KODE IKLAN DFP 1 Traveling 5 Negara ASEAN Favorit Seorang Backpacker: Hanoi-> Saigon Ho Chi Minh City Vietnam-> Siem Reap Kamboja-> Bangkok Thailand-> Hatyai-> Kuala Lumpur Malaysia-> Singapore-> Jakarta | Masgunggoyo

Recents Posts

    Iklan Atas Artikel

    Traveling 5 Negara ASEAN Favorit Seorang Backpacker: Hanoi-> Saigon Ho Chi Minh City Vietnam-> Siem Reap Kamboja-> Bangkok Thailand-> Hatyai-> Kuala Lumpur Malaysia-> Singapore-> Jakarta

    KODE IKLAN 200x200
    KODE IKLAN 336x280
    Poto credit: seat61.com

    Apabila anda mempunyai nyali untuk traveling ke 5 negara ASEAN dengan rute perjalanan Hanoi-> Saigon Ho Chi Minh City Vietnam-> Siem Reap Kamboja-> Bangkok Thailand-> Hatyai-> Kuala Lumpur Malaysia-> Singapore-> Jakarta akan memberikan pesona tersendiri terhadap pola trip yang harus mempunyai waktu yang cukup panjang. Perjalanan seperti ini syaratnya anda telah mempersiapkan semua hal dan pastinya mempunyai keberanian tingkat tinggi saat berada di negara orang semoga tidak ada hambatan dan selamat sampai tujuan. Pola seperti ini tentu setiap traveler mempunyai keinginan masing-masing dan fleksibel waktu harus sangat tinggi, jika anda seorang karyawan kantoran pastikan waktu yang harus dipersiapkan cukup agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yaitu atasan anda selalu telepon secara berkala menanyakan pekerjaan.

    FORMULA: Perjalanan dimulai dari Jakarta-> Kuala Lumpur-> Hanoi Vietnam. Rute ini dimulai agar perjalanan yang dilakukan satu arah tidak mengulang rute yang telah dilakukan. Menggunakan airline yang sangat direkomendasikan adalah budget murah meriah, dan pastinya untuk mendapatkan harga yang murah anda selalu update harga secara berkala agar biaya perjalanan yang disiapkan cukup seperti contoh: Air Asia, Lion Malindo, Jet Star, Scoot, dan lainnya. Untuk airline full service jangan lupa anda lihat posisi harganya saat mempunyai waktu promo, terkadang harganya hampir sama dengan airline budget murah {LCC}. Untuk estafet ke Hanoi Vietnam sudah mulai banyak penerbangan budget murah selain yang kami sebutkan diatas, pastikan anda mendapatkan harga terbaik.

    Solusi lainnya adalah melakukan penerbangan langsung dai Jakarta-Hanoi juga sudah mulai ada, memang transit juga seperti contoh Singapore dengan airline budget murah juga. Pilihan ini dapat juga anda seleksi dan bandingkan saat transit di Kuala Lumpur. Kedua pilihan ini masing-masing traveler mempunyai keinginan masing-masing, sesuaikan dengan keinginan anda saat melakukan traveling seperti pola ini. Semua link "baca juga" kami sertakan merupakan artikel yang mendukung perjalanan traveling ini melengkapi tulisan ini menjadi lebih lengkap dan rinci supaya anda mengetahui apa saja kegiatan yang akan dilakukan di masing-masing negara nanti.

    Tulisan kali ini cukup panjang dan pastikan anda mempunyai waktu yang cukup sehingga keseluruhan informasi yang kami tulis ini dapat menjadi sebuah nilai positif untuk anda jika melakukan perjalanan seperti ini di masa bercuti yang akan datang.

    CGK-KL: dimulai dari IDR 500.000
    KL-Hanoi: dimulai dari IDR 600.000
    CGK-Changi-Hanoi: dimulai dari IDR 1,2 jt

    Jika anda memilih salah satu pola ini posisi anda sedang transit di salah satu negara yaitu Kuala Lumpur atau Singapore. Baca penjelasam kami dibawah ini apa saja kegiatan anda selama transit yang telah kami jelaskan di masing-masing negara ini saat anda melakukan estafet perjalanan supaya waktu menunggu anda menjadi lebih nyaman baik kegiatan tidur ataupun mandi:


    PENTING! persiapkan dokumen paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan lebih saat anda berangkat, rekomendasi terbaik 12 bulan saat keberangkat.


    TRIP 1: JAKARTA-KUALA LUMPUR atau JAKARTA-SINGAPORE.
    Penerbangan ini cukup favorit dilakukan oleh traveler dari Indonesia karena cukup banyak airline yang membuka waktu perjalanan dan tersebar di beberapa daerah di Indonesia. Kemudahan inilah yang menjadikan negara Malaysia menjadi tujuan transit atau perjalanan liburan disana. Apabila anda dari beberapa daerah dari Indonesia yang ingin melakukan perjalanan seperti ini dapat memulai rute perjalanan ke Kuala Lumpur dahulu transit.

    Rekan yang berasal dari Jakarta tentu saja pilihan lebih banyak, dapat memulai perjalanan transit dari Kuala Lumpur Malaysia atau Singapura. Pilihan ini tentu saja sesuaikan dengan keinginan, menurut kami pilihan sudah tentu pasti ada alasannya karena faktor kenyamanan dan keinginan untuk melakukan eksplor sejenak bandara yang menjadi pesona bagi masing-masing traveler.

    Biaya yang mungkin muncul saat melakukan perjalanan estafet seperti ini:
    KL: Biaya makan minum saat anda menikmati hidangan yang ada disekitar bandara dimulai dari harga makanan RM3-RM10 {sekitar IDR10.000 - IDR30.000-an} harga minuman RM2-RM7 {sekitar IDR6000 - IDR20.000-an}.

    SG: Biaya makan minuman saat anda melakukan eksplor bandara sejenak dan pastinya adanya makan dan minum. Harga makanan dimulai dari SGD4-SGD10 {sekitar IDR40.000 - IDR100.000-an} dan minuman dimulai dari SGD2-SGD7 {dimulai dari IDR20.000 - IDR70.000-an}.

    Hal yang menjadi perhatian adalah jangan lupa anda mengisi kartu atau kertas atau formulir warna putih imigrasi masing-masing negara di saat anda akan masuk dan keluar. Isian ini merupakan standar di masing-masing negara dan semua turis atau traveler yang melakukan perjalanan wajib mengisinya dengan huruf yang jelas. Kami memberikan contoh pengisian saat masuk ke negara Singapore yang dapat menjadi dasar untuk negara lainnya saat traveling ini. Jangan lupa potongan yang diberikan oleh petugas imigrasi akan dikembalikan saat anda keluar dari negara tersebut.


    TRIP II: KL-HANOI atau SG-HANOI
    Setelah perjalanan awal anda lakukan dari Jakarta atau beberapa daerah yang telah terkoneksi dengan Kuala Lumpur atau Singapura ini saatnya estafet perjalanan ke Hanoi. Untuk pilihan airline dapat dari budget murah LCC atau full service. Hanoi termasuk kota pusat pariwisata di Vietnam yang sangat digemari oleh turis dunia karena pesona wisata dan dataran tinggi yang udara sejuk perlu anda lakukan ekspor perjalanan. Persona inilah harus anda pilih apalagi biaya hidup per hari di negara Vietnam ini sangat terjangkau, dan pastinya budget yang anda persiapkan tidak terlalu banyak jika dibandingkan Singapura.

    Untuk objek wisata yang telah kami ulas di tulisan berikutnya, dan pastikan anda membacanya lebih lengkap. Di artikel tersebut dapat memberikan inspirasi bagi anda yang ingin melakukan perjalanan di rute yang kami jelaskan ini.


    Penginapan yang paling favorit oleh backpacker di sekitar kota Hanoi adalah: Old Quarter, sekitar Hoam Kiem Lake. Pilihan hostel atau penginapan budget murah banyak sekali pilihannya, untuk masalah harga dimulai dari USD13-USD15 sebagai harga terbaik. Jadi pastinya, pilihan yang ada di dua tempat ini memang rujukan dari turis dunia dan Indonesia, dan anda dapat membeli secara online aplikasi atau secara go show. Rata-rata kenyamanan hostel ini memang sesuaikan dengan selera anda, dan tipe harga yang masuk dalam budget anda memang akan mempengaruhi enaknya tidur dan fasilitas tambahan lainnya sehingga liburan anda menjadi lebih berkesan sepanjang masa.

    TIPS! khusus rekan backpacker yang muslim saat berada di Hanoi ingin mendapatkan tempat makan halal yang direkomendasikan ada beberapa tempat yang dapat anda kunjungi sebagai destinasi wisata kuliner di Hanoi, memang hanya ada beberapa tempat makan tipenya restoran yang menyediakan menu halal sehingga anda lebih nyaman menyantapnya saat berada di Hanoi. Untuk jenis street food memang cukup sulit untuk menentukan kehalalannya jadi, kami belum mampu menemukan lokasi tempat makan kaki lima dengan harga yang sangat terjangkau untuk masuk dalam wisata kuliner. Rekomendasi halal restoran berikut rinciannya:

    1. d’Lions Restaurant {jenis makanan Malaysia atau Singapura}.
    Reservasi dan pengiriman: +84439411208
    Alamat: Cosiana Hotel, 92 Le Duan, Ha Noi.
    Jam BUka: Mon – Sun: 10:00am – 10:00pm
    Price: Mains cost around 60,000 VND – 750,000 VND
    Petunjuk: Cosiana Hotel lokasinya sangat dekat dengan the Ga Hà Nội (Hanoi) atau stasiun kereta api terbesar di Hanoi atau di depan persis the Mercure Hanoi Hotel.

    2. Namaste Hanoi {jenis hidangan India}.
    Pengiriman makanan: +84 4 3935 2400 or +84 4 3935 2401
    Alamat: 46 Tho Nhuom Street, Hoan Kiem District, Ha Noi
    Jam buka: Breakfast – 11:00am – 2.30pm (Mon – Sun), Dinner – 6:00pm – 10:30pm (Mon – Sun)
    Harga: Mains cost around 85,000 VND – 148,000 VND
    Petunjuk: 10 menit berjalan ke the Ga Ha Noi (Hanoi) atau stasiun Hanoi dan dekat dengan The Hanoi Towers – Shopping Centre.

    3. Khazaana Indian Restaurant {masakan India}
    Pengiriman: +84 4 3934 5657 or +84 4 3934 3513 or email khazana@fpt.vn / kaustubh007786@gmail.com
    Jam buka: Mon, Thur, Fri, 11.30am – 10.30pm, Tue-Wed, 11.30am – 2pm, 5.30pm – 10.30pm, Sat-Sun, 10.30am – 2pm, 5.30pm – 10.30pm
    Harga: Mains cost around 60,000 VND – 130,000 VND
    Alamat: Dia Chi, 34 Duong Thanh, Quan Hoan Kiem, Ha Noi.
    Petunjuk: sekitar 1-2 menit berjalan dekat dari Hanoi Royal Palace Hotel di lokasi Hang Bong street.

    4. Nan N Kabab {masakan Turki, Timur Tengah, Afganistan}
    Reservasi dan pengiriman: +84 046 258 3580 or +840922 08 7799 or email nannkababvietnam@gmail.com
    Jam buka: Breakfast – 9:30am – 2:30pm (Mon – Sun) | Dinner – 5:00pm – 9:30pm (Mon – Fri) | Dinner – 5:00pm – 10:30pm (Sun)
    Harga: Mains cost around 135,000 VND – 190,000 VND
    Alamat: 49 Xuan Dieu, Tay Ho, Ha Noi
    Petunjuk: Letaknya dekat dari tepatnya depan Syrena Shopping Centre

    5. Red House Hanoi {masakan sea food}
    Reservasi:+84 24 3944 9668 or email info@redhouse.com.vn
    Jam Buka: Mon – Sun: 9.30am – 2pm, 4.30pm – 9.30pm
    Harga: Mains cost around 35,000 VND – 680,000 VND
    Alamat: 6A, Ham Long, Q. Hoan Kiem, Ha Noi.

    6. Dalcheeni Restaurant {masakan India}
    Alamat: 100 Xuan Dieu street, Tay Ho district, Hanoi, Vietnam
    Telepon: +84 43 266 8453 | Hotline: +84 164 240 5693
    Petunjuk: Take buses 16, 24, 27 to Khách sạn Thắng Lợi- Xuân Diệu and walk about 5 minutes to Dalcheeni Hanoi.

    7. Zaynab {masakan Vietnam dan India}
    Alamat: 12 Hàng Lược, Hàng Mã, Hoàn Kiếm, Hà Nội, Vietnam
    Jam Buka: 11am – 8pm daily
    Nomer telepon: +84934530782

    8. Batavia Restaurant & Cafe {masakan Indonesia}
    Alamat: 116 Ngoc Ha Ba Dinh District, Hanoi, Vietnam
    Jam buka: 10am – 10.30pm daily
    Nomer telepon: +84 96 884 95 12

    9. Grills & Gravy {masakan India, Timur Tengaj, Middle Eastern}
    Alamat: 39C Đường Thành,Cửa Đông, Hoàn Kiếm, Hanoi, Vietnam
    Jam buka: Sat – Thur, 11am – 11pm, Fri, 11am – 12.15pm, 1.15pm – 11pm
    Nomer telepon: +84 82 366 9786

    TRIP III: HANOI-SAIGON HO CHI MINH CITY.
    Pilihan yang ada saat sekarang ini ada dua cara yaitu menggunakan pesawat udara dan kereta api. Untuk menggunakan pesawat udara sudag tentu pasti lebih mudah dan cepat. Bagaimana dengan menggunakan kereta api? Anda yang ingin menikmati alam Vietnam dari atas rel sebaiknya menggunakan kereta api yang mempunyai pesona tersendiri. Pemandangan alam yang ada kemiripan saat melakukan perjalanan kereta api di Indonesia terutama di jalur utara, di Vietnam ada pemandangan saat kereta api memasuki posisi laut yang mirip kereta api di Indonesia sebelum memasuki Semarang Tawang. Raih segala kemungkinan untuk naik kereta api ini agar perjalanan trip anda menjadi lebih berwarna dan tak terlupakan sepanjang masa. Untuk pengalaman nanik kereta api dari Hanoi ke Saigon Ho Chi Minh City dapat anda baca di artikel terpisah dibawah ini. 


    Naik pesawat Hanoi ke Saigon Ho Chi Minh City: dimulai dari harga IDR 1jt dan naik kereta api dimulai dari harga IDR 1jt. Jadi untuk pilihan ini tergantung dari anda, jika ingin cepat sampai dan pemandangan awan saja ya gunakan pesawat udara. Jika anda ingin melihat seluruh alam yang ada di daratan Vietnam sepanjang jalur kereta api ini dan dapatkan eksotis pemandangan hijau alamnya ya gunakan transportasi dua rel ini.

    Semua aktifitas anda selama di Ho Chi Minh City cukup banyak dimulai dari paket tour yang disediakan oleh agency yang sangat banyak bertebaran di daerah kawasan backpacker turis dunia di Pham Ngu Lao Street sebagai tempat yang sangat bersahabat dengan budget perjalanan turis dari Indonesia. Untuk pemilihan anda jangan khawatir banyak sekali tipe dan jenis yang dapat anda lihat dan jika posisi go show langsung melihat ke lokasi ada trik khusus, baiknya anda memilih hostel atau tempat penginapan yang masuk ke lorong tidak di posisi jalan utama. Karena akan berpengaruh terhadap harga. Pengalaman kami waktu menghabiskan masa liburan disana memilih tempat penginapan yang masuk ke lorong dan kenyamanan hotel yang berada di jalan utama di district sekitar Pham Ngu Lao Street relatif sama dengan hotel yang ada di lorong yang kami maksud. Untuk pembayaran penginapan cukup flesibel ada menggunakan mata uanag USD atau VND, jadi sesuaikan dengan kesempatan anda saat membayar nanti.

    Untuk semua fasilitas perjalanan liburan disana telah kami uraikan di artikel terpisah dan dapat menjadi referensi anda untuk melakukan perjalanan saat berada di Ho Chi Minh City yang kami sertakan dibawah ini termasuk tempat makan halal sekitar kota yang menjadi rekomendasi para turis muslim.


    TRIP IV: HO CHI MINH CITY - SIEM REAP CAMBODIA.
    Setelah menghabiskan waktu liburan di kota Saigon atau Ho Chi Minh City saatnya anda akan melanjutkan perjalanan yang akan hadir menghiasi liburan yang akan dipersiapkan. Setelah memilih jenis bus yang banyak tersedia di sekitar kawasan backpacekr Pham Ngu Lao Street ini dan telah kami ulas di artiket terpisah dan anda dapat membacanya secara lengkap dari rinci.


    Note! khusus pemegang paspor hijau Indonesia tidak perlu memakai visa memasuki negara Kamboja. Jadi anda manfaatkan masa liburan di negara yang sangat eksotis dengan menikmati seluruh wisata yang ada di sata maksimal waktu yang diberikan 30 hari. Jangan lupa kunjungi juga witus warisan dunia UNESCO yaitu Angkor Wat, melihat lumba-luma air tawar yang masih ada sampai sekarang. 


    TRIP IV: SIEM REAP KAMBOJA - BANGKOK THAILAND 
    Rekomendasi terbaik saat sekarang ini lokasi yang banyak disenangi oleh para traveler seluruh dunia adalah di kawasan old market Siem Reap Kamboja, dengan pesona harga yang sangat terjangkau dan pastinya hampir semua jenis hostel penginanpan mempunyai fasilitas yang sangat memadai untuk harga yang sangat kompetitif. Untuk masalah harga dimulai dari USD15 - USD20 per kamar pribadi yang telah mempunyai kamar mandi dalam. Untuk siasati mendapat kamar terbaik dapat monitor langsung dari aplikasi penjualan hotel dan lihat review yang telah dilakukan oleh para rekan lainnya pernah menginap di tempat penginapan tersebut. Anda dapat juga melakukan go show saat anda sampai di Siem Reap terutama di old market area pagi menjelang siang sehingga anda dapat melakukan pengecekan langsung ke jenis kamar yang ada dan kenyamanan saat anda istirahat nanti menjadi prioritas penting. Jangan khawatir, sama seperti trik yang kami lakukan di Vietnam masuk ke lorong kalau di Siem Reap masuk ke jalan gang setelah melewati jalan utama.

    Kenapa di old market? Lokasi ini sebenarnya sudah di pusat kota Siem Reap dan dekat dari fasilitas kota yang akan membantu seuruh kebutuhan traveler seperti pusat wisata kuliner hingga pusat penjualan oleh-oleh. Rata-rata semua awal mulanya aktifitas liburan oleh seorang turis memang dari lokasi ini. Di sekitar area inilah denyut nadi ekonomi kota yang banyak bermanfaat untuk semua aktifitas traveling anda disana. Mencari oleh-oleh hingga mencari kesibukan di sore dan malam hari cukup mudah apalagi hotel penginapan anda sangat dekat dengan tempat ini.

    Untuk melakukan perjalan ke Bangkok dari Siem Reap ini banyak sekali travel yang terkoneksi langsung ke tujuan akhir. Rute yang akan anda tempuh dari Siem Reap ke Poipet {negara Kamboja} dan Aranyaprathet ke Bangkok Thailand. Perlu anda ketahui masing-masing negara mempunyai nama paling ujung sebagai daerah akhir seperti Kamboja bernama Poipet dan Thailand bernama Aranyaprathet. Jadi saat anda menggunakan sejenis travel ini akan sampai ke Poipet dan anda harus memasuki imigrasi Kamboja yaitu paspor. Setelah selesai maka anda akan memasuki area abu-abu kedua negara dan tetap berjalan sampai ke perbatasan kedua negara menuju ke Thailand bernama Aranyaprathet. Pastikan semua barang bawaan dan dokumen perjalanan seperti paspor serta formulir kartu Imigrasi telah anda isi kemudian masuk ke pemeriksaan. Setelah selesai semua apa yang akan anda lakukan dengan travel yang telah anda naiki. 

    Ternyata, travel tersebut mempunyai link ke Bangkok dan anda akan diberitahui mobil yang mana akan dinaiki, pastinya informasi ini akan diberitahukan oleh pengelola travel dari Siem Reap dan penumpang yang menuju ke kota Bangkok akan di briefing untuk memberitahukan jenis mobil travel yang akan dinaiki sampai ke pusat kota Bangkok. Karena waktu itu kami menginap di Kao San Road maka travel tersebut drop kami di dekat area yang kami tuju.

    Rekomendasi harga saat anda dari Siem Reap menuju ke travel yang akan dituju sebaiknya go show saja dan pastikan anda telah melakukan komparasi harga masing-masing pengelola. Anda jangan khawatir, di sekitar old market dan sampai ke pusat kotanya banyak sekali agen yang menawarkan jasa untuk menggunakan travel dengan rute dari Siem Reap ke Bangkok, jika anda melihat papan yang menjelaskan tujuan tersebut sudah dipastikan mereka akan menjual tiket perjalanan ini. Untuk harga dimulai dari USD15-USD20 dan pastikan anda harus teliti dimana akan naik, jika menggunakan tuk tuk dari tempat penginapan pastikan anda meminta kartu nama agen tersebut dan berikan ke driver tuk tuk untuk diantarkan.

    Kenapa kami pakai travel? Alasannya sangat mudah, karena kami ingin diantar langsung sampai ke tujuan. Jika pakai bus sudah pasti akan merepotkan karena harus estafet banyak bahkan ganti transportasi yang akan memberikan efek ketidaknyamanan disaat sampai di kota Bangkok sore menjelang hari yang sudah sangat macet.

    Note! sebaiknya anda berangkat pagi hari dan sampai ke kota Bangkok menjelang sore agar anda tidak terlalu terjebak macet terlalu lama di jalan saat waktu kerja bahkan weekend sekalipun. Dan pastikan saat anda crossing border masing-masing negara tetap fokus pada perjalanan anda dan jangan terlihat orang bingung. Jangan khawatir jika ada rekan satu travel yang sama-sama menggunakan kendaraan tersebut dan crossing ke Bangkok Thailand anda dapat bersama-sama untuk pemeriksaan dokumen di masing-masing perbatasan kedua negara. 


    PENTING: saat anda traveling dari Vietnam dan Kamboja sebaiknya anda membawa mata uang USD saja, karena kedua negara ini menerima USD sebagai transaksi umum setiap hari termasuk di pasar tradisional sekalipun. Jadi, anda hanya menukarkan mata uang negara setempat seperlunya saja. Jangan terlalu banyak karena untuk ditukar kembali ke USD harganya jauh sangat berbeda. Pengalaman kami saat disana adalah saat melakukan pembayaran maka kembalian recehan akan lagsung dikonversikan oleh penduduk lokal dengan mata uang tersebut kasusnya di Kamboja. Jika di Vietnam mata uang lokal VND {Vietnam Dong} juga diterima dan USD juga sangat welcome apalagi saat anda melakukan pembayaran hotel. Tukarkan seperlunya saja, apalagi VND tukarkan USD di pusat backpacker mendapatkan rate konversi sangat bagus jika di bandingkan tempat lainnya. Bahkan banyak sekali tempat biasa berupa tempat duduk biasa telah berani memberikan rate paling bagus dan itu kami rasakan saat berada di area Pham Ngu Lao Street. Jadi anda harus memperhatikan poin penting ini agar uang yang anda gunakan dapat seluruhnya digunakan tidak banyak sisa dari mata uang lokal.

    TRIP V: BANGKOK - HATYAI.
    Setelah anda menikmati liburan di pusat kota Bangkok dan mengisi seluruh traveling dengan itinerary yang disepakati oleh diri anda untuk dikunjungi dapat melakukan perjalanan kembali ke Hatyai. Daerah ini tentu sangat dekat dengan perbatasan dengan Malaysia dan pastinya anda ingin melihat suasana daerah ini walaupun hanya pusat kota saja. Pusat kota Hatyai sangat tidak terlalu luas mirip sekitaran Bogor dan pastinya anda dapat langsung melihat beberapa objek wisata lainnya. Memang tidak banyak tetapi cukup untuk mengisi waktu transit anda disana seperti Greenway Food Station, Santisuk Market, Wan Hat Yai Nai, atau ke Hat Yai Floating Market. Sebenarnya cukup banyak di Hatyai aktifitas yang dilakukan seperti museum dan lain sebagainya.

    Rute perjalanan dari Bangkok ke Hatyai ini ada tiga transportasi yaitu naik bus dari terminal Morchit atau kereta api di stasiun Hualamphong atau naik pesawat. Tergantung selera anda, jika ingin naik kereta api atau bus sama-sama ada kenyamanannya. Karena seorang backpacker tentu memilih kereta api sebagai transportasi yang cukup familiar. Dengan jarak tempuh 14-18 jam ini tentu memberikan keunikan tersendiri. Karena perjalanan cukup panjang sebaiknya anda memilih kelas yang ada sleeper nya supaya perjalanan ini tetap nyaman dan pastinya pinggang anda tidak pegal duduk lama dan bisa langsung rebahan.

    Setelah anda sampai di Stasiun Kereta Hatyai gunakan tuk-tuk untuk sampai ke lokasi hostel anda. Anda sebaiknya memilih tidak terlalu jauh dari stasiun kereta api dan tidak terlalu jauh pula dari pusat kota Hatyai. Rekomendasi terbaik untuk masing-masing traveler sebaiknya melihat review dari beberapa teman turis yang telah menginap disana. Gunakan aplikasi pembelian hotel secara online agar anda mudah monitor jenis hostel apa yang akan dipilih.

    TRIP VI: HATYAI BANGKOK KE KUALA LUMPUR MALAYSIA.
    Dengan transit sejenak melihat situasi dan tempat wisata yang ada disana saatnya melakukan perjalan kembali ke Kuala Lumpur Malaysia. Pilihan untuk perjalanan darat ada dua yaitu kereta api dan naik bus. Karena sebelumnya telah naik kereta api sekarang saatnya mencoba naik bus untuk sampai ke Malaysia. Naik bus ini memang langsung ke terminal bus Hatyai yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, naik tuk tuk dimulai dari THB30-THB40 {pastinya harus nego sama supir tuk-tuk} anda siap diantar sampai ke terminal.

    Untuk naik bus banyak sekali pilihan karena perjalanan darat seperti ini sudah banyak diketahui oleh turis traveler dunia termasuk Indonesia yang akan estafet melanjutkan liburan. Perjalanan ini dimulai pagi hari sekitar pukul 08:30 waktu setempat dengan kondisi bus bintang 4 yang telah dilengkapi AC, reclyning ceat, executice, dan fasilitas tambahan lainnya dari pengelola bus. Untuk nama bus yang sangat direkomendasikan adalah Alisan, Suasana Adaran, Sri Theven Travel, Sri Maju Group, Hatyai Inter Top. Sebutannya berangkat dari Hatyai, Songkhla Thailand ini sebagai tempat naik resmi penumpang sehingga anda akan melihat banyak turis yang akan melakukan perjalanan seperti anda. Lama perjalanan sekitar 8 jam ini tujuan bus TBS {Terminal Bersepadu Selatan} Kuala Lumpur Malaysia. Untuk harga tiket dimulai dari harga RM70 atau sekitar IDR250.000-an.

    SAAT MEMASUKI IMIGRASI THAILAND dan MALAYSIA.
    Pemeriksaan imigrasi anda harus mempersiapkan dokumen penting seperti paspor dan barang bawaan untuk melakukan pengecekan. Anda jangan lupa mengisi kertas kartu formulir putih imigrasi yang telah anda isi saat masuk ke pintu pemeriksaan nanti. Lama pemeriksaan +- 10 menit jika tidak terlalu banyak antrian, pastikan setelah selesai pemeriksaan anda akan naik bus yang sama dan mengetahui nomer bus dan tipe bus yang anda naiki supaya tidak salah. 

    Setelah bus sampai ke TBS maka hal yang pertama dilakukan adalah menuju ke tempat penginapan. Rekomendasi terbaik ya tidak terlalu jauh dari terminal ini sekitar Puduraya dan Petaling Street, tempat ini sudah menjadi rujukan traveler dunia karena harga sangat terjangkau dan pastinya pilihan cukup banyak. Untuk harga dimulai dari IDR100.000-an per orang. Kenapa sekitar lokasi ini menjadi pilihan, lokasi ini sangat strategis dan cukup dekat dengan tempat wisata pastinya ke Bukit Bintang hanya berjalan kaki saja. 


    TRIP VII: KUALA LUMPUR MALAYSIA - SINGAPORE via JOHOR BAHRU.
    Semua itinerary perjalanan anda di Kuala Lumpur sudah selesai saatnya melanjukan perjalan ke Singapore tetapi singgah dulu di Johor Bahru sejenak untuk menikmati perjalanan liburan ini. Jika ingin ke Johor Bahru anda pilih bus yang tujuan Johor Bahru dan menikmati waktu traveling melihat suasana pariwisata disana. Untuk lengkapnya baca artikel dibawah ini.


    TRIP VIII: JOHOR BAHRU - SINGAPORE.
    Lanjut perjalanan setelah menikmati liburan di Johor Baru saatnya menuju ke Singapore. Untuk jenis bus ini sangat banyak dan pastinya anda memilih tujuan bus ke Bugis Street karena lokasi ini sangat terbaik untuk traveler backpacker. Tipe bus dengan AC dan kursi 2-2 ini sebagai pilihan terbaik sehingga kenyamanan anda menjadi atensi supaya dapat istirahat walaupun dalam perjalanan.

    PEMERIKSAAN IMIGRASI.
    Melaui imigrasi harus menyertakan paspor dan masuk ke pemeriksaan dengan membawa seluruh barang bawaan. Pastikan anda membawa dokumen lengkap dan telah mengisi formulir imigrasi yang lengkap sehingga proses ini berjalanan lebih cepat saat akan menaiki bus ini kembali. Jangan lupa, nama bus dari Johor Baru dan bus berangkat ke Singapore harus sama. Walau berbeda yang pertama dinaiki pastinya supir akan memberitahukan kepada turis bahwa setelah keluar imigrasi nanti akan naik nama bus yang sama dengan operator dari Singapore.

    Setelah anda sampai di area Bugis banyak sekali hostel penginapan yang disekitar Bencoolen. Area penting bagi backpacker ini sebagai rekomendasi terbaik untuk menginap sementara saat melanjutkan liburan di Singapore. Dengan strategisnya Bugis ini memudahkan anda untuk melakukan perjalanan baik menggunakan MRT dan pusat wisata kuliner yang akan membantu saat anda mencari sarapan atau makan malam. Pastikan semua artikel yang kami serta di "baca juga" sebagai informasi tambahan yang akan memberikan penjelasan yang lebih rinci untuk memberikan artikel ini lebih cukup baik penjelasannya. 



    TRIP IX: SINGAPORE - JAKARTA.
    Semua perjalanan telah anda lakukan di rute perjalanan yang cukup panjang bahkan telah menguji nyali. Ini lah rute yang paling banyak dilakukan dan pastinya tidak terlalu jauh dari Indonesia. Hal yang menjadi perhatian adalah, liburan rute seperti ini memang lebih cenderung tema backpacker biaya hemat. Anda dapat menyesuaikan dengan keinginan apakah ingin lebih nyaman disaat budget yang akan dibelanjakan sesuai rencana masing-masing. Semoga tulisan ini bermanfaat dan memberikan sebuah informasi yang cukup lengkap menurut kami agar anda dapat menyiapkan rencana di musim bercuti nanti dengan mudah lebih fokus dan mengerti apa yang harus dilakukan saat berada di negara-negara yang masuk dalam trip ini. Happy traveling. 

    KODE IKLAN 300x 250
    close
    ==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
    KODE IKLAN DFP 2
    KODE IKLAN DFP 2