Tips Menghemat Baterai HP Android Agar Tahan Lebih Lama

10:12 AM

Bagi pengguna Smartphone, satu hal yang kadang banyak ditanyakan. Yaitu bagaimana tips menghemat baterai HP android? Karena android adalah smartphone yang banyak digunakan untuk menginstal aplikasi dan membukanya pada waktu yang bersamaan. Dimana hal ini secara tidak langsung akan memakan banyak daya baterai. Meskipun banyak produk android yang dilengkapi dengan kapasitas baterai besar, namun tidak serta merta membuat awet daya baterainya.


Baterai Hp Yang Boros


Bagi yang mempunyai masalah tersebut, berikut cara sederhana tips menghemat baterai HP android :

  1. Lihat Aplikasi Yang Dibuka

Salah satu hal yang paling membuat boros baterai adalah aplikasi yang sedang dibuka dan dijalankan. Karena semakin banyak aplikasi yang dijalankan, maka semakin banyak pula baterai yang dibutuhkan. Tips yang pertama adalah, tutup aplikasi yang telah digunakan dan tidak lagi dijalankan. Kita bisa melihatnya pada background.

Ketika tiba-tiba merasa baterai android cepat habis, lihat aplikasi apa yang terlalu banyak menghabiskan daya baterai. Caranya, klik setting -> battery -> battery ussage. Setelah tahu, segera matikan atau membatasi penggunaannya.


  1. Jangan Asal Instal Aplikasi

Ada beberapa aplikasi yang bisa menguras daya baterai. Maka dari itu, bijaklah saat akan memginstal apliaksi. Pahami betul bagaimana karakter aplikasi tersebut. Apakah akan banyak membutuhkan baterai atau tidak. Jika memang tidal begitu perlu, luapakan saja niat untuk menginstal aplikasi yang lahap memakan daya baterai. Jadi pilihlah aplikasi yang benar-benar dibutuhkan. Agar daya baterai hemat dan kualitas baterai juga bisa bertahan lebih lama.


  1. Fitur Power Saving Mode
Tips menghemat baterai HP android lainnya adalah dengan memanfaatkan fitur power saving mode. Yaitu sebuah fitur yang disematkan pada smartphone android dengan sistem operasi android lollipop. Fitur ini akan membatasi konsumsi baterai android dengan cara membatasi berbagai fungsi smartphone. Seperti wifi, koneksi mobile, kecerahan layar, dan lain sebagainya.
Cara mengaktifkan fitur ini sangat mudah. Masuk saja pada menu setting -> battery -> battery saver.

  1. Jika Tidak Begitu Diperlukan, Matikan Saja Fitur Smart Stay
Apa itu fitur smart stay? Adalah sebua fitur dimana smartphon akan tetap menyala saat user menatap layarnya. Fitur ini memang cukup canggih. Namun sayangnya akan banyak menghabiskan daya baterai. Jika memang tidak diperlukan, adalah tindakan sangat bijak untuk kita mematikannya.

BACA JUGA: Ablikasi Tersembunyi Yang Ada Di Hp Xiaomi Untuk Mengetahui Password Wifi

  1. Gunakan Tampilan Greyscale
Bagi yang suka memanfaatkan smartphone untuk mengakses bahan bacaan, gunakan tampilan greyscale atau biasa dikenal dengan dark mode. Yaitu mengubah tampilan layar menjadi abu-abu atau lebih gelap dari biasanya. Hal ini akan berdampak pada berkurangnya daya baterai yang dibutuhkan. Sehingga penghematan bisa dilakukan.

  1. Gunakan Wallpaper Dengan Nuansa Gelap
Tidak selamanya gelap selalu terlihat seram. Karena, dengan menggunakan layar bernuansa gelap pada smartphone akan menjadi salah satu tips menghemat baterai HP android. Terutama jika smartphonnya menggunakan layar amoled. Dimana salah satu kelemahan layar amoled adalah penggunaan warna cerah seperti putih dan lainnya.

  1. Hindari Penggunaan Live Wallpaper
Android akan terlihat sangat cantik saat menggunakan live wallpaper. Namun sayangnya, hal ini akan berimbas pada borosnya penggunaan daya baterai. Untuk menghindari tersedotnya baterai android, sebaiknya hindari penggunaan live wallpaper. Biarkan smartphone menggunakan wallpaper biasa saja agar bisa menghemat baterai. Terutama saat dibawa traveling dan agak kerepotan mencari sumber listrik untuk mengisi ulang daya baterai.

  1. Gunakan Launcher Yang Ringan
Tidak bisa dipungkiri. Kadang merasa bosan menggunakan wallpaper yang itu-itu saja. Ingin mencoba mengganti dengan live wallpaper tapi takut menguras baterai. Cobalah menggunakan launcher yang ringan. Karena selain bisa mengatasi rasa bosan, baterai juga aman karena tidak membutuhkan daya yang besar.

  1. Jangan Gunakan Fitur Gesture Dan Motion
Sepertinya sangat nyaman saat menggunakan fitur motion and gesture. Karena user hanya perlu menggerakkan sedikit saja untuk memberi perintah pada smartphone. Seperti hanya menggoyangkan HP saat akan membuka aplikasi foto. Namun sayangnya, penggunaan fitur motion and gesture ini sekalipun memudahkan, tapi juga menyedot banyak daya baterai. Sehingga baterai menjadi lebih boros.
Tips menghemat baterai HP android selanjutnya adalah kembalilah dengan menggunakan sentuhan jari untuk memberi perintah pada smartphone. Meskipun terkesan jadul, tapi hal tersebut sangat ampuh untuk menghemat baterai agar tidak cepat habis.

  1. Jangan Gunakan Aplikasi Wakelocks
Apa itu aplikasi wakelocks? Adalah sebuah alikasi yang berkebalikan dari aplikasi deep sleep. Kalau aplikasi deep sleep memaksa android menghentikan semua aktifitas agar hemat baterai, alikasi wakelocks justru akan memaksa smarphone untuk terus aktif. Akibatnya, baterai akan semakin boros. Jika tidak terlalu diperlukan, hapus aplikasi ini dari smartphone. Agar baterai tetap hemat terjaga.

  1. Aktifkan Wifi Saat Diperlukan
Tips menghemat baterai HP android yang kesekian adalah dengan bijak dalam mengaktifkan wifi. Ada sebagian android yang menata fitur wifi secara otomatis. Ini dimaksudkan agar saat tiba-tiba ada jaringan wifi, secara otomatis akan tersambung. Sayangnya, hal ini justru akan memerburuk kadar keborosan baterai. Untuk menghindarinya, gunakan aktifasi wifi secara manual. Aktifkan wifi saat akan digunakan saja. Lalu matikan setela selesai digunakan. Ini adalah langkah bijak untuk hemat daya baterai.

  1. Jangan Gunakan Fitur Auto Brightness
Fitur ini akan memudahkan atau bahkan memberi rasa nyaman saat melihat layar pada berbagai lingkungan. Baik yang gelap maupun yang terang. Tapi perlu diingat! Bahwa fitur auto brightness ini sangat menyita daya baterai pada android. Alhasil, baterai akan mudah lemah dan cepat habis. Untuk menghindari hal tersebut, hindari penggunaan auto brightness. Cukup gunakan brightness manual saja untuk mengatur ketajaman layar.

  1. Selalu Gunakan Charger Original
Satu hal yang jarang diketahui oleh para pengguna smartphone. Ternyata, penggunaan charger original mampu memberi keawetan pada baterai. Maka dari itu, selalu gunakan charger original asli dari pabrikan. Agar baterai smartphone lebih awet dan tidak mudah lemah.

BACA JUGA: Main Game Patah-Patah? Ikuti Cara Ini Agar Bisa Untuk Mengatasinya
Itulah beberapa tips menghemat baterai HP android / Smartphone yang bisa dilakukan. Tidak sulit. Bahkan cenderung lebih mudah dilakukan. Sayangi smartphonemu seperti kamu menyayangi dirimu sendiri. Agar lebih awet dan berumur panjang. Selamat mencoba.

2 Responses to "Tips Menghemat Baterai HP Android Agar Tahan Lebih Lama"

Hariyanto said...

Wahh bagus nih bisa dicoba, karna ane kn smbil ngegrab jg :)

Redaksi said...

Kalau ngecas sambil buka aplikasi apa juga ngaruh terhadap kekuatan batrei?

Post a Comment