Begini Cara Memperkuat dan Menjaga Komputer agar Kebal Serta Terhindar Virus - Masgunggoyo

Begini Cara Memperkuat dan Menjaga Komputer agar Kebal Serta Terhindar Virus

Seperti yang kita ketahui, bahwa internet mengandung banyak informasi yang kita butuhkan. Mulai dari kebutuhan primer sampai kebutuhan demi kepentingan personal. Internet juga menjadi ladang bagi mereka yang paham tentang pembuatan situs, tidak sedikit diantara situs yang mereka buat mengandung konten yang berbahaya.

Nah, bahaya yang mereka buat bisa berupa aplikasi-aplikasi, software, dan informasi palsu. sebenarnya mudah sajamenghindari hal-hal demikian, sebagai contoh kita cukup mengabaikan ajakan-ajakan situs untuk mendownload sesuatu.
Antivirus
Source: restoreprivacy.com
Namun, bukan perkara mudah bagi para orang awam, mereka mudah tertipu dan akhirnya virus-pun masuk dari aplikasi atau software yang dimodifikasi sedemikian rupa, bahkan sampai dapat menginstal program lainnya tanpa sepengetahuan kita.

Bukan hanya dari aplikasi maupun software, dokumen dokumen yang kita download pun bisa membawa virus tertentu. Biasanya terjadi pada file dengan format PDF, saat kita menginginkan suatu file dengan format PDF, dan secara sengaja masuk ke suatu situs yang memberikan apa yang kita cari, disini-lah kita harus waspada, meskipun dari luar situs tersebut terkesan aman tanpa pop up, pop ads, atau bahkan ajakan tertentu, namun bisa saja file yang telah akan didownload mengandung virus.

Contoh PDF yang merupakan virus biasanya berakhiran dengan .exe
Kalau sudah seperti itu langsung saja dihapus, JANGAN PERNAH DIBUKA! Nah, untuk itu memperkuat keamanan komputer kamu sangat penting untuk dilakukan, ada baiknya mencoba tips berikut ini.

UPDATE OS PALING MUTAKHIR

Source: Neowin
Seperti namanya, mutakhir artinya terbaru, jadi update OS kamu sampai yang terbaru. Jangan-jangan belum pernah update OS? gawat, kalau memang sudah lama tidak update OS maka segera diupdate! Apalagi windows, hal ini dikarenakan banyaknya pengguna windowns di dunia, sehingga OS windows merupakan kunci pundi-pundi uang oleh para hacker. Selain itu update OS juga dapat memperkuat pertahanan dan keamanan komputer.

JANGAN MENGINSTAL SOFTWARE BAJAKAN! TERMASUK ANTIVIRUS!

Source: WinNetNews.com
Memasang antivirus boleh-boleh saja, namun apabila menggunakan bajakan ya sama saja berbohong. berikut alasan mengapa tidak direkomendasikan memasang Antivirus bajakan:

Situs download tidak bisa dipercaya sepenuhnya

walaupun sudah terdownload, namun tetap saja tidak diketahui modifikasi apa saja yang sudah dipasang oleh si pemodif.

Fitur Bisa Saja Eror atau MalFungsi

Intinya alasannya sama saja seperti yang pertama tadi.

Saran dari saya, sebaiknya instal Antivirus sesuai ketentuan dengan cara aktivasi. Kalau tidak ada uang untuk membeli, Windows menyediakan Windows Defender, yang mana antivirus bawaan dari windows.

Hati-hati dengan Flashdisk

Source: TokoOnline88.com
Flashdisk bisa membawa virus bermacam dan bervariasi, bahkan dari teman sendiri. Masalah besar lainnya bahkan saat menemukan Flashdisk di jalanan, PERHATIKAN! jangan pernah memasangkan Flashdisk temuan dijalan raya ke dalam komputer pribadi! intinya jangan.

Sebisa Mungkin Hindari Jaringan Terbuka dari Sumber Tidak Diketahui

Source: jalantikus.com

Seseorang bisa saja memasang jaringan terbuka (tanpa password) dengan maksud dan tujuan tertentu, hal ini bisa membuat komputer kamu terserang virus tanpa disadari, dan semua informasi komputer kamu bisa saja terlacak dengan mudah.

Bahkan jika itu Wifi dari Cafe, Bandara, dan lain-lain. Karena penyerang bisa menggunakan nama yang hampir sama dengan Wi-Fi yang disediakan sehingga membuat kita bingung untuk memilihnya, disinilah kesalahan kita dimulai.

Itulah beberapa informasi mengenai "Begini Cara Memperkuat dan Menjaga Komputer agar Kebal Serta Terhindar Virus", semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

0 Response to "Begini Cara Memperkuat dan Menjaga Komputer agar Kebal Serta Terhindar Virus "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel