Cara Meningkatkan Sinyal WIFI - Masgunggoyo

Cara Meningkatkan Sinyal WIFI


Kita semua tahu betul bahwa WiFi bukan jaringan yang lengkap, karena memiliki bug, turun, kadang-kadang bekerja lambat mungkin karena router berada di posisi yang buruk, atau tidak terlalu kuat, seperti antena ponsel kami, menderita gangguan dan banyak lagi. Bahkan, sangat mungkin bahwa ini adalah penyebabnya, dan akar masalahnya terletak pada saluran.

WiFi bukan jaringan yang lengkap, karena memiliki bug, turun, kadang-kadang berfungsi lambat mungkin karena router berada di posisi yang buruk atau tidak terlalu kuat, seperti antena seluler kami, mengalami gangguan dan banyak lagi. Bahkan, sangat mungkin bahwa ini adalah penyebabnya, dan akar masalahnya terletak pada saluran.

Jadi, mari kita analisis apa salurannya, bagaimana mengetahui yang mana yang menggunakan router kami, mana yang paling cocok untuk digunakan dan, tentu saja, bagaimana mengubah semuanya langsung dari perangkat Android kami.

Saluran dan gangguan WiFi

Mari kita mulai dengan dasar-dasarnya, karena sebagian besar router WiFi menggunakan pita 2,4 GHz, yang klasik dan yang kompatibel dengan semua ponsel cerdas. Ini berkisar dari 2412 MHz hingga 2472 MHz dan dibagi menjadi 13 saluran, dan 13 saluran ini berbagi spektrum 100 MHz, tetapi masing-masing memiliki 20 MHz.

Inilah yang terjadi, karena saluran saling tumpang tindih sehingga masing-masing saluran menempati bagian dari spektrum yang mendasarinya. Pada gambar di atas Anda dapat melihatnya secara lebih grafis dan contoh yang paling jelas adalah saluran 1, yang bandwidth-nya mencapai saluran 3. Itu berarti bahwa router yang melakukan siaran pada saluran 1 akan menghasilkan interferensi ke router yang disiarkan di saluran 3, dan sebaliknya .

Salah satu solusi yang mungkin adalah pindah ke band 5 GHz, yang kurang jenuh karena memiliki 25 saluran yang tidak tumpang tindih dan kapasitas untuk kecepatan yang lebih besar, tetapi tidak semua router dapat menyiarkan di pita itu, di atas semua yang lama. Selain itu, tidak semua smartphone memiliki antena yang kompatibel dengan band 5 GHz, jadi itu bukan solusi.

Lalu apa yang tersisa? Tentu saja, ubah salurannya, itu saja. Tapi, faktanya adalah bahwa sebelum mengganti saluran, kita harus tahu apa yang kita gunakan saat ini.

Tapi, ke saluran mana kita harus pindah? Tentu saja, yang paling tidak jenuh. Untuk mengetahui apa itu, kita cukup menggunakan aplikasi terkenal yang sepenuhnya gratis dan tersedia di Google Play, tentu saja, yang saya bicarakan tidak lain adalah WiFi Analyzer. Ini hanya akan menunjukkan kepada kita semua router WiFi yang disiarkan di dekat kita, kekuatan mereka dan saluran yang mereka gunakan dalam grafik.

Seperti yang Anda lihat pada gambar di atas, kami memiliki banyak router yang memancarkan pada saluran kami atau tumpang tindih dengan kami, yang dapat menyebabkan gangguan, penurunan, pengurangan kecepatan, dan banyak lagi. Dan dengan data ini, sekarang kami memiliki cukup informasi untuk mengubah saluran, tetapi tetap saja, kami bisa melangkah lebih jauh.

Jika Anda geser tiga kali ke kiri Anda akan mengakses grafik peringkat, sekarang cukup klik pada "Pilih AP Anda" dan pilih jaringan WiFi Anda. Ini akan menunjukkan kepada Anda saluran mana yang Anda gunakan saat ini dan mana yang harus Anda ubah untuk memiliki koneksi yang optimal. Ke-14 akan selalu keluar dengan semua bintang, tetapi tidak dapat digunakan. Sementara, dalam kasus kami, kami menggunakan 5 dan kami akan tertarik untuk memindahkannya ke 12 atau 13.

Sekarang, setelah kita tahu saluran yang optimal, sekarang saatnya untuk mengubahnya di router kita sekarang. Dan untuk melakukan ini, cukup buka browser web apa pun, baik di ponsel cerdas atau komputer Anda dan tulis alamatnya 192.168.1.1. Sekarang hanya akan meminta beberapa kredensial (Nama Pengguna & Kata Sandi) bahwa, jika Anda belum mengubahnya, mungkin admin / admin, 1234/1234 atau kombinasi keduanya.

Sekarang tergantung pada router yang Anda akses berada di satu tempat atau yang lain, tetapi pada dasarnya, Anda harus mencari opsi untuk mengubah saluran siaran. Dalam kasus kami secara default biasanya dikonfigurasi secara otomatis, opsi yang disarankan karena, secara teori, pilih yang paling sesuai dengan lokasi kami, tetapi jika Anda masih ingin mengubahnya, pilih bagian yang sesuai (Jaringan> Radio WLAN 2.4G) dan mengubahnya.

Setelah Anda memilih saluran yang Anda inginkan sekarang Anda hanya perlu menyimpan modifikasi yang telah Anda buat. Sekarang Anda akan melihat potongan kecil dan kemudian peningkatan koneksi. Jadi, apa pendapat Anda tentang ini? Cukup bagikan semua pandangan dan pemikiran Anda di bagian komentar di bawah ini. Dan jika Anda menyukai tutorial ini maka jangan lupa untuk membagikan artikel ini dengan teman dan keluarga Anda.

0 Response to "Cara Meningkatkan Sinyal WIFI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel