KODE IKLAN DFP 1 Hal Kejadian Apa Sering Ditemukan Saat Traveling Backpacker Selama Melakukan Trip Liburan Ke Luar Negeri: Sharing Pengalaman | Masgunggoyo

Recents Posts

    Iklan Atas Artikel

    Hal Kejadian Apa Sering Ditemukan Saat Traveling Backpacker Selama Melakukan Trip Liburan Ke Luar Negeri: Sharing Pengalaman

    KODE IKLAN 200x200
    KODE IKLAN 336x280
    Hal Kejadian Apa Sering Ditemukan Saat Traveling Backpacker Selama Melakukan Trip Liburan Ke Luar Negeri: Sharing Pengalaman. Tentu saja saat telah melakukan banyak traveling ke beberapa negara banyak sekali pelajaran pengalaman yang kami peroleh yang tidak pernah kami bayangkan sebelumnya. Semua masalah yang dihadapi tentu menjadikan kami tetap tegar disaat uang budget perjalanan yang sangat pas-pasan ini tetap bisa menempuh semua perjalanan yang telah kami buat di itinerary perjalanan sebelum kaki ini melangkah. Memang, budget sangat menentukan semakin banyak tentu semakin nyaman semakin pas-pasan harus rela bersusah payah bahkan hemat yang sangat ketulungan tetap harus dijalanani dengan semangat juang. Apapun yang akan dihadapi kami tetap tegar bahkan optimis perjalanan secara backpacker ini akan memberikan pengalaman yang sangat tidak dapat dilupakan sepanjang masa.

    Sharing pengalaman yang kami tulis di artikel ini ingin berbagi kepada rekan semua akan melakukan perjalanan di masa yang akan datang bercuti dengan waktu telah ditentukan ini pastikan informasi ini dapat mencerahkan agar tidak terjadi bagi anda. Pelajaran yang sangat berharga ini tentu saja dapat menjadi anda seorang traveler yang lebih mempunyai wawasan yang cukup tinggi dan selalu mengerti ada saat tertentu akan terjadi yang tidak anda sangka. Berikut penjelasannya:

    #1. Jangan Selalu Percaya Dengan Orang Asing.
    Memang benar adanya jangan terlalu percaya dengan orang asing yang tiba-tiba baik saat anda kebingungan bahkan tersesat di lokasi tertentu. Walaupun awalnya tidak berfikir buruk tetapi tetap waspada, karena rekan yang telah mengalami saat traveling mengarahkan ke lokasi yang tidak seharusnya dan semua barang berharga diambil sehingga terjadi perampokan yang membahayakan. Memang awalnya baik-baik saja tetapi insting seorang traveling yang sering bertemu dengan orang-orang tentu dapat merasakan mana yang tulus dan mana yang ada niat buruk. Walaupun tidak sampai diambil tetapi sebelum sampai ke lokasi yang menurut kami mencurigakan maka segera beruah haluan untuk mencari alternatif jalan utama untuk kembali ke lokasi pertama saat bertemu dengan oknum yang akan mecoba memberikan jalan salah.

    TIPS! fenomena seperti ini cukup banyak terjadi bahkan dapat membahayakan nyawa seorang traveler. Jangan terlalu percaya dengan orang asing dan pastikan harus melihat gestur tubuh mereka saat membantu atau memberikan informasi seperti ada gejala jahat terhadap anda. Gunakan insting sedikit curiga agar terhindar dari hal yang tidak menyenangkan muncul dihadapan anda.

    #2. Membawa barang sesuai dengan kebutuhan selama traveling. Jangan membawa barang yang tidak dipakai pastinya akan merepotkan diri sendiri. Jumlah perlengkapan dengan jumlah item penting yang diperlukan selama traveling selalu berbanding lurus, semakin lama anda melakukan traveling tentu saja akan membutuhkan perlengkapan yang cukup. Teliti sebelum membawa sangat diperlukan perhatian tinggi jika terlambat setelah sampai di negara tujuan tidak ada gunanya. Akibatnya anda repot sendiri dan pastinya biaya bagasi pesawat sudah tentu pasti akan bertambah.

    TIPS! anda jangan khawatir dengan lamanya perjalanan traveling ke luar negeri dapat diantisipasi dengan membawa perlengkapan pakaian yang dapat dicuci sendiri dan pastinya cepat kering. Bahan pakaian seperti ini sangat banyak ditemukan dipasaran dimulai dari kaos, celana dalam, jeans, dan lain sebagainya. Jangan terlalu banyak membawa perlengkapan pakaian yang berbahan tebal {khusus traveling saat musim panas} karena akan banyak menggunakan space lebih luas untuk menyimpan di tas backpack. Pengetahuan seperti ini lah kunci kenyamanan dan biaya budget pas-pasan yang anda persiapkan memang cukup sesuai dengan kalkulasi sebelum anda melakukan perjalanan.

    #3. Teliti waktu terbaik saat melakukan perjalanan liburan. Semua rencana liburan harus dipersiapkan jauh-jauh hati jangan tergesa-gesa yang mengakibatkan rencana yang anda persiapkan akan menjadi berantakan bahkan tidak fokus. Dapat dikatakan saat anda telah sampai di negara tujuan bingung mau ngapain saha, hanya tiduran di hotel terus jalan-jalan disekitar penginapan. Bukan seperti ini traveling yang akan anda sediakan waktu melepas lelah untuk melihat tempat wisata yang memang primadona di negara tersebut. Memang, untuk jenis trip yang dilakukan dapat disesuaikan dengan karakter anda tapi aspek penelitian sebelum anda melakukan perjalanan harus sudah ada di itinerary dan jangan sampai lepas kendali dan harus fokus untuk melakukannya satu per satu.

    TIPS! pelajari geografi sebuah negara yang akan anda lakukan eksplor seperti negara yang banya kepulauan tentu saja akan banyak bertema wisata lama bahari, begitu juga negara yang banyak wisata alam maka banyak sekali tema wisata alam pegunungan, treking, hingga pertualangan yang harus anda lakukan sesuaikan dengan kesempatan yang diminati nanti. Pastikan seluruh pilihan ini memang sesuai dengan karakter orang seorang traveler pastinya pemilihan geografi ini harus kesenangan anda sendiri.

    #4. Harga tiket pesawat sedang murah-murahnya saat trip ini berlangsung. Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan harga tiket murah saat bercuti anda sudah dimulai. Kapan waktu terbaik membelinya adalah jauh-jauh hari hindari dekat waktu traveling karena sudah tentu pasti harga tiket akan menjadi sangat tinggi yang mengakibatkan budget perjalanan anda menjadi sangat mahal. Jangan khawatir saat sekarang ini sudah banyak airline yang telah memberikan program pembelian tiket pesawat telah dapat dibeli 12 bulan sebelum berangkat dan langsung issued. Program ini tentu saja dapat anda ikuti dan sudah dapat mencicil budget perjalanan telah dimanfaatkan para traveler. Strategi seperti ini lah yang akan menjadi tumpuan atau andalan untuk memaksimalkan budget yang akan dihabiskan nanti.

    TIPS! meneliti waktu terbang sangat penting akan menentukan jenis perlengkapan yang akan dibawa, Jika salah akan memperburuhk nuansa liburan yang akan anda rasakan nanti. Misalnya anda berada di zona dingin ternyata membawa pakaian musim panas, begitu sebaliknya. Hal yang sangat penting adalah jika diperlukan komparasi untuk airline lain untuk tujuan negara yang sama kenapa tidak. Cara seperti ini optional dan sesuai dengan selera, karena ada traveler yang fanatik sekali untuk satu airline saat melakukan traveling.

    #5. Rata-rata traveler yang melakukan perjalanan menggunakan jenis airline  budget murah atau LCC. Sahabat traveler memang airline ini karena harganya menyelamatkan biaya perjalanan pastinya masih terjangkau. Sudah banyak sekali rute perjalanan yang dibuka oleh airline ini baik secara langsung atau harus estafet dulu di negara tetangga. Tetapi hal tersebut tidak menjadi masalah justru memberikan keasyikan tersendiri disaat perjalanan tersebut harus transit sejenak anda juga dapat melakukan eksplor yang lebih mendalam untuk mengisi waktu.

    TIPS! traveler yang jeli tentu akan memilihi perjalanan satu kali rute dapat semua, seperti melakukan perjalanan ke Hongkong transit terlebih dahulu di Kuala Lumpur atau Singapore sebelum estafet perjalanan berikutnya. Memang cara seperti ini memakan waktu tetapi harga tiket pesawat untuk sampai lokasi cukup murah jika melakukan perjalanan langsung. Pola seperti ini lah yang akan menjadi pertimbangan disaat budget yang ada sangat pas-pasan harus rela transit sejenak agar traveling ini must go on.

    #6. Mempersiapkan obat-obat pribadi selama melakukan traveling memang sangat diperlukan apalagi anda mempunyai riwayat penyakit disaat tertentu seperti alergi hingga pencernaan. Traveling sudah tentu pasti ada hubungan erat dengan kondisi seperti ini akibatnya mendadak anda merasakan hal yang tidak nyaman setelah menikmati hidangan yang lezat tetapi lupa dengan kondisi tubuh dengan alergi yang ditimbulkan.

    TIPS! memang untuk membawa obat pribadi ini harus diperhatikan khusus traveler yang mempunyai riwayat sakit dan pastinya adanya rekomendasi jika kondisi tertentu harus meminum obat tersebut sebelum atau sesudah dari seorang dokter ahli. Ada beberapa perhatian yang harus diberikan penuh misalnya memakan jenis hidangan sea food dengan jenis udang atau lainnya disaat anda berada di zona wisata bahari akan muncul alergi, dan seterusnya.
    Poto credit: blog.travefy.com

    #7. Jangan sampai salah rute perjalanan karena akan memunculkan biaya ekstra "salah" yang harus anda keluarkan. Rute perjalanan salah ini seperti salah menaiki rute perjalanan sehingga lokasi wisata yang anda tuju menjadi lebih jauh dan harus mengeluarkan budget ekstra untuk kembali ke lokai semula. Memang situasi ini pernah terjadi disaat rekan kami salah mengambil rute perjalanan untuk sampai ke tempat wisata membuat uang yang akan dipersiapkan membengkak seperti membayar transportasi bus hingga waktu yang seharusnya dapat mendatangi beberapa objek wisata ternyata nihil karena waktu telah menjelang sore dan malam.

    TIPS! memang benar adanya semua rencana perjalanan yang akan dilakukan oleh traveler harus dipersiapkan, rute perjalanan harus diperhatikan dan mengerti. Banyak sekali pengalaman dari rekan backpacker yang telah menempuh perjalanan yang sama dengan anda sebelumnya, dan pastinya tulisan yang mereka buat di blog mereka dapat menjadi rujukan agar terhindari dari over budget liburan anda.  

    #8. Tidak selalu makanan negara tujuan cocok dengan selera, antisipasinya kami menyiapkan beberapa makanan dari Indonesia yang dapat melengkapi hidangan yang ada di negara tujuan. Makanan ini sangat bermanfaat sekali walaupun rasanya masakan disana berbeda dibuuhi beberapa jenis pilihan makanan yang dibawa seperti rendang daging sapi, abon sapi, saos sambal sachet, dan lainnya ini mampu memberikan solusi disaat makan tidak lahap akan mulai berubah aroma masakan menjadi lebih menggugah selera.


    TIPS! makanan yang dibawa ini harus cukup dan pastikan memang tipe jenis ini yang mampu memberikan momen makan tetap baik walaupun anda dalam zona traveling. Pilih yang paling disukai dan membantu anda tetap baik untuk konsumsi makanan di negara yang berbeda dan sudah tentu pasti akan membedakan pula olahan masakannya.

    #9. Tetap memperhatikan makanan sehat sebagai solusi untuk tetap tercukupinya semua elemen vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh tetap stabil saat kaki melangkah. Makanan penyelamat anda untuk tetap bugas ini sudah banyak dipraktekan oleh rekan kami sehingga menjadi solusi terbaik terhindar dari penyakit yang biasa terjangkiti seperti flu, demam, hingga tubuh terasa cepat letih dan lelah. Memang sebagian traveler menganggapnya sepele untuk memperhatikan masalah makanan sehat ini karena telah terhipnotis dengan suasana negara tujuan yang mempesona, membuat hati senang, sehingga pilihan ini terlupakan.


    TIPS! tetap anda selipkan makanan sehat ini saat melakukan perjalanan atau saat istirahat duduk sejenak melepas lelah makan makanan sehat ini untuk mengisisi ion tubuh yang hilang bersama dengan keringat. Apabila anda melakukan traveling di outdoor yang banyak mengeluarkan keringat tentu pasti akan membutuhkan makanan sehat ini untuk mengisi kembali ion yang telah keluar dari tubuh diisi kembali dengan yang baru dari makanan sehat tersebut.

    #10. Pilih tempat penginapan tipe hostel bukan hotel berbintang lima. Namanya saja backpacker mempunyai budget sangat terbatas pastinya pilihan terbaik memang hostel sebagai tempat istirahat melepas lelah selama melakukan traveling di beberapa negara. FYI, untuk tipe kamar yang dipilih apabila anda melakukan perjalanan estafet dan cukup lama dan rombongan jenis dorm atau asrama sangat direkomendasikan. Walaupun bentuk asrama satu kamar berisikan tempat tidur jumlah banyak tetapi anda dapat menikmati suasana satu kamar dengan beberapa teman yang melakukan perjalanan yang sama seperti ini dapat dihuni dimulai dari 4 orang tentu mempunyai nuansa tersendiri. 

    TIPS! rata-rata hostel menyediakan pantry yang dapat digunakan oleh semua tamu untuk menggunakan fasilitas yang disediakan seperti kompor, lemari les, dan lai sebagainya. Jadi, solusi biaya hemat dapat anda manfaatkan dengan membuat sarapan tambahan sebelum melakukan perjalanan traveling dengan menyiapkan tambahan sarapan ekstra dari budget anda walaupun dari pihak hostel juga menyediakan tetapi rasanya kurang cukup. Cara hemat seperti ini tentu memberikan solusi lain jika budget anda pas-pasan dapat juga berhemat dengan memasak di area hostel yang telah menyediakan fasilitas ini untuk para tamu mereka.

    #11. Hal yang sangat penting adalah saat memasuki proses imigrasi dan melewati pintu bea cukai dari masing-masing negara yang akan anda tempuh. Seperti anda mulai turun dari bandara saja saat akan mengambil barang harus melewati terlebih dahulu pintu imigrasi. Pastikan semua dokumen perjalanan penting seperti paspor dan kartu kertas imigrasi harus dipersipkan dan pastikan pengisian harus jelas dan jujur. Jangan pernah anda memberikan informasi palsu karena akan berdampak kesulitan yang akan muncul bisa mempersulit anda masuk kembali ke negara tersebut. Bahkan ada pertanyaan yang selalu ditanyakan oleh petugas imigrasi selalu berulang-ulang agar kesesuaian informasi yang anda tulis dan saat disebutkan harus sama. Setelah barang dibawa semua akan memasuki jalur bea cukai atau custom dan pastinya petugas akan meminta formulir yang telah anda isi dan diberikan kepada mereka. Apabila barang anda hanya standar saja akan lolos dan jika ada barang bernilai jumlahnya lebih dari ketentuan maka anda harus membayar pajak.


    TIPS! khusus anda melakukan perjalanan estafet menggunakan bus atau kereta api lintas negara tetap memasuki pintu imigrasi saat melintas. Tahapnya tetap sama anda harus masuk ke jalur yang telah disediakan oleh masing-masing negara bahkan harus membawa semua barang bawaan anda ikut serta saat masuk ke pemeriksaan. Jadi, anda membawa barang secukupnya agar saat masuk ke pemeriksaan imigrasi dan custom lancar tidak membutuhkan waktu yang sangat lama.

    #12. Mempersiapkan uang yang cukup saat traveling sangat penting seperti beberapa negara tentu saja menggunakan mata uang yang berbeda pula. Diluar dari negara Eropa yang mempunyai mata uang tunggal EURO, seperti negara ASEAN saja mata uang setiap negara berbeda-beda saat anda sampai di negara tujuan sudah mempersiapkan jumlah uang yang cukup agar saat transaksi tetap tidak ada kendala. Pengalaman kami hanya membawa mata uang USD sebagai standar perjalanan dan bawa nilai pecahan kecil walaupun lecek masih tetap berlaku. Seperti traveling ke negara Vietnam dan Kamboja pembayaran mata uang USD diterima oleh penduduk dan setelah total belanja yang anda lakukan maka kembalian dapat berupa USD atau mata uang lokal.

    Solusi lain anda dapat menggunakan ATM bank lokal Indonesia dan tarik tunai di ATM negara tujuan pastikan ada logo kerjasama internasional seperti Cirrus, Maestro, VISA, Mastercard, dan lain sebagainya ada di masing-masing ATM tersebut. Sudah pasti ada biayanya tetapi anda dapat mempunyai uang di negara tersebut sesuai dengan kebutuhan saja di saat urgent dan jumlah uang yang tersisa tidak terlalu banyak lagi saat anda selesai melakukan traveling.

    TIPS! saat mempunyai mata uang USD pastinya akan mempermudah karena dapat diterima seluruh dunia, strateginya adalah anda memilih mata uang lecek di Indonesia pastinya harga sangat miring jika dibandingkan dengan mata uang yang bersih dan tidak ada lipatannya. Pilih berbagai nilai nominal yang akan memudahkan anda transaksi di pasar tradisional dan lain sebagainya. Sebagai contoh saat berkunjung ke Vietnam dan Kamboja memang mata uang lokal untuk dimiliki sangat kurang sekali karena nilainya tidak kompetitif saat ditukarkan kembali. Pengalaman kami hanya menukarkan seperlunya saja, dan kami mencari money changer hanya di sekitar kawasan berkumpulnya backpacker yang mempunyai nilai rate konversi yang jauh lebih bagus jika dibandingkan di konter resmi seperti bandara atau tempat penukaran uang lainnya. 

    Menurut kami ini lah hal penting yang sering ditemukan saat melakukan perjalanan ke beberapa negara di musim liburan nanti. Pengalaman ini sudah kami rasakan bersama rekan kami lainnya disaat perjalanan yag telah dilakukan ada hal penting yang perlu disikapi agar pelajaran yang ada dapat kami sharing kepada rekan semua. Sebenarnya masih banyak hal kecil lainnya tetapi menurut kami hal yang besar seperti ini jauh lebih utama karena menyangkut traveling anda lebih nyaman dan tidak ada kendala. Perbanyak anda membaca pengalaman dari rekan backpacker lainnya karena dari situ dapat menarik kesimpulan yang positif bagaimana harus menyikapi jika seandainya anda ada di posisi tersebut harus mempunyai jawaban. Semoga tulisan kami ini dapat bermanfaat dan pastinya akan memberikan informasi yang cukup rinci agar saat bercuti ria di negara orang nantinya anda lebih pede berjalanan tanpa ada keluhan sama sekali sehingga waktu yang telah dipersiapkan ini menjadi waktu liburan terbaik anda sepanjang masa.

    KODE IKLAN 300x 250
    close
    ==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
    KODE IKLAN DFP 2
    KODE IKLAN DFP 2