Tips Cara Menghemat Paket Data Selular Indonesia Di Luar Negeri Saat Traveling - Masgunggoyo

Tips Cara Menghemat Paket Data Selular Indonesia Di Luar Negeri Saat Traveling

Traveler saat traveling harus mengikuti tips cara untuk hemat paket data saat berada di luar negeri international roaming kudu wajib dilakukan agar penghematan dari koneksi di sana dapat dilakukan segera. Memang sangat vital sekali koneksi internet di luar negeri di zaman modern saat ini hampir semua kebutuhan informasi dan lainnya sangat tergantung dari smartphone. Apapun kegiatan anda untuk menunjang semua aktifitas trip traveling smartphone dengan internet, text SMS, hingga cek informasi apapun itu selalu mengandalkan alat yang super prima ini. 

Membantu semua kebutuhan traveling memang cara termudah terbaik memang smartphone, coba saja lihat saat cek peta saja sudah membutuhkan gadget ini. Tiket reservasi hotel, pesawat, dan transportasi estafet pun juga ada di smartphone begitu seterusnya. Nah, yang menjadi topik pembahasan yang harus diperhatikan bagaiman menghemat paket data yang anda miliki saat berada di luar negeri dalam zona traveling ini. Tentu saja anda tidak mau pulsa yang sudah diisi diperuntukan ke hal yang penting hilang begitu saja akhirnya anda mengalami kerugian biaya yang tidak sedikit. Bahkan disaat anda lupa mengaktifkan international roaming, mimpi buruk sudah segera dimulai. Sedot pulsa yang sangat tinggi ini tentu harus segera diminimaslisir dengan mengikuti tips ini berdasarkan pengalaman yang sangat bermafaat untuk anda segeri dicoba:

#1. Saat Browsing Gunakan Google Chrome.
Browser yang sudah sangat terkenal dan tertanam di smartphone saat sekarang ini baik Android atau IoS pun Google Chrome sangat populer bahkan di PC sekalipun banyak digunakan. Manfaat khusus untuk smartphone yang mobile seperti anda saat berada di luar negeri mempuati feature Data-Saver, saat anda lakukan pada posisi "on" maka anda akan merasakan keunggulannya yaitu penghematan data transfer sampai dengan 50%.

Tidak hanya itu saja, disaat proses compressing poto dan test yang masuk pun bisa terhubung dengan sever Google sebelum melakukan transfer ke smartphone, jadi fenomena ini lebih cepat dan pastinya akan terjadi penghematan biaya roaming disana. Jadi anda dapat perhatikan saat tagihan kartu sim-card {khusus pasca bayar} akan terlihat pergerakan biaya yang terjadi.



#2. Alternatif Lain: Gunakan Mini Opera Browser.
Pilihan lain untuk melakukan aktifitas seluncur di internet dapat mencoba Opera Mini khusus untuk smartphone. Sudah langsung tersedia di smartphone Androit atau IoS, jika belum anda dapat melakukan instal di masing-masing platform tersebut. Pola kerjanya sama dengan Google Chrome tetapi lebih baik performanya, yaitu dapat menghemat sampai dengan 90% proses data dan pastikan posisi setting di menu pengaturan harus anda lakukan agar biaya hemat ini dapat dirasakan sekarang juga.

Poto credit: mobilesyrup.com

#3. Lakukan Download Aplikasi Dapat Digunakan Pada Posisi Offline.
Pastikan anda telah melakukan download aplikasi penting saat traveling nanti dapat dipakai pada posisi offline. Banyak sekali traveler melakukan cara seperti ini agar biaya penghematan saat traveling harus segera dilakukan. Seperti maps, translate tools, dan lain sebagainya sudah ready di smartphone segera dapat digunakan saja tidak perlu lagi instal saat perjalanan telah dimulai. 

Sebelum melakukan instal anda harus mengetahui apakah aplikasi ini support di posisi offiline atau tidak, karena ada beberapa aplikasi saat digunakan harus terkoneksi dengan internet sehingga biaya roaming international anda sudah mulai terhitung. Jika anda lupa melakukan download manfaatkan WIFI gratis di hot-spot di negara tujuan untuk melakukan proses di salah saltu platform Android atau IoS.

#4. Pastikan Mode Pake Data Smartphone Harus Posisi Offline.
Menjadi penting dan anda jangan sampai lupa mode "pake data" di smartphone harus dalam posisi off atau offline. Walaupun anda telah melakukan setting di international roaming sebelum traveling tetapi anda juga harus memahami bahwa paket data yang dipakai tentu harus dihemat dan posisi offline ini harus serius diaplikasikan agar kenyamanan saat traveling untuk menghemat biaya koneksi internet bisa anda terapkan sekarang juga. Pastikan anda harus selalu memperhatikan cara ini agar efektifitas anda membeli paket untuk international roaming bisa sesuai dengan kebutuhan.

Setiap merek smartphone tentu berbeda-beda tetapi pelaksanaanya tetap sama, dan juga ada aplikasi yang selalu terupdate secara langsung jika ada koneksi internet {fenomena ini harus juga dalam posisi off} karena memang paket data yang tersedot cukup besar. Untuk update secara instant sebaiknya di setting hanya di koneksi WIFI saja sehingga anda tidak perlu menghabiskan paket data.

Ada hal lainnya, jika anda menggunakan aplikasi untuk backup data apapun jenisnya seperti iCloud, Dropbox, atau Google Photo selalu cek secara berkala apakah setting off sudah di centang agar updating apapun bentuknya dan diwaktu tertentu sudah tidak terjadi dan settingan hanya di WIFI saja untuk melakukan proses memperbaruhi.

#5. Hindari Update Status Di Tempat Wisata Saat WIFI Tidak Ada.
Tangan gatel selalu tidak mau sharing informasi apapun memang sudah menghinggapi para penggila selfie. Update status ini yang tidak tahan ingin langsung online saat itu juga sehingga paket data yang sudah disediakan saat sebelum berangkat langsung habis dalam hitungan menit. Apapun jenisnya apakah di Facebook, Insta story, dan bahkan live sekalipun sudah sangat mudah terhubung dengan smartphone. Nah, anda yang sangat ingin berhemat sebaiknya situasi seperti ini harus dihindari dan dapat melakukan update apapun bentuknya di saat posisi hotspot WIFI gratis telah ditemukan. Cara ini sangat penting karena paket data yang disiapkan telah habis langsung pulsa anda tersedot cepat apalagi di international roaming.

#6. Gunakan Aplikasi Lightweight Version.
Dengan berkembangnya aplikasi yang disesuaikan dengan market dari user yang menggunakan tentu akan selalu di develop oleh perusahaan tersebut. Perusahaan tersebut tentu akan mengerti bahwa saat kondisi koneksi internet sangat lambat terbatas di spot tertentu membuat akses ke aplikasi tersebut cenderung lambat bahkan lama untuk bisa terkoneksi. Nah, versi lighweight version ini kah yang anda manfaatkan. Sangat diuntungkan oleh traveler untuk menggunakannya terutama paket data yang sangat terbatas untuk berbagai suasana, seperti Twitter Lite, Facebook Lite, dan beberapa aplikasi lain yang sudah banyak menyediakan bersion lite ini.

#7. Mind Set Turning Off Mode Selalu Prioritas.
Sejak anda naik pesawat selalu posisi mode turning off harus dilakukan agar paket data yang tersedia tidak tergerus hingga perpindahan negara. Misalkan saja anda menggunakan airplane mode ini menjadi cara terbaik untuk meminimalisir saat take off dan landing. Apabila sudah ada informasi WIFI gratis di beberapa spot maka anda gunakan wifi saja yang tentu gratis sahabat traveler.

Setelah anda mengetahui bagaimana cara menghemat paket data saat melakukan traveling di luar negeri maka saat sekarang persiapkan diri dan aplikasi yang penting saja digunakan saat berada di sana. Dengan posisi offline selalu diingat jangan sampai kebablasan sehingga biaya bulanan pasca bayar anda sudah membengkak. Apabila anda membutuhkan paket data international roaming untuk menunjang aktifitas selama traveling pilih paket yang sesuai dengan kocek anda dan telah lapor ke provider selular favorit, teliti berapa hari melakukan traveling dan hitung kebutuhannya. Semoga bermanfaat dan traveling anda dapat mulai dihemat saat terkoneksi dengan internet di negara tujuan harus diprioritaskan.

0 Response to "Tips Cara Menghemat Paket Data Selular Indonesia Di Luar Negeri Saat Traveling"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel