Beberapa Kesalahan yang Mesti di Hindari Blogger Pemula - Masgunggoyo

Beberapa Kesalahan yang Mesti di Hindari Blogger Pemula


Apa itu blog? Jika anda belum tahu , maka anda berada di tempat yang tepat. Kali ini kita akan ngebahas blog. Pada awalnya blog digunakan untuk mencatat diary dan diary tersebut dapat dibagikan secara online, sama seperti buku harian atau diary yang kita tulis di buku tulis, cuman bedanya blog ini bersifat online , karena online maka anda perlu koneksi internet untuk mengakses blog.
Dengan bertambah populer blog di kalangan masyarakat , menjadikan blog tidak hanya untuk berbagi diary secara online , tetapi bertambah sebagai sarana untuk menyampaikan beragam informasi dan konten. Dan dimulailah blog sebagai sarana penyampaian informasi yang sangat bermanfaat bagi semua orang yang membaca blog itu sendiri.
Blog merupakan singkatan dari Website Blog, Website sendiri merupakan sebuah platform online yang dibuat khusus dengan fungsi sesuai kebutuhan, misalnya Lazada.com yang merupakan Online Shop untuk jual beli secara online. Jadi Blog merupakan sebuah situs untuk sharing atau berbagi jurnal, artikel, atau informasi secara online yang dibuat secara berurutan berdasarkan tanggal terbit terbaru, dan konten paling baru akan berada pada urutan paling atas.
Kegiatan menulis jurnal atau artikel pada blog sering disebut sebagai bloging atau ngeblog, sedangkan orang yang menulis jurnal atau artikel di blog disebut sebagai bloger. Dalam menulis jurnal atau artikel di blog, kita harus memerhatikan gaya bahasa yang kita gunakan serta pemilihan tema yang sangat menarik sehingga dapat membuat pembaca merasa betah serta dapat dengan mudah memahami apa yang kita sampaikan di blog kita, dan membuat blog kita akan sering dikunjungi oleh orang-orang.
Dalam menulis jurnal atau artikel di blog kita hanya perlu duduk manis di depan laptop atau komputer , sambil menulis artikel kita dapat ngemil ngemil atau sembari minum teh, kemudian di publikasikan kemudian uang bayaran akan datang dengan sendiri, tidak perlu pusing pusing berpikir, tinggal copy paste saja dari blog blog atau artikel artikel yang sudah ada atau sudah dibuat oleh blogger lainnya. Ini merupakan kesalahan bagi para blogger terutama untuk para blogger yang masih pemula.
Seperti yang kita tahu dalam ngeblog kita tidak boleh asal-asalan , kita harus memperhatikan kesalahan-kesalahan apa saja yang dapat terjadi dalam ngeblog ini, sehingga target dalam ngeblog kita bisa tercapai dan orang yang membaca jurnal atau artikel kita juga merasa senang. Tulis pada blog kita apa yang kita sukai , tentang memasak, tentang mesin , perbengkelan, atau apapun yang anda tulis pastikan itu merupakan hal yang kita sukai. Jangan memulai blog jika kita tidak suka menulis. Blog merupakan sebuah ide yang sesuai dengan kita, maka dari itu blog kita harus sesuai dengan keinginan kita.
Salah satu rahasia sukses dalam bloging adalah sabar dan terus berusaha. Maka bagi para blogger yang masih pemula, sebaiknya tetap terfokus pada konten yang akan disampaikan jangan terfokus pada hal lain ,dan jangan terfokus pada masalah uang, jika kita sungguh-sungguh dan terus berusaha dalam bloging maka uang akan datang dengan sendirinya. Apapun topik yang kita tulis, mungkin akan sama seperti topik yang dipilih oleh blogger lain.  Jadi mari kita pikirkan bagaimana agar blog kita tidak sama sepeeri blog lainnya, temukan ide yang sekiranya merupak hal yang tidak biasa dilakukan oleh blogger lain. Dan tulis blog seperti kita berbicara, hal ini akan membuat pembaca merasa berkomunikasi secara tatap muka dan para pembaca akan dengan mudah memahami apa yang kita tulis dan kita sampaikan.
Tidak ada aturan yang baku dalam blogging , tidak ada benar atau salah dalam blogging . Blogging memang sangat menyenangkan karena bersifat tidak serius dan kita bisa mengedit atau mengubahmenghapus tulisan kita sebelum di publikasikan. Memiliki blog memang memberi banyak keuntungan, kita dapat sharing atau berbagi informasi , menyalurkan ide dan pemikiran kepada orang lain.
Kesalahan-kesalahan yang sebaiknya dihindari oleh para blogger pemula :
1. Tidak mengenal audiens atau pembaca blog
Hal ini merupakan kesalahan yang paling umum terjadi bagi para blogger , blogger tidak tau siapa target atau tujuan audiens / pembaca . Sering kali kita membuat banyak konten tapi kita tidak tahu apakah para pembaca mau membacanya. Sebelum menulis sebaiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu siapa target pembaca, dan harus mempunyai gambaran jelas siapa yang akan membaca jurnal atau artikel. Kit perlu melakukan penelitian atau riset tentang apa yang para pembaca inginkan , sehingga blog kita tidak akan sepi dari para pembaca.
2. Blog bukan tentang diri pribadi
Banyak para blogger yang melakukan kesalahan, terlalu banyak bicara untuk menjelaskan tentang diri sendiri. Untuk masalah kepribadian dan kehidupan keseharian para penulis , pembaca kebanyakan tidak peduli tentang itu. Yang mereka inginkan adalah informasi yang bermanfaat bagi mereka, yang mereka cari adalah nilai dari konten yang telah kita buat.
3. Tidak konsisten (inkonsistensi)
Memang menjadi hal yang wajar apabila kegiatan baru yang menyenangkan kita akan sangat semangat pada awal, tetapi sering waktu menjadi inkonsisten dan tidak bersemangat lagi. Hal ini sering terjadi oleh blogger, bagi blogger pemula menulis akan sangat menyenangkan, sebaiknya kita tetap menjaga agar blok tetap aktif dan kita tidak menulis sekenanya. Sebelum memulai blogging , atur tugas yang harus kita perbuat. Tidak sering blogging akan membuat para pembaca lupa tentang anda dan mungkin akan beralih ke blog lain ,ini menjadi hal yang sangat fatal dalam blogging dan sebaiknya perlu dipertimbangkan untuk blogger pemula.
4. Kurang berkomitmen pada proses
Kebanyakan para blogger menginginkan timbal balik secara cepat bagi bisnis blog ini. Membangun blog adalah membangun bisnis besar, kita perlu usaha dan waktu yang cukup untuk mendapatkan dampak yang bagus juga , hal ini lebih dari hanya sekedar menulis. Kita harus menulis yang kaya akan kata kunci ,pemilihan topik, dan judul yang menarik yang di publikasikan akan menambah daya tarik tersendiri bagi para pembaca.
5. Tulisan sulit dipahami
Untuk memperoleh dan mendapatkan banyak pembaca merupakan tujuan dari semua blogger, semakin banyak pembaca yang mengunjungi blog semakin baik. Tetapi ada satu kesalahan bagi para blogger yang membuat para pembaca pergi yaitu tulisan yang jelek dan sulit dipahami. Kita perlu mengecek ulang tulisan kita agar tidak ada kesalahan format , ejaan atau tata bahasa yang kita tulis. Kesalahan inilah yang membuat para pembaca akan kesulitan memahami tulisan kita dan menganggap blogger tidak profesional. Tulisan baik tentu strukturnya benar, memiliki inti ,dan terbebas dari kesalahan ejaan, sehingga pembaca akan senang membaca blog kita.
6. Desain blog yang berlebihan
Bagi blogger desain blog memang sangat penting untuk menarik para pembaca. Terkadang desain yang terlalu banyak dan berlebihan akan membuat pembaca tidak nyaman dan tulisan juga tidak terlihat karena desain blog yang warna nya sangat terang. Hal ini membuat kita hanya terfokus pada desain saja , bukan pada konten yang hendak akan kita publikasikan

1 Response to "Beberapa Kesalahan yang Mesti di Hindari Blogger Pemula"

Santuyuks said...

Berasa gimana gt bc ulasannya apalg ttg inkonsistensinya itu

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel