Makanan Khas Tradisional Mesir Wajib Masuk Dalam Wisata Kuliner Anda Kesukaan Traveler Dunia - Masgunggoyo

Makanan Khas Tradisional Mesir Wajib Masuk Dalam Wisata Kuliner Anda Kesukaan Traveler Dunia

Pesona negara Mesir dengan eksotisnya menjadi destinasi wisata yang sudah masuk dalam rencana perjalanan hampir seluruh turis dunia ingin mewujudkannya. Dengan kisah kuno yang masih dapat dilihat sampai sekarang ini Mesir menjelma sebuah pilihan tempat wisata yang banyak sekali diminati yang telah memberikan pengalaman yang tak akan pernah terlupakan seperti pantai yang cantik dan bahkan spot penting untuk scuba diving favorit para penyelam dunia. Yang menjadi menarik perhatian adalah makanan-khas-tradisional-Mesir menjadi destinasi pelengkap dan wajib dicicipi jika terlewatkan traveling anda menjadi kurang karena ini lah wisata penting olahan makanan dan minuman kreasi dari generasi ke generasi yang masih bertahan sampai sekarang bahkan termasuk resep kuno peradabatan manusia ada di negara Mesir. Ini lah makanan khas tradisional Mesir yang wajib masuk dalam rencana wisata kuliner anda dimulai dari sarapan pagi hingga dessert pencuci mulut yang sangat enak yang belum pernah anda rasakan sebelum:

#1. FUL MEDAMMES.
Poto credit: souschef.co.uk

Ini lah nama sarapan yang sangat umum dikonsumsi orang penduduk lokal Mesir namanya Ful Medammes. Makanan khas Mesir ini terbuat dari kacang fava yang dimasak dengan garam. Kacang fava mirip dengan kacang polong ini dengan proses memasaknya direndam semalaman dan dimasak di atas kompor dengan api kecil. Saat berada di Mesir anda sangat mudah menemukan jenis sarapan ini sebagai makanan populer disana. Dengan proses pembuatan yang cukup panjang ini saat penyajiannya dapat ditambahkan telur, roti pita, keju seperti menu Ta'Meya. Bahkan ada juga sarapan dengan tema sandwitch juga cocok dan lezat. Karena mengandung unsur karbohidrat, ion penting, rendah lemak terkandung dalam menu ini sangat baik sebagai bekal untuk melakukan aktifitas di pagi hari. 

#2. FALAFEL atau TA'MEYA.
Poto credit: owayfarer.wordpress.com

Makanan khas Mesir dengan resep tradisional ini juga termasuk menu sarapan pagi yang cukup sehat dengan rincian adanya telur, pita breat, dan keju. Resep tradisional Falafel ini terbuat dari kacang panjang atau buncis tetapi penduduk lokal menyebutnya Ta'meya yang terbuat dari kacang fava. Kacang fava ini di rendam semalaman agar menjadi lembut kemudian dihancurkan menggunakan blender. Kemudian bumbu tambahan lainnya menyatu dengan bahan utama adalah cincangan celantro, parsley, bawang putih, bawang, dan daun bawang yang memberikan aroma segar dan harum masakan. Bumbu penting juga harus ditambahkan seperti: jinten, ketumbar, cayene, garam, merica, dan tambahan kaca fava yang telah di blender serta tepung sebagai penguat. Dibentuk bundar dan kemudian di goreng. Makanan ini sangat populer sekali di Mesir dan harus anda coba.

#3. KOSHARI.
Poto credit: lifevegans.com

Termasuk resep makanan khas tradisional Mesir yang tersedia di beberapa tempat seperti restoran dan street food. Tempat penjualanan di street food  seperti booth atau gerobak dari penduduk lokal, jadi pastinya harganya lebih terjangkau jika anda membeli di restoran. Saat disajikan pastinya ada nasi, makaroni, lentil, sayur kacang, dan ditambah dengan bawang goreng, saus merah, dan beberapa tambahan lainnya. Jadi saat anda menyantapnya akan terasa beberapa gabungan rasa gurih dan unik. Jika ada seorang vegetarian ini lah menu yang sangat direkomendasikan untuk disantap saat di Mesir. 

#4. MAHSHI.
Poto credit: alltop10.org

Jika anda seorang vegetarian menu Mahshi ini sebagai rekomendasi terbaik untuk wisata kuliner yang harus anda coba. Bahan dasar sayuran pilihan yang ada di Mesir ini tentu jumlah macam ragam cukup banyak seperti zucchini, terong, paprika, tomat, sayur kol, dan daun grapevine. Saat penyajian tentu saja terdiri dari nasi, dan beberapa bumbu herbal masakan seperti parsley, cilantro, dill. Tidak lupa tomat yang telah diberi bumbu ditambah sedikit kayu manis. Mempertinggi rasa ada juga menu dasar yang ada ini ditambahkan dengan beberapa potongan daging dan pastinya rasa menjadi lebih gurih dan menggugah selera.




#5. SHAWARMA.
Poto credit: unileverfoodsolutions.eg

Menu makanan yang pasti menjadi rekomendasi untuk dicicipi adalah Shawarma. Menurut sejarahnya makanan ini berasal dari gyros Yunani yang cukup terkenal ini menjadi khas di Mesir. Untuk selera pilihan dapat disesuaikan selera yaitu daging ayam atau lainnya, dimana proses pembuatannya direndam dengan rempah-rempah khas Timur Tengah dan memasak sampai hancur seperti lemak yang mencair diatas pembakaran. Daging yang dimasak tersebut akan masak sempurna dengan bagian luar yang sangat lezat untuk digigit dan rasanya sangat unik. Tipe makanan yang sangat khas dari Mesir ini disajikan bersama tahini dan dengan saus tomaya {saus bawang merah}. Jika anda ingin mendapatkan makanan yang cepat tersajikan Shawarma salah satu menu yang sangat direkomendasikan dan pastinya mirip fast food yang banyak dijual di kaki lima di kota Mesir.

#6. MACARONI BECHAMEL.
Poto credit: palatablepastime.com

Makanan yang khas lainnya di kota Mesir yaitu bernama Makaroni B├ęchamel sebagai kenyamanan untuk menikmati makanan. Inilah lagsagna versi Mesir atau makaroni dengan keju. Pastinya adanya mi rigatomi dengan tambahan daging cincang yang ditambahkan dengan saus tomat tetapi ada saus unik lainnya yang ditambahkan di meni ini. Jadi anda yang ingin pilihan lain makanan khas lainnya menu ini patut anda coba saat berada di sana.

#7. MOLOKHIA.
Poto credit: homeisakitchen.com

Jenis hidangan yang ada di Mesir termasuk dalam zona tradisional ini lah rekomendasinya yaitu Molokhia. Menu yang dipersiapan dari rebusan beberapa daun hijau yang dipotong sesuai dengan ukurannya ini juga ditambahkan dengan daging ayam, kaldu sapi, bahkan sea food ini bercampur dengan bumbu yang cukup lengkap ini menjadi hidangan yang sangat lezat. Saat disantap pastinya ditambah dengan roti atau nasi sesuai dengan selera. Setiap penyajiannya di beberapa wilayah ada perbedaan itulah yang menjadi keunikan yang harus anda coba seperti di pesisir banyak menggunakan sea food, dan wilayah yang jauh dari pesisir diganti dengan daging ayam, daging sapi, bahkan daging kambing. Traveler menyebutnya hidangan yang sangat sehat dan banyak sekali mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh cocok sekali bagi anda yang ingin melanjutkan perjalanan estafet ke negara terdekat.

#8. FATTAH.
Poto credit: kitchenani.com

Hidangan yang selalu ada di perayaan besar di kota Mesir kuno sampai sekarang masih ada dan wajib anda coba. Termasuk makanan khas Mesir juga menjadi hidangan terhormat di perayaan besar seperti Idul Fitri dan Idul Adha sebagai hidangan yang disantap bersama-sama pastinya mempunyai keistimewaan. Memang benar, saat disajikan disantap bersama dengan roti yang renyah krispi, nasi, daging, dan saus khusus yang terbuat dari tomat dan cuka. Untuk waktu tertentu penggantian daging ini dapat disesuaikan dengan selera apakah daging ayam atau daging kambing. Mungkin anda pernah berkunjung ke Lebanon penyajiannya menggunakan alat pemanggang ayam dengan tomaya. Sepintas terlihat sangat sederhana tetapi rasa yang lezat pastinya anda tidak akan kecewa untuk mencicipi saat berada di kota Mesir.

#9. FESEEKH.
Poto credit: egyptianstreets.com

Makanan yang sangat disenangi dan disukai oleh penduduk lakal Mesir bernama Feseekh. Terbuat dari fermentasi ikan dimana ikan tersebut menjadi kering di bawah sinar matahari dan kemudian direndam di air garam selama satu bulan. Sangat populer sekali makanan yang ada di musim panas, saat penyajiaanya Feseekh merupakan makanan utama dan disajikan dengan tambahan lain seperti potongan ikan di salat serta roti pita. Memang sebagian traveler menyebutnya makanan uji nyali tetapi jika anda mempunyai keberanian untuk menyantapnya saat berada di kota Mesir harus mencobanya.


Jangan Lupakan Oleh-Oleh Khas Mesir Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

#10. ROZ BEL LABAN.
Poto credit: geniuskitchen.com

Merupakan dessert khas Mesir yang harus anda coba disaat makanan berat yang telah disantap diakhiri dengan hidangan pencuci mulut yang lezat. Roz Bel Laban berarti beras dengan susu versi dari kota Mesir yaitu berbentuk puding. Jika anda penggemar puding dari beras yang dimasak bersama dengan susu saat disajikan ditambahkan dengan krim dan toping potongan pistachio. Walaupun terlihat sangat sederhana tetapi anda tidak akan pernah melupakanan betapa enaknya hidangan ini.

#11. UMM ALI.
Poto credit: thespruceeats.com

Hidangan yang sudah ada sejak abad ke 13 ini bernama Umm Ali berarti hidangan dari Ibu Ali. Sangat melegenda sekali disaat istri dari Sultan Ezz El Din Aybak membuat hidangan ini saat berada di perayaan dan dibagikan ke penduduk. Sejak hidangan ini dibuat dan disantap bersama-sama maka nama sajian tersebut menjadi Umm Ali. Jenis makanan penutup atau dessert yang disantap bersama dengan roti sejenis puff pastry ini dengan susu, gula ya mirip versi puding roti Mesir. Diatasnya ditambahkan dengan kismis, kacang-kacangan, dn irisan daging kelapa. Sangat lezat sekali dan anda harus mencoba saat berada di kota Mesir.

#12. KONAFA.
Poto credit: arabacademy.com

Ingin merasakan hidangan manis khas dari Mesir cobalah Konafa, yang bentuk potongan yang diparut dan diisi dengan jenis krim atau keju, kemudian dipanggang saat disajikan ditambahkan dengan sirup. Hidangan ini memang banyak ditemukan saat bulan suci Ramadhan ini dengan rasa yang sangat lezat dan harus anda coba. Jika anda telah mencoba manisan khas Mesir dan cocok sekali saat waktu senggang kudapan yang wajib ini harus disisipi saat menikmati kota Mesir kuno yang masih harus anda datangi sesuai dengan itinerary perjalanan yang telah disiapkan.



#13. SAHLAB.
Poto credit: pinterest.com/pin/365073113516542187/

Jika anda ingin mencoba minuman hangat rasanya manis di Mesir cobalah Sahlab. Sangat lezat dan pastinya di suasana dingin menghangatkan tubuh. Sahlab terbuat dari susu panas yang ditambahkan bubuk akar anggrek murni yang memberikan rasa yang cukup kuat. Tetapi saat sekarang ini telah tersedia dalam bentuk sachet yang tentu lebih praktis dan istant untuk dibuat dengan berbagai varian rasa seperti vanila, manis gula, atau rasa kayu manis. Bahkan ada penjual menambahkan beberapa toping tambahan seperti potongan pisang atau buah stroberi. Ada juga versi yang sangat tradisional yang juga direkomendasikan untuk dicoba yaitu Sahlab dengan kayu manis, parutan kelapa, potongan pistachio, bahkan ada tambahan kismis. Hampir seluruh tema seperti ini sangat lezat dan mempunyai rasa yang sangat unik dan harus anda coba saat berada di Mesir.


0 Response to "Makanan Khas Tradisional Mesir Wajib Masuk Dalam Wisata Kuliner Anda Kesukaan Traveler Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel