Khas Padang Minangkabau Sumatera Barat Buruan Traveler: Makanan, Minuman, Oleh-Oleh, dan Suvenir - Masgunggoyo

Khas Padang Minangkabau Sumatera Barat Buruan Traveler: Makanan, Minuman, Oleh-Oleh, dan Suvenir

Yang menjadi khas Padang Minangkabau Sumatera Barat dimulai dari makanan, minuman, oleh-oleh, hingga suvenir telah membius para traveler untuk membelinya agar lengkap sudah liburan di nagara bundo kanduang ini. Semua hasil karya urang awak ini telah mendunia bahkan selalu dicara setelah menginjakan kaki selama beberapa hari. Banyak sekali pilihan yang akan anda masukan di dalam itinerary perjalanan nanti kami berhasil menghimpun semua informasi yang dibutuhkan yaitu yang menjadi unik khas dari Padang Sumatera Barat sebagai daerah Ranah Minangkabau ini dapat menjadi rujukan anda sebelum pulang kembali ke daerah masing-masing. 

Berikut daftar yang anda cari yang kami tulis dalam artikel cukup lengkap khas Padang Minangkabau Sumatera Barat yaitu makanan, minuman, oleh-oleh, hingga suvenir yang dapat menjadi rujukan anda untuk dibawa ke daerah asal setelah trip menyenangkan sepanjang masa ada di nagari yang elok ini, berikut penjelasan lengkapnya:

WISATA KULINER.
Ada beberapa makanan khas Padang Minangkabau Sumatera Barat yang harus anda coba masuk dalam kateregori sebagai berikut:

#1. Makanan.
Anda tentu sudah mengetahui makanan yang wajib harus dicicipi selama liburan di daerah ini. Banyak sekali jenis olahan makanan yang tersaji di meja makan ini ada beberapa makanan yang wajib anda coba dan harus masuk dalam menu makan siang atau makan malam. Rasa bumbu yang terasa, ada pedas, manis, gurih, dan akhirnya ngangenin.

--> Rendang Daging Sapi.
Poto credit: foodandwine.com

Memang makanan ini sudah dari generasi ke generasi dan pastinya waktu zaman dahulu sebagai hidangan penghormatan di acara-acara penting adat, nikahan, atau tagak gala {pemberian gelar} harus ada bahkan wajib. Sekarang ini hidangan lezat yang telah diakui keberadaannya sebagai makanan paling lezat di dunia ini menggunakan bumbu rempah yang sangat lengkap, santan kelapa kental, dan daging sapi pilihan. Proses memasaknya sangat panjang dan lama, jika bertambah gurih dan nikmat rendang ini dimasak bersama kayu bakar. Hampir semua rumah makan menyeiakan rendang daging sapi ini sebagai menu unggulan dan harus anda coba.



--> Gulai Kepala Ikan.
Poto credit: resepcaramasak.org

Ada daerah di pesisir pantai dengan olahan makanan yang sangat lezat yaitu gulai kepala ikan utuh. Rempah yang digunakan memang sangat banyak dengan santan kental yang berpadu dengan bumbu yang digunakan tersaji lezat untuk satu piring segera dapat dinikmati untuk dua orang. Jika anda punya nyali dengan ukuran kepala ikan medium tentu merasa puas terobati rasa kangen yang ingin terjawab langsung di daerah asal. Daerah yang paling dominan gulai kepala ikan ini adalah di Padang Pariaman dan Pesisir Selatan sebagai surganya hasil tangkapan laut yang cukup berlimpah yang membuat lidah anda tidak berhenti mengunyah saking lezatnya hidangan ini.

--> Ayam Pop.
Poto credit: pengusahasukses.com

Olahan daging ayam terutama jenis kampung telah menyihir selera para traveler yang pastinya lezat didampingi dengan sambel khusus. Proses pembuatannya menggunakan air kelapa ini dan beberapa bumbu dapur kemudian digoreng. Warnanya tentu berbeda hanya putih saja tidak seperti ayam goreng pada umumnya. Hidangan ini banyak disajikan di rumah makan Minang yang ada di kota Padang dan harus anda coba. Untuk masalah rasa tidak kalah lezat dengan ayam goreng bumbu Padang biasa, sekali anda coba pasti akan ngangenin.

--> Itiak Lado Mudo.
Poto credit: ksmtour.com

Kalau jenis olahan makanan ini berasal dari kota Bukittinggi dan dapat anda jumpai di daerah Ngarai Sianok. Daerah yang terletak di lembah bukit dan di tepi sungai ini banyak sekali tempat makan disana menyeiakan olahan bebek dengan sambel ijo, pastinya rasa sangat enak dan dagingnya empuk sampai bumbu meresap sampai ke tulang. Pastinya, saat anda berada di kota Bukittinggi sempatnya buru makanan ini agar anda bisa menjadi saksi sejarah betapa lezatnya hidangan yang berkualitas tinggi ini. Lokasi daerah jalan ke lokasi ini masih sama saat anda ingin ke Taruko Cafe Resto, untuk sampai ke sana harus melewati tempat makan Itiak Lago Ijo ini.

--> Nasi Kapau.
Poto credit: sabigaju.com

Masih juga berada di kota Bukittinggi, ada nama daerah yang bernama kapau ada hidangan satu piring lengkap dengan beberapa menu isian yang bervariasi yang dapat dipilih seperti ayam gulai Minang, daging rendang sapi, ayam goreng berbumbu, usus sapi {tambunsu} isi telur, atau sayuran kol dengan kacang panjang, masih banyak lagi. Pajangan jenis olahan makanan ini ada diatas tempat yang lebih tinggi dari tempat duduk pembeli dan penjual duduk diantara olahan masakan dan mengambil jenis pilihan olahan menu yang dipilih oleh pembeli dengan sanduak. Untuk menikmati hidangan ini anda ada los lambuang di pasar lereng dekat dari pasar atas Bukittinggi. Sekali anda mencobanya pasti akan minta "tambuak ciek" karena lezat. Nasi Kapau ini sangat mirip dengan nasi Padang yang membedakannya asal menu ini berasal dari nagari Kapau.

--> Sambel Ijo Minang.
Poto credit: bukumasakan.com

Setiap rumah makan pasti ada sambel ijo sebagai menu untuk memperlezat saat makan. Jenisnya sangat bermacam-macam dimulai dari olahan matah dan disiram dengan minyak kelapa panas, hingga sambel yang dimasak matang. Tetapi yang paling banyak disenangi adalah sambel jenis hijau yang rasanya pas tidak terlalu pedas dan cocok sekali di lidah Indonesia dan turis. Tetapi tergantung dari penjualnya apakah menggunakan cabe hijau keriting atau cabe rawit yang akan mempengaruhi rasa pedas tadi. Tetapi dari estetika rasa masih dalam zona enak dan ngangenin jenis sambel ini karena campuran bumbu rahasia yang membuat rasa berbeda untuk hidangan makan siang atau makan malam. Ada rasa manis, pedas, dan campuran sedikit terasi bahkan jeruk memberikan zona nyaman makan menjadi berselera. Bahkan ada rumah makan menambahkan ikan asin, ikan teri goreng, ditambah dengan pete tentu lebih maknyus.

--> Sate Padang.
Sate Padang Kuah Merah Padang Pariaman. Poto credit: brupple.com

Rasa Sate Padang asli di daerahnya tentu akan terasa berbeda, olahan bumbu yang lebih lengkap akan tercipta hidangan yang sudah menggema ke seluruh dunia. Setiap olah sate asli di Sumatera Barat yang terkenal berasal dari Pariaman, Padang Panjang, dan Payakumbuh. Yang membedakannya adalah kuah sate dan menggunakan daging yang berbeda-beda dimulai dari daging sapi, jeroan, lidah, hingga kerang {lokan sebutan penduduk lokal}. Bahkan fenomena terbaru ada tambahan daging burung puyuh yang ada di Padang Pariaman sudah mulai digunakan ternyata rasanya berbeda. Saat anda berada di kota ini harus mencoba olahan sate yang akan membuat lidah anda tid berhenti mengunyah.

--> Sala Lauak.
Poto credit: min.wikipedia.org

Kalau yang ini menu snack yang dapat digado langsung atau campuran di makanan berkuah lainnya seperti ketupat sayur Padang. Sala Lauak ini berasal dari Padang Pariaman yang terbuat dari tepung beras, bumbu pilihan, dan daging ikan. Kudapan ini banyak tersaji di pagi hari atau sore hari sebagai snack tetapi rasanya sangat gurih dan enak cocok sekali berdamping dengan beberapa jenis masakan lainnya dan pastinya jika anda penggemar Sate Padang sangat cocok juga di cocol dengan sala ini. 

--> Bubur Kampiun.
Poto credit: apasih.web.id

Kuliner manis ini untuk satu porsi isinya bermacam-macam, jenis kolak yang yang digunakan seperti kolak pisang dan ubi jalar dan kacang ijo dicampur dengan bubur putih dari tepung beras. Setelah semuanya masuk dalam satu porsi kemudian disiram dengan gula merah. Menu ini sudah mulai langka dan menjadi hidangan yang diburu saat bulan puasa sebagai menu pembuka. Anda jangan khawatir untuk keseharian masih ada penjual yang tetap ulet menjual hidangannya seperti di kota Padang tepatnya di Pasar Simpang Haru. Untuk masalah rasa anda akan ketagihan dan akan kembali lagi saat berada di kota ini.

--> Bika Si Mariana.
Poto credit: batamnews.co.id

Kuliner makanan bika yang terbuat dari tepung beras dan campuran gula merah ini sudah ada sejak tahun 1960-an. Lokasinya apabila anda berada dari kota Padang Panjang menuju Bukittinggi lokasinya sebelum Pasar Koto Baru. Jenis kudapan snack yang terkenal ini masih dimasak di tunggu dengan kayu bakar dimana proses memasaknya bara api di bawah dan atas tunggu secara bergantian agar matangnya merata. Untuk varian sekarang ini sudah mulai ada campuran pisang yang tentu akan menggugah selera anda saat berada di sana.

#2. Minuman.
Jangan salah, Ranah Minang juga ada olahan minuman yang tetap bisa anda nikmati dengan rasa yang sangat gurih, manis, dan pastinya cukup mudah ditemukan di sekitar daerah wisata. Minuman ini memang berdasarkan pengalaman dari generasi ke generasi yang telah ada zaman dahulu dengan memanfaatkan bahan yang ada dan cocok dinikmati di waktu senggang bahkan saat nongkrong. Khas Padang Minangkabau Sumatera Barat ini termasuk jenis minuman yang memang disenangi bahkan sampai sekarang tetap bertahan, berikut pilihan minuman yang unik dan harus anda coba di saat berada disana.

--> Kopi Kawa Daun.
Poto credit: goodnewsfromindonesia.id

Minuman ini diolah dari daun kopi yang sangat banyak ditemukan di daerah Batusangkar dimana dizamannya di saat buah kopi yang dipanen tidak boleh dinikmati oleh penduduk lokal hanya dapat dimanfaatkan oleh penjajah Belanda. Fenomena saat itu penduduk lokal memanfaatkan daun kopi sebagai pilihan untuk menikmatinya, hasil olahan ini mirip sebagai teh daun kopi yang diseduh air panas dan uniknya diminum di batok kelapa yang dijadikan wadah untuk diminum. Di saat anda berada di Nagari Pariangan ada menemukan spot tempat minum di atas bukit yang menyediakan minuman Kopi Kawa Daun sebagai idola dan harus anda coba.

--> Teh Talua.
Poto credit: saribundo.biz

Olahan minuman teh yang sangat luar biasa dipadukan dengan telur ayam kampung memberikan jenis minuman energy drink alami hadir di Ranah Minangkabau Padang Sumatera Barat. Minuman ini sebenarnya dibuat saat pagi hari sebelum beraktifitas bertani dan berkebun dan memang sangat baik untuk meningkatkan kebugaran tubuh sehingga favorit diminum di perkampungan tempo dulu. Sekarang tetap diminum hampir seluruh nagari telah ada bahkan dirumah makan besar sekalipun juga tersedia dan harus anda coba. Rasanya manis dan gurih dan diberikan perasan jeruk nipis untuk memberikan kesegaran, pastinya tidak amis sama sekali.

--> Aia Aka.
Poto credit: robbyybie.com

Minuman tradisional unik pastinya hadir di kota Padang dan beberapa tempat wisata populer di Sumatera Barat bernama Aia Aka. Minuman dari air daun kacang dan pastinya ada agar-agar warna hijau dari daun tersebut sebagai pelengkap untuk satu gelas penyajian. Bahkan pilihan lainnya ada diberi santan kelapa sebagai penggurik minuman. Banyak penduduk lokal berpendapat digunakan sebagai minuman kesehatan panas dalam dan memang terbukti memberikan kesegaran saat diminum dan pastinya rasanya sangat segar menyejukan manis dan gurih.

--> Es Tebak.
Poto credit: sajiansedap.grid.id

Sekilas mirip es campur yang seperti pernah anda lihat ada campuran agar, tape, roti, kolang kaling, kelapa muda, cincau, dan lainnya. Yang menjadi unik adalah tebak yang mirip seperti cendol tetapi terbuat dari tepung beras ketan yang dicampur dengan tepung sagu kemudian dimasak bersama sejumput garam. Tebak ini harus ditambah dari campuran lainnya diberikan es serut dan diberikan pemanis dalam bentuk sirup merah. Saat sekarang ini jajanan es tebak ini sudah mulai terlupakan tetapi jangan khawatir di pasar tradisional di kota Padang tepatnya di Pasar Raya masih ada penjual yang tetap setia menjual es tebak ini sebagai kuliner wajib yang harus anda coba saat berada di kota Padang atau di Bukittinggi.

--> Jus Pinang Muda.
Poto credit: ulinulin.com

Mungkin sebagian orang masih asing, minuman ini sempat booming beberapa tahun terakhir di tempat nongkrong tang terbuat dari pinang muda dicampur dengan madu dan beberapa tambahan lainnya sudah tentu pasti ada ditambahkan telor bebek yang diambil kuningnya saja. Banyak yang memberikan testimoni minuman ini cocok sekali sebagai energy drink yang sangat alami yang dapat anda coba tentunya sehat dan menyehatkan. Memang benar adanya minuman ini setiap derah juga ada tetapi setiap daerah mempunyai keunikan dalam rasa dan penyajiannya.

#3. Oleh-Oleh Khas Sumatera Barat.
Untuk jenis oleh-oleh asli dari Ranah Minang tentu saja sudah mulai dilirik sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Jenis yang paling disenangi jenis keripik balado, karak kaliang, sarang balam, dakak-dakak, dan lainnya. Bahkan saat sekarang ini sudah juga ada rendang yang dijadikan oleh-oleh tidak dari jenis daging sapi saja dari jenis daging ayam, jengkol, hingga kerang {lokan} juga disediakan oleh penjual. Rekomendasi terbaik membeli di toko oleh-oleh khas Padang sebaiknya langsung dari pusat wisata karena anda telah memajukan UMKM penduduk setempat.



#4. Suvenir.
Tidak hanya makanan, minuman, dan oleh-oleh khas. Anda juga harus memiliki beberapa suvenir cantik yang juga berasal dari Ranah Minang seperti kain songket dari Silungkang dan Pandai Sikek. Pilihan lainnya juga ada berupa pakaian muslim, baju kurung, hingga mukena sholat di Pasar Aur Kuning Bukittinggi. Pastinya pilihan lebih menarik dan harga yang diberikan tentu grosir jika anda membeli lebih banyak. Saat berada di Bukittinggi anda juga harus sempatkan datang ke pasar tradisional ini yang banyak sekali penduduk lokal yang mempunyai pengrajin handal dan pastinya kualitas terbaik untuk satu unit pakaian yang akan anda pilih. Sekitar jam gadang juga banyak tersedia suvenir cantik lainnya seperti gantungan kunci, baju kaos, hingga tas etnik cantik dengan harga menarik. Semua hasil karya UMKM ini selalu dicari oleh para turis saat menikmati suasana Jam Gadang Bukittinggi.

0 Response to "Khas Padang Minangkabau Sumatera Barat Buruan Traveler: Makanan, Minuman, Oleh-Oleh, dan Suvenir"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel