Mau Beli Rumah Atau Apartemen: Khusus Pemula Ingin Mendapatkan Aset Prospek Investasi Masa Depan - Masgunggoyo

Mau Beli Rumah Atau Apartemen: Khusus Pemula Ingin Mendapatkan Aset Prospek Investasi Masa Depan

Mau beli rumah atau apartemen selalu menjadi pertanyaan pertama yang akan selalu dilontarkan oleh generasi milenial yang telah bekerja di dunia digital menghasilkan pendapatan yang tidak terbatas dari internet telah mampu mendapatkan kesempatan untuk memilih apakah rumah atau apartemen untuk aset prospek masa depan sebagai investasi. Sama-sama hunian yang selalu mempunyai keuntungan dan kerugian tinggal di rumah atau apartemen dan membeli di atara kedua pilihan ini di beberapa waktu tertentu. Pilihan ini tentu mempunyai hak dan kewajiban terkait kepemilihan rumah dan apartemen yang harus diketahui oleh pemula seperti anada. Bahkan ada perbedaan antara rumah dan apartemen yang juga harus diketahui agar tidak ada penyesalan dengan kata salah pilih atau pilih salah di kemudian hari.

BIAYA PERAWATAN.
RUMAH: tidak mengeluarkan biaya yang cukup banyak seperti biaya kebersihan, biaya security, dan biaya lainnya. Dan yang paling menyenangkan adalah untuk biaya pemakaian listril serta air setiap bulannya jauh lebih terjangkau untuk sebuah rumah standar yang dimiliki mayoritas penduduk rata-rata. Untuk pengeluaran perawatan setiap tahunnya masih terjangkau itupun jenisnya cat, bocor, mampet, dan lain sebagainya dapat dijangkau oleh pekerja yang dapat diundang langsung.

APARTEMEN sudah dipastikan penghuni akan mengeluarkan biaya yang sangat mahal seperti SC {service charge}, SF {sinking fund}, biaya air, biaya listrik yang akan ditagihkan sangat mahal. Untuk perawatan bangunan secara keseluruhan akan ditanggung oleh seluruh penghuni unit yang ada di gedung apartemen tersebut. Jika ada kerusakan di apartemen tentu tidak mudah langsung datang langsung dikerjakan tetapi dikoordinasikan dengan pengelola apartemen atau Perhimpunan Penghuni sehingga perbaikan dapat dilakukan misal istalasi pipa atau listrik dan lainnya akan dikenakan biaya tambahan apalagi merenovasi unitnya. Pastinya biaya akan dikeluarkan cukup besar, untuk perbaikan hanya di dalam unit yang terbatas dengan melakukan dekorasi unit. 

STATUS KEPEMILIKAN 
RUMAH: status kepemilikan dapat berwujud SHM, SHGB dan pastinya dapat dipindahkan hak kepemilikan lebih bebas dan pastinya sangat mudah menjadi pengakuan hak atas properti ini. Jadi, untuk melakukan proses jual beli lebih cepat dan harganya semakin tahun akan semakin meningkat apalagi tanah sesuai dengan kenaikan inflasi setiap tahun.



APARTEMEN: khusus untuk apartemen tentu kepemilikannya bernama HMSRS { Sertifikat Hak Milik atas Satuan Rumah Susun} atau dikenal dengan Strata Title pada unit yang akan dimiliki saja. Jadi, anda yang ingin membeli unitnya hanya bangunan unit itu saja, untuk satu gedung apartemen ini adalah milik bersama semua pemilik unit.

INVESTASI JANGKA PANJANG.
RUMAH: status yang lebih baik dan pastinya akan mempunyai nilai jual yang sangat strategis maka rumah menjadi lebih menjanjikan untuk dijadikan sebagai cara untuk investasi karena memiliki tanah dan bangunan. Khusus rumah yang sudah lunas atau pembelian secara tunai mempunyai keunggulan tersendiri dan anda terbebas dari hutang dengan jangka waktu cukup panjang seperti istilah KPR. 

APARTEMEN: statusnya memang terbatas Strata Title ini hanya unit bangunan saja maka untuk di daerah DKI Jakarta sangat bagus prospeknya dapat disewakan per-bulan dengan harga yang cukup menjanjikan. Kebutuhan hunian ini sangat bagus, jika anda ingin memaksimalkan nilai uang dan menghasilkan setiap bulannya apartemen dapat menjadi sebagai solusi terbaik. Untuk investasi jangka panjang cukup baik dengan nilai sewa yang dapat naik sesuai dengan kesepakatan anda dengan penyewa, dan pastinya biaya listrik dan air anda sudah tidak pusing karena penyewa akan membayar semuanya. Pastinya untuk sewa harus memperhatikan komponen service charge dan sinking fund untuk tahun berjalan.

KEUNTUNGAN KERUGIAN: RUMAH DAN APARTEMEN.

#1. RUMAH.
Pastinya pilihan yang paling banyak dipilih untuk investasi adalah rumah, apapun tipenya apakah jenis RSS {Rumah Sangat Sederhana} hingga mewah memang rumah dan bangunan sangat juara. Dengan kesempatan untuk mendapatkannya berbagai cara ini tentu paling banyak direkomendasikan untuk alokasi pendapatan anda sebagai seorang praktisi digital di dunia internet ini sangat menggila dibuatnya. Semua semangat dicurahkan agar investasi kepemilikan rumah ini dapat terlaksana untuk waktu yang telah anda tetapkan.

==> Keuntungan Kepemilikan Rumah.
Setelah kami jelaskan diatas tentu status kepemilikan yang paling tinggi yaitu SHM bahkan ada SHGB sangat memberikan keleluasaan anda untuk melakukan perpindahan atau penjualan ke pihak lain lebih baik. Dan pastinya aset investasi anda berupa tanah dan bangunan dengan luas yang bervariasi. Apapun itu investasi seperti ini akan mempunyai harga lebih baik di masa yang akan datang karena harga tanah akan selalu naik akan mengikuti inflasi atau faktor ekonomi lainnya. Pastikan saat membeli rumah akses, lokasi, dan fasilitas harus terpenuhi karena ketiga elemen ini sangat mempengaruhi nilai harga di masa yang akan datang.

Dari segi pemeliharaan jauh lebih fleksibel dan mudah dilakukan, biaya yang dipersiapkan jauh lebih murah terjangkau pastinya anda pemilik rumah lebih leluasa. Tidak ada batasan perbaikan, renovasi, hingga merubaha struktur bangunan tidak ada jadi masalah karena seluruh hak terpenuhi dan pastinya anda menjadi lebih percaya diri untuk melakukan hal ini semuanya. 

Biaya setiap bulan tentu akan menjadi lebih murah termasuk biaya listrik, air, jika anda pembayaran bulana ronda sekitar tentu jauh lebih murah, termasuk biaya angkut sampah. Rata-rata perumahan terpilih saat ini tentu sangat mengutamakan biaya yang dikeluarkan setiap bulannya sebagai cara penghematan dari segi lini dimulai dari pengeluaran rutin rumahan seperti ini.

Kepemilikan rumah anda mengenal tetangga sebelah dan pastinya unsur kekeluargaan sangat terasa sekali. Saling tolong menolong bahkan saling tegus sapa dapat diandalkan dari rumah yang akan dibeli. 

Umur aset properti anda ini sepanjang masa, dan pastinya selama surat anda lengkap dan pastinya tidak ada masalah di BPN makan lindung nilai dari investasi anda akan menjadi lebih baik dan selalu meningkat jika sekitar lokasi anda telah menjadi kota mandiri.

Rumah juga dapat disewakan untuk tujuan tertentu, bahkan jika anda mempunyai budget lebih dapat membuat kontrakan yang akan memberikan hasil yang lebih produktif. Pastikan target pasar yang akan anda bidik menjadi perhatian, jika keluarga akan memberikan kenyamanan tersendiri jika dibandingkan dengan mahasiswa ataupun pelajar.

==> Kerugian Kepemilikan Rumah.
Jika kerugian hanya dari status saja, jika status rumah dan bangunan yang anda beli masih status girik atau SHGB tentu mempunyai sedikit kesulitan karena harus anda proses pengakuan hak yang lebih tinggi yaitu SHM. Proses pengurusannya tentu sebagian pembeli agak keberatan karena status kepemilikan seperti ini akan mempengaruhi harga jual sehingga anda sebagai pembeli properti untuk investasi memperhatikan poin ini.

Memang kepemilikan rumah dengan akses yang sangat sulit akan mempengaruhi harga, pastikan anda sebagai calon pembeli rumah harus memperhatikan faktor fasilitas pendukung yang ada disekitar bahkan anda harus mampu membaca situasi prediksi untuk 5-10 tahun ke depan pembangunan apa yang akan memberikan peluang untuk meningkatkan harga aset ini.

Bagi anda yang menjadikan agunan sertifikat ini ke pihak lain tentu akan menjadi kesulitan untuk penjualan, karena status hak berupa sertifikat tidak anda miliki sehingga proses jual beli akan terhambat. 
credit: propertyhome.in

#2. APARTEMEN.
Dengan banyaknya pembangunan apartemen di beberapa kota besar di Indonesia menjadi pilihan untuk investasi ada di jenis ini. Sebagai calon pembeli yang smart tentu akan memperhatikan beberapa keuntungan dan kerugian saat membeli apartemen ini untuk tinggal sementara atau sebagai lahan investasi untuk jangka panjang. Dengan kepemilikan diakui dengan status strata title ini terbatas dari satu unit yang dimiliki pastinya ada beberapa hal yang menjadi perhatian jika anda ingin membeli properti ini untuk masa yang akan datang.

==> Keuntungan Kepemilikan Apartemen.
Lokasinya yang sangat strategis tentu konsep yang paling banyak diterapkan oleh para developer sehingga kenyamanan penghuni sangat diutamakan dengan akses yang mendukung pemilikan apartemen ini sangat tinggi seperti fasilitas umum hingga fasilitas yang dipersiapkan. Jangan salah, seluruh elemen penting ini merupakan daya tarik tersendiri karena tanpa fasilitas ini nilai apartemen tidak akan menarik sehingga anda sebagai calon pembeli akan memperhatikan poin ini.

Tidak hanya untuk tempat hunian apartemen juga dapat digunakan sebagai cara untuk mendapatkan nilai lebih dengan melakukan penyewaan yang pastinya harganya sangat kompetitif. Target pasarnya memang cukup menggiurkan yaitu para turis, ekspat, hingga keluarga yang butuh sewa beberapa tahun kedepan. Pastinya nilai sewa ini dapat mengacu pada USD, EURO, JPY, atau Rupiah tergantung kesepakatan anda dengan para penyewa.

Seluruh kenyamanan para penghuni memang dipersiapkan beberapa fasilitas tambahan yang sangat baik seperti security 24 jam hingga CCTC yang dipersiapkan agar keamanan yang diinginkan dapat dinikmati seluruh pemilik apartemen.

Fasilitas tambahan yang disediakan memang untuk jenis tipe tertentu menakjubkan seperti lapangan olah raga, kolam renang, tenis, basket, hingga joging track sekalipun juga ada disediakan oleh developer. Semakin banyak fasilitas ini tentu akan memberikan nilai yang cukup mahal untuk tipe unit yang akan anda pilih.

Untuk lokasi yang tersedia saat ini tentu sangat dekat dari pusat keramaian kota, akses ke fasilitas publik cukup dekat, pastinya tidak banjir baik di sekitar lokasi atau akses menuju lokasi apartemen.

==> Kerugian Kepemilikan Apartemen.
Memang ada beberapa hal yang menjadi kerugian kepemilikan apartemen adalah kepemilikan hanya terbatas pada unit yang dimiliki sedangkan gedung apartemen merupakan kepemilikan bersama dari seluruh pemilik. Jadi anda tidak bisa leluasa untuk mengatur keinginan hanya sesuai dengan unit yang dimiliki saja.

Apabila anda melakukan renovasi hanya terbatas di dalam unit saja, renovasi disini bukan bongkar atau melakukan penggantian tertentu. Misalnya pengecatan ulang atau menambahkan ornamen di dalam ruangan di unit anda saja.

Tidak bisa leluasa untuk mengganti apa yang rusak seperti instalasi pembuangan air, listrik, hingga toilet mampet pun anda harus memanggil pengelola apartemen untuk membantu. Pastinya cost untuk memperbaikinya sangat mahal jika dibandingkan dengan rumah biasa.

Anda akan dikenakan biaya service charge, sinking fund, biaya security, biaya sampah, dan lainnya sesuai dengan peraturan yang disepakati. Jadi, anda tinggal di apartemen akan mengeluarkan uang jauh lebih banyak apabila dibandingkan dengan rumah biasa.

Umur apartemen sangat terbatas dimulai dari 25 tahun, setelah itu pastinya ada konsekwensi tersendiri. Jadi, masa umur gedung tentu ada pastinya akan berdampak pada unit yang anda miliki nanti akan menjadi taruhannya.

TIPS SEBELUM MEMBELI: RUMAH ATAU APARTEMEN.
Tentu hal yang sangat diperhatikan saat membeli dua alternatif investasi rumah atau apartemen. Jenis tipe ini tentu mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing tergantung dari rencana anda kedepan. Pastinya mengelolanya saja agar mendapatkan keuntungan tambahan yang akan didapatkan sehingga perputaran uang lebih produkstif dan anda dapat menikmati hasilnya sehingga bebas financial di masa tua dapat anda wujudkan.

#a. RUMAH.
Pastikan anda harus memilih rumah yang mempunyai kelengkapan surat yang jelas dan pastikan SHM {Sertifikat Hak Milik}. Karena status kepemilikan sangat penting dan memberikan lindung nilai aset investasi anda ini lebih terjamin di masa yang akan datang.

Sebelum membeli anda sebaiknya langsung survei ke lokasi dan melihat langsung bagaimana kondisi di lapangan. Jangan langsung percaya dengan baliho ataupun brosur yang dibagikan. Cara ini pastinya akan memberikan nilai lebih atas kepercayaan anda atas aset rumah yang akan dimiliki.

Tidak banjir dan akses menuju ke rumah anda sebaikya ada jalan masuk yang dapat masuk kendaraan baik roda dua atau roda empat. Transportasi ini penting untuk mobilisasi keseharian anda dan keluarga sehingga terjadi kenyamanan untuk tinggal disana.

Fasilitas pendukung sekitar rumah dapat diandalkan dan memadaai seperti fasilitas pasar, rumah sakit, sekolah, pusat perbelanjaan, fasilitas transportasi, fasilitas air bersih, hingga akses yang sangat mudah dijangkau.

Apabila anda berencana untuk membeli rumah pada developer pastikan mengecek track recordnya dan prestasi projek apa yang telah mereka selesaikan. Hal ini penting agar anda terhindar dari developer abal-abal yang tidak pernah menyelesaikan proyek rumah yang dijanjikan.

#b. APARTEMEN.
Untuk pemilihan apartemen memang harus disesuaikan dengan peruntukannya apakah akan ditinggali atau investasi untuk penyewaan. Pilih lokasi apartemen yang sangat strategis dan mempunyai nilai jual tinggi di masa yang akan datang.

Pastikan anda memilih apartemen yang dibangun oleh developer yang terpercaya, tidak abal-abak apalagi proyek yang mereka buat tidak kunjung selesai. Track record penting agar uang yang anda alokasikan untuk pembelian apartemen memang benar adanya.

Pilih akses jalan yang sangat mudah untuk ditempuh dan memang telah dipersiapkan oleh developer infrastruktur yang sangat memadai. Pastinya lapangan parkir yang luar, sistem security yang baik hingga pengelola apartemen yang sangat profesional.

Fasilitas pendukung dari apartemen anda ini cukup lengkap dan selalu bertambah setiap tahun berjalanan seperti di lingkungan sekitar apartemen. Jika nanti anda dapat memprediksikan 5-10 tahun yang akan datang akan ada pembangunan yang lebih strategis lagi maka nilai jual dari apartemen anda akan menjadi meningkat.


TIPS MEMBELI: RUMAH ATAU APARTEMEN.
Memang sebaikya membeli salah satu aset investasi ini dengan uang tunai karena mempunyai keuntungan tersendiri. Anda tidak terbebani hutang dengan jangka waktu lama dan pastinya akan menjadi sebuah kewajiban yang harus dipikul sampai dengan 10-25 tahun ke depan. Memang untuk sebagian dari anda ada keterbatasan finansial dan harus mencari pembiayaan yang cocok untuk dipilih. Tetapi setiap konsumen tentu mempunyai pertimbangan masing-masing, rekomendasi terbaik adalah tunai dan jika anda membeli langsung ke developer ada potongan harga khusus dan pastinya nilainya cukup baik. 

Semoga tulisan kami ini bermanfaat dan dapat menjadi sebuah pencerahan dan referensi bagi anda yang ingin mengetahui aset mana yang cocok dijadikan investasi apakah apartemen atau rumah. Kedua jenis properti ini sangat menarik dan mempunyai prospek serta keuntungan serta kerugian masing-masing. Tergantung dari anda yang akan memilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan di masa yang akan datang.

Tag: investasi apartemen atau rumah, investasi apartemen studio, perbedaan apartemen dan rumah, prospek investasi apartemen, investasi apartemen di jakarta, kerugian membeli apartemen, keuntungan dan kerugian tinggal di apartemen, tips membeli apartemen

0 Response to "Mau Beli Rumah Atau Apartemen: Khusus Pemula Ingin Mendapatkan Aset Prospek Investasi Masa Depan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel