KODE IKLAN DFP 1 Sharing Pengalaman Naik Kereta Api Dari Stasiun Hanoi {Ga Hanoi} Menuju Ke Stasiun Saigon {Ga Saigon} Ho Chi Minh City Vietnam | Masgunggoyo

Recents Posts

    Iklan Atas Artikel

    Sharing Pengalaman Naik Kereta Api Dari Stasiun Hanoi {Ga Hanoi} Menuju Ke Stasiun Saigon {Ga Saigon} Ho Chi Minh City Vietnam

    KODE IKLAN 200x200
    KODE IKLAN 336x280
    Pengalaman perjalanan naik kereta api yang ada di Indonesia tentu semua rekan traveler sudah pernah melakukannya, berbeda dengan kereta api dari Stasiun Hanoi {Ga Hanoi} menuju ke Stasiun Saigon {Ga Saigon} Ho Chi Minh City Vietnam. Perjalanan rute ini secara normal membutuhkan waktu perjalanan sekitar 38 jam atau sekitar 1700 km cukup panjang dan harus ada perhatian khusus traveler Indonesia muslim perlu memperhatikan hal ini sebelum memilih transportasi ini sebelum berangkat. Dengan banyaknya pencarian informasi yang cukup lengkap maka kami dan rekan lainnya mencoba menulis artikel ini supaya anda tidak terkejut apa yang akan terjadi nantinya dan pastinya ada persiapan khusus.

    Poto credit: vietnam-railway.com


    FORMULA:
    Hanoi -> Saigon: Lama perjalanan +/- 38 Jam, dan jarak +/- 1700 km.
    Nama stop stasiun berhenti yang dilewati oleh kereta api rute Hanoi ke Ho Chi Minh City {warna hijau} adalah: Hanoi, Thanh Hoa, Vinh, Dong Hoi, Dong Ha, Hue, Da Nang, Quang Ngai, Dieu Tri, Na Trang, Thap Cham, Muong Man (to Mui Ne), Ho Chi Minh City

    Perjalanan yang cukup panjang sekitar hampir 3D2N ini sebaiknya anda memilih kelas first class atau kelas diatasnya karena memberikan kenyamanan selama perjalanan. Alasannya perjalanan yang cukup jauh tentu saja anda harus mendapatkan istirahat yang cukup sehingga traveling selama di Vietnam dapat berjalanan dengan baik dan lancar.

    Keberangkatan kereta ini dari Stasiun Hanoi atau Da Hanoi ini sekitar jam 22:00 an waktu setempat dan diperkirakan akan sampai di Stasiun Hanoi atau Da Saigon lusanya sekitar 06:00 an waktu setempat. Selama perjalanan ini tentu seorang traveler harus mempersiapkan segala hal seperti membeli tiket kereta kelas first class sekitar +/- IDR1jt sudah konversi dari VND ke IDR untuk perjalanan ini. Setelah membeli tiket anda sudah sampai di stasiun sekitar 30 menit sebelum keberangkatan dan siap check in untuk mendapatkan boarding pass dengan mengetikan kode booking yang telah anda lakukan di mesin yang tersedia, atau anda dapat langsung ke loket penjualan tiket di Stasiun Hanoi.

    Jika dilihat dari keretanya cukup baik dan ada perbedaan dengan kereta yang ada di Pulau Jawa yaitu adanya kelas sleeper yang ada tempat tidurnya. Jadi selama perjalanan penumpang yang melakukan perjalanan darat yang cukup panjang ini dapat istirahat karena adanya tempat tidur yang disediakan oleh pengelola kereta api di Vietnam. Toilet cukup bersih dan disiapkan sabun dan tisu.


    Perjalanan ini dimulai dari Hanoi tepat waktu dan pastinya untuk kelas first class ini ada 4 penumpang untuk satu kamar, jika anda upgrade ke kelas diatasnya untuk satu kamar 2 orang. Karena perjalanan cukup panjang tipe kelas yang kami sebutkan ini sangat direkomendasikan karena memberikan kenyamanan tingkat tinggi saat berpindah kota. Memang dari daftar terlihat bahwa banyak sekali stasiun yang harus dilalui oleh kereta ini dan pastinya ada beberapa stasiun yang menjadi pemberhentian yang harus dilakukan oleh seorang masinis. Apapun namanya itu, setiap stasiun pemberhentian ada penumpang yang turun dan ada juga penumpang yang naik.

    Kereta ini mirip dengan perjalanan kereta di Pulau Jawa mempunyai pemandangan yang sangat indah terutama saat memasuki jalur laut yang akan memberikan pesona tersendiri. Mirip dengan kereta di pantai selatan sebelum memasuki Semarang Tawang ada jalur yang melewati laut. Pemandangan hijau yang menemani selama perjalanan tentu menjadi nuansa baru di negara orang menjadi tambahan pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan. Memang negara Vietnam memberikan pesona pemandangan yang cukup berbeda dan pastinya akan menjadi pelengkap liburan yang akan dilakukan di negara yang cukup eksotis ini.
    Fasilitas untuk kelas first class yaitu tempat tidur, bantal, meja, dan standar untuk sebuah tempat tidur masing-masing penumpang. Dilengkapi juga dengan lampu baca bagi rekan traveler yang butuh cahaya tambahan disaat suasana telah gelap, jangan khawatir juga ada slot colokan USB untuk charging juga ada. Cukup empuk dan nyaman pastinya akan mendapatkan juga fasilitas makan setiap waktu tertentu yang diberikan oleh pihak kereta api. Dari segi menu standar untuk sebuah hidangan, ada makanan utama, peralatan makan, minuman, serta ada buah. 

    Saat penyajian makanan memang banyak hidangan yang tersaji kurang yakin menu halal nya maka sebelum keberangkatan tadi semua persedian makanan harus disiapkan seperti cemilan, air minum, makanan lain yang akan membantu kami harus makan agar tidak jatuh sakit. Dengan fenomena ini tentu saja menu yang diberikan oleh pihak kereta api hampir semua menu utama tidak termakan, dan alihkan ke makanan yang kami beli sebelum keberangkatan di Stasiun Hanoi {Da Hanoi}.

    Ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian bagi rekan yang ingin mencoba perjalanan naik kereta apai ini baik dari Hanoi ke Saigon atau Saigon ke Hanoi:

    1. Khusus rekan muslim yang ingin melakukan perjalanan ini sebaiknya mempersiapkan menu halal sendiri dimulai dari stasiun keberangkatan. Karena mayoritas hidangan tidak sesuai dengan prinsip maka makanan yang disiapkan sudah ada saat anda sudah berada di kamar. Rekomendasi anda dapat menyiapkan dari Indonesia yaitu menu rendang daging, abon sapi, mie instan seperti mie gelas, minuman sachet, dan lainnya sebagai stok makanan  minuman untuk perjalanan. Jika diperlukan ada termos kecil untuk stok air panas sangat direkomendasikan agar kenyamanan selama perjalanan dapat anda dapatkan langsung.

    2. Bawa barang sesuai dengan lama waktu perjalanan liburan di Vietnam, untuk tidak repot sebaiknya anda bawa tas ransel seperti backpacker ukuran medium agar waktu membawa lebih ringkes dan cepat. Barang yang diperlukan saja seperti pakaian hingga perlengkapan lainnya selama traveling nanti.

    3. Dengan adanya persediaan ini pastinya anda selama perjalanan lebih aman, jika perlu air panas anda dapat ke restorasi {apabila tidak ada termos} untuk mendapatkan kebutuhan membuat minuman atau makanan istant ini. Cukup membantu dan makan berat dapat anda lakukan saat sampai tujuan nanti. O iya, hampir lupa jangan lupa bawa gelas plastik sendiri dan sendok jika diperlukan.

    4. Saat kereta api berhenti sebaiknya anda turun untuk menikmati suasana dan pastinya peregangan tubuh agar lebih segar nantinya. Pemberhentian kereta di setiap stasiun membutuhkan waktu +/- 10-15 menit dan gunakan semaksimal mungkin. Anda dapat melihat daerah sekitar stasiun dan lakukan senam ringan agar capek anda dapat berkurang.

    5. Menjadi perhatian khusus bagi rekan traveler yang sekamar dengan penduduk lokal atau lainnya pengalaman adanya ketidaknyamanan saat tamu lainnya mengadakan acara pribadi dengan minuman keras dan makanan yang tidak sesuai dengan keinginan. Mengakibatkan bau aroma yang tidak sedap akan terasa. Anda harus antisipasinya jika terjadi hal seperti ini, yaitu melakukan perjalanan bersama rekan lainnya sehingga satu kamar yang berisi 4 orang untuk first class ini terisi satu rombongan saja agar fenomena yang tidak mengenakan ini dapat terhindari. Memang terasa cukup sulit tetapi informasi ini dapat menjadi atensi sebelum terjadi hal seperti ini. 

    6. Bawa pakaian cukup tebal saat perjalanan terasa dingin sudah mulai menusuk tulang seperti jaket, baju lengan panjang, dan lainnya. Agar kenyamanan tambahan dapat anda rasakan.

    7. Bawa obat pribadi jika anda merasa kondisi badan sedang tidak fit, ya minimal tolak angin, balsem, dan lainnya jika dirasa perlu. Pastinya perjalanan jauh ini akan membutuhkan suplemen atau obat tambahan agar kesempurnaan kesehatan tetap terjaga selama traveling harus anda dapatkan.

    8. Selalu tetap awasi seluruh barang bawaan anda selama traveling, barang penting seperti dokumen, hape, dan lainnya selalu bersama anda agar tidak terjadi kehilangan atau berpindah tangan tanpa sepengetahuan anda.

    9. Khusus reka muslim jangan lupa melaksanakan sholat fardhu wajib selama perjalanan, walaupun dalam suasana traveling kewajiban untuk dapat melaksanakan kewajiban sholat tetap dilakukan.


    Semoga pengalaman ini dapat menjadi sebuah pelajaran yang berharga buat rekan yang akan melakukan perjalanan kereta api dimulai dari Stasiun Hanoi {Ga Hanoi} menuju ke Stasiun Saigon {Ga Saigon}. Rute ini dapat berlaku sebaliknya sehingga anda sudah mulai tahu persiapan apa yang harus dilakukan selama traveling di kedua kota penting di Vietnam ini selama liburan di musim nanti. Semoga bermanfaat dan jadikan informasi ini juga diketahui oleh rekan anda lainnya dengan cara sharing ke media sosial anda.
    KODE IKLAN 300x 250
    close
    ==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
    KODE IKLAN DFP 2
    KODE IKLAN DFP 2