KODE IKLAN DFP 1 Strategi Pemasaran Dan Marketing Barbershop Setelah Berjalan Satu Tahun Penuh | Masgunggoyo

Recents Posts

    Iklan Atas Artikel

    Strategi Pemasaran Dan Marketing Barbershop Setelah Berjalan Satu Tahun Penuh

    KODE IKLAN 200x200
    KODE IKLAN 336x280
    Poto credit: akinbarbershop.com

    Setelah semua perjalanan bisnis barbershop telah anda lakukan dan pastinya semua romantika pergerakan roda usaha telah diketahui. Semua perhitungan pendapatan vs pengeluaran biaya setiap bulan hingga satu tahun sudah anda dapatkan formulanya apakah sudah mulai kembali modal atau masih dalam proses untuk mendapatkannya. Anda jangan berkecil hati bisnis memang ada saat naik dan ada saat pendapatan turun, tergantung dari owner yang harus mengeluarkan strategi terbaru agar konsumen yang telah anda dapatkan ini tetap datang kembali dan tidak lupa mendapatkan konsumen baru lagi dari berbagai cara. 

    Pada tulisan kami sebelumnya telah menguraikan studi kelayakan dan analisa resiko tentu dapat menjadi referensi bagi anda, bagaimana bisnis barbershop ini masih mempunyai peluang asalkan anda seorang owner dapat memilih sebuah lokasi yang memang strategis dan pastinya lalu lintas kendaraan utama di jalan tersebut sangat vital dan digunakan oleh masyarakat untuk beraktifitas. Memang hal ini sangat penting karena pemilihan lokasi harus menjadi prinsip utama, semakin strategis tempat yang anda pilih untuk menjalankan sebuah bisnis balik modal saja dapat anda kejar karena faktir lokasi tadi mampu mendongkrak popularitas barbershop yang anda miliki. 


    Akses jalan untuk sampai ke lokasi tentu menjadi alasan utama bagi masyarakat ditambah lagi tempat bisnis anda menjadi di jalan penting perpindahan kendaraan. Nah, setelah konsep lokasi telah anda tepati berikut waktu satu tahun penuh sudah mulai habis maka muncul pertanyaan: Strategi pemasaran dan marketing barbershop setelah bisnis berumur satu tahun tetap lanjut sampai usaha ini, apa yang harus anda lakukan agar barbershop ini tetap berkembang maju tanpa hambatan serta tetap berjalanan terus hingga lebih banyak dikenal dan pastinya anda seorang owner agar omset pendapatan per hari jauh lebih baik di tahun berikutnya. 

    #1. Perbaiki Kualitas Pekerjaan Menjadi Lebih Baik.
    Selama tahun pertama anda sudah memberikan pekerjaan jasa kepada konsumen yang datang sudah tentu pasti sudah mengerti dimana permasalahannya. Jika anda merasa ada salah dalam memberikan jasa kepada konsumen yang datang serta komplain dari konsumen telah anda dengarkan maka mulai dari sekarang anda langsung rubah pola kerja. Jika kurang di satu sisi maka segera lengkapi atau ditambah misalnya proses menggunting rambut lebih halus saat tarikan sisir saat pengambilan rambut konsumen terasa kencang mulai sekarang sedikit diperhalus. Begitu seterusnya.

    #2. Kebersihan Lokasi Barbershop Harus Dijaga.
    Kebersihan lokasi barbershop harus tetap terjaga, tidak hanya lantai harus bersih dari potongan rambut tetapi semua perlengkapan dimulai dari kain penutup hingga handuk yang digunakan harus tetap bersih dan wangi. Konsumen akan lebih nyaman dan akan terus datang disaat semua perlengkapan barbershop harus bersih bahkan steril dari kotoran. Anda sebagai owner harus memperhatikan ini karena konsumen akan kembali lagi jika poin kebersihan yang telah dijalankan akan memberikan rasa nyaman dan sehat.

    #3. Alat Gunting Selalu Bersih Dan Tajam.
    Perhatikan alat gunting rambut yang dimiliki apakah sudah mempunyai ketajaman saat menggunting. Terkadang konsumen merasa saat proses gunting dimulai alat yang dipakai agak tersendat bahkan terjadi rambut tertarik di alat tersebut sehingga memberikan rasa kurang sopan dan tidak nyaman bagi konsumen. Fenomena seperti ini tidak boleh dianggap sepele karena setiap kesalahan yang dibuat pasti akan berhubungan kenyaman bagi pelanggan anda. Apabila pernah terjadi di waktu sebelum pastikan anda perbaiki supaya tidak terulang kembali hal yang menurut anda tidak masalah tetapi bagi konsumen sangat tidak nyaman.

    #4. Anda Harus Terbebas Bau Badan Serta Bau Mulut.
    Sebagai pemberi jasa anda harus terbebas dari bau badan dan juga bau mulut. Aroma yang tidak sedap ini harus segera diminimalisir karena pastinya konsumen akan menjadi risih dengan aroma yang menyengat serta saat anda berkomunikasi bau mulut. Aspek kenyamanan seperti ini harus anda selesaikan dan segera benahi diri supaya tetap menjadi wangi di depan konsumen yang tentu pasti akan menjadi nyaman di saat seorang barbershop bersih dan terhindar dari aroma yang tidak sedap. Mungkin sebagian dari rekan tidak menyadarinya tetapi itulah sebuah jasa service harus memnyiapkan diri lebih bersih terbebas dari bau apapun yang mungkin muncul.

    #5. Jangan Pernah Bekerja Pada Posisi Sakit.
    Di waktu tertentu suasana badan tidak kondusif mengakibatkan anda terserang penyakit seperti batuk dan pilek. Usahakan anda harus terbebas dari penyakit apapun bentuknya, karena saat bekerja tentu konsumen tidak mau tertular dengan penyakit flu saat anda batuk misalnya tentu akan memberikan efek kurang baik. Jika periode sakit ini anda sebaiknya segera berobat dan segera sembuh setelah semuanya kembali normal maka pekerjaan utama seorang barbershop segera dapat dimulai kembali.
    #6. Gunakan Lampu Terang Saat Bekerja.
    Ruangan terang sudah tentu pasti akan memberikan suasana baik di saat pekerjaan gunting rambut. Keuntungannya adalah anda dapat lebih fokus serta pekerjaan yang akan dilakukan menjadi jelas, di lain pihak barbershop anda terlihat lebih cerah di saat malam hari. Pastikan anda harus menggunakan wat lampu yang cukup agar tidak terlihat suram apalagi gemerlap memberikan efek jelek terhadap bisnis barbershop anda. Konsumen ingin suasana terang akan memberikan rasa nyaman dan pastinya tidak terganggu dengan efek negatif terhadap cahaya lampu yang redup.

    #7. Gunakan Pendingin Ruangan.
    Apabila ruangan barbershop yang anda miliki sekarang sudah saatnya menggunakan ruangan pendingin AC atau minimal kipas angin segera lakukan. Konsumen tidak mungkin harus berkeringat bercucuran saat gunting rambut pastinya akan memberikan zona tidak nyaman bahkan terjadi keluhan sehingga tercipta pekerjaan anda ini mejadi tidak fokus. Jika seandainya telah punya pendingin ruangan dan rasanya kurang memuaskan segera ditambah agar kenyamanan konsumen saat gunting rambut tetap dalam kenyamanan.
    Poto credit: theculturetrip.com

    #8. Jika Perlu Ganti Suasana Ruangan Barbershop.
    Untuk memberikan rasa yang berbeda di tahun berikutnya ini segera lakukan rotasi tempat barbershop anda jika memungkinkan. Memang tidak bisa langsung tetapi jika membuat suasana ruangan menjadi lebih hidup kenapa tidak dilakukan. Konsumen pasti akan merasakan suasana baru di saat posisi letak anda rubah menjadikan ruangan lebih nyaman bahkan terasa lebih luas. Cara seperti ini tentu menjadi nilai positif di saat konsumen merasa perbedaan dan pastinya kenyamanan baru akan tercipta bagi mereka.

    #9. Jika Perlu Tambah Ekstra Service.
    Apabila anda berencana ada produk jasa tambahan segera mulai perkenalkan. Jika konsumen tetap anda terlihat sedikit lebih mampu dari konsumen rata-rata sebaiknya anda beri ekstra service tanpa tambahan biaya. Perkenalan seperti ini tentu akan memberikan efek positif dan pastinya di kemudian hari konsumen tersebut ingin mendapatkannya kembali dalam posisi berbayar. Tidak ada salahnya anda coba untuk memulai service baru seperti cuci rambut, hingga treatment reflexy kaki. Apapun itu jika ada peluang sebaiknya anda coba siapa tahu menjadi berkembang.

    #10. Bidik Market Konsumen Baru.
    Selalu bidik market baru untuk konsumen baru. Segera lakukan jika posisi sekarang ini konsumen anda banyak karyawan kerja rata-rata umur 25-40 tahun, kenapa tidak coba anak sekolahan. Walaupun dari segi bayarnya memang disesuaikan tetapi jika jumlahya cukup banyak tentu omset yang anda dapatkan akan bertambah banyak. Misalnya, untuk hari tertentu anda akan memberikan harga khusus bagi pelajar. Target pasar seperti ini sebaiknya anda pikirkan, jasa gunting rambut hampir semua umur membutuhkan. Tidak ada salahnya untuk mencoba sehingga keinginan bisnis ini tetap berkembang dan dapat diharapkan segera terwujud.

    #11. Selalu Asah Kemampuan Skill.
    Jangan pernah belajar teknik gunting rambut yang telah anda dapatkan. Selalu asah kemampuan dan skill anda, jika diperlukan sekolah atau training lagi sebaiknya dilakukan. Karena ini bisnis harus ada skill kemampuan yang selalu teruji di saat konsumen ingin mendapatkan model gunting rambut yang sedikit sulit. Nah, jika anda mempunyai nyali untuk lebih berkembang dan pastinya konsumen anda akan terus berdatangan karena kemampuan anda dapat mewujudkan keinginan mereka maka segera lakukan.

    #12. Apabila Konsumen Sudah Mulai Banyak Segera Tambah Karyawan.
    Selalu baca situasi di saat konsumen anda sudah mulai banyak dan rasanya anda tidak mampu melayani keseluruhannya segera tambah karyawan yang mempunyai skill baik untuk membantu anda menjalankan bisnis barbershop ini lebih baik lagi. Anda dapat seleksi mereka atau ada rekomendasi dari teman sejawat untuk dapat bekerja sama segera mulai. Jangan sampai konsumen menunggu lama saat giliran mereka dapatkan, karena konsumen tentu mempunyai pekerjaan lainnya tidak hanya untuk gunting rambut saja. Ketidaknyamanan menunggu memang tidak baik segera lakukan antisipasi agar pendapatan anda tidak hilang di saat konsumen tidak mau menunggu lama.

    #13. Selalu Intensif Dengan Media Sosial.
    Menggunakan media sosial saat sekarang ini sudah sangat dibutuhkan dan dapat anda lakukan sebagai cara untuk mendekatkan diri dengan konsumen. Konsumen akan setia mengikuti semua perkembangan yang terjadi di barbershop anda dan selalu membuat konten yang bermanfaat sehingga follower yang ada di media sosial tersebut menjadi lebih banyak. Kegunaanya sangat banyak sekali tidak hanya barbershop anda lebih dikenal dan pastinya anda juga dapat melakukan promosi langsung disaat anda memberikan harga khusus dan menjelaskan service terbaru yang akan di lounching nanti. Jangan pernah lupakan media sosial untuk tetap bisa memenangkan kompetisi serta mendapatkan konsumen baru dari dunia digital.

    #14. Bidik Konsumen Prioritas Anda.
    Pastinya saat waktu berjalan sudah mulai terlihat konsumen prima yang akan memberikan anda tips lebih disaat penghargaan pekerjaan anda sangat disenangi bahkan mereka rela menunggu di saat anda sedang ada job gunting rambut pria lain. Tentu saja anda akan memberikan perhatian penuh untuk konsumen seperti ini, karena mereka lah yang menjadi cara bagi anda untuk dapat mempromosikan secara tidak langsung barbershop yang anda miliki kepada lingkungan sosial mereka. Berikan treatment khusus seperti dapat datang kapan pun setelah konfirmasi kepada anda tidak perlu menunggu lagi disaat mereka datang tepat waktu. Di luar negeri telah menerapkan pola seperti dengan adanya "appointment" sehingga kepuasan konsumen setia anda seperti ini harus berikan perhatian sedikit berbeda dengan konsumen rata-rata lainnya. Berikan nomer telepon khusus anda mungkin kepada konsumen prima ini agar mereka menjadi lebih dihargai untuk sebuah reservasi. 

    Semoga tulisan ini dapat inspirasi anda saat barbershop telah berumur satu tahun dan ingin berkembang di tahun berikutnya. Selalu belajar dari pengalaman jika anda telah berbuat salah jangan pernah ulangi agar konsumen yang telah datang ke barbershop anda tetap berkunjung lagi. Mempertahankan konsumen untuk tetap setia memang harus berusaha semaksimal mungkin, bisnis jasa seperti ini yang selalu mengandalkan kenyamanan harus selalu anda penuhi secara maksimal. Selalu pelajari hal ini dan selalu buat kenyamanan saat mereka datang sehingga startegi pemasaran dan marketing dari barbershop anda tetap fokus ke depan. Jangan pernah letih berinovasi karena bisnis ini anda yang jalani dan anda pula yang akan berperang untuk tetap bertahan dari ketatnya persaingan sesama barbershop saat sekarang ini. Tapi percayalah, jika barbershop anda mempunyai karakter unik dan semua service anda sangat memuaskan pelanggan sudah pasti mereka akan kembali lagi menggunakan jasa anda. Selamat mencoba.
    KODE IKLAN 300x 250
    close
    ==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
    KODE IKLAN DFP 2
    KODE IKLAN DFP 2