Inilah Beberapa Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Kamu Agar Tidak Lemot Lagi - Masgunggoyo

Inilah Beberapa Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Kamu Agar Tidak Lemot Lagi

Smartphone lelet? Kejadian ini bukanlah permasalahan khusus, masalah ini sering sekali terjadi pada pengguna yang tidak menghiraukan aturan-aturan penggunaan dengan benar, terutama menginstal aplikasi dari sumber yang kurang dipercaya.

Adakalanya, smartphone yang kita beli dari awal penggunaan baik-baik saja, hingga beberapa bulan masih menampakkan kinerja yang optimal. Namun, beberapa tahun setelahnya, smartphone kita perlahan mulai lelet, lemot, bahkan untuk sekadar membuka file, kamera, ataupun pesan.

Banyak sekali faktor yang memengaruhi hal tersebut, salah satunya ialah penggunaan smartphone yang kurang terkendali dan menyalahi batas penggunaan sesuai kekuatan smartphone kita.



Nah, apabila kalian mendapati bahwa smartphone kalian sudah mulai lelet atau baru menunjukkan tanda-tandanya, lakukan lah hal-hal berikut ini:



Perhatikan Penyimpanan Internal

Coba perhatikan sisa penyimpanan pada smartphone kalian, jika sisa penyimpanan kurang dari 2 Gb atau bahkan 1 Gb, maka hal yang perlu dilakukan adalah pembersihan,



Hapus Cache Aplikasi

Menghapus cache aplikasi merupakan pilihan awal apabila masih ingin menyimpan beberapa aplikasi kalian, caranya mudah sekali.

Cukup masuk ke pengaturan, kemudian carilah Aplikasi yang Diinstal ini adalah cara umum, karena tiap smartphone memiliki penempatan konfigurasi aplikasi yang berbeda-beda. Intinya letaknya berbeda namun judulnya mirip. Lalu bukalah satu per satu aplikasi dan tekan hapus cahce. Hati-hati! Jangan memilih hapus data  karena itu akan menghapus semua data aplikasi.

Terutama coba menghapus cache dari browser seperti Google, UCBrowser, dll.

Coba juga untuk menghapus pesan-pesan yang menumpuk, seperti SMS, Whatsapp, BBM, FB, Dll


Hapus Atau Memindahkan Beberapa File Besar

File-file besar bukan hanya berukuran lebih dari 100 Mb, kumpulan foto-foto yang disimpan juga merupakan file besar, jika dihutung per foto bisa berukuran 1 hingga 2 Mb. Khususnya pengguna perempuan, sekali acara bahkan bisa ada 100 foto, sekarang kalau kita ambil kemungkinan terbesar maka 100x2 Mb = 200 Mb terbuang hanya untuk foto.

Nah, langkah selanjutnya adalah memilih untuk menyeleksi foto-foto terbagus atau menghapusnya sekaligus, atau mungkin semuanya dipindahkan ke memori eksternal

Kalau foto saja berpengaruh maka video-video juga harus diperhatikan.



Menggunakan Aplikasi Lite Version

Ini adalah cara selanjutnya apabila masih diperlukan, ganti aplikasi-aplikasi yang sudah mendukung versi Lite.

Lite merupakan nama lain dari “mini”, sebagai contoh media sosial adalah aplikasi penting yang dirasa wajib untuk dimiliki, namun dilain sisi aplikasi ini memakan banyak ruang, Facebook misalnya.

Dengan menggantinya ke versi “Lite” maka kita masih bisa menggunakan Facebook hanya dengan sekitar 10 Mb, hal ini akan memperbanyak sisa memori hingga 150-an Mb.

Bukan hanya Facebook, banyak juga aplikasi lite di playstore, tinggal dicari saja.


Hapus Aplikasi Tidak Penting



Pada akhirnya jikalau dirasa masih kurang puas dengan hasilnya, bisa mencoba dengan menghapus beberapa aplikasi yang kurang bermanfaat, misalnya game yang jarang dimainkan, ataupun aplikasi yang intinya jarang dibuka.

Meskipun aplikasi tersebut hanya sebesar 10 Mb, kalau tidak berguna hapus saja.


Hindari Multitasking Berlebihan



Apa itu multitasking? Begini, mudahnya apabila kalian menggunakan suatu aplikasi, kemudian keluar maka hapus saja dari latar belakang.

Terkadang beberapa pengguna awam membiarkan aplikasi tetap terbuka sedangkan menggunakan aplikasi lainnya, hal ini akan berpengaruh pada kinerja smartphone yang harus membagi tugasnya.



Matikan Fitur-Fitur Kurang Berguna

Selain membuat baterai boros, beberapa fitur yang diaktifkan juga dapat memperlambat smartphone, beberapa diantaranya ialah:

·         Auto-Rotate

·         Auto-Brightness

·         Auto-Sinc

·         Mempercerah layar berlebihan

·         Bluetooth

·         Wi-Fi

·         GPS

Sebisa mungkin untuk menonaktifkan fitur-fitur diatas, kecuali memang digunakan untuk sesaat seperti permintaan aplikasi.



Menghapus Widget Tidak Berguna

Widget memang mengubah smartphone kita menjadi lebih professional dan asik, namun apa jadinya kalau malah membebani? Ada baiknya untuk menghapus, mengurangi atau menanggkalkan widget-widget.

Sebagai contoh widget-widget dari aplikasi yang didownload, kemudia widget cuaca, berita, hingga jam.

Mengapa harus memasang widget jam kalau dibagian paling atas sudah tertera waktunya?



Menggunakan Wallpaper Warna Hitam

Apa hubungannya wallpaper background dengan kinerja smartphone? Tentu saja berpengaruh, apalagi kalau memakai Live Wallpaper atau Wallpaper berwarna pada layar AMOLED, memang akan terlihat indah, tapi jika mengurangi kinerjanya? Alangkah baiknya mencoba cara yang satu ini.



Gunakan Launcher Default

Tidak perlu gaya-gaya-an dengan berbagai launcher di playstore, cukup gunakan launcher bawaan agar nyaman saat menggunakan smartphone.

Launcher juga memakan banyak storage bahkan memori (RAM).



BELI SMARTPHONE BARU

Ini adalah cara terakhir, kalau memang semua cara diatas dirasa sangat-sangat memberatkan tau bahkan belum cukup, ada baiknya membeli baru.

Bukan berarti apa-apa, namun memang perkembangan aplikasi semakin pesat, sehingga kebutuhan kinerja pada smartphone diharapkan memiliki kekuatan lebih.

Aplikasi-aplikasi populer juga terus melakukan inovasi dan pengoptimalan, sampai-sampai perangkat yang kita gunakan tidak lagi mampu untuk mengimbanginya.

0 Response to "Inilah Beberapa Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Kamu Agar Tidak Lemot Lagi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel