KODE IKLAN DFP 1 Jangan Lupakan Oleh-Oleh Khas Mesir Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air | Masgunggoyo

Recents Posts

    Iklan Atas Artikel

    Jangan Lupakan Oleh-Oleh Khas Mesir Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

    KODE IKLAN 200x200
    KODE IKLAN 336x280
    Oleh-oleh khas Mesir sangat kaya unik dan banyak pilihan, pastikan anda harus membawa pulang ke tanah air sebagai kenang-kenangan untuk anda sendiri bahkan hantaran ke saudara atau teman di kantor. Banyak sekali jenis oleh-oleh khas yang dijual tentu yang akan dipilih paling direkomendasikan dan wajib untuk dibeli supaya tidak salah pilih. Apa yang unik di Mesir itu lah menjadi prioritas, berikut kami sampaikan daftar belanjaan saat anda ingin melengkapi traveling di Mesir tepatnya di kota Kairo sebagai pusat berburu oleh-oleh yang tentu saja harga yang sangat kompetitif dan terbaik. Berikut penjelasannya:

    #1. Wangi-Wangian.
    Poto credit: etsy.com

    Memang ingin mendapatkan hal yang unik untuk oleh-oleh khas Mesir yang bertema Timur Tengah memang wangi-wangian aroma yang khusus dapat anda dapatkan di Kairo. Untuk tema dan jenis dapat bermacam-macam dimulai dari bubuk hingga minyak biang wangian. Untuk refleksi ketenangan untuk sebagian orang memang dari wangian khusus di saat istirahat dan pastikan anda harus singah di pasar pusat kota.

    Jenis wangi-wangian yang sangat terkenal adalah Oud atau namanya "Agar-Wood" yang berasal dari pohon Aquilaria. Hanya pohon yang terpilih yang menghasilkan aroma yang sangat unik dan khas yang akan diolah menjadi Oud. Maka agar-wood ini merupakan bahan penting yang akan selalu diimpor oleh India atau Indonesia karena aroma yang unik tadi. Agar wood merupakan wangian yang sangat disenangi oleh penduduk lokal. 

    #2. REPLIKA BARANG ANTIK.
    Poto credit: museumize.com

    Sebagai negara yang banyak sekali motif antik dan kuno menarik perhatian para turis tentu saja ada beberapa motif yang penduduk lokal jual dalam bentuk replika barang yang cocok sekali anda beli untuk oleh-oleh yang sangat direkomendasikan untuk dibeli. Dengan konsep kuno yang terdapat di beberapa relief gambar atau bentuk barang dapat juga memberikan inspiratif tema yang dapat anda letakan di rumah saat menata kembali khususnya desain interior. Pilih yang paling sesuai dan pastinya harga terbaik harus diprioritaskan.



    #3. KHAYAMEYA.
    Poto credit: atharna.com

    Fenomena hasil karya tekstil yang ada di Mesir tentu mempunyai keunikan desain terlihat di berbagai literatur dari masa The Pharohic Era dan saat Islam masuk. Pilihan Khayameya merupakan tekstil yang mempunyai hasil yang sangat halus bagus dan pastinya telah sangat terkenal dengan daya tahan yang cukup baik yang telah dibuat beberapa jenis kebutuhan. Para pengarajin yang sangat mempunyai ahli untuk membuat Khayameya ini memang langsung terpilih oleh Sheikh yang mempunyai karya seni dan pastinya mempunyai kualitas dalam bekerja dari keahliannya tersebut. Khayameya ini banyak dibuat dengan tangan dan peruntukannya juga bervariasi dimulai dari hiasan dinding, cushion, taplak meja dan lainnya pastinya warna yang sangat menarik dan elegan.

    #4. TARBOOSH.
    Poto credit: ebay.com

    Apabila anda ingin mendapatkan topi khas Mesir inilah namanya Tarboosh. Berbahan dasar yang sangat lembut mempunyai daya tahan yang cukup lama. Sebagian penduduk lokal menyebutnya topi yang sangat fashionable di pakai di Mesir sekitar tahun 1805-1952 tapi sekarang sudah mulai sangat jarang ditemukan. Hanya beberapa Muslim Sheikh dan Bedouin serta wisatawan yang memakainya sebagai keunikan Mesir yang ingin mereka rasakan. Berbentuk silinder dan warna merah yang dirancang oleh orang Arab di Andalusia sekitar abad ke 17 di kota Fes di Maroko. Dimulai dari sinilah berkembang sangat pesay dan menyebar ke Timur Tengah khususnya Kekaisaran Ottoman dan menjadi sebuah simbol modernitas.

    #5. SHISHA.
    Poto credit: reachahand.org

    Sudah hampir 450 tahun umurnya sebagai cara yang dilakukan oleh penduduk lokal Mesir untuk melakukan sosialisasi duduk bersama alias nongkrong dengan merokok Shisha di cafe favorit. Cara seperti ini dengan banyak persiapan dimulai dari meletakan batu bara yang telah dibakar di tempatnya kemudian Shisha sudah mulai dinikmati. Pengaliran udara yang melalui pipa harus mempunyai teknik yang benar terutama bagi para pemula dan pastinya tidak sulit untuk mempraktekannya. Dengan bentuk gelas kaca yang sangat unik ini tentu di dekorasi dengan berbagai jenis ukiran yang elegan dan pastinya dapat menjadi oleh-oleh khas dari Mesir yang dapat anda bawa pulang. Ukuran sangat bervariasi paling kecil 30 cm dan paling besar ada sampai 2 meter, pastikan anda memilih yang terbaik dan beberapa asesoris tambahan. Rekomendasi terbaik adalah adanya chrome coating dan desainer seperti Hookah menggunakan stainless steel agar ketahanan yang lebih panjang dan pastinya kualitas terbaik pasti and dapatkan.

    #6. JILBAB DAN BURQA.
    Poto credit: femspotter.wordpress.com

    Khusus untuk wanita tidak akan pernah lupa fashion untuk jilbab tetapi di mesir ada yashmark-nya pastinya menjadi ciri khas dari wanita Mesir. Dengan pakaian ini saja membuat model untuk berpakaian lebih bervariasi apalagi warna yang dipilih sesuai dengan keinginan sehingga ukuran yang dipilih dapat menutup wajah dengan slit terbuka yang berguna untuk bernafas lebih baik. Jika wanita pastinya akan ditambah perhiasan untuk memberikan kesan mewah yang diletakan diatas hidung disebut Yashmak. Jika anda ingin membuat penampilan fashion muslim oleh-oleh khas Mesir ini dapat menjadi rekomendasi. Jilbab dan Burqa merupakan dua jenis oleh-oleh khas Mesir yang harus masuk dalam daftar belanja oleh-oleh yang wajib anda beli nanti.


    #7. BOX KAYU KHUSUS UNTUK PENYIMPANAN PERHIASAN.
    Poto credit: icollector.com

    Mesir sudah zaman dahulu terkenal dengan hasil karya pengrajin yang membuat box tempat penyimpan perhiasan khusus bagi anda wanita oleh-oleh-khas-Mesir ini harus anda miliki untuk melengkapi benda mungil untuk hadiah bagi rekan dan keluarga di tanah air. Tidak hanya itu saja, anda juga dapat melihat hasil karya untuk sebuah furnitur pun memberikan versi yang sangat berbeda karena detil yang diberikan untuk sebuah unit sangat luar biasa cantik apalagi ukiran untuk box kayu ini. Mini peti harta karun yang sangat disenangi oleh para turis ini telah menjelam pilihan terbaik pastinya tidak akan pernah terlewatkan begitu saja.

    Cara pembuatannya memang setiap pengrajin mempunyai keahlian tersendiri yang telah teruji dari hasil maha karya berupa ide seperti lapisan yang diberikan seperti beludru hingga tambahan fosil dan cangkang keong yang memberikan kesan mewah. Pastinya permukaan yang akan dihaluskan mempunyai teknik tersendiri sesuai dengan konsep harga yang akan menjadi target, ada harga ada kualitas barang. Hasil karya Mesir kuno memang luar biasa keawetannya adalah box peti mati dari Firaun dan kotak penyimpananan perhiasan dari peninggalan bersejarah yang masih terawat di museum. Beginilah pola kerja pengrajin membuat sebuah maha karya yang dapat bertahan sepanjang masa. Pilihan sangat bervariasi dimulai dari bentuk piramid, berbentuk hexagonal, hingga lekukan yang unik dengan dekorasi yang belum pernah anda lihat sebelumnya.

    #8. Kerajinan Dari Bahan Metal.
    Poto credit: maghrebi-sf.com

    Jika anda pernah melihat koleksi di museum di Mesir terpajang indahnya kerajianan metal seperti perak, emas, kuningan dan besi yang menghasilkan sebuah maha karya perhiasan yang mempunyai nilai yang tak ternilai ditambah dengan batu mulia pilihan. Contoh saja tembaga dan perak selalu dikonotasikan sebagai benda yang digunakan pada peralatan dapur, tetapi di Mesir mampu menghasilkan sebuah kerajinan yang belum terpikirkan oleh anda sebelumnya pengrajin Mesir telah membuatnya.

    Banyak sekali rumah penduduk lokal membuat semua kebutuhan peralatan makan dimulai dari gelas untuk minum teh, kopi, dan apapun terbuat dari tembaga. Tetapi di lain selera ada yang menyukai semua kebutuhan seperti ini terbuat dari perak bahkan jenis emas dipilih. Dekorasi rumah juga begitu seperti hiasan dinding yang mereka kreasikan dimulai dari rak yang menata benda koleksi penting untuk dipajang hingga beberapa sketsa yang sangat mempesona mempertinggi home decor rumah.

    Kebutuhan seperti ini lah para pengrajin mengambil posisi untuk menghasilkan sebuah maha karya karena kebutuhan seperti ini selalu ada saja peminatnya apalagi seorang turis seperti anda ingin memiliki hasil karya pengrajin yang sangat unik pastinya menjadi incaran dengan bentuk unik dan pastinya inspiratif untuk sebuah selera. Jenis hasil karya dari metal ini dapat anda sesuaikan dengan budget dan pastinya akan mempertinggi koleksi saat anda melakukan traveling ke Mesir.
    #9. Makanan Pencuci Mulut.
    Poto credit: egyptianstreets.com

    Jangan khawatir di mesir ada oleh-oleh khas yang sangat disenangi berupa makanan manis pencuci mulut yang sangat disenangi. Seperti baklava yang telah menghipnotis lidah para turis yang pastinya setelah mengunyah sulit dihentikan. Di budaya Mesir, hidangan desert pencuci mulut ini sangat penting di kehidupan keseharian dan disajikan pada saat setelah makan siang serta menemani waktu senggang bersama teh dan kopi. Bahkan di acara penting sekalipun hidangan seperti ini selalu anda apalagi yang telah memiliki keluarga sudah pasti makanan pencuci mulut sudah pasti selalu tersedia cukup.

    Dengan banyaknya para pembuat makanan pencuci mulut sebut saja penjual makanan ringan di Mesir pastinya akan tercium aroma khas yang akan menggugah selera seluruh turis termasuk anda untuk segera mencicipinya. Ada beberapa rekomendasi makanan pencuci mulut yang sangat disenangi bahkan akan selalu dicari oleh para turis:

    a. Baklava: makanan yang diisi dengan kacang dan akan disajikan dengan tambahan sirup atau madu sesuai dengan pilihan.
    b. Stuffed Date: adanya isian kacang almond kering yang kress.
    c. Saraya Pie: snack pie yang sangat lezat dengan toping dari karamel gula dan ditambah dengan krim lezat.
    d. Basbosa: terbuat ari tepung jagung dicampur dengan gula dan minyak. Ada kacang almond sebagai penguat rasa dan diisi dengan krim jika sesuai selera.
    e. Semsenia: renyahnya biji wijen dan dicampur dengan gula dan aroma mawar.

    #10. Replika Lukisan Munuskrip Papirus.
    Poto credit: gpsmycity.com

    Mesir kuni banyak sekali peninggalan bersejarah yang masih dapat dilihat sampai sekarang. Seperti replika tulisan manuskrip yang terbuat dari papirus sejenis tanaman yang tumbuh subur di delta Sungai Nil. Fenomena rahasi yang masih selalu dicari jawabannya ini sampai sekarang tetap menjadi pesona tersendiri dan akan selalu dicari karena makna-makna tulisan ini telah berumur berabad-abad lamanya.

    Misteri proses pembuatan papirus ini sudah ribuan tahun menghilang dan kemudian ditemukan kembali oleh ahli sejarah Mesir sekitar tahun 1940-an. Sejak ditemukan sampai sekarang muncul para seniman yang konsep meodern menemukan ide untuk membuat lukisan serta tipografi sehingga papirus ini masuk ke dalam dunia seni yang sangat dicari oleh traveler seluruh dunia yang masuk dalam oleh-oleh khas Mesir yang tetap bertahan sampai sekarang. Untuk mendapatkan hasil maha karya seni dari budaya yang telah ada di Mesir kuno anda harus berkunjung ke pusat penjualan oleh-oleh, toko antik, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan yang asli sudah sangat mahal tetapi dengan replika anda sudah dapat meilihat betapa tingginya sebuah budaya di saat itu sangat bernilai tinggi dan pengetahuan membuatnya sudah tentu pasti mempunyai teknik rinci untuk sebuah visualisasi.

    #11. Kerajinan Keramik Dan Tembikar.
    Poto credit: pinterest.com/pin/43910165095268735/

    Mesir kuni telah mempunyai prestasi untuk membuat gerabah atau tebikar berkualitas sangat tinggi dan berbagai kebutuhan seperti botol parfum, vas bunga, piring, ataupun cangkir. Karena tanah liat yang mereka gunakan sangat cocok sekali dan saat proses penyelesaiannya tidak mudah retak bahkan tidak mudah pecah dengan warna yang sangat bertahan lama hingga sepanjang masa. Seperti tembikar yang digunakan di zaman Firaun teknik pembuatannya masih tetap sama dan pastinya dekorasi unik budaya Mesir juga dilekatkan untuk satu produksi yang sangat fenomenal ini. 

    Jika dilihat dari berasalnya tembikar dan keramik ini ada dua daerah yang sangat terkenal seperti Bany Swaif di sebelah utara dengan produk yang sangat banyak bertema pot yang mengkilap, variasi warna banyak, peralatan dapur, peralatan makan, dan lainnya. Dan juga di Aswan di bagian selatan dengan produksi mangkok dan botol karena tekstur keramik yang berpori cocok untuk penyimpanan air dan mendinginkannya. Kedua lokasi ini sama-sama baik sesuaikan dengan kebutuhan anda untuk mencari oleh-oleh khas di Mesir.

    #12. Kostum Penari Perut.
    Poto credit: amazon.com

    Pernah anda melihat penari perut dengan pernak-pernik yang melekat ditubuh mereka?. Jika anda berada di Mesir pastikan masuk dalam oleh-oleh khas yang harus anda ada di daftar belanja yang akan dibeli. Budaya menari seperti yang terlihat pastinya asesoris yang kerlap-kerlip adanya manik-manik dan koin bentuk emas selalu bergoyang mengikuti irama dan gerakan si penari. Kostum yang banyak dipakai seorang wanita ini cukup bervariasi dimulai dari kain hingga selendang yang dipakai sebagai hiasan yang membuat melengkapi sebuah momen. Hal yang penting untuk sebuah tarian penting ini adalah gelang kaki disebut dengan Kholkhal dan kuningan koin. Jangan lupa turban atau kepala selendang, syal tangan, ikat pinggang, hingga pakaian yang gemerlap.

    #13. Fanoos.
    Poto credit: fabulousegypt.blogspot.com

    Fanoos berasal dari bahasa Yunani kuno yang berarti cahaya instrumen yang digunakan oleh penduduk lokal Mesir untuk penerangan sebelum listrik ditemukan terutama saat periode Fatimiyyah. Fanoos ini merupakan simbol saat hari libur budaya yang sangat dicintai oleh penduduk Mesir saat bulan Ramadhan karena akan menerangi beberapa lokasi dan memeriahkan suasana bulan puasa sebulan penuh. Penyebutan Fanoos ini dapat dikatakan lentera, lentera asli diciptakan oleh Fawaniski disebut juga dengan Samkarii dengan bentuk yang unik dan pastinya mempunyai bentuk. Dapat juga disebut sebagai dekorasi yang diletakan di depan rumah menggunakan kaca sehingga cahaya yang dihasilkan lebih indah dan menarik. Untuk oleh-oleh anda cukup memilih ukuran yang kecil mirip replika saja agar memudahkan untuk membawanya.

    #14. Alat Musik Mesir.
    Poto credit: pinterest.com/pin/53550683046901252/

    Memang oleh-oleh khas Mesir ini optional disesuaikan dengan kebutuhan traveler tetapi dapat anda pertimbangkan untuk membeli. Saat Mesir kuno dahulu banyak alat-alat musik yang ikut bersejarah di sebuah pemerintahan yang saat sekarang ini dapat dilihat di beberapa museum yang masih terawat dengan baik. Instrumen ini mengasilkan suara yang saat itu diperuntukan untuk berbagai peristiwa dan telah tercatat dalam sejarah. Jenis instrumen berupa seruling, kecapi, lute, dan lainnya masih banyak ditemukan di pusat penjualan oleh-oleh di Mesir.

    #15. Karya Ornamen Kaca.
    Poto credit: egyptianornaments.com

    Memang kerajinan yang dihasilkan di Mesir kuno sangat menakjubkan dan pastinya keawetan hasil karya yang sangat fenomenal ini masih dapat dilihat sampai sekarang. Seperti kerajinan karya kaca termasuknya. Seni yang sangat berhubungan dengan nilai seni dari orang yang membuatnya ini tentu memberikan ciri unik dan khusus terutama pola hasil produksi yang diincar oleh para turis seluruh dunia, sudah tentu pasti sangat otentik dan eksotis yang tidak terbantahkan. Proses pembuatannya ini telah dimulau tahun 2000 B.C ini menggunakan bahan baku silika yang sangat murni sehingga dapat terbentuk berbagai macam produk seperti jendela, lampu, pring, hingga cermin. Semua warna yang dihasilkan ini tentu saja menggunakan oksida logam dengan teknik yang sangat tepat takarannya.

    Yang menjadi pilihan saat anda ingin memasukannya ke oleh-oleh khas Mesir ini adalah dekorasi yang unik, kecil, dan mudah dibawa seperti piring atau mangkok. Jenis pilihan cukup banyak dimulai dari botol parfum dengan berbagai ukuran dan pilihan lainnya. Untuk desain dapat anda sesuaikan apalagi motif yang dibuat tentu sangat bervariasi.



    #16. Kohl.
    Poto credit: vogue.com

    Mesir kuno sangat piawai dengan kosmetika untuk mempercantik seorang wanita. Menggunakan bubuk kosmetika yang sanga fenomenal ini telah ditemukan saat dahulu dengan memberikan perubahan penampilan. Ritual kencantikan memang banyak aspek yang akan dibenahi dimulai dari sekitar mata dan bagian wajah lainnya menggunakan kosmetika. Kohl saat sekarang sudah sangat meluas pemakaiannya ada nilai harga murah dan mahal. Tentu saja di Mesir masih menggunakan yang asli. Sebagian besar Khol yang ada di Mesir dari Pakistan yang sangat terkenal terbuat dari kayu cendana. Sangat mudah didapatkan terutama di toko parfum.

    #17. Karpet.
    Poto credit: egyptianstreets.com

    Pesona karpet di Mesir juga sangat direkomendasikan masuk dalam daftar oleh-oleh. Dengan banyaknya pengrajin yang membuat beraneka jenis karpet untuk kebutuhan turis tentu banyaknya bahan baku wol, katun, hingga sutera yang digunakan untuk berbagai kepentingan seperti dekorasi. Dengan warna yang sangat bervariasi pastinya sangat cocok diletakan di berbagai ruangan mempertinggi estetika decor rumah yang lebih hebat. Dengan teknik pembuatannya semakin majunya zaman tetap mempunyai kualitas prima ini terasa halus dan pastinya ukuran dapat disesuaikan bahkan jahitan terlihat rapi dan pastinya menggunakan benang yang mempunyai daya tahan lama.


    KODE IKLAN 300x 250
    close
    ==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
    KODE IKLAN DFP 2
    KODE IKLAN DFP 2