Jenis Variasi Olahan Jengkol Jariang Khas Minangkabau Sumatera Barat - Masgunggoyo

Jenis Variasi Olahan Jengkol Jariang Khas Minangkabau Sumatera Barat

Bagi penggila olahan jariang atau jengkol khas Minangkabau Sumatera Barat telah menjadi masakan yang diburu bahkan dijadikan sebagai destinasi wisata kuliner penting saat berada di nagari Bundo Kanduang musim cuti liburan tahun ini. Jenis makanan yang sebagian orang menghindari karena aroma yang kurang sedap setelah disantap tetapi penggila jengkol atau jariang khususnya para perantau Minangkabau yang hadir di Sumatera Barat akan memburu makanan ini karena mampu memanjakan rasa lidah yang sudah lama tidak ditemukan di daerah perantauan. Di tulisan kali ini kami ingin membagikan informasi apa saja jenis variasi olahan masakan jariang atau jengkol khas Minangkabu Sumatera Barat khususnya di kota wisata penting seperti Padang, Bukittinggi, Batusangkar, dan Payakumbuh. Tulisan ini akan menjelaskan masakan ini yang harus anda coba saat traveling ke Sumatera Barat.

#1. JENGKOL BALADO.
Poto credit: sportourism.id

Memang sangat standar sekali hanya jengkol yang telah digoreng sempurna kemudian di pipihkan dengan cobek sehingga saat menyatu dengan sambel akan terasa gurih dan pastinya akan membangkitkan selera dengan nasi panas. Dari generasi ke generasi menu ini sangat familiar bahkan dengan budget yang sangat minimal jengkol balado ini memang sahabat bagi penduduk desa disaat sarapan pagi mulai menjelang. Jadi, varian ini menjadi pertama yang harus menjadi pilihan karena dengan jengkol dan sambel cabe merah yang telah diolah sempurna saja sudah menjadi menu lezat yang tidak terkalahkan. Isian tambahan untuk jengkol balado ini dapat berupa kentang, ikan kering, dan lainnya akan mempertinggi rasa jengkol balado yang akan dinikmati.

#2. JENGKOL BATOKOK.
Poto credit: food.detik.com

Untuk jenis varian ini khusus jengkol yang telah direbus beberapa saat yang telah memberikan tekstur lembut dan lunak akan di pukul atau ditokok (bahasa Minang) akan dipadukan dengan sambel yang khusus dengan sambel yang dikukus diberikan tomat, bawang merah, terasi, garam, dan lainnya. Pastinya jengkol batokok ini akan memberikan rasa fenomenal dan membuat selera makanan anda bertambah alias "tambuah ciek laai".

Memang di daerah yang ada di Sumatera Barat berbeda-beda proses pembuatannya, tetapi banyak ditemukan cara seperti ini paling terbaik rasanya dan proses pembuatannya bersamaan saat proses masak nasi dengan semua sambel dan bumbu yang digunakan di uapkan dan setelah nasi matang sempurna maka sambel balado ini diulek dan dibalurkan dengan jengkol yang telah di "batokok" dan rasakan sempurna rasa untuk setiap nasi panas yang akan anda santap di atas piring ini.

#3. JENGKOL SIRAM MINYAK KELAPA MURNI.
Poto credit: cookpad.com

Jenis olahan jengkol atau jariang ini sangat fenomenal bahkan sangat dicari bahkan diburu oleh para perantau Minang. Karena semua bahan yang digunakan terbaik seperti jengkol yang telah digoreng matang kemudian disiapkan sambel cabe hijau, bawang merah, tomat, garam, dan bumbu rahasia lainnya kemudian disiram dengan minyak kelapa murni panas. Semua bahan disatukan dan kemudian minyak yang telah disiram ini akan membuat semua bahan yang dipakai menjadi matang dengan sendirinya. Untuk olahan ini dapat juga ditambahkan teri goreng menjadikan hidangan olahan jengkol ini akan merusak waktu diet anda saat ini.

#4. RENDANG JENGKOL.
Poto credit: bumburesto.com

Anda jangan salah, sekarang ini telah menjadi fenomenal disaat jengkol yang ada diolah menjadi rendang jengkol. Untuk rendang seperti ini jumlahnya masih terbatas bahkan jika ada penjual yang menyediakan varian olahan ini anda harus antri. Bahkan harus dipesan terlebih dahulu karena proses memasaknya cukup rumit membutuhkan waktu yang cukup lama agar aroma jengkol yang disajikan tidak terlalu baru cenderung gurih nikmat. Pastikan saat anda berada di rimah makan yang menyediakan olahan ini maka jangan segan-segan untuk menikmati dengan segera agar kelezatan rendang yang menjadi alternatif pengganti daging ini akan terasa sempurna untuk dinikamti.

#5. KALIO JENGKOL.
Poto credit: padangfood.com

Masakan yang sudah pasti disukai belum menjadi rendang tetapi setengah jalan, banyak yang menyebut rendang muda. Itulah kalio, apalagi ditambah dengan jengkol tentu akan memberikan fenomena rasa yang berbeda. Memang bumbunya sama dengan proses pembuatan rendang pada umumnya tetapi ada rasa yang unik dari kalio tersebut. Disaat bumbu yang dimasak dengan santan yang telah berpadu cukup maka jengkol atau jariang langsung dimasukan agar bumbu yang telah masak ini segera menyatu dengan jengkol yang telah dimasak matang terpisah agar proses pematangan yang diinginkan  cukup tidak keras atau belum matang sempurna. Rasakan kalio jariang ini akan menjadikan makan siang anda akan berbeda, pastinya nasi putih yang tersedia di atas meja tidak akan pernah cukup.


#6. LALAP JENGKOL MUDA.
Poto credit: cookpad.com

Anda jangan salah di Sumatera Barat jengkol muda juga di lalap seperti di daerah Sunda. Dengan rasa yang kres dan pastinya di tambah dengan sambel balado apapun jenisnya akan tetap memberikan rasa yang fenomenal bahkan keunikan keotentikan rasa yang akan menggugah selera telah hadir dari generasi ke generasi. Memang sebagian orang tidak terbiasa tetapi bagi penggila jariang atau jengkol seperti makanan yang sangat sempurna untuk menikmati makan siang akan menikmati waktu tepat lalap jengkol muda ini. Ketersediaan jengkol muda ini memang tidak selalu ada tetapi khusus pemilik pohon akan menyediakan jenis jengkol muda ini karena peminatnya cukup banyak terutama di daerah perkampungan menjadi masakan idola yang tak akan terlupakan.

#7. GULAI JENGKOL.
Poto credit: suara.com

Ada alternatif lainnya yaitu jengkol jariang di gulai dan pastinya ada hal yang menjadi perhatian yaitu gulai yang akan disantap ini lebih baik ada sayur singkong atau "pucuak parancih" jangan lupa ikan teri hingga sediakan sambel balado. Semua aspek penting hidangan ini merupakan varian penting lainnya yang berkuah santan sangat disenangi para perantau Minang apalagi saat anda masuk ke rumah makan di perkampungan di Sumatera Barat yang masih menyediakan menu sangat tradisional ini pastinya memanjakan lidah anda dengan rasa jengkol yang legit rasa berkelas. Jangan khawatir, rasa jengkol yang telah lembut ini terasa seperti ibarat daging dan jika juru masaknya pintar mengolah tidak ada bau khas jengkol lagi. Justru anda anda merasakan gurihnya kuahnya, manisnya sayur singkong ditambah rasa pedas dari sambel menjadi paduan serasi untuk menu makan siang yang telah menggelora keroncongan ini.

#8. OREK JENGKOL.
Poto credit: cookpad.com

Jika anda pernah merasakan orek tempe balado dengan tambahan beberapa elemen penting pengolahan seperti kacang tanah, dan teri maka jengkol yang di potong seperti korek api ini pengganti tempe mampu membius selera penggila jengkol yang ada di Ranah Minang ini sehingga varian olahan jengkol ini sangat fenomenal memberikan nuansa lain saat menikmati nasi hangat di menu makan siang bahkan menu ini sangat laris manis. Bahkan teri ini dapat diganti dengan ikan asin atau ikan mujair mini yang akan meningkatkan rasa si jengkol jariang ini segera rasakan betapa nikmatinya  menu merakyat ini.

#9. JENGKOL SAMBEL HIJAU.
Poto credit: suara.com

Pilihan lainnya tentu mempunyai rasa pedas yang berbeda jengkol yang digoreng segera dicampur dengan sambel hijau ditambah dengan kentang goreng sertakan asin goreng krispi yang masuk dalam pilihan terbaik menikmati jariang yang sangat fenomenal ini. Olahan ini mungkin semua perantau Minang telah mengetahuinya tetapi penjual yang menghidangkannya sangat terbatas. Tetapi anda dapat membuatnya sendiri dengan bahan yang sangat terjangkau harganya sehingga termasuk varian olahan jariang jengkol ini selalu diburu di Rumah Makan Padang. Jengkol sambel hijau ini tentu berbeda dengan sambel yang disiram dengan minyak kelapa panas tetapi dimasak sampai tanak memberikan pesona wisata kuliner lezat yang sangat direkomendasikan untuk disantap.

Olahan menu jengkol ini paling banyak diburu walaupun masih ada jenis varian turunan lainnya yang mampu memberikan wisata kuliner rasa berbeda di Ranah Minang Sumatera Barat. Tetapi tidak harus selalu datang ke Padang dulu untuk menikmatinya, di saat anda mengunjungi rumah makan Padang yang ada di perantauan dan kebetulan ada salah satu olahan menu jariang jengkol ini segera pesan dan jangan tunda lagi untuk tidak dipilih karena kesempatan tidak datang dua kali. Saat anda lengah maka perantau Minang lainnya akan mengambil kesempatan tersebut di menu makan siang ini. Semoga bermanfaat dan masukan di wisata kuliner anda yang tak akan pernah terlupakan ini.

0 Response to "Jenis Variasi Olahan Jengkol Jariang Khas Minangkabau Sumatera Barat "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel