Kisah Seorang Blogger Sukses yang Wajib Kamu Ketahui - Masgunggoyo

Kisah Seorang Blogger Sukses yang Wajib Kamu Ketahui

Blog adalah web log, yaitu bentuk aplikasi web yang berisi tulisan-tulisan (yang diposting) pada halaman web. Situs web log biasanya dapat diakses orang pengguna internet di seluruh dunia sesuai dengan maksud dari si pengguna blog tersebut.Blog biasanya berisi konten-konten yang diurutkan dari konten terbaru ke konten yang yang terlama, sesuai dengan administrator dari web log tersebut. Blog pertama kali dicetuskan oleh blogger.com yang dimiliki oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh google pada tahun 2002. Google mengeluarkan aplikasi-aplikasi yang bersifat open source yang berguna untuk perkembangan dari para penulis web log (blog) tersebut.



Di dalam blog kita dapat membuat sebuah catatan harian yang ingin dipublikasikan, mempublikasikan kampanye-kampanye dari sebuah partai politik, memuat barang-barang yang ingin dijual dan masih banyak fungsi yang bermanfaat dalam kehidupan globalisasi saat ini. Blog juga memiliki fasilitas-fasilitas yang  berguna menunjang perkembangan blogger seperti, interaksi dengan pengunjung, buku tamu, kolom komentar. Kolom komentar bersifat opsional bagi administrator blogger, administrator dapat mengaktifkan kolom komentar (interaktif) atau mematikan fitur kolom komentar (non-interaktif).

Dalam hal sukses setiap orang memiliki kesempatan yang sama, sukses dapat diraih dengan berbagai cara salah satunya menjadi blogger. Blogger adalah orang yang aktif dalam mengelola blog miliknya, mengelola tentunya bukanlah hal yang mudah. Jika mengelola diluar dari kemauan dan kemampuan hanya akan menimbulkan semangat di awal-awal saja. Mengelola blog sebaiknya karena hobi saja, karena ngeblog (istilah untuk orang yang melakukan blogging) dengan hobi tidak gampang bosan, walau hasil yang tidak banyak.

Mendengar kisah-kisah dari orang yang yang sukses dari kegiatan ngeblog mungkin dapat menambah motivasi bagi Anda untuk tetap mengelola blog yang dimiliki.
Berikut ini adalah kisah orang-orang yang sukses dari kegiatan ngeblog :

Agus Ramadhani (pemilik o-om.com)
Seseorang yang kerap dipanggil dengan OOM, Agus Ramandhani adalah salah satu blogger yang sukses dengan penghasilan puluhan ribu dollar dengan kurun waktu sebulan saja. Ia memulai kegitan blogging pada tahun 2007. Ia populer pada Blogger Tutorials, Blogger Templates dan mengembangkan Responsive Web Designs Testing Tool. Ia memonetize blog karena ingin menuangkan ide dan pikiran.

Asri Tadda (pemilik asritadda.com)
Asri Tadda adalah seorang pria kelahiran Sulawesi Selatan yang menginspirasi bagi kalangan anak muda sekarang. Asri blogger yag berasal dari Desa Pabeta, Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Ia sukses dan banyak menghasilkan ribuan dollar hanya dengan menulis artikel di blognya.
Asri Tadda sejak kecil bercita-cita sebagai seorang dokter, ia menekuni kegiatan belajar agar dapat menggapai cita-cita yang diimpikan. Setelah lulus SMA ia masuk ke Universitas Hasanuddin Makasar, ia memilih masuk ke Fakultas Kedokteran. Masuk kedalam dunia perkuliahan, asri mengalami kesulitan dalam bidang ekonomi. Dikarenakan Asri tidak ingin merepotkan orang tua, ia memikirkan bagaimana membiayai kuliahnya sampai lulus.
Pada tahun 2007 ia mengenal blog advertising dan memulai memasuki dunia bisnis blog. Ia memikirkan bagaimana cara mendapat uang dari internet dan dapat membayar uang kuliah. Ia sangat tekun untuk mengupdate blognya, ia bahkan merambah masuk ke bisnis internet marketing untuk menambah penghasilan. Saat  ini ia mengelola 2 blog dengan penghasilan bisnis hingga 200 juta perbulannya.

Cosa Aranda (pemilik panduandasar.com)
Aranda memulai untuk masuk ke dalam dunia blog pada tahun 2005, ia membuat blog pribadinya. Ia berusaha setiap harinya agar setiap postingan yang ada di blog nya dapat masuk ke dalam urutan atas dalam pencarian di google. Mulanya ia hanya mendapatkan 1 dollar saja, ya benar hanya satu dollar. Namun bukan seperti kebanyakan orang, walau hanya mendapatkan sedikit itu namun ia tidak menyerah, malah menambah motivasi untuk mengembangkan blognya. 2 tahun setelah penghasilan pertamanya, pada 2007 Aranda mendapat cek dari Google seniai 5.000 dollar. Bisnis blognya pun berkembang lebih jauh.

Herman Yudiono (pemilik blogdolar.com)
Herman yudhiono yaitu blogger dengan gaya yang cukup mengejutkan, pasalnya dia dengan ugal-ugalan menginformasikan hasil pendapatannya (bisa dilihat di blognya). Ia mendapatkan penghasilan dari afiliasi, penghasilan dari blog selling.
Afiliasi hostagor merupakan penghasilan  sampingan dari make money blogging Kang Yudhi, penghasilan dari afiliasi memang belum banyak karena kebanyakan orang lebih memilih menggunakan hostingan lokal ataupun gratisan, seperti blogspot dan lainnya.
Blog Selling, terjun tahun 2013 dikarenakan rasa ingin tahu Kang Yudhi apakah blog-blog buatannya yang berbahasa inggris menarik perhatian orang luar negeri. Kang Yudhi lebih memilih cara untuk menjual blog dengan person to person, yaitu menjual langsung kepada pembeli secara langsung. Ini dikarenakan tidak ada listing fee (biaya admin) apalagi dengan sistem wire bisa masuk dengan kurs Rupiah tanpa biaya mengonversi dollar ke Rupiah. Cara yang lain yaitu Empire flippers, yaitu seperti agen jual beli blog. Pasti ada biaya admin, sekitar 15% dari hasil penjualan blog tersebut.

Medhy Aginta Hidayat (pemilik blogguebo.com)
Salah satu blogger yang sukses yaitu Medhy Aginta Hidayat, pemilik dari blogguebo.com, dalam artikel-artikel yang dibuatnya menarik untuk dibaca.  Ia masuk dunia blogging tahun 2006 hingga sekarang dan membangun bisnis online di blognya. Kisah Aginta awalnya hanya ingin menyalurkan hobi menulisnya, dalam berjalannya waktu ia menyadari bahwa hal yang dilakukan itu dapat menghasilkan uang. Awalnya ia hanya menghasilkan recehan-recehan, namun ia tetap mengembangkan blognya dengan bekerja keras. Waktu demi waktu penghasilan blog tersebut mulai berkembang hingga blogging menjadi pendapatan yang lebih besar dari pekerjaan utamanya yaitu seorang dosen (pernyataan yang saya ambil dari blog aginta). Dari hal tersebut bisa dibayangkan bukan gaji yang diperoleh lebih dari seorang dosen, mungkin puluhan juta.

Yan Surachman (pemilik indomangga.blogspot.com)
Pemilik indomangga yang dikenal dengan Mbah Jito, merupakan seseorang menulis blog sebagai penghasilan diwaktu selang. Blog tersebut berkembang walaupun hanya personal website. Dengan menyediakan informasi-informasi dan motivasi dengan gratis, blog ini lebih berkembang. Mbah Jito meraup penghasilan sampai 100 dollar.

Diatas adalah beberapa kisah yang mungkin dapat memotivasi Anda dalam mengelola blog sebagai penghasilan sampingan ataupun penyalur hobi. Kesimpulan yang saya dapatkan dari kisah blogger-blogger di atas adalah jika memang hobi jangan ragu untuk mencoba, kembangkan blog yang dipunyai. Memang pada awalnya blog yang dipunyai seperti tidak apa-apanya, tidak menghasilkan uang, menghabiskan waktu. Namun jangan pernah menyerah, penghasilan-penghasilan yang awalnya cuma recehan bisa menjadi jutaan. Kembangkan blog dengan gaya Anda sendiri, fokuslah untuk memajukan blog. Ngebloglah dengan hati, jangan pesimis apabila blog anda hanya bertambah pengunjungnya sedikit demi sedikit. Tetap konsisten untuk menulis, selalu uptodate dengan informasi terkini. Dan yang paling penting cobalah untuk have fun atau bersenang-senang, karena dengan bersenang-senang menambah semangat bahkan tidak ada rasa bosan di hati.

2 Responses to "Kisah Seorang Blogger Sukses yang Wajib Kamu Ketahui"

ibadahmimpi.com said...

Wahhh saya jadi makin terinspirasi buat ngeblog

Kak Rasyid said...

Informatif sekali. Infonya memotivasi saya saat membacanya. Jadi lebih giat lagi nulis d website milik saya.

#tolongtangtugas.web.id

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel