Tips Cara Panduan Liburan Hemat Lengkap Favorit Di Sumatera Barat Ala Ransel Backpacker: Padang, Bukittinggi, Sawahlunto - Masgunggoyo

Tips Cara Panduan Liburan Hemat Lengkap Favorit Di Sumatera Barat Ala Ransel Backpacker: Padang, Bukittinggi, Sawahlunto

Poto credit: nl.wikipedia.org

Banyak sekali rekan backpacker yang mencari informasi lengkap cara liburan hemat di Sumatera Barat khususnya di kota Padang, Bukittinggi, dan Sawahlunto. Semua kota pariwisata penting di Sumatera Barat ini menjadi daya tarik tersendiri bahkan menjadi tujuan wisata yang banyak dipilih oleh backpacker yang ingin langsung datang ke salah satu kota ini untuk menghabiskan masa liburan singkat. Menurut saya liburan ke tiga kota yang ada di Ranah Minang ini cukup mudah transportasinya dan objek wisata yang ada di sana relatif dekat relatif tidak banyak membutuhkan transportasi publik tambahkan, jika ada masih dalam zona hemat. Kota yang banyak peninggalan bersejarah ini dari penjajahan kolonial Belanda membuat gedung hingga bangunan lainnya masih dapat terlihat sampai sekarang bukti eksistensi Belanda saat itu sangat dominan sekali.

Plesirankotatua ingin menulis artikel ini karena saya berasal dari kota Padang Sumatera Barat membuat informasi ini supaya rekan yang ingin traveling wisata liburan ke kota yang saya sebutkan ini mampu memberikan pedoman lengkap hingga petunjuk untuk melakukan perjalanan nanti. Tulisan ini saling berhubungan dengan beberapa artikel pendamping agar kekuatan informasi menyeluruh ada di tulisan ini.

WAKTU TERBAIK BERKUNJUNG KOTA PADANG, BUKITTINGGI, SAWAHLUNTO.
Sebenarnya untuk berkunjung ke tiga kota ini dapat dilakukan kapan saja walaupun musim hujan atau musim kemarau. Tetapi perlu diketahui bahwa ada akses jalan transportasi darat menuju ke kota tersebut digunakan berada di perbukitan, jika musim hujan ada kemungkinan tanah longsor yang akan menghambat perjalanan anda. Jadi, posisi musim hujan sangat atensi tinggi karena faktor alam di akses jalan saja. Untuk musim kemarau tidak ada masalah relatif aman, rata-rata transportasi yang digunakan cukup baik dan  supir masih dalam zona attitude baik, dan ingin melakukan wisata bahari pulau juga sangat direkomendasikan.

PADANG SEBAGAI PINTU GERBANG MULAI PERJALANAN.
Bagaimana sampai ke kota Padang sebagai pintu gerbang mulai perjalanan ini dapat menggunakan pesawat udara dalam negeri dan internasional. Untuk dalam negeri banyak sekali penerbangan setiap hari yang terhubung dari Batam, Medan, dan Jakarta. Khusus penerbangan internasional kota Padang terhubung dengan Kuala Lumpur Malaysia, jadi akses masuk ke kota Padang sesuai dengan pilihan anda saat berada dari daerah mana. 

Khusus untuk perjalanan darat dari kota Jakarta banyak sekali jenis bus antar kota antar provinsi dengan perjalanan dimulai dari Terminal Bantar Gebang Bekasi dengan nama bus ANS, NPM, Familiy Raya, Lorena {jika masih membuka rute}, Gumarang Jaya, dan lainnya. Untuk jenis kelas dimulai dari Ekonomi, Bisnis, dan Super Executive. Untuk harga dimulai dari IDR300.000 per penumpang. Lama waktu perjalanan dari Jakarta ke kota Padang sekitar 2D1N sekitar +/- 40jam - 48jam. 

FORMULA PERJALANAN: PADANG | PADANG-SAWAHLUNTO | SAWAHLUNTO-BUKITTINGGI | BUKITTINGGI-PADANG.
I. PADANG.
Setelah sampai di Bandara Internasional Minangkabau {BIM} Padang maka anda harus menuju ke pusat kota menggunakan transportasi yang telah terkoneksi dengan Bus Damri atau Bus Tranex atau Kereta Bandara. Semua jenis transportasi publik ini mempunyai rute perjalanan yang berbeda dan harus anda sesuaikan dimana akan menginap di kota Padang.

Bus Damri: sudah mulai tersedia dibandara sekitar Pukul 09:00 WIB saat landing pesawat pertama. Rute perjalanan: Bandara BIM Padang - Jl.Jhoni Anwar - Basko Mall Air Tawar - Jl.Letj S Parman - Jl.Veteran - Jl.Damar - Jl.Pangeran Diponegoro - Jl.Bundo Kanduang - Jl. Karia - Lapangan Imam Bonjol Padang. 
Untuk harga tiket per penumpang kurang dari IDR25.000 tepatnya IDR22.500. Jika hotel anda menginap sekitar rute perjalanan bus ini maka bus ini menjadi pilihan utama.

Bus Tranex: bus yang banyak digunakan menuju ke pusat kota tentu mempunyai rute berbeda dengan Bus Damri dan sudah tersedia Pukul 09:00. Rute perjalanan: Bandara BIM Padang - Jl.Jhoni Anwar - Basko Mall Air Tawar - Jl Khatib Sulaiman - Jl HR Rasuna Said - Jl Jend Sudirman - Jl H. Agus Salim - Jl Sawahan - Simpang Haru - Jl Dr Sutomo - Perempatan By Pass. Khusus untuk rute ini memang disesuaikan dengan lokasi hotel anda. Untuk harga tiket per penumpang sama dengan Bus Damri IDR22.500 atau kurang dari IDR25.000

Kereta Api: alternatif transportasi yang digunakan adalah kereta api. Jadwal keberangkatan dari BIM: 07:40 | 09:45 | 12:10 |14:45 |17:55. Keberangkatan dari BIM harus berjalan kaki menuju ke stasium BIM dengan tarif tiket IDR10.000. Stasiun pemberhentian yang dilalui oleh kereta ini adalah Stasiun Duku, Stasiun Tabing, dan Stasiun Padang Simpang Haru. Jadi anda harus sesuaikan lokasi hotel dekat dari stasiun terutama stasiun Padang. Terkadang turis menggunakan kereta api ini kemudian estafet menggunakan ojek online yang telah tersedia di kota Padang.

OBJEK WISATA SELAMA DI KOTA PADANG.
Selama objek wisata yang ada di kota Padang cukup banyak untuk dikunjungi seperti wisata kota tua di Muaro, Jembatan Siti Nurbaya, Batu Malingkundang, Pantai Air Manis, Pulau Pisang, Museum Adityawarman, dan Pantai Padang. Semua lokasi tempat wisata ini masih mudah dijangkau gunakan transportasi ojek online yang sangat bersahabat bahkan menuju ke lokasi wisata ini sudah banyak dinikmari oleh turis yang berkunjung ke kota Padang.


WISATA KULINER KOTA PADANG.
Selama berada di kota Padang pastinya anda akan mencicipi kuliner yang hadir dan favorit oleh para turis, untuk lokasi cukup tersebar di beberapa area yang menjadi pusat keramaian terutama di malam hari. Untuk pusat halal kulinernya ada disekitar Pasar Raya Jl Permindo dengan menu yang cukup variatif dimulai dari masakan rumahan Padang, sate, hingga masakan nusantara sudah mulai banyak tersedia. Jika anda mempunyai waktu yang cukup banyak ingin menikmati kuliner lainnya ada di lokasi Jati Jl Perintis Kemerdekaan tepatnya di Fakultas Ekonomi Universitas Andalas banyak juga berjejer penjual hidangan ayam goreng, pecel lele, dan lainnya. Karena area ini merupakan lokasi sekolah dan tempat berkumpulnya mahasiswa dan dekat dari Rumah Sakit Umum Pusat Dr M.Djamil Padang. Untuk menambah pembendaharaan makanan terkini zaman now lainnya anda dapat menuju ke sekitar Pasar Baru Limau Manis sebagai lokasi terbaik untuk cicipi kuliner yang banyak jenisnya dengan harga terjangkau. Sekitar lokasi merupakan tempat mahasiswa makan malam dan mampu memanjakan selera anda di udara yang sudah mulai sejuk.

Untuk rumah makan yang menjadi rekomendasi terbaik karena olahan masakan yang sangat lezat dan langsung dari tangan urang awak asli adalah RM Lamun Ombak lokasinya di Jl Khatib Sulaiman dan RM Silungkang yang lokasinya di Jl Sawahan dekat dari Stasiun Padang Simpang Haru. Untuk saat ini menu hidangan masakan Padang yang fenomenal dua rumah makan ini menjadi rekomendasi terbaik untuk saat sekarang ini. Rasakan lezatnya masakan dari tangan terbaik penduduk asli yang meracik bumbu sangat lengkap dan pastinya rasanya menggugah selera yang tidak akan terlupakan.

Rekapitulasi Biaya:
Biaya Penginapan 2D2N: IDR300.000
Transportasi: IDR200.000
Biaya Makan dan Lain-lain: IDR200.000
TOTAL: IDR700.000

Note! rincian di rekapitulasi biaya ini setiap traveler backpacker berbeda-beda, setidaknya budget yang dipersiapkan untuk perjalanan liburan selama di kota Padang sekitar IDR700.000

II. PADANG-SAWAHLUNTO.
Setelah anda puas diri menikmati seluruh tema wisata yang ada di Padang saatnya sekarang anda menuju rute ke Sawahlunto. Untuk sampai ke tempat bus ngetem menunggu penumpang ada di daerah Kubu atau Lakuak dengan rute perjalanan dengan tujuan Alahan Panjang, Solok, dan Sawahlunto. Menuju ke lokasi yang saya maksud sebaiknya anda menggunakan transportasi online lebih cepat dan tujuannya adalah ke pool Jasa Malindo. Pastikan bus yang anda tumpangi jurusannya ke Sawahlunto, dengan melihat tulisan di kaca depan supaya perjalanan anda benar dengan menaiki bus tersebut. Memang lokasi ini pool Jasa Malindo tetapi bus yang ngetem disini cukup variatif seperti Danau Raya dan lainnya. Ukuran bus medium dan telah dilengkapi dengan pendingin udara untuk memberikan kenyamanan perjalanan.

Sebaiknya anda bepergian dimulai pada pagi hari sekitar Pukul 07:00 WIB karena untuk sampai ke Sawahlunto membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam. Jadi anda telah sampai di kota bekas tambang di zaman penjajahan Belanda ini sekitar pukul 11:00 WIB dan langsung cek penginapan. Jangan khawatir, terminal bus di Sawahlunto berada di pusat bisnis kota Sawahlunto dan lokasi hotel juga tidak jauh dari lokasi ini. Pastikan memilih tempat penginapan ini sesuai dengan budget anda dan sudah mulai banyak home stay dengan harga yang sangat bersahabat dimulai dari IDR100.000. 

OBJEK WISATA WAJIB SAWAHLUNTO.
Yang menjadi tujuan utama anda sampai ke Sawahlunto adalah mengunjungi objek wisata peninggalan zaman Belanda yaitu pertambangan batu bara yang masih tersisa sampai saat sekarang ini dan pastinya masuk dalam cagar budaya yang dilindungi. Hampir semua lokasi bangunan tua bersejarah ini ada di satu kawasan tidak terlalu jauh dari terminal bus tempat anda berhenti. Dari lokasi tersebut anda telah mulai melakukan eksplor perjalanan seperti lokomotif tua "mak hitam" di Stasiun Sawahlunto, Silo {penyimpanan batu bara berupa tabung besar terbuat dari semen menjulang tinggi ke angkasa, gedung PTBA, Museum Ransum, Tambang Mba Suro, dan gedung tua yang ada disekitar bangunan yang kami sebutkan ini menjadi spot penting lainnya dan harus anda kunjungi.

Rekomendasi ini tempat wisata ini yang paling penting dan ada tambahan lainnya yaitu ke Puncak Cemara yang harus menggunakan jasa ojek untuk melihat keindahan pusat kota Sawahlinto dari atas bukit. Dari puncak ini semua aktifitas wisata lain setelah anda mengunjungi wisata pennting yang saya sebutkan diatas.

WISATA KULINER SAWAHLUNTO.
Pusat wisata kuliner memang di pusat kota Sawahlunto tempat bus berhenti. Disini pada waktu sore hingga malam hari banyak sekali penjual dengan aneka menu yang sangat lezat pastinya harus anda coba. Jenis makanan tradisional Padang, masakan Padang, dan lainnya tidak berjauhan ini tentu menjadi daya tarik tersendiri. Tidak jauh dari lokasi wisata dan hotel serta tidak terlalu jauh pula dari objek wisata yang telah anda kunjungi.

REKAPITULASI BIAYA SAWAHLUNTO.
Biaya Penginapan 1D1N: IDR150.000
Transportasi: IDR150.000
Biaya Makan dan Lain-lain: IDR100.000
TOTAL: IDR400.000

Note! rincian di rekapitulasi biaya ini setiap traveler backpacker berbeda-beda, setidaknya budget yang dipersiapkan untuk perjalanan liburan selama di kota Sawahlunto sekitar IDR400.000

III. SAWAHLUNTO - BUKITTINGGI.
Setelah anda melakukan perjalanan di Sawahlunto 1D1N saatnya melakukan perjalanan ke Bukittinggi di terminal yang sama. Sebaiknya anda melakukan perjalanan kesana sekitar pagi hari sekitar 07:00 WIB supaya sampai di kota Bukittinggi sekitar siang hari dan langsung cek in hotel pilihan dan langsung melakukan perjalanan wisata disana. Perjalanan dari Sawahlunto ke kota Bukittinggi sekitar 4 jam-an perjalanan menuju ke Terminal Aur Kuning. Untuk mempercepat sampai ke pusat kota Bukittinggi setelah bus memasuki daerah Jambu Air anda harus berhenti disini, simpang tiga bus akan berbelok ke kanan dan anda harus estafet menggunakan angkutan kota Bukittinggi warna putih dan ngetemnya di dekat mesjid sekitar simpang tiga ini {sebaiknya anda beri tahu kondektur bus untuk berhenti disekitar daerah ini menuju ke pusat kota}. Angkutan kota ini lah yang akan membawa anda ke pusat kota arah ke Jam Gadang sebagai lokasi terbaik untuk penginapan selama anda wisata di kota yang berhawa sejuk ini.

OBJEK WISATA BUKITTINGGI
Pesona objek wisata yang harus anda kunjungi cukup banyak bahkan dapat menghabiskan waktu dua hari penuh. Saran saya untuk melihat pesona keseluruhannya dengan dua hari penuh ini anda akan dapat menelusuri seluruh objek wisata yang tidak akan pernah terlupakan. Dimulai dari wisata sejarah di kota Bukittinggi yang pernah menjadi basis pertahanan Jepang dengan adanya Lobang Jepang, dan Perang Paderi yang pernah terjadi antara kaum adat dan kaum agama terbangunlah Benteng Fort de Kock oleh penjajah Belanda. Nah, keseluruhan objek wisata penting lainnya telah kami ulas di link artikel dibawah ini.


WISATA KULINER BUKITTINGGI
Yang harus menjadi incaran turis untuk menikmati kuliner khas yang masuk dalam destinasi icip-icip adalah Nasi Kapau yang ada di Los Lambuang dekat dari pasar lereng. Disinilah lokasi banyak penjual nasi khas dari nagari Kapau yang mempesona mata dan pastinya akan memanjakan selera anda akan memanggil-manggil dengan sajian lauk terpajang di atas meja, dan penjualnya duduk diantaranya. Surga kuliner khas ini jangan pernah anda lewatkan karena pesona tambunsu telur {usus sapi isi kocokan telor}, rendang daging sapi, gulai ayam, dan lain sebagainya semuanya lezat menggugah selera. O iya, tidak terlupakan juga saat anda berada di sekitar Ngarai Sianok untuk menikmati itiak lado ijau {bebek cabe hijau} sebagai kuliner khas lainnya harus menjadi hidangan lain selama di kota Bukittinggi.

PEMBELIAN OLEH OLEH.
Di Bukittinggi lah lokasi terbaik untuk membeli oleh-oleh, para pedagang telah berkumpul di dekat Jam Gadang berupa kawasan yang terlihat pernak-pernik yang dicari oleh turis dimulai dari gantungan kunci, sendal khas dari Minangkabau seperti sandal datuak khusus pria, baju kaos, tas anyaman, dan lain sebagainya. Untuk anda yang ingin mendapatkan sulaman dari penduduk asli juga tersedia di sekitar Pasar Atas atau langsung ke Pasar Aur Kuniang sebagai central penjualan hasil kerajinan penduduk lokal dengan pesona gaya dan corak yang mutakhir pastinya cocok sebagai hantaran. 

PENTING! anda sebagai turis pemula jangan khawatir, dari Jam Gadang menuju ke Pasar Aur Kuning gunakan saja ojek online yang telah ada di kota Bukittinggi. Jauh lebih praktis dan pastinya cepat sampai, walaupun ada angkutan umum saya pikir agak sedikit triki dimana harus menaiki dan harus jelas warna cat mobilnya. Untuk turis ojek online sangat direkomendasikan untuk kepraktisan dan tidak perlu bertanya-tanya untuk sampai ke pasar yang akan dituju ini.

Tidak terlupakan lagi oleh-oleh kerupuk balado yang dibuat langsung oleh penduduk lokal juga ada di Pasar Atas ini dengan varian rasa yang sangat banyak dimulai dari sanjai balado merah, balado ijo, sanjai stick, karak kaliang, sarang balam, dan lain sebagainya. Saya merekomendasikan ini karena anda langsung ke penjual asli yang telah lama menjual makanan ini bahkan telah dari generasi ke generasi. Jika anda menyukai barang bekas dimulai dari pakaian dan asesoris lainnya juga ada di Pasar Atas lokasinya dekat dari pasar lereng yang pastinya harganya sangat terjangkau.

REKAPITULASI BIAYA BUKITTINGGI.
Biaya Penginapan 2D2N: IDR500.000
Transportasi: IDR100.000
Biaya Makan dan Lain-lain: IDR200.000
TOTAL: IDR800.000

Note! rincian di rekapitulasi biaya ini setiap traveler backpacker berbeda-beda, setidaknya budget yang dipersiapkan untuk perjalanan liburan selama di kota Bukittinggi sekitar IDR800.000

IV. BUKITTINGGI - BANDARA BIM PADANG.
Setelah semua misi traveling anda di kota favorit seorang backpacker PADANG-SAWAHLUNTO-BUKITTINGGI telah usai saatnya kembali ke tujuan kota masing-masing. Untuk sampai ke BIM Padang untuk turis sebaiknya anda menggunakan travel dari Bukittinggi ke BIM Padang karena lebih mudah dan anda tidak perlu lagi estafet menyambung transportasi lainnya jika anda menggunakan kendaraan umum. Untuk biaya travel perjalanan ini dimulai dari IDR50.000 yang masih terjangkau dan kenyamanan selama perjalanan sampai ke  bandara lebih mudah dan cepat. Untuk mendapatkan travel ini anda minta bantuan saja ke receptionist dari hotel tempat anda menginap karena banyak sekali travel bekerjasama dengan mereka dan terpilih.

Semoga tulisan ini Tips Cara Panduan Liburan Hemat Lengkap Favorit Di Sumatera Barat Ala Ransel Backpacker: Padang, Bukittinggi, Sawahlunto menjadi bermanfaat dan pastinya dapat membantu anda mewujudkan perjalanan ini lebih menyenangkan dan punya petunjuk yang dicari selama ini. Selamat eksplor kota yang sangat banyak dilakukan oleh traveler backpacker pemula untuk mengisi musim liburan cuti nanti.

0 Response to "Tips Cara Panduan Liburan Hemat Lengkap Favorit Di Sumatera Barat Ala Ransel Backpacker: Padang, Bukittinggi, Sawahlunto"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel