Tips Traveling Liburan Ke Mesir: Terhindar Dari Penipuan Dari Oknum Yang Tidak Bertanggung Jawab - Masgunggoyo

Tips Traveling Liburan Ke Mesir: Terhindar Dari Penipuan Dari Oknum Yang Tidak Bertanggung Jawab

Poto credit: cerpin.com

Tips Traveling Liburan Ke Mesir, jika anda berencana liburan ke Mesir yang menjadi tempat wisata yang menjadi cita-cita untuk didatangi tentu saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar anda terhindar dari penipuan dari oknum yang tidak bertanggung-jawab yang mencoba menipu dan akhirnya anda mengeluarkan uang untuk menebus hal yang dirasa tidak sengaja dilakukan bahkan oknum tersebut yang memanfaatkan anda. Banyak sekali pengalaman dari rekan traveler telah merasakan situasi kondisi ini dan kami ingin membuat artikel yang lebih lengkap dan rinci sampai tulisan ini habis supaya hal tersebut tidak terjadi pada anda, karena pengalaman merupakan guru yang baik sehingga apapun pola yang akan terjadi disana dapat anda antisipasi supaya zona aman dan menyenangkan selama traveling liburan ke sana dapat menjadi sebuah pengalaman yang akan anda kenang sepanjang masa.

Keistimewaan Mesir ini memang terlihat dari peninggalan bangunan bersejarahnya sangat tinggi dan sampai sekarang masih terlihat dengan jelas sehingga sejarah peradaban manusia semuanya dapat dilihat. Dengan indahnya pariwisata disana tentu ada hal yang mengundang sejuta cerita yang wajib diketahui bahkan highligted karena semua itinerary perjalanan telah dibuat dapat terlaksana dengan baik.

I. IKLIM.
Mesir mempunyai 3 musim yang terjadi sepanjang tahun terdiri dari musim panas, musim semi, dan musim dingin. Saat musim hujan hanya 4 kali dalam setahun dan kelembaban udara dapat dikatakan hampir tidak ada alias kering dapat terlihat jelas sekali. 

a. Musim Semi: Maret-Mei.
Waktu yang sangat direkomendasikan untuk berlibur karena udara masih dalam zona nyaman dan kondisi udara periode ini hampir sama dengan di Indonesia. Walaupun kota Kairo Mesir masih cenderung kering tidak lembab tetapi suhu udara masih bersahabat berkisar 20-30 derajat celcius. 

b. Musim Panas: Juni-September.
Suhu udara di kota Kairo Mesir dapat mencapai 45 derajat celcius, jika anda berada di gurun pasir suhu akan meningkat menjadi 50 derajat celcius. Di musim ini suhu akan tetap bertengger di zona ini dan hembusan angin akan terasa panas termasuk di malam hari. Maka setiap hari di musim ini AC harus menyala sepanjang hari.

TIPS! pada musim ini sangat tidak direkomendasikan untuk traveling karena faktor cuaca yang sangat panas yang akan menimbulkan zona tidak nyaman bagi traveler. Apalagi traveler yang mempunyai riwayat penyakit tertentu yang tidak dapat bertahan di udara panas akan memberikan dampak buruk terhadap kesehatan. 

c. Musim Dingin: Oktober-Februari.
Musim dingin di Mesir terjadi pada bulan ini dan pada rentang waktu ini waktu terbaik berkunjung. Traveler dari Indonesia ingin banyak memilih waktu ini alasannya sangat simple yaitu tidak mau berpanas-panas dan ingin udara sejuk cenderung dingin. Memang benar andanya, di periode ini banyak sekali turis dari Asia termasuk Indonesia menghabiskan waktu liburan di Kairo Mesir agar perjalanan tersebut tetap nyaman dan menyenangkan.



II. FOODS AND BEVERAGES.
Khusus orang Indonesia yang tidak dapat menyesuaikan makanan yang ada di Kairo Mesir jangan khawatir masih banyak menemukan kios-kios makanan Indonesia dimulai dari Nasi Padang, bakso, mie ayam, aneka olahan penyetan, atau disebut dengan kuliner Indonesia cukup mudah ditemukan. Lokasi kios ini berada di Distric X {Hay Asyir}. Karena banyaknya mahasiswa Indonesia belajar di Kairo maka munculah kompleks makanan seperti ini yang tentu saja menjadi nilai positif bagi traveler dari Indonesia.

Tetapi anda berada di Mesir tentu saja harus mencoba makanan minuman yang menjadi khas pastinya dengan harga yang sangat terjangkau. Rekomendasi makanan khas dari Mesir ini telah kami ulas di tulisan terpisah dan dapaat anda baca juga sebagai referensi.


III. TRANSPORTASI.
Untuk traveler Indonesia yang ingin menggunakan transportasi publik di Kairo Mesir perlu diketahui walaupun tidak se-modern di Indonesia tetapi lebih dari cukup. Menggunakan taxi relatif masih terjangkau tetapi masih ada oknum yang nakal dengan argo meter mereka utak-atik. Yang menjadi perhatian seorang traveler harus tetap waspada dengan kejahatan yang terjadi pasca terjadi revolusi di tahun 2011 yang lalu cukup meningkat. Selektif untuk mencari taxi yang terbaik sangat direkomendasikan yaitu taxi warna putih yang cukup aman dan terbaik untuk saat ini. 

Memang untuk jaringan kereta bernama Metro juga populer digunakan oleh penduduk lokal Mesir, jika disamakan mirip KRL dan ketepatan waktu cukup baik. Tetapi anda jangan berfikir bahwa Metro di Mesir dapat disamakan dengan subway di beberapa kota besar di negara lain seperti Malaysia, Istambul, Singapore, dan lain sebagainya walau ada perbedaan tetapi dimaklumi keberadaanya. 

Transportasi lainnya yaitu bus sebagai transportasi publik umum, jika anda tidak paham rute perjalananannya sudah dipastikan akan tersesat. Memang harus menggunakan guide untuk membantu perjalanan anda disana minimal dari mahasiswa Indonesia yang belajar disana sebagai solusi terbaik ingin melihat suasana kota Kairo lebih dekat dengan harga terjangkau.

Pilihan lainnya yaitu sewa atau rental mobil untuk menikmati semua perjalanan traveling anda disana, sangat direkomendasikan. Banyak sekali traveler dari Indonesia yang mengambil posisi menginap di daerah Hay Asyir termasuk pusat kota Kairo karena banyak sekali manfaatnya yaitu di daerah tersebut masih banyak ditemukan mahasiswa Indonesia belajar disana dan tempat penginapan hotel juga banyak pilihan. Jika anda ingin rental mobil sebaiknya meminta bantuan pada receptionis hotel karena sudah dipastikan mempunyai reputasi baik tidak mengecewakan. Lebih baik mahal sedikit anda merasa aman dan tidak ditipu oleh oknum yang akan mempermainkan turis. Alternatif lainnya anda juga dapat bekerjasama dengan mahasiswa Indonesia tersebut yang mengenal jasa rental mobil dan pastinya mahasiswa tersebut menjadi guide sekalian sopir. Untuk tarif rental mobil di Kairo Mesir dimulai dari harga LE 300-an.

Note! memang menggunakan jasa dari mahasiswa Indonesia di sana sangat direkomendasikan agar kemudahan dan keinginan anda melakukan perjalanan juga dapat disesuaikan dengan mereka. Banyak sekali manfaatnya karena pastinya sesama dari Indonesia mempunyai rasa kekeluargaan saat berada di negara orang, rasa saling membantu sangat tinggi seperti anda seorang turis akan banyak manfaatnya.

IV. PENGALAMAN REKAN TRAVELER SELAMA LIBURAN KE MESIR.
Pengalaman saat melakukan perjalanan traveling ke Kairo Mesir dari rekan kami yang telah memberikan sebuah pelajaran penting yang kami tulis ini dapat menjadi perhatian agar anda selama di sana tetap dalam kondisi aman dan menyenangkan.

a. Aktifitas anda selama traveling harus berpakaian sopan dan pastinya semua norma yang berhubungan dengan kesusilaan harus diperhatikan. Jangan berpakaian yang tidak pantas, harus tertutup, dan sopan.

b. Selama ini traveler mempunyai kiat yaitu saat anda melakukan aktifitas apapun di luar hotel sebaaiknya selalu komunikasikan termasuk itinerary perjalanan, jika waktu yang ditetapkan tidak sampai ke hotel maka mereka akan menghubungi anda melalu telepon. Karena mereka ingin tamu mereka menginap disana tetap dalam baik kndisinya, tidak tersesat, jika membutuhkan bantuan saat diperjalanan mereka siap akan membantu. 

c. Memang mempersiapkan uang secukupnya sampai di bandara dan membayar taxi sampai ke tempat penginapan harus dilakukan, jika anda ingin menukarkan uang lokal sebaiknya saat berada disana karena nilai tukarnya jauh lebih bagus dan pastinya sangat kompetitif. Yang banyak diterima USD, GBP, Euro, dan lainnya sebagai mata uang awal yang akan anda persiapkan.

d. Seperti yang kami jelaskan diatas bahwa apabila menggunakan tour guide sebaiknya dari mahasiswa Indonesia yang belajar disana karena lebih baik dan cukup dipercaya. Apabila dari pihak lain pastikan anda memilih mempunyai track record baik dan jujur pastinya.

e. Hal yang sangat penting adalah saat anda didatangi oleh penduduk lokal mengajak untuk membeli. Jika anda tidak menginginkannya ucapkanlah "La, Shukran" sebagai arti "tida, terima kasih" sebagai cara halus untuk menolak. Sambil menyebutkan anda berikan rasa bersahabat dan senyum cerminan seorang yang mempunyai attutude baik.

f. Walaupun negara Mesir masih ada gejolak politik tetapi tidak menyurutkan para traveler Indonesia untuk berkunjung. Memang harus selalu pantau kondisi politik disana agar keamanan perjalanan tetap terjaga. Hal yang perlu diperhatikan adalah anda harus persiapkan diri jika saat tertentu ada pemeriksaan dari aparat keamanan atau polisi berseragam saat terjadi pengamanan negara. Jangan mau barang pribadi anda yang berharga seperti paspor atau visa diberikan kecual poto copi saja. Untuk menjaga dokumen berharga ini sangat penting karena akan menentukan perjalanan anda berikutnya.

g. Jangan pernah keluarkan dompet anda yang memperlihatkan jumlah uang yang dibawa, bawa secukupnya dan jangan pernah melihatkan kepada publik dengan jumlah yang banyak. Alasannya akan mengundang oknum pencuri atau pencopet saat anda melakukan perjalanan nanti.

h. Saat anda berada di tempat wisata penting di Kairo Mesir jangan langsung tergiur dengan barang antik yang ada di lapak penjual. Sudah dipastikan harganya sangat mahal dan pilihan sangat banyak harus anda kunjungi pasar tradisional yang telah kami ulas yaitu Pasar El Khalili.


i. Jika anda ikut tour di Mesir pastikan anda harus berhati-hati dengan penduduk lokal yang membawa onta mereka saat berada di tempat wisata. Sebelum anda melakukan foto pastikan anda bertanya apakah gratis atau tidak. Jika anda lupa menanyakan hal ini sudah dipastikan uang harus anda bayarkan kepada mereka, jangan percaya dengan sikap ramah tetapi maksud dibalik itu harus anda ketahui.



j. Apabila ingin membeli oleh-oleh di Mesir pastikan anda harus ada tawar-menawar terlebih dahulu sebelum mebeli. Jika tidak dapat bahasa Arab anda dapat membawa tour guide mahasiswa untuk membantu anda. Rasanya tidak mungkin anda harus datang ke toko yang sudah mempunyai label harga. Walau seikit mahal tetapi anda merasa aman dan nyaman.


k. Pengalaman rekan traveler saat berada di Komplek Giza, hati-hati dengan penduduk lokal yang membawa unta. Jika anda ingin berfoto dan menggunakan jasa mereka yaitu naik unta harus diketahui harganya berapa jika perlu anda tawar harganya. Dan begitu juga ada penduduk lokal yang memasukan air minum ke dalam tas terus mereka minta uang. Apabila anda tidak membeli sebaiknya di tolak dan letakan di tanah sebagai cara tidak inginkan.

Semoga tulisan tips traveling liburan ke Mesir ini dapat menjadi catatan penting anda agar semua keinginan ke tempat wisata dan aktifitas lain sesuai dengan keinginan jauh dari hal yang mengecewakan. Pastikan persiapan waktu yang cukup agar tidak terburu-buru sehingga apa yang anda cari di Mesir sesuai dengan itinerary perjalanan yang telah anda buat. 

0 Response to "Tips Traveling Liburan Ke Mesir: Terhindar Dari Penipuan Dari Oknum Yang Tidak Bertanggung Jawab"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel