Menguji Kerusakan Touchsreen Layar Di Beberapa Smartphone Berikut Caranya - Masgunggoyo

Menguji Kerusakan Touchsreen Layar Di Beberapa Smartphone Berikut Caranya


Menggunakan smartphone tentunya perkara mudah, namun ada saja kejanggalan-kejanggalan yang terjadi karena disengaja maupun tidak, baik oleh diri sendiri maupun orang lain. Kejanggalan-kejanggalan tersebut salah satunya ialah masalah pada TouchScreen.


Ciri-ciri Malfungsi Touch Screen Pada Layar Smartphone

Dalam beberapa kasus Touch Screen yang mengalami kerusakan pada touchscreen capatitive-nya akan ditandai dengan beberapa tanda berikut yakni:



Pertama, keretakan rambut pada LCD, jika Smartphone tersebut tipe lama dengan LCD TFT yang mana artinya LCD dan TouchScreen menjadi satu, sehingga apabila smartphone tersebut jatuh dan meninggalkan keretakan, ada kemungkinan terjadi mal fungsi di beberapa bagian. Namun apabila layar LCD IPS atau tingkatan lebih lainnya seperti AMOLED, keretakan kecil bahkan hingga LCD mengalami retak-retak parah, kemungkinan besar tidak memengaruhi fungsi TouchScreen.

Kedua, beberapa saat ataupun hari setelah smartphone terjatuh (kemungkinan terbesar layar retak), apalagi sampai meninggalkan bekas retak kecil maupun besar, akan ada bekas tambahan pada LCD yakni perubahan warna atau Dead Pixel yang mengganjal disekitar area keretakan tersebut, terkadang kasus seperti ini bisa menjadi tanda kerusakan lanjutan pada LCD smartphone hingga TouchScreen-nya.

Ciri-ciri diatas merupakan sedikit contoh dari banyaknya cara untuk mengecek kerusakan pada smartphone secara sekilas, umumnya cara-cara diatas digunakan oleh para pengguna awam. Berbeda lagi ceritanya kalau pihak counter yang mengecek.

Apabila kalian mendapati salah satu ciri-ciri diatas pada Smartphone kamu, jangan tergesa-gesa untuk menuju counter, ada baiknya diketahui kebenarannya dengan beberapa cara, ataupun kalau memang terjadi kerusakan, setidaknya kita bisa tahu bagian mana yang megalami gangguan.

Adapun beberapa caranya ada 2, yakni menggunakan Aplikasi, dan Kode rahasia tiap smartphone.

Menggunakan Aplikasi

Menguji Capatitive TouchScreen bisa menggunakan Aplikasi yang banyak tersedia di playstore, namun tidak semua dari playstore bisa digunakan, berikut beberapa aplikasi cek/uji layar yang direkomendasikan.

Touch Screen Test



Aplikasi ini sudah diuji pada beberapa smartphone, baik yang layar normal maupun tidak. Selain itu aplikasi ini tidak banyak memakan ruang, hanya dengan 35 KB sudah bisa menggunakannya, dengan total 500 ribu pendownload, dan 1000 Reviewer dengan nilai 4.5 sudah cukup membuktikan kelayakan.

TouchScreen Test



Aplikasi yang kedua ini lebih cocok apabila ingin mengetahui secara pasti bagian mana dari layar smartphone yang mengalami kegagalan fungsi. Memiliki Review yang sama dengan aplikasi sebelumnya, hanya saja nilai yang diperoleh sebesar 4.3 dibawah dari rekomendasi sebelumnya.

Cara diatas merupakan cara umun yang bisa dicoba di berbagai smartphone, tapi apabila kalian menggunakan Smartphone tertentu seperti Xiaomi, Samsung, Asus, dan Vivo, akan ada bahasan lebih yakni menggunakan kode Rahasia masing-masing.

Menggunakan Kode Rahasia

Seperti namanya, memang beberapa smartphone memiliki kodenya sendiri-sendiri, kode ini digunakan untuk mengetahui beberapa fungsi normal/tidaknya suatu smartphone.

Xiaomi

Untuk kalian yang memiliki handsphone Xiaomi, Ini  langkah-langkahnya:

1.      Cari Aplikasi Telepon

2.      Tekan *#*#64663#*#*

3.      Kemudian cari “Touchpanel Edge”

Samsung

Nah, untuk pengguna Samsung berikut caranya:

1.      Cari Aplikasi Telepon

2.      Tekan *#0*#

3.      Kemudian Cari “Touch”

Asus

Untuk pengguna Asus, caranya agak berbeda dari smartphone yang lain, berikut caranya:

1.      Cari Kalkulator

2.      Tekan .12345+= atau ,12345+=

3.      Kemudian cari “Touch_test”

4.      Tambahan, cari “Display_test” untuk cek LCD

Vivo

Berikut langkah-langkahnya:

1.      Cari Aplikasi Telepon

2.      Tekan *#800#

3.      Kemudian  cari “TouchScreen”

4.      Dan “LCD Test” untuk test LCD



Berikut ialah Artikel mengenai “Cara Menguji Layar di Beberapa Smartphone”

0 Response to "Menguji Kerusakan Touchsreen Layar Di Beberapa Smartphone Berikut Caranya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel