Mau Menjual Produk Secara Online: Tips Cara Mewujudkannya Khusus Pemula Saat Bisnis Dimulai - Masgunggoyo

Mau Menjual Produk Secara Online: Tips Cara Mewujudkannya Khusus Pemula Saat Bisnis Dimulai

Banyak sekali keinginan generasi milenial yang ingin bekerja sampingan untuk produk tertentu secara online alasannya dapat dilakukan dirumah seperti anda seorang ibu rumah tangga yang ingin menambah pendapatan suami sambil mengasuh anak tentu dapat dimulai dari sekarang. Dengan majunya dunia digital dan banyaknya platform yang mampu mendukung dunia marketing menjual produk online apapun jenisnya ini sudah tentu pasti anda sudah memikirkan sebuah solusi di saat kehidupan ekonomi sangat sulit. Menjual produk secara konvensional tetap anda lakukan untuk menjangkau lingkungan sosial disekitar tetapi untuk menjangkau konsumen lebih luas lagi sudah dapat anda rintis mulai dari sekarang, hanya satu hal anda harus mempunyai skill untuk mewujudkannya dan pastikan tutorial yang banyak sekali di youtube yang akan membantu anda mewujudkannya dengan mudahnya. Tips cara mewujudkannya khusus anda seorang pemula yang ingin menjalani bisnis ini segera dimulai dan hal apa yang harus dipersiapkan dari sekarang.

Poto credit: bisnisukm.com

#1. Masuk Dalam Platform Market Place.
Solusi yang ada saat sekarang ini ya harus masuk ke dalam platform market place telah banyak tersedia pastinya gratis. Sebut saja Tokopedia, Bukalapak, Olx, dan lain sebagainya ini sebuah solusi bagi anda yang minim budget tidak membutuhkan biaya sama sekali mendaftar promosi. Banyak sekali bisnis UMKM yang mencoba peruntungannya dan memang sangat ampuh. Penjualan meningkat dari tahun ke tahun setelah produk mereka dikenal dan pastinya berkualitas tinggi harus dikedepankan. Sangat mudahnya untuk anda coba apapun jenis bisni anda dapat masuk ke platform marketplace ini dan siap-siap orderan akan datang dari daerah lain karena jangkauannya lebih luas.

Memasuki platform ini tentu saja anda sudah siap membuat deskripsi produk yang akan dijual dan pastinya penulisan yang harus ada keywords sebagai cara terbaik agar terbaca di mesin pencari. Hal ini sangat penting karena pencarian di mesin pencari butuh beberapa keywords yang akan diakses langsung oleh calon konsumen anda dari dunia internet dimanapun berada.



#2. Bergabung Media Sosial Populer.
Pastinya hidup zaman modern sekarang tidak dapat dilepaskan begitu saja dari media sosial populer sebagai sarana untuk berkomunikasi apapun jenisnya. Pilih yang paling populer dan anda harus memasuki semua media sosial ini supaya calon konsumen yang ingin menjadi target dapat menjangkau mereka langsung. Contoh media sosial yang paling populer saat sekarang ini sebagai komunikasi dan sharing pengalaman adalah Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya. Ini lah media sosial yang paling populer dan pastikan anda harus berperan aktif disana dengan posting setiap waktu agar semua aktifitas marketing anda bisa dilakukan. Cara posting ini lah media promosi marketing anda untuk menjelaskan produk yang akan dijual.

Jangan pernah berkreasi untuk menarik calon konsumen baru dengan cara membuat sebuah postingan menarik sehingga mereka akan tertarik untuk mencoba membeli produk yang anda jual sekarang ini.

#3. Cobalah Membuat Blog Khusus Produk Anda.
Jangan khawatir untuk menambah kinerja dan penjualan yang akan anda raih pastikan membuat blog khusus menjelaskan produk anda lebih rinci berupa tulisan. Jangan khawatir dengan biaya, sekarang ini telah ada platform yang telah dimiliki oleh Google dimana para penulis yang ingin sharing pengalaman apapun jenisnya dapat ditulis di wadah yang telah mereka sediakan yaitu Blogger. Anda tinggal masuk saja ke platform ini dan ikuti seluruh tahap-tahap sampai anda menulis artikelnya sehingga tulisan anda ini lah yang akan menjadi target audience pembaca mencari jenis produk anda di internet.

Ya, anda harus bisa menulis artikel karena dengan tulisan ini lah sebagai cara untuk memperkenalkan ke dunia digital dan akan masuk ke dalam mesin pencari dengan target keywords yang anda masukan ke dalam tulisan tersebut. Jangan khawatir, sekarang ini sudah banyak sekali tutorial yang menjelaskan bagaimana anda bermain di blogger ini sebagai sarana untuk promosi produk pun juga dapat anda tekuni. Selalu tekun dan pastinya selalu anda lakukan sepanjang waktu agar produk yang menjadi sarana untuk menambah income keluarga dapat anda mulai dari sekarang. Menulis di Blogger adalah gratis tidak bayar sama sekali hanya kemauan anda saja yang akan menggerakan untuk menulis di platform ini.

#4. Khusus Instagram Selalu Buat Insta Story.
Sekarang ini Instagram telah mempunyai wadah atau perangkat yang dapat anda gunakan secara gratis yaitu Insta Story atau Instagram TV yang ada di menu akun yang telah anda buat. Coba anda gunakan platform ini untuk merekam aktifitas bisnis yang anda tekuni sekarang dengan menjelaskkan proses yang anda lakukan. Cara ini berarti anda ingin berinteraksi dengan mereka secara personal sehingga follower yang mengikuti semua aktifitas bisnis yang anda tekuni dapat menjadi target konsumen yang akan membeli produk anda nanti. Tekuni proses ini sehingga anda akan membentuk komunitas sendiri dan akhirnya produk yang akan dijual menjadi dikenal dan dipercaya untuk dibeli dari dunia digital internet.

#5. Kenapa Tidak Mencoba Youtube.
Ada beberapa bisnis yang telah dirintis oleh rekan kami membuat chanel khusus untuk produk yang mereka miliki sehingga target konsumen yang mereka inginkan di dapat dari platform ini. Memang youtube tidak selalu isi kontennya lucu-lucuan saja untuk komunikasi bisnis yang sedang mereka tekuni juga mereka dapatkan sehingga market yang mereka bentuk sangat banyak, jika vidio yang anda buat tersebut sangat informatif dan pastinya menarik untuk ditonton sudah tentu pasti pengunjung akan bertambah banyak dan semakin banyak calon konsumen anda mengenal produk yang anda jual.

#6. Lakukan Iklan Di Salah Satu Platform Media Sosial.
Memang hal tersebut diatas tidak cukup untuk memaksimalkan kinerjanya, di media sosial saat sekarang ini telah tersedia menu untuk beriklan setelah anda menjadi anggota di media sosial tersebut. Sebut saja Facebook Ads, Instagram Ads, Twitter Ads, dan seterusnya sebagai sarana yang dapat anda lakukan dengan fasilitas berbayar. Iklan ini sudah tentu pasti akan langsung masuk di update status di wall semua pengguna media sosial ini dn pastinya salah satu solusi untuk melakukan marketing produk yang anda jual lebih luas lagi dengan target pasar yang anda pilih. Cara ini telah banyak dirasakan manfaatnya oleh rekan kami dan memberikan pengaruh positif dengan meningkatnya penjualan dan semakin dikenal oleh konsumen dari media sosial.

#7. Google Juga Punya Google Ads Alternatif Iklan.
Tidak hanya itu saja, Gooogle juga mempunyai platform tersendiri untuk memberikan wadah bagi anda yang ingin melakukan iklan. Mereka menyebutnya Google Ads sebagai platform yang sangat efektif dengan target iklan di beberapa blog yang sesuai dengan target audience pembaca. Cukup efektif dimana pengunjung suatu blog tertentu mencari produk yang kebetulan iklan anda muncul di sana dan langsung menuju ke situs anda maka tentu pasti anda akan mendapatkan konsumen baru selain dari media sosial yang kami sebutkan diatas.



Memang untuk memenangkan kompetisi di dunia digital internet ini harus anda kuasai agar peluang pasar yang akan dibentuk dapat anda mulai dari sekarang. Semua pelaku bisnis ingin produknya dikenal sehingga penjualan akan terbentuk akan tercipta keuntungan. Selalu anda tetap bekerja dan pastinya memilih platform seperti apa yang mudah untuk ditekuni dan platform yang mana pula sesuai dengan cara beriklan yang akan dicoba. Pergeseran iklan di koran sudah mulai ditinggalkan oleh konsumen karena harus membutuhkan waktu untuk sampai ke lokasi mendaftar, dan seterusnya. Berbeda dengan media sosial tentu lebih instant dan cepat dapat dilakukan kapanpun waktunya dan dimanapun anda berada dapat langsung live di internet. Tekuni selalu bisnis anda dan pastinya bisnis tersebut tidak langsung besar dalam semalam, butuh waktu dan keuletan anda untuk tetap fokus memasarkan produk ini ke pasar yang menjadi target utama di dunia internet. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi informasi yang informatif bagi anda yang butuh solusi mau menjual produk secara online tetapi masih bingung harus ngapain. Tetap semangat.

0 Response to "Mau Menjual Produk Secara Online: Tips Cara Mewujudkannya Khusus Pemula Saat Bisnis Dimulai"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel