakukan investasi tanah yang akan diperuntukan pertanian atau perkebunan sudah tentu pasti dapat anda pertimbangkan untuk dibeli. Rencana untuk melakukan kegiatan di kampung ini tentu sekarang ini telah mulai dilirik oleh para pekerja dari luar negeri yang ingin pulang kembali ke tanah air dan berkiprah mengemabangkan kampung menjadi lebih baik untuk melakukan kegiatan perkebunan atau pertanian. Rencana seperti ini tentu tidak semua banyak yang memilih tetapi telah mulai dijadikan sebuah pilihan dimana anda memang harus kembali pulang ke kampung halaman untuk bekerja sebagai petani.

Untuk alokasi ini tentu saja anda mempunyai sedikit skill dibidang pertanian atau perkebunan di saat akan memanfaatkan tanah ini menjadi lebih produktif. Misalnya anda ingin menggarap tanah di persawahan atau tanah yang ditanami tanaman keras seperti durian, manggis, dan lainnya harus mengikuti proses yang baik dengan pengolahan tanah yang sesuai anjuran para ahli dibidangnya/

#4. INVESTASI TANAH KAVLING DI DEVELOPER.
Saat anda berkunjung ke perumahan yang dibangun oleh para developer yang mempunyai track records yang sangat baik tentu ada beberapa unit tanah kavling yang dijadikan sebagai pilihan yang diberikan oleh developer untuk konsumen mereka yang ingin membeli tanah kavling ini tidak unit rumah. Tentu saja pilihan ini dapat menjadi pilihan disaat anda ingin alokasikan uang tersebut agar aset bertambah nilainya di masa yang akan datang.

Tanah kavling ini tentu saja mempunyai ukuran yang harus tegas dan jelas agar batas-batas yang ada disekeliling merupakan lingkungan perumahan yang telah diperuntukan untuk perumahan warga. Jika ditelisik keuntungan jika anda ingin mendapatkan keuntungan memiliki tanah kavling ini adalah:

#a. Ingin Mendapatkan Peningkatan Harga Masa Datang.
Tentu saja namanya investasi harus mendapatkan capital gain di masa yang akan datang untuk luas tertentu. Keuntungan peningkatan harga ini periode waktu diatas 5 tahun telah berubah harga pasarnya. Jika anda ingin mendapatkan capital gain sebaiknya telah meningkat 5 kali lipat maka pertimbangan untuk dijual dapat anda lakukan.

#b. Minimal Perawatan Tanah.
Tanah kavling telah jelas berada di kawasan perumahan yang akan dibangun oleh pengembang atau developer sehingga sebagai pemilik tanah anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk operasional perawatan untuk tanah yang anda beli sebagai investasi.

#b. Keuntungan Lain Jika Ada Pembangunan.
Apabila anda ingin mendapatkan harga yang meningkat lagi dapat juga dibangun ukuran tertentu saat pengembang melakukan pembangunan untuk perumahan dan lokasi tanah kavling anda menjadi strategis maka investasi tanah kavling ini dapat anda bangun ruko atau bangunan yang lebih menguntungkan lagi sehingga investasi anda ini tetap stabil dan meningkat.

#c. Waktu Tertentu Investasi Anda Menjadi Berlian.
Pemilihan lokasi tanah kavling yang anda pilih nanti menjadi tempat yang sangat strategis bahkan permintaan tanah tersebut tinggi maka nilai properti tanah anda menjadi nilai setaraf berlian. Maka, sebelum melakukan investasi pastikan anda memilih lokasi yang tepat menjadi prioritas karena berhubungan dengan permintaan. Semakin tinggi dan jumlah kavling tanah disekitar tanah kavling tinggi daya belinya maka siap-siap harga yang akan anda terima akan menjadi lebih tinggi sekali.

#d. Dapat Diisi Dengan Tanaman Muda Menghasilkan.
Jika anda mempunyai nyali untuk melakukan pertanian untuk waktu 3 bulan pertama menghasilkan panen dapat juga anda lakukan untuk mengisi lahan kosong ini seperti sayuran atau bahkan lakukan kerjasama dengan penduduk setempat dengan bagi hasil 50-50. Tentu dengan berjalannya waktu anda dapat nilai ekonomis uang untuk waktu tertentu. Keuntungan maksimal di dapat berjalannya waktu anda juga mendapatkan nilai ekonomis dengan hasil panen yang dilakukan.

Poto credit: medium.com

Perhatikan juga kelemahan dari tanah kavling yang anda jadikan investasi ini dimasa yang akan datang yang harus anda pahami:

#a. Tentu Minim Income.
Pastinya tanah kavling ini rata-rata letaknya di dalam kompleks perumahan agak sedikit lebih jauh dari kawasan utama sebuah perumahan.  Walaupun begitu minim income ini tidak secerah ruko atau apartemen yang mempunyai nilai yang sangat melejit dengan strategisnya lokasi.

#b. Kurang Liquid Seperti Emas.
Memang investasi tanah kavling ini tidak liquid seperti investasi emas. Karena proses menjadikan uang anda harus membutuhkan waktu yang cukup panjang agar mendapatkan harga yang sangat pantas bahkan nilainya seperti berlian butuh waktu yang cukup panjang. Berbeda dengan emas tentu saat itu juga dapat dijual dan cair menjadi uang tunai.

#c. Menjadi Tanah Milik Butuh Modal Cukup Besar.
Tentu saja untuk mendapatkan tanah kavling ini anda harus mengeluarkan uang yang cukup besar karena lokasi tersebut sudah mulai masuh dalam tata kota yang akan dibangun oleh developer. Tetapi anda jangan khawatir, pemilihan lokasi yang akan dapat anda prediksi untuk 10 tahun ke depan akan terjadi pembangunan kota yang cukup pesat maka pertimbangan untuk membeli dapat anda lakukan. Walaupun saat sekarang harganya Rp100.000 per meter persegi tetapi harga ini sudah tentu pasti berubah untuk waktu 10 tahun setelah pembangunan tersebut telah dilakukan.

#d. Ada Uang Ekstra Untuk Pengamanan.
Khusus tanah kavling anda biarkan begitu saja tanpa adanya pembangunan memang perlu dilakukan pengecekan secara berkala agar tidak diserobot oleh orang lain. Pastikan tanah tersebut telah ada batas-batas yang jelas bahkan pondasi batu diberikan agar properti anda ini jelas dan pastinya orang sekitar jadi mengerti ini lah tanah yang anda miliki.

REKOMENDASI INVESTASI TANAH MENGUNTUNGKAN.
Cara investasi tanah yang menguntungkan ini sudah menjadi pilihan bagi anda seorang yang ingin mempertahankan nilai uang sekarang tetap stabil dan pastinya harus melakukan investasi. Khusus di DKI Jakarta lokasi investasi tanah yang sangat menguntungkan saat sekarang ini adalah di daerah Jabodetabek {Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi} sebagai lokasi tanah premium yang sangat dicari bahkan akan selalu berlipat harganya dimasa yang akan datang dimulai dari 5-10 tahun ke depan. Cara investasi tanah yang paling menguntungkan sekitar Jakarta perhatikan lokasi ini agar anda tidak ketinggalan untuk mendapatkan manfaatnya.

TIPS INVESTASI TANAH SEBELUM ANDA DEAL MEMBELI.
Apapun jenis investasi tanah yang anda pilih nantinya sesuai dengan uraian kami diatas pastinya ada tips sebelum anda deal membeli agar tidak salah pilih bahkan tertipu. Untuk mendapatkannya ada beberapa tips yang harus anda perhatikan agar kualitas investasi tanah anda tetap dalam zona ekonomis.

#a. Perhatikan Situasi Kondisi Investasi Tanah.
Teliti sebelum membeli memang diharuskan seperti situasi dan kondisi investasi tanah yang akan anda pilih nanti, seperti lokasi tanah akses jalan kesana tidak banjir apalagi jauh dari bahaya longsor. Begitu juga dengan tanah yang harus terbebas dari ketidaknyamanan di sosial masyarakat seperti perkuburan, banyaknya preman, begal, ataupun harus jauh dari TPA sampah di suatu kota. Sebagi pembeli anda harus sangat jeli agar semua aspek ini harus diketahui agar kondisi tanah idaman memang superbly prima.

#b. Harus Mengetahui Luas Tanah, Batas Tanah, Dan Bentuk Tanah.
Membeli tanah tentu saja anda harus mengetahui luas tanah, batas tanah, dan bentuk tanah. Investasi tanah pastinya anda seorang investor harus mengetahui serinci mungkin agar saat anda membeli harus ada pertibangan agar anda tidak salah beli akhirnya menyesal di kemudian hari.

#c. Selalu Lakukan Negosiasi Harga Kepada Penjual Tanah.
Membeli tanah dengan harga yang sangat representatif pastinya harus ada kesepakatan harga antara penjual dan pembeli. Begitu juga saat membeli tanah yang akan anda lakukan investasi, dengan negosiasi harga sehingga kesepakatan harga yang memang disepakati dapat anda lakukan sehingga kenyamanan masing-masing pihak dapat diutamakan.

#d. Pengecekan Surat Penting Investasi Tanah.
Legalitas kepemilikan tanah yan harus ada surat sertifikat yang harus diketahui secara cermat apakah status tanah yang dibeli tersebut Girik, SHGB, hingga SHM. Apabila anda ingin mendapatkan kesempurnaan untuk sebuah investasi tanah dengan kualitas baik legalitas lah yang menjadi standar yang harus diperhatikan oleh pembeli seperti anda. Untuk mendapatkan keaslian sertifikat tanah ini pastinya harus dengan ahlinya yaitu seorang Notaris atau PPAT yang mempunyai pengalaman untuk melakukan pengecekan ke BPN {Badan Pertanahan Nasional}. Ada dokumen tambahan lainnya yaitu adanya PBB {Pajak Bumi Bangunan} yang telah ditunaikan oleh pemilik lama sehingga tambahan dokumen ini menjadi perhatian yang tidak pernah luput.

Setelah anda mengetahui beginilah cerita yang selalu terjadi saat anda melakukan investasi tanah apapun jenisnya agar kenyamanan untuk memiliki aset berharga ini dapat diandalkan sehingga uang anda tetap bertahan baik di masa yang akan datang dengan naiknya harga tanah yang anda miliki sekarang ini. Semua aksi sudah tentu harus ada modal yang harus dipersiapkan yaitu budget uang untuk membeli tanah ini lah yang harus tetap baik kondisinya tidak turun melainkan harus naik di masa yang akan datang. Semoga tulisan kami ini bermanfaat di saat anda butuh jawaban yang cukup lengkap ada di artikel ini. Dan pastinya anda memiliki peluang untuk mendapatkan salah satu investasi tanah yang sangat strategis di masa yang akan datang dimulai dari pemilihan jenis tanah yang akan anda jadikan investasi untuk melindungi nilai uang tunai dimiliki saat ini.



Tag: investasi tanah kebun, cara investasi tanah yang menguntungkan, investasi tanah vs emas, investasi properti tanah, investasi tanah kavling, investasi tanah pertanian, investasi tanah perkebunan.

0 Response to "Ingin Investasi Tanah: Apa Saja Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Anda Melakukan Pembelian Khusus Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel