Saat Harga Tiket Domestik Mahal Menggila: Ternyata Begini Caranya Untuk Dapat Terbang Kembali Harga Tiket Murah Khusus Rute Dalam Negeri Tetap Hemat Menyenangkan Tetapi Harus Transit Sejenak Sampai Ke Tujuan Akhir - Masgunggoyo

Saat Harga Tiket Domestik Mahal Menggila: Ternyata Begini Caranya Untuk Dapat Terbang Kembali Harga Tiket Murah Khusus Rute Dalam Negeri Tetap Hemat Menyenangkan Tetapi Harus Transit Sejenak Sampai Ke Tujuan Akhir

Poto credit: chicagotribune.com

Fenomena harga tiket domestik pesawat udara terkadang tidak dapat diprediksi ada di zona sangat mahal menggila dan ada pula di waktu sangat murah terus promo. Tidak dapat di tebak saat maskapai penerbangan tiba-tiba mempunyai harga yang sangat mahal jika anda ingin juga melakukan perjalanan dalam waktu beberapa minggu ke depan masih juga tidak bersahabat harganya apalagi airline budget murah sudah mulai tidak memberikan bagase gratis lagi untuk minimal per penumpang, anda harus mulai berfikir lebih bijak lagi agar uang yang anda persiapkan nanti masih masuk dalam hitungan yang cerdas. Memang tidak semua rute perjalanan yang melonjak tinggi tetapi 

Mahalnya harga tiket domestik memang membuat traveler menjadi resah dimana cuti yang sudah mulai diajukan dan telah disetujui oleh atasan harus segera dipersiapkan perjalanan traveling ini. Memang khusus untuk rute dalam negeri harus mulai dikurangi karena aspek nilai harga tiket yang sangat mahal apa yang harus anda lakukan supaya traveling liburan ini tetap berjalan dengan mudah tidak terhalangi dengan zona harga tiket mahal, berikut penjelasannya:

#1. Study Kasus Harga Tiket Mahal.
Sebagai contoh saja, traveler di beberapa kota di Indonesia. Jika seorang traveler ingin sampai ke DKI Jakarta saja sudah mulai merangkak naik tentu menjadi kekhawatiran dengan uang yang tersedia harus dibayar berlebih saat melakukan perjalanan. Apa yang harus dilakukan?



Study Kasus:
Jika saat tertentu saat anda akan melakukan perjalanan:

BANDA ACEH -> JAKARTA: IDR1.600.000 {Direct tidak ada transit}
Beruntunglah anda yang berdekatan dengan negara tetangga seperti Malaysia dengan adanya penerbangan yang telah mereka buka sehingga anda mempunyai kesempatan untuk transit disana, begini solusinya:

FORMULA: Kenapa anda tidak transit terlebih dahulu ke Kuala Lumpur Malaysia kemudian estafet ke DKI Jakarta menggunakan pesawat lain, tentu adanya selisih harga yang dapat anda dapatkan jika melakukan perjalanan direct atau langsung dapat juga rute sebaliknya.

JAKARTA -> KUALA LUMPUR: IDR400.000
KUALA LUMPUR -> BANDA ACEH: IDR700.000
TOTAL: IDR1.200.000

Dari formula ini saja jika anda bandingkan selisih harga bisa mencapai IDR400.000 tentu nilai yang cukup signifikan khusus anda seorang traveler sangat banyak dapat anda gunakan untuk pembelian hal lain yang jauh lebih bermanfaat.

TIPS! jika anda melakukan perjalanan seperti ini maka anda harus mempersiapkan paspor hijau Indonesia untuk keperluan pengecekan di Imigrasi Malaysia yang masih berlaku. Dan pastikan jangka waktu expire paspor harus diatas 6 bulan dan lebih baik 12 bulan. Pastikan masa ini harus anda perhatikan sebelum melakukan perjalanan seperti ini jika melakukan estafet sesuai dengan kasus yang terjadi pada study kasus ini. Fenomena ini dapat anda lakukan untuk beberapa daerah yang telah mempunyai rute internasional dan dapat anda pertimbangkan untuk melakukan transit beberapa saat untuk sampai ke tujuan, begitu juga sebalinya.

#2. Apa Dampak Bagi Perjalanan Anda?
Tentu saja dengan situasi ini tiket pesawat domestik sedang mahal tentu berdampak kepada anda menjadi lebih bijaksana dan selalu memantau seluruh perjalanan anda secara berkala agar tidak over budget disaat hari-h trip nanti. Sekarang ini sangat mudah sekali melakukan akses terhadap pengecekan harga tiket dengan berbagai aplikasi yang sangat real time online supaya fenomena harga ini dapat anda pantau setiap saat.

#3. Bagase Gratis Sudah Mulai Berubah Harus Bayar.
Pergeseran saat waktu dahulu anda melakukan traveling mendapatkan gratis berat bagase tertentu saat terbang, sekarang fenomena tersebut telah berubah yaitu anda harus dibayar. Apa yang harus anda lakukan? Tentu saja, anda akan membawa barang yang seperlunya saja yang diperbolehkan masuk ke kabin penumpang. Tas ransel ukuran kecil dan tas tenteng kecil yang mengharuskan anda tetap cermat tetap membawa oleh-oleh untuk kerabat dan lainnya.

Bandingkan dengan harga ekspedisi yang akan mengangkut barang anda dimulai dari awal berangkat sampai tujuan akhir. Jika harga untuk ekspedisi lebih murah dan diantar ke alamat maka anda akan tidak membawa barang bawaan banyak lagi saat terbang, begitu juga sebaliknya. 

#4. Perhatikan Hal Saat Transit.
Seperti disebutkan diatas rata-rata para traveler yang melakukan transit ini banyak singgah ke KLIA {Kuala Lumpur Internasional Airport} sebagai lokasi anda sebelum melanjutkan penerbangan berikutnya sampai ke tujuan akhir. Hal yang harus anda perhatikan adalah saat transit anda harus membawa paspor hijau Indonesia yang masih berlaku dan tidak ada pengajuan visa transit karena paspor Indonesia mendapatkan gratis terbatas layaknya seorang turis yang ingin berlibur disana. Jadi, jangan khawatir hanya membawa paspor hijau saja anda sudah bebas masuk terbatas waktu yang telah ditetapkan oleh pemerintah Malaysia.

Baca selengkapnya:

#5. Hal Penting Bagase Bawaan.
Jika anda melakukan perjalanan seperti ini ada hal penting yang menjadi perhatian anda: jika anda menggunakan nama airline yang sama dimana barang bawaan yang masuk ke dalam bagase pesawat, saat pindah atau transit ke pesawat berikutnya anda tidak usah khawatir karena proses perpindahan barang ini sudah dilakukan sendiri oleh airline yang anda tumpangi. 

Berbeda dengan nama airline: seperti contoh jika anda dari CGK->KLIA menggunakan Lion Air dan dari KL->Banda Aceh menggunakan Air Asia maka barang bawaan anda harus diambil semua saat transit, dan saat menggunakan pesawat lainnya sampai ke tujuan akhir harus mengikuti proses check in awal kembali dan barang bawaan masuk ke bagase pesawat ikut saat anda melakukan proses check in tersebut.



#6. Siapkan Uang Cukup Mata Uang Negara Transit.
Apabila anda transit tentu saja harus mempunyai uang yang cukup saat melakukan transaksi disana seperti makan minum dan membeli oleh-oleh. Mata uang di negara transit di contoh ini adalah Malaysia Ringgit dapat anda persiapan dari Indonesia atau tarik tunai ATM di bandara saat transit. Gunakan ATM Bank lokal Indonesia yang mempunyai logo yang bekerjasama dengan bank yang ada di ATM Bandara KLIA sehingga proses untuk tarik tunai dapat menjadi lebih nyaman.

Semoga tulisan Saat Harga Tiket Domestik Mahal Menggila: Ternyata Begini Caranya Untuk Dapat Terbang Kembali Harga Tiket Murah Khusus Rute Dalam Negeri Tetap Hemat Menyenangkan Tetapi Harus Transit Sejenak Sampai Ke Tujuan Akhir ini dapat menjadi jalan keluar bagi anda di situasi sulit saat sekarang ini. Walaupun harus transit di negara tetangga sejenak tidak menjadi masalah asalkan hemat dapat anda dapat apalagi perjalanan ini dilakukan lebih dari 5 orang tentu penghematannya jauh lebih besar lagi.

0 Response to "Saat Harga Tiket Domestik Mahal Menggila: Ternyata Begini Caranya Untuk Dapat Terbang Kembali Harga Tiket Murah Khusus Rute Dalam Negeri Tetap Hemat Menyenangkan Tetapi Harus Transit Sejenak Sampai Ke Tujuan Akhir"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel