13 Museum Dan Galeri Singapore Tujuan Penting Wisata Setelah Selesai Belanja - Masgunggoyo

13 Museum Dan Galeri Singapore Tujuan Penting Wisata Setelah Selesai Belanja

Setelah anda melakukan wisata belanja saatnya berkunjung ke Museum dan Galeri Singapore sebagai destinasi penting yang harus masuk dalam itinerary wisata disana. Mungkin sebagian traveler hanya mengetahui segelintir wisata di Singapura, di tulisan ini kami akan menjelaskan museum dan galeri apa saja yang wajib anda kunjungi agar pesona liburan di negara mungil punyai sejuta atraksi dapat anda rasakan di musim cuti yang akan anda datang di tahun ini. Kami berhasil menghimpun informasi yang anda butuhkan dan pastinya akan menjadi panduan lengkap sehingga di artikel ini cukup mewakili semua informasi yang anda inginkan dijelaskan dengan rinci.

Apa saja museum dan galeri Singapore yang menjadi destinasi penting wisata lainnya hadir di musim liburan anda berikutnya tanpa bingung harus ngapain saja disana saat wisata belanja telah usai. Berikut penjelasan lengkapnya:

#1. ArtScience Museum Singapore.
Jam Buka: Setiap Hari 10:00 - 22:00 
Alamat: 10 Bayfront Avenue, Singapore 018956, Singapore 
Telepon: +6566888868
Poto credit: commons.wikimedia.org

Lokasi museum yang sangat strategis bahkan tidak terlalu jauh dari Marina Bay Sands. Museum bentuk gedung yang sangat unik seperti tangan yang terulur ini menjadikan detinasi yang pertama harus anda kunjungi. Lokasi sangat terbaik bagi anak-anak dan dewasa menjadikan lokasi untuk hiburan dan pendidikan sehingga semua pengunjung mendapatkan hubungan antara ilmu pengetahuan dan seni ada di museum ini. Tempat ini cukup dekat dari MBS Hotel dan hanya 10 menit berjalan kaki dari stasiun MRT Bayfront.

Arsitektur gedung yang dibuat sangat memperhatikan planologi sebuah tata kota menjadikan semua aspek pencahayaan alami dari matahari sangat diprioritaskan masuk ke dalam ruangan galeri. Memang keunikan museum ini sangat terlihat adanya kolam yang dapat merefleksikan cahaya sampai ke dinding menjadikan pesona tersendiri sehingga adopasi hubungan antara langit dan bumi tercipta dari konsep ini. Di dalam museum ada sekitar 21 galeri yang cukup luas dan banyak digunakan beberapa acara pameran sehingga peruntukan ruangan menjadi lebih maksimal. Masuk ke dalam kanvas kosong di disain untuk disediakan sebagai area bekerja yang akan dipamerkan. Jadi, museum lebih memperhatikan semua aspek termasuk pada ide tertentu yang akan menarik dengan sejuta momen yang akan diciptakan. 

Setelah memasuki museum ini pastinya rasa keingintahuan pasti akan memuncak dengan melalui tangga floating pastinya akan memberikan suasana penuh bertanya apa yang terjadi di sudut dinding. Informasi yang perlu jawaban ini pastinya membuat gedung Art Science menjadi sangat fenomenal. Di lantai atas tentu masuk ke zona galeri inspirasi, ruang khusus multimedia yang memberikan suasana yang berbeda mencakup lukisan di Leonardo da Vinci melayang menjadikan sebuah konsep seni masa depan yang sangat menarik untuk selalu di up date lebih ilmiah. 

Lantai paling atas telihat berbagai ekspresi dan penyampaian sinematik yang menjadikan sebuah seni dan ilmu pengetahuan terhubung dengan arsitektur gedung, robot, maps, hingga objek yang melayang. Hal yang menjadi perhatian para turis adalah adanya artefak dari kapal Titanik, serta bagian penting dari Harry Potter, seni dari Vincent Van Gogh, Andy Warhol, dan Salvador Dali. Keseluruhan item yang dipamerkan di museum ini sangat menarik bahkan memberikan suasana yang akan memberikan nuansa berbeda untuk wisata di Singapura. Jangan khawatir anda yang membawa anak-akan juga sangat rekomended dan bahkan untuk orang dewasa sekalipun akan menyukai.

#2. Asian Civilisations Museum.
Jam Buka: Setiap Hari 10:00 - 19:00 | Jum'at 10:00 - 21:00 
Alamat: 1 Empress Pl, Singapore 179555, Singapore 
Telepon: +6563327798
Poto credit: honeykidsasia.com

Salah satu museum yang diakui keberadaannya ini dan mempunyai nilai untuk sebuah koleksi dengan perjalanan sangat menarik khususnya seni Asia hingga budaya. Konsep museum yang cukup berani dengan wawasan cukup mendalam terhadap perbedaan budaya yang ada di Asia ini terintegrasi dengan berbagai tempat dan masyarakat multi etnis hadir di negara Singapore. Museum yang didirikan sekitar tahun 1997 ini di sekolah Old Tao Nan School di Jalan Armenia ini secara inti mewarisi dari Museum dan Perpustakaan Raffles. Kemudian museum di perluas koleksinya dan tahun 2003 dipugar gedung Epress Place Building sebagai cerminan arsitektus gaya neo Palladian. Sehingga di tahn 2008, museum Armenia Street ini sebagai cabang resmi yang dibuka dengan konsep melestarikan aertefak dan seni yang ekslusif dari budaya peranakan yang ada di Singapore.

Museum ini memilih koleksi artefak lebih dari seribu yang tersebar di 11 galeri tersedia di Museum dan tiga tingkat bangunan. Museum yang dapat dikatakan sebagai satunya museum yang mendedikasikan diri sebagau peradaban Asia dan beragam pilihan dari peninggalan bersejarah dari kebudayaan Asia Tenggara, Cina, Asia Selatan, Asia Barat dengan rentang waktu 5000 tahun yang lalu. 

Di museum ini telah melakukan pameran Asia Tenggara tersebar ke berbagai galeri yang ada disana, kategori yang telah disiapkan ke dalam tema dimulai dari zaman pra-sejarah, sejarah suku, agama, sejarah jawa, hingga Melayu. Khusus Asia Barat mempunyai artefak yang banyak menjelasakan cerminan kebudayaan Islam pada galeri 5 dan 5a. Sampai ke galeri 6 banyak yang menarik dan pastinya banyak budaya Cina dengan berbagai hasil karya manusia dengan zaman Cina Kuno.

Saat berada di Galeri 7 dan 8 anda akan melihat benda yang dikumpulkan peradaban awal di kawasan Asia Selatan seperti perunggu India, koin, hiasan dinding, dan lain sebagainya. Jangan lupa, setiap tahun di museum ini juga dilakukan pameran khusus dengan program yang instruktif serta festival yang akan dapat menjadi tempat untuk melabuhkan wisata alternatif selama di Singapore. Jika anda ingi ke Asian Civilisation Museum ini lokasinya tepat di lokasi tepi Sungai Singapura bagian utara. Pastinya menggunakan MRT City Hall dengan rute NSL dan EWL. 

#3. Changi Prison Chapel and Museum.
Jam Buka: Setiap Hari 09:30 - 17:00
Alamat: 1000 Upper Changi Road North, Singapore 507707 
Telepon: +6562142451
Poto credit: ruebarue.com

Museum yang ada di Singapore ini masih digunakan sampai saat sekarang sebagai penjara Changi. Hal ini memberikan sekilas sejarah di saat muncul tahanan perang selama Perang Dunia II saat pendudukan Jepang. Terlihat sebelah museum terlihat replika dan kapel yang sederhana di bangun oleh tahanan sekutu selama mereka dijadikan sebagai interniran. Terlihat juga catatan dari orang-orang yang hilang pastinya memberikan perasaan cinta mereka ada di Changi ini berada. 

#4. Images of Singapore.
Jam Buka: Setiap Hari 10:00 - 17:30 | Sabtu-Minggu 07:30 - 17:30
Alamat: 40 Imbiah Road, Singapore 099700
Poto credit: inparkmagazine.com

Tempat wisata ini terletak di Imbiah cukup dekat dari Pulau Sentosa. Rekomendasi untuk mengunjungi harus bahkan wajib dimana adanya sejarah yang menampilkan dalam bentuk presentasi audio visual sejarah negara Singapura dan budayanya terfokus pada aktifitas penduduk. Format dengan gaya lama termasuk masih dalam pemerintahan Malaysia serta kedatangan tentara Inggris juga terlihat pada dokumenter ini. Termasuk pasca pemerintahan yang dijabat oleh Lee Kwan Yew juga memberikan sejarah untuk negara ini. Sempatkan juga menikmati kuliner khas Sinagapore dengan hidangan lokal seperti Tandori Ayam, Sate, hingga Laksa Lobster Nyonya.



#5. Malay Heritage Centre.
Jam Buka: Selasa-Minggu 10:00 - 18:00
Alamat: 85 Sultan Gate, Singapore 198501 
Telepon: +6563910450
Poto credit: en.wikipedia.org

Lokasi di taman yang sama sebagai Istana Kampong Glam ini sebagian menyebutnya alias Rumah Sultan di Kampong Glam. Sebagai pusat warisan ini didedikasikan untuk etnis Melayu yang ada di Singapore. Seperti banyak pedesaaan yang ada di Indonesia, etnis Melayu di Singapura juga mempunyai rumah pondok tradisional dengan bentuk panggung selama beberapa dekade, terlihat seitar 1980-an banyak ditemukan sehingga di pemerintahan pada waktu itu banyak merelokasi ke bangunan beton apartemen. Jadi kunjungan ini lebih bertema sebagai kampung Melayu di Singapura memberikan pesona tersendiri. Saat di pameran ini anda tentu akan menyilam kembali di masa lalu dengan melihat bagaimana kehidupan penduduk Melayu disaat itu dengan hasil karya yang telah dihasilkan seperti hasil seni dan beberapa kerajinan etnik yang ada. Seperti di halaman terlihat replika kapal pinisi sebagai petunjuk sejarah bahwa di saat itu terjadi perdagangan dengan penduduk Bugis dengan etnis Melayu saat itu. Pusat infromasi di lokasi ini terlihat kebudayaan Melayu ini termasuk artefak, multimedia, hingga diorama yang menjelaskannya serta eksibisi mempertinggi nilai makna heritage berharga ini.

#6. National Gallery Singapore.
Jam Buka: Setiap Hari 10:00 - 20:00
Alamat: 1 St. Andrew’s Road #01–01 Singapore 178957, Singapore 
Telepon: +6562717000
Poto credit: cruisebe.com

National Gallery Singapore mempunyai koleksi seni umum terbesar di dunia yang ada di Asia Tenggara serta Singapore, dengan jumlah hampir 10.000 lembar. Sangat mudah mengunjungi galeri ini yaitu berada di jantung pusat sejarah di negara ini, pada zamannya bangunan ini sangat megah dulunya sebagai Balai Kota dan Makamah Agung Nasional Singapura. Sebagai bangunan yang sangat sempurna untuk sebuah galeri seni ini pasti ada tujuannya yaitu untuk memperkuat posisi Singapore sebagai pusat seni visual internasional dan regional. Dengan berkembangnya waktu dan zaman maka galeri ini menjadi besar dan mempunyai luas +/- 64.000 meter persegi siap menyambut para turis yang ingin eksplor dunia seni ini sebagai wisata alternatif saat berada di Singapore.

Sebagai negara yang memperhatikan keberadaan dunia seni ini yang sebagian pengamat menyebutkannya bukan negara tua tetapi mampu mengadakan pameran secara reguler dengan melakukan kerjasama berbagai lembaga seni yang ada di dunia. Tampilan sangat beragam dimulai dari vidiografi, fotografi, ilustaasi, seni grafis, dan lainnya. Jadi, hasil karya yang ada di galeri ini merupakan seorang seniman terkemuka dan pastinya mempunyai prestasi di bidangnya.

Galeri yang dekat dari Marina Bay dan sangat dekat dari Raffless Hotel ini terhubung dengan MRT City Hall sebagai stasiun terdekat begitu juga dengan Esplanade yang juga berperan serta sebagai stasiun terdekat untuk sampai ke galeri ini.

#7. National Museum of Singapore.
Jam Buka: Setiap Hari 10:00 - 17:00
Alamat: 93 Stamford Road, Singapore 178897, Singapore 
Telepon: +6563323659
Poto creit: medium.com

Salah satu museum tertua di Singapore ini menjadi sangat penting bagi perjalanan sejarah negara ini untuk dilihat dari dekat. Sebelumnya museum ini dikenal sebagai tempat Museum dan Perpustakaan Raffless ini, awalnya sebagai segmen lembaga perpustakaan dimulai dari tahun 1849 - 1887. Museum yang mempunyai luas 18.000 meter persegi ini terbesar di Singapura dan sangat berkelas. Banyak sekali pameran yang telah diadakan di museum ini sehingga para turis dan penduduk lokal lebih mengenal dari dekat bagaimana sejarah Singapore dan negara Asia lainnya terlihat jelas di galeri yang memajang informasi yang ada. Gaya neo klasik museum ini tentu sangat menarik sekali dan akan terjadi peningkatan dengan struktural yang lebih modern yang akan memanjakan waktu liburan menjadi lebih elegan.

Dengan mempunyai arsitektur yang sangat fenomenal ini tentunya mempunyai ketinggian kaca setinggi 11 meter akan memberikan suanasa berbeda untuk perjalanan kali ini. Juga terlihat bangunan anak yang modern sebagai pelengkap museum dari Singapore National Museum. Pameran tersebar di 6 galeri, Galeri Goh Seng Choo sebagai galeri Sejarah Singapura yang mempunyai jenis yang dipamerkan sangat fenomenal mencakup 450 gambar Farquhar.

Jangan lupakan masih ada 4 ruangan galeri terpisah lagi yang akan memanjakanan anda mengisi liburan nanti dengan cahaya dan gaya yang berpadu sangat elok serta mengetahui bagaimana penduduk lokal Singapore di tempo dulu. Pameran yang ditampilkan ini sangat memberikan pengetahuan yang cukup tinggi seperti film dan adanya pagelaran wayang hingga film mengenai perlengkapan kostum dari cerita Cina, terlihat juga potret yang telah dikumpulkan lebih banyak etnis yang ada di Singapore dengan rentang waktu lebih dari satu abad ini. Bahkan makanan, termasuk artefak juga ada dalam koleksi ini, botol warna-warni, hingga cetakan gambar yang disumbangkan oleh Mr Gk Koh bin Farqurar, fashion mode eco-trend yang sangat populer oleh wanita Singapore di era 1950-1970-an. Di museum ini juga akan selalu ada pameran, lokakarya, hingga festival dengan program yang telah menjadi acara penting yang terlaksana setiap tahunnya. Walaupun masuk ke museum gratis tetapi untuk acara tertentu akan ada biaya tertentu kepada pengunjung museum.

Traveler yang ingin berkunjung ke museum ini sangat dekat dari stasiun MRT Bras Basah atau stasiun MRT Dboby Ghaut sekitar 5 menit perjalanan. Atau Di stasiun MRT City Hall sekitar 10 menit. Jika menggunakan bus berhenti di halter Stamford Road atau YMCA juga dekat ke area museum.

#8. Peranakan Museum.
Jam Buka: Setiap Hari 10:00 - 19:00 | Khusus Jum'at 10:00 - 21:00
Alamat: 39 Armenian Street, Singapore 179941 
Telepon: +6563327591
Poto credit: en.wikipedia.org

Museum yang sangat unik dengan budaya Singapore yang masih berhubungan dengan perjalanan sejarah negara ini sebagai warisan yang dilestarikan. Museum ini memiliki beberapa feature di 10 galeri ini telah melakukan beberapa pameran dan eksibisi lebih dari 1200 artefak terutama perjalanan etnis Cina di Singapura. Semua hal yang berhubungan dengan kehidupan perjalanan sejarah ini juga berhubungan dengan beberapa hasil produk yang melekat seperti perhiasan, tekstil, proselen. perak, makanan, dan lainnya. Sebagai elemen penting yang tidak bisa terlepaskan dari Peranakan Museum ini di Asia Tenggara termasuk di regional seperti Indonesia, Myanmar, dan Thailand. Pastinya, artefak yang ada di museum ini merupakan salah satu koleksi terbaik yang ada di dunia ini.


Destinasi Wisata Penting Gratis Harus Dikunjungi di Negara Singapura

#9. Red Dot Design Museum in Singapore.
Jam Buka: Senin-Kamis 10:00 - 20:00 | Jum'at-Minggu 10:00 - 22:00
Alamat: 11 Marina Blvd, Singapore 018940, Singapore 
Telepon: +6565140111
Poto oleh: singapore-guide.com

Museum yang telah memiliki pameran yang mungkin belum pernah anda melihat sebelumnya. Seperti warna yang berbeda hingga pesona yang sangat fenomenal untuk sebuah museum yang hadir di Singapore ini. Misteri dengan bebagai inovasi yang selalu ada dalam kehidupan untuk menjelajahi dengan gadget dan gizmos yang ada perbedaan tersendiri, bahkan waktu anda berkunjung di museum terasa begitu cepat untuk mengisi waktu liburan singkat ini. Walaupun fitur museum dengan galeri yang minim, ada spektrum desain yang cukup besar terlihat beberapa poster iklan yang sangat menarik termasuk kemasan hingga komputer dipamerkan, ada juga peralatan rumah tangga juga ada. 

Masih masuk akal dengan barang yang masuk di museum ini yang dirancang khusus untuk orang kebutuhan khsusu seperti tes kehamilan khusus orang buta, tempat mandi bathub yang ditinggikan beserta keran khusus diperuntukan bagian orang dengan hanya mempunyai satu tangan. Memang barang yang ada masih membutuhkan ruangan yang lebih luas tetapi telah wakili tampilan yang cukup interaktif bagi pengunjung. Bahkan konsep green livung yang menjadi moto ini mendapat penghargaan dari institusi yang mengusung konsep ini di dalam kehidupan seperti menanam di pot kecil  untuk sayuran di penampungan sekitar jendela.

Jika dihitung dari katergori ada sekitar 20 jenis yang memberikan pesona yang menyenangkan dengan objek yang denomenal. Seperti tempat tidur berbentuk rahim ibu yang refleksikan suara ayi yang terdengar didalam sebelum bayi tersebut lahir, begitu juga jenis sepatu yang dapat dipakan suasana musim hujan dan musim panas. Walaupun sebagian orang menyebutnya sedikit konyol tetapi sangat inspiratif untuk sebuh inovasi yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.

#10. Singapore Art Museum.
Jam Buka: Setiap Hari 10:00 - 19:00
Alamat: 71 Bras Basah Road, Singapore 189555 
Telepon: +65 6332 3222
Poto credit: en.wikipedia.org

Museum yang berada dekat dari pusat bisnis yang ada di Singapore ini terutama pusat berkumpulnya para turis yang ingin melakukan wisata shopping belanja yaitu Orchard Road menjadi lokasi penting untuk mengisi waktu liburan singkat di Singapore. Museum tempat pesisinya di Bras Basah Road merupakan museum yang sangat ideal dengan koleksi 8000 jenis seni modern dan kontemporari. Walaupun luasnya sekitar 10.000 meter persegi ini mampu menciptakan sebuah museum dengan komsep standar internasional dengan 14 galeri yang dikontrol dengan baik. Disekitar museum apabila turis ingin menikmati suasana dengan nongkrong hingga memberli suvenir juga ada sehingga liburan anda menjadi lebih lengkap.

#11. Singapore Discovery Centre.
Jam Buka: Selasa-Minggu 09:00 - 18:00 | Senin Libur.
Alamat: 510 Upper Jurong Road, Singapore 638365, Singapore 
Telepon: +6567926188
Poto credit: sdc.com.sg

Tempat yang sangat rekomendasi sekali untuk belajar sejarah dan masa depan Singapore ada di tempat ini. Pusat edukasi yang telah dideskripsikan di sebuha galeri seni ini terhubung dengan museum ilmu dan teknologi, serta permainan outdoor ada di satu lokasi. Banyak sekali anak muda bahkan turis yang tertarik di bidang iptek dan edukasi mendatangi galeri ini untuk menambah pengetahuan menjadi lebih sempurna dan mengetahui apa saja yang harus diketahui untuk sekarang dan esok dapat diprediksi dengan informasi yang di dapat di tempat ini. Untuk paket dengan harga yang sangat ekonomis dimulai dari SDG10 untuk dewasa dan SGD6 untuk anak-anak diberikan kebebasan untuk masuk ke pusat galeri, bus wisata lokasi militer Singapore Istitute, dan pemutara film pendek konsep 3D. Galeri yang terletak masih di lingkungan musem militer ini tentu memberikan pesona tersendiri di lokasi yang berdekatan anda dapat komplit.

Jika anda ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkap bahkan interaktif dengan semua yang ada di galeri bergabung dengan pemandu yang telah disediakan setiap jam 10:30 - 16:30. Di bagian awal anda akan dibawa ke area sejarah Singapura dan apa yang terjadi di negara ini awalnya hingga sampai saat ini. Bahkan ada pengetahuan Singlish Test, vidio pendek Singapura untuk eksplor bagaimana kebiasaan dan perilaku penduduk lokal yang menjadi cerminan budaya. Masuk ke aula utam anda akan melihat kubah warna-warni sebagai ikon kaledoskop ke seluru kota, banyak hal yang menarik ada di area ini.

Begitu juga display interaktif yang akan terlihat di TV studio melihat peristiwa besar yang terjadi di Singapura saat simulasi pertempuran di medan perang yang terhubung dengan head set dan komputer, sangat menyenangkan untuk sebuah galeri yang sangat berguna sekali untuk sebuah tempat wisata seperti ini. Dengan layar yang cukup luas ini dengan iWERKS dapat menunjukan pesona 2D atau 3D menjadikan fokus film menjadi mempesona membuat turis masuk ke dalam suasana. Khusus anak-anak yang ingin menikmati zona 4D menjadi pilihan bahkan masuk ke ruangan paintball yang menjadi fenomenal. Apabila anda membawa keluarga coba ambil tur bis Akademi Militer Singapura dengan pesona alat-alat militer sebagian turis tentu akan menjadi hal yang berbeda. Ingin datang ke Singapore Discovery Center ini terhubung dengan stasiun MRT Joo Koon dan hanya 30 menit berkendara dari pusat kota Singapore.

#12. Singapore Navy Museum.
Jam Bisa: Senin-Jumat 08:30 - 17:30
Alamat: Endurance Block 36 Admiralty Road West, Levels 1 to 3, Sembawang Camp, Singapore 759960 
Telepon: +6567505585 
Harga Tiket: No Admission Fee
Poto credit: tripadvisor.com.sg

Museum angkatan laut Singapore yang memberikan informasi lain di tema liburan kali tentu sangat unik dengan melihat beberapa koleksi yang sangat berbeda ini dan teknologi yang pernah digunakan oleh angkatan laut Singapura untuk bekerja. Teknologi tingkat tinggi yang menghiasi seluruh aktifitas tentu menarik untuk dilihat seperti foto bersejarah, kapal korfet peluru kendali dengan teknologi tinggi hingga galeri yang akan menarik perhatian.

#13. Singapore Philatelic Museum.
Jam Buka: Setiap Hari 10:00 - 19:00
Alamat: 23-B Coleman Street Singapore, Singapore 179807 
Telepon: +653373888
Poto credit: spm.org.sg

Gedung kuno yang diperuntukan untuk koleksi perangko sangat menarik bagi para kolektor perangko bahkan hanya turis ingin melihat keunikan perangko yang pernah diterbitkan di Singapore. Koleksi perangko ini tidak dalam negeri Singapore saja tetapi dari berbagai negara. Perangko sebagai cerminan bahkan mampu memberikan cerita yang sangat bernilai tinggi ini sebagai manifestasidari multikulturan baik yang ada di Singapore sendiri dengan perjalanan waktu yang sangat bersejarah. Di museum ini juga memperlihatka visual rinci bagaimaan perangko ini dibuat pertama kali dari papan gambar yang diletakan diatasnya sampai perangko selesai di produksi.

0 Response to "13 Museum Dan Galeri Singapore Tujuan Penting Wisata Setelah Selesai Belanja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel