Lakukan Cara Lengkap Ini Saat Paspor Hilang Di Luar Negeri Sesegera Mungkin Jangan Ditunda - Masgunggoyo

Lakukan Cara Lengkap Ini Saat Paspor Hilang Di Luar Negeri Sesegera Mungkin Jangan Ditunda

Apa yang terjadi jika paspor hilang di luar negeri saat traveling? Tentu saja anda akan terasa panik, panas dingin, dan pastinya akan grogi saat traveling nanti menuju ke tempat wisata jika terjadi pemeriksaan. Pengalaman seperti ini sudah pernah dirasakan oleh rekan kita yang merasakannya sehingga menjadi sebuah pembelajaran yang sangat berharga sehingga dapat di sharing kepada teman semua jika terjadi situasi ini tentu menjadi informasi penting sekali dan apa yang harus dilakukan. Jika kita telisik lebih dalam paspor sangat penting sekali untuk perjalanan khususnya traveling ke beberapa negara. Memang situasi yang tidak sadar tentu anda ada terlupa atau kecelakaan yang terjadi sehingga dokumen perjalanan ini menjadi tercecer dan hilang di suatu tempat sehingga anda baru menyadari sudah beberapa jam setelah itu atau keesokan harinya tidak ditemukan di tas atau di tas ransel yang dibawa.

Sangat pentingnya paspor ini tentu sangat berhubungan erat dengan identitas resmi internasional yang selalu dibutuhkan tidak hanya sebagai pengenal diri saat berada di negara orang juga diperlukan saat pemeriksaa saat anda kembali pulang ke Indonesia juga memburuhkan paspor untuk proses check in dan pemeriksaan imigrasi nantinya. Jadi, jangan anggap remeh paspor kalau hilang di negara orang tentu anda tidak bisa bergerak lebih lelusa dan akan terbentur di pemeriksaan pada pemeriksaan nantinya.

Bagaimanapun juga anda jangan khawatir dan memang membutuhkan waktu sehingga ada beberapa itinirary perjalanan harus tertunda untuk mengurus beberapa dokumen pendukung dan harus dilengkapi sehingga proses lebih lanjut setelah anda  mendapatkan beberapa surat penting yang harus dimiliki sesegera mungkin. Plesirankotatua ingin menulis konten artikel ini semoga bermanfaat bagi rekan semua jika saat tertentu nanti merasakan situasi ini dimana melakukan traveling paspor hilang dan harus ngapain saja hal yang harus dilakukan agar mendapatkan dokumen perjalanan ini sehingga liburan tetap berjalan nyaman dan menyenangkan, berikut cara mengurus paspor hilang di luar negeri saat traveling:

#1. Harus Segera Lapor Ke Instansi Kepolisian Negara Setempat.
Anda harus segera melaporkan ke polisi setempat sesegera mungkin ASAP. Jangan pernah menunda waktu dan segera datangi sampaikan kondisi sebenarnya apa yang terjadi kepada petugas yang menjaga saat itu juga. Biasanya polisi negara setempat akan meminta anda untuk menceritakan keadaan yang sebenarnya secara rinci dan lengkap. Ceritakan apa adanya dan sejujurnya jika kemudian hari mereka dapat menindaklanjuti laporan anda dan menemukannya maka polisi setempat segera memberitahukan {apabila waktunya sangat memungkinkan}. 

Pihak kepolisian negara setempat tentu saja akan memberikan formulir yang harus anda isi dan pastikan anda mengisi dengan benar semua kolom yang ada di kertas tersebut. Karena keakuratan data apapun itu termasuk nama, tanggal lahir, dan sebagainya akan memberikan keakuratan data jika paspor anda ditemukan nanti.

#2. Segera Ke KBRI.
Saat di kantor kepolisian tersebut semua laporan yang anda sampaikan akan mereka buat dalam bentuk surat kehilangan barang. Setelah anda mendapatkannya maka segera mencari informasi dimana lokasi alamat KBRI {Kedutaan Besar Republik Indonesia} dan segera melakukan laporan disana. Karena dari laporan kepolisian setempat pengurusan paspor anda yang hilang dapat ditindaklanjuti oleh petugas KBRI untuk menurus dokumen penting ini secepatnya.

Setelah anda diterima oleh petugas di KBRI tentu proses ini akan segera mereka lakukan dan menerbitkan SPLP {Surat Perjalanan Laksana Paspor} yang dapat berfungsi sebagai paspor pengganti selama anda melakukan traveling di negara tersebut. Tetapi perlu anda ketahui jangka waktu yang mereka berikan tentu selama anda traveling nanti dan pastikan dokumen pendukung lainnya saat anda melakukan perjalanan pulang akan ada ditanyakan untuk memberikan waktu expire SPLP ini sampai anda mendarat di Indonesia nanti. 

Prosedur pembuatan SPLP ini memang disesuaikan saat itu juga, karena terbatasnya dokumen yang dibutuhkan tentu harus menjadi pertimbangan KBRI disana. Secara umum dokumen yang harus dilengkapi adalah sebagai berikut:

==> Identitas diri lainnya {KTP, KK, atau buku nikah}
==> Foto copy paspor {jika ada}
==> Surta kehilangan dari kepolisian setempat
==> Lengkapi pas poto latar belakang terang seukuran paspor
==> Mengisi formulir SPLP dengan benar dan akurat dan pastikan anda tanda tangan
==> Bayar biaya SPLP yang telah ditetapkan oleh KBRI setempat.
==> Semua berkas ini harus dilengkapi dan berikan kepada petugas setempat untuk membuat dokumen ini agar perjalanan traveling anda tetap dalan zona nyaman sampai kepulangan ke Indonesia.

Untuk proses memang mebutuhkan waktu, secara normal waktu yang dibutuhkan antara 1-2 hari. Tetapi tergantung dari KBRI setempat untuk memberikan proses lebih cepat saat dilakukan pemeriksaan yang akan diperlukan untuk memperlancar menerbitkan identitas anda kembali. Semua proses ini harus anda ikuti dan setelah selesai dapat menjadi paspor sementara sampai anda kembali lagi ke tanah air tercinta.

credit: corporatetravel.id

#3. Cara Lain: Lapor Diri Saat Sampai Negara Tujuan.
Memang saat anda traveling ke luar negeri terkadang lupa, saking senangnya anda menjadi lebih terlena dengan itinerary perjalanan yang telah dibuat bahkan ingin segera melakukan perjalanan traveling secepatnya ke tempat wisata menarik di negara tersebut. Jika anda sampai di negara tujuan lebih dari satu minggu tenti dianjurkan anda lapor diri ke KBRI negara tujuan. Memang cara ini tidak lazim dilakukan tetapi sangat dianjurkan untuk mengantisipasi jika terjadi kehilangan dokumen perjalanan paspor saat melakukan perjalanan traveling.

Prosesnya sangat mudah sekali, anda membawa pas poto 2 lembar dengan latar terang seukuran paspor  dan poto copi paspor. Akan mendisi formulir yang mereka sediakan dan anda harus mengisinya dengan lengkap dan akurat dan akan diserahkan kepada petugas KBRI negara tujuan. Setelah lengkap semua maka anda akan mendapat surat bukti lapor diri dan dapat berguna di periode perjalanan anda nanti. Dan pihak KBRI akan memberikan cap pada paspor anda. Sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang cukup lama dan berbelit-belit.

Memang sebagian traveler tidak mengetahui manfaatnya bahkan anggap sepele tetapi sangat penting di saat genting seperti kehilangan paspor di negara orang. Dengan lapor diri seperti ini sebenarnya anda telah tertolong untuk diri sendiri di saat terjadi kehilangan anda lebih cepat dan mudah mendapatkan pengganti paspor tersebut. Dan cara seperti ini pihak KBRI lebih banyak mendapatkan informasi penting lainnya disaat terjadi hal yang diluar dugaan dan dapat langsung menghubungi keluarga di Indonesia, khusus traveler yang melakukan perjalanan outdoor, pendakian gunung, hingga traveling alam liar sebaiknya melakukan lapor diri seperti ini untuk kenyamanan di kemudian hari.

#4. Segera Buat Paspor Baru Secepatnya.
Setelah semua proses ini anda lakukan dan telah mendapatkan SPLP dari KBRI negara setempat saat anda telah sampai di Indonesia segera buat paspor baru di Imigrasi domisili anda. Jangan tunda waktu karena lebih ccepat lebih baik. Memang proses yang anda lakukan di negara orang akan memperburuk itinerary perjalanan tetapi menjadi pengalaman yang sangat berharga untuk selalu waspada dan berhati-hati untuk masalah dokumen penting perjalanan seperti paspor ini. 

Membuat pspor baru berarti anda akan mengulang proses dari awal dengan melengkapi dokumen pendukung dan menyertakan surat SPLP ini untuk memberikan keterangan bahwa anda telah mendapatkan surat ini dari KBRI negara tujuan traveling anda. Ikuti prosesnya sampai paspor baru anda telah dikeluarkan kembali oleh Imigrasi domisili anda. 

Semoga pengalaman ini yang tertuang di tulisan artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi pembelajaran bagi kita semua khususnya anda yang akan melakukan traveling ke luar negeri saat paspor hilang beginilah proses cara yang akan dilakukan dan lakukan sesegera mungkin jangan ditunda. Identitas penting anda di negara orang adalah paspor yang berguna untuk semua tujuan apalagi saat anda check in pulang kembali harus menggunakan paspor ini sebagai dokumen penting pengecekan identitas. Selalu berhati-hari disaat hati senang melakukan perjalanan tentu waspada kehilangan barang yang mungkin saja terjadi. Amankan semua barang bawan dan selalu awas agar tidak hilang, tercuri, bahkan tertinggal di lokasi lain tanpa anda sadari. Semoga perjalanan anda selamat sampai tujuan dan tidak ada halangan sama sekali dan nyaman melakukan traveling penting ini dalam pengalaman hidup yang akan dikenang sepanjang masa dan pengalaman pengurusan paspor hilang ini tentu menjadi bermanfaat.

0 Response to "Lakukan Cara Lengkap Ini Saat Paspor Hilang Di Luar Negeri Sesegera Mungkin Jangan Ditunda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel