KODE IKLAN DFP 1 Makanan Khas Makassar Wisata Kuliner Wajib Sebelum Liburan Traveling Usai | Masgunggoyo

Recents Posts

    Iklan Atas Artikel

    Makanan Khas Makassar Wisata Kuliner Wajib Sebelum Liburan Traveling Usai

    KODE IKLAN 200x200
    KODE IKLAN 336x280
    Makanan khas Makassar sangat fenomenal bahkan telah menjadi perburuan pecinta wisata kuliner bagi turis yang kebetulan memilih kota ini sebagai tempat wisata dengan destinasi alam yang tidak dapat terlupakan. Banyak sekali olahan kuliner yang dibuat oleh penduduk lokal disana menjadi makanan yang mereka buat menjadi maha karya kuliner bahkan telah ada dari generasi ke generasi. Jika anda sempat bertandang ke kota ini pastikan artikel yang kami buat ini dapat menjadi rujukan penting dan jangan sampai terlupakan setiap jenisnya.

    Keunikan makanan khas Makassar ini dengan kaya rasa dan bumbu ini mampu menghipnotis lidah para traveler dimulai saat icipan pertama hingga tidak bersisa sama sekali. Hidangan yang sangat menggoda baik dari segi hidangan dan aroma ini membuat mimpi anda menjadi kenyataan disaat sebelumya hanya melihat lipuran teman di media sosial saja sekarang sudah langsung di lokasi kota Makassar untuk bergerilya mencari hidangan kuliner di lokasi tempat yang sangat direkomendasikan oleh rekan kami yang telah berkunjung kesana. Nah, anda akan menjadi penasaran makanan khas Makassar apa saja yang harus dinikmati dan tempat yang harus dituju ada pada tulisan artikel kami ini sehingga anda mendapatkan apa yang dicari, berikut penjelasan lengkapnya:


    Khas-Kendari-Sulawesi-Tenggara: Makanan, Minuman, Cemilan, Serta Oleh-Oleh

    #1. COTO MAKASSAR.
    Lokasi: Jl. Nusantara Baru No.142, Ende, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
    Jam Operasional: Senin-Minggu Pukul 06.30 WITA - 18.00 WITA
    Harga: Mulai dari IDR15,000 per porsi

    Poto credit: spiritriau.com

    Menu paling dicari saat berada di kota Makassar adalah Coto Makassar. Hidangan fenomenal dan paling banyak direkomendasikan ini harus masuk dalam daftar santapan pertama segera menggoyang lidah. Kuah yang sangat kaya rempah dan bumbu ini sangat terasa sampai tetes terakhir. Cocok sekali menu makan siang dan makan malam di saat cuaca dingin musim hujan akan terasa hanget dan porsi tambah tidak bisa terhindarkan. Bahkan hidangan yang sebagian traveler menyebutnya menu hasil olahan maha karya dari Makassar ini telah menjelma sebagai wisata kuliner yang tidak tergantikan.

    Satu porsi hidangan Coto Makassar ini akan berisi potongan daging sapi yang sangat banyak dengan kuah yang sangat berbumbu bahkan sangat kental, sebagai toping akan ditambahkan bawang goreng dan daun bawang untuk memperkuat kuah menjadi nendang. Pastinya, didampingi dengan ketupat akan menemati coto ini siap-siap keringat akan keluar saat anda menikmati hidangan ini. 

    #2. KONRO.
    Alamat: Jalan Gunung Lompo Battang No.41-43, Pisang Utara, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
    Jam Operasional: Senin-Minggu Pukul 10.00 WITA - 22.00 WITA
    Harga: Mulai dari IDR30,000 per porsi
    Poto credit: backpackerjakarta.com

    Hidangan makanan khas Makassar lainnya bernama Konro yang tersaji dari bagian iga daging sapi yang pastinya menggunakan bumbu yang sangat lengkap dan aroma harum dan menggoda selera. Bahan bumbu dari air asam jawa, kayu manis, dan bumbu rahasia lainnya ini ada sedikit hitam yang berasal dari kluwak. Sajian hidangan yang mirip sup ini sangat dahsyat rempah yang digunakan ini cocok sekali disantap saat panas dan sepiring nasi hangat.

    Menikmati hidangan ini pastinya setiap orang berbeda ada suka sebagai sarapan pagi atay bahkan makan malam, sesuaikan kesempatan untuk menu makan siang juga dapat dilakukan. Banyak sekali ulasan yang sangat positif terhadap menu sup Konro ini karena terasa sekali bumbu meresap sampai ke dalam daging tidak akan rela kuah sup ini tidak dihabiskan dampai dengan tetes akhir.

    #3. SOP SAUDARA.
    Alamat: Jalan Dokter Wahidin Sudiro Husodo No.40, Pattunuang, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
    Jam Operasional: Senin-Minggu selama 24 jam
    Harga: IDR15,000 per porsi
    Poto credit: merahputih.com

    Memang untuk hidangan ini sebenarnya berasal dari kota diluar Makassar yaitu tepatnya di Pangkep masih dalam wilayah Sulawesi Selatan. Pastinya rasa masakan ini sangat fenomenal sekali bahkan sulit untuk melupakan kualitas hidangan saat anda traveling ke sana. Sebuatan sop yang harus anda coba ini saat disajikan dicampur dengan bihun dan kentang yang telah dimasak kering tentu akan terasa lebih kaya rasa dan anda akan selalu berburu wisata kuliner di saat liburan traveling kesana.

    #4. PALUBASA.
    Alamat: Jalan Serigala, Mamajang Dalam, Mamajang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
    Jam Operasional: Senin-Minggu Pukul 09.00 WITA - 20.00 WITA
    Harga: Mulai dari IDR13,000 hingga IDR15,000
    Poto credit: wisataku.id

    Menu makanan yang sangat mirip dengan Coto Makassar ini tetapi terbuat dari jenis jeroan dari sapi atau kerbau, dan pastinya proses olahan masaknya cukup panjang dan lama. Hal prinsip yang membedakannya adalah menu pendampingnya untuk satu porsi hidangan. Pallabasa ini dinikmati dengan sepiring nasi hangat sangat cocok sekali untuk makan siang. Saat sekarang ini ada selera dari pembeli ingin ditambahkan dengan irisan daging untuk satu porsi agar menjadi lebih lengkap untuk satu sendok yang akan memulai kuliner penting ini.

    #5. PALLUMARA.
    Alamat: Jalan Prof.Dr. Abdurrahman Basalamah No.99A, Karampuang, Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
    Jam Operasional: Senin - Minggu, 09.00 WITA - 22.00 WITA
    Harga: Mulai dari IDR30,000
    Poto credit: makassar.terkini.id

    Makassar yang terletak di daerah pesisir laut ini hadir olahan sea food yang kaya dan sangat juara rasanya. Jenis makanan khas Makassar yang harus anda coba adalah Palumara jenis hidangan berbahan dasar ikan. Hidangan sup ikan warna kuning dari kunyit ini mirip dengan hidangan dari daerah Indonesia lain yaitu ikan asam manis. Jenis sea food yang digunakan adalah kepala kakap merah atau jenis tongkol dapat menjadi bahan utamanya. Sup ikan ikan ini dapat terhidang dengan sepiring nasi hangat dan cocok sekali di musim dingin yang akan menemani wisata liburan anda. 

    #6. BARONGKO.
    Alamat: Jalan Serui No.19, Pattunuang, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
    Jam Operasional: Senin - Minggu, 08.00 WITA - 20.00 WITA
    Harga: Mulai dari IDR3.500 per buah.
    Poto credit: steemkr.com

    Ini lah kue basah yang sangat digemari bahkan sangat khas Makassar dengan rasa yang rasanya manis dan lembut saat dikunyah. Barongko pada proses pembuatannya menggungakan cetakan khusus dan lebuh cemerlang hasilnya dibungkus dengan daun pisang. Untuk menikmati makanan khas Makassar ini sesuai dengan selera apakah panas atau dingin mempunyai sensasi tersendiri. Jadi masukan Barongkok ke wisata kuliner anda saat berada di Makassar.

    #7. PISANG EPE.
    Alamat: Jalan Penghibur, Losari, Maloku, Ujung Pandang, Maloku, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
    Jam Operasional: Senin - Minggu, Pukul 16.00 WITA - 24.00 WITA
    Harga: Mulai dari IDR10.000 hingga IDR12.000 per porsi.
    Poto credit: masfikr.com

    Saat anda berada di pantai Losari banyak sekali penjual kudapan ringan bahkan sangat khas sekali di kota Makassar yaitu Pisang Epe. Pisang kepok yang dibakar diatas bara api ini akan mengeluarkan aroma harum yang semerbak dan dipipihkan dengan alat yaitu dua kayu kemudian pisang diberikan toping aneka rasa seperti gula merah, air daun pandan, durian, susu kental manis, dan lain sebagainya. Saat menikmati suasana sore di pantai sangat cocok sekali ditemani dengan makanan khas Makassar ini dan pastinya fenomenal sekali banyak penjual yang menghidangkan menu ini setiap hari.

    #8. ES PALU BUTUNG.
    Alamat: Jalan Sultan Alauddin Nomor 27, Mangasa, Tamalate, Mangasa, Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
    Jam Operasional: Senin - Minggu, Pukul 09.00 WITA - 21.00 WITA
    Harga: Mulai dari IDR10.000 hingga IDR15.000 per porsi
    Poto credit: goodindonesianfood.com

    Minuman es khas Makassar ini sudah sangat fenomenal bahkan sudah menghipnotis para traveler yang sudah berkunjung ke tempat ini karena sensasi rasa yang sangat menyegarkan bahkan rasa manis di musim panas cocok sekali untuk menemani waktu senggang, pastinya anda akan ada rasa ingin nambah satu porsi lagi karena ada potongan pisang manis yang dibalut dengan kulit warna hijau ini disajikan dengan bubur sumsum ditambah dengan susu kental manis, es serut, disiramkan dengan sirup merah di wadah mangkuk. 

    #9. GOGOSO.
    Alamat: Jalan Serui No.19, Pattunuang, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
    Jam Operasional: Senin - Minggu, Pukul 08.00 WITA - 20.00 WITA
    Harga: Mulai dari IDR10,000 untuk dua gogoso dan satu telur asin
    Makanan jenis camilan yang banyak hadir di hari penting umat Islam yaitu Lebaran ini dihidangkan dengan telur asin. Gogoso dapat dikatakan kudapan dari beras ketan dengan proses memasaknya dibakar dan dibungkus dengan daun pisang. Kesukaan suku Bugis Makassar ini masih dapat dinikamti karena masih anda penjual yang tetap ingin menghadirkannya selain hari besar diatas. Rasanya yang sangat sedap dan gurih ini pastinya harus masuk dalam wisata kuliner anda selama traveling ke Makassar nanti.

    #10. KAPURUNG.
    Alamat: BTP Bumi Tamalanrea Permai, Jalan Tamalanrea Raya Blok C No.12A, Tamalanrea, Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
    Jam Operasional: Senin - Minggu, Pukul 10.00 WITA - 22.00 WITA
    Harga: Mulai dari IDR15,000 per porsi
    Hidangan yang menggunakan daging ayam yang ditambah dengan campuran jenis sayuran dan tepung sagu ini yang tetap menjadi incaran para traveler adalah bernama Kapurung. Sajian yang masih tradisional dan harus anda coba ini juga ada di Luwu dan Palopo. Masih dibuat secara tradisional ini mempunyai rasa asam manis dan segar yang tetap eksis sampai sekarang ini walaupun anda masih berada di kota Makassar masih sangat mudah ditemukan penjualnya. 

    #11. MIE TITI.
    Alamat: Jalan Boulevard No.25, Masale, Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
    Jam Operasional: Senin - Minggu, Pukul 10.00 WITA - 02.00 WITA
    Harga: Mulai dari IDR15.000 untuk satu porsi besar
    Dengan sajian yang menjadikan lidah anda tidak akan berhenti menikmati lezatnya kuliner khas Makassar ini coba Mie Titi Panakukang sebagai asal dari mie ini yang menjadi fenomenal ini. Rasanya sangat gurih dan lezat dengan isian yang sangat berlimpah ruah dimulai dari daging sapi hingga sea food ditambah dengan sayuran yang lezat menyehatkan ini. Porsi yang sangat luar biasa besar prosinya ini harus menjadi pilihan terbaik untuk kuliner selama di Makassar.

    #12. PALLU CE'LA.
    Alamat: Jalan Pangeran Diponegoro No.95, Melayu, Wajo, Melayu, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
    Jam Operasional: Senin - Minggu, Pukul 11.00 WITA - 21.00 WITA
    Harga: Mulai dari IDR15.000 per porsi
    Poto credit: cookpad.com

    Jika anda pecinta hidangan ikan di Makassar ada menu yang harus anda coba bernama Pallu Ce'la yang terbuat dari pilihan jenis ikan seperti ikan cakalang, ikan Bolu, Sibula', Layang, atau Tembang. Penggunaan bumbu sangat sederhana sekali dan pastinya mengahasilkan hidangan yang sangat lezat. Walau sederhana peminan kuliner sangat banyak dan sudah mencicipi sekali anda tidak akan pernah melupakan. 

    #13. BEBEK PALEKKO.
    Alamat: alan Tamalanrea Raya BTP Blok C No 27 A, Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
    Jam Operasional: Senin - Minggu, Pukul 09.00 WITA - 22.00 WITA
    Harga: Mulai dari IDR40,000 untuk bebek kecil dan IDR55,000 per porsi untuk bebek ukuran besar.
    Poto credit: makassarkuliner.com

    Para pecinta daging bebek di Makassar ada makanan khas yang harus dicoba bernama Bebek Palekko. Daging yang empuk dan paling favorit oleh penduduk lokal dan turis telah menjadi destinasi wisata kuliner. Hidangan khas dari Bugis ini pastinya daging yang dicincang. Rasanya gurih dan pedas cocok sekali untuk makan siang khusus anda yang suka rasa ini harus segera cicipi dan dapat dinikmati dengan sepiring nasi hangat.

    #14. BURASA.
    Alamat: Jl. Bete-Bete No.35, Barana, Kec. Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
    Jam Operasional: Senin - Minggu, Pukul 07.30 WITA - 20.00 WITA
    Harga: Mulai dari IDR5.000
    Poto credit: en.wikipedia.org

    Makanan khas Makassar yang terbuat dari beras mirip lontong ini dengan tekstur lembut yang dibungkus dengan daun pusang disantap diberi toping taburan jenis kelapa kering, cabai, garam, dan gula. Sangat banyak sekali penjual yang menjajakan makanan khas ini khususnya di pasar tradisional dan beberapa tempat penjual kue dan makanan. Bersegera untuk menikmati hidangan ini dan rasakan keunikan sajian menggugah selera ini.

    #15. SANGKOLO BAGADANG.
    Alamat: Jl. Pannara No.19, Antang, Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
    Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
    Harga: Mulai dari IDR5,000 per porsi
    Poto credit: eljohnnews.com

    Saat lapar tengah malam sudah tentu pasti hidangan yang ada di Makassar ini akan menemani waktu yang sangat berharga apalagi anda yang suka melek tengah malam harus mencoba sangkolo bagadang. Nasi ketan hitam atau putih sebagai pilihan ini ditaburi dengan parutan kelapa sangrai dan serundeng sangat digemari bahkan mempunyai pesona tersendiri untuk mengguncang lidah anda. Ada juga traveler menambah dengan telor atau sambel kuning hingga teri asin tentu memberikan pesona rasa tersendiri. Menurut penduduk hidangan ini banyak dijumpai saat ada acara adat di Sulawesi Selatan dan beruntunglah anda saat menyantap hidangan ini saat berada di Makassar akan menjadi terhormat mencicipi rasanya masakan khas yang menjadi penting di acara adat.

    #16. SARABBA.
    Alamat: Jl. Bulu Saraung, Pisang Utara, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
    Jam Operasional: Senin - Minggu, Pukul 07.30 WITA - 22.00 WITA
    Harga: Mulai dari IDR7.500 s/d IDR10,000 untuk jenis sarabba yang tersedia.
    Poto credit: beritagar.id

    Minuman kesehatan khas juga ada di Makassar, mirip minuman tradisional yang ada di daerah lain seperti STMJ, wedang uwuh, nah disini anda harus mencoba yaitu minuman Sarabba. Minuman kesehatan yang terbuat dari bahan-bahan yang sangat sehat seperti kuning telur, campuran jahe, merica bubuk, gula aren diracik hingga menjadi minuman yang hangat. Sensasi minum di cuaca dingin di malam hari inilah jagoannya di Makassar. Cukup terjangkau dan banyak penjual yang menjajakan minuman ini khususnya bagi pengunjung yang butuh minuman hangat di malam hari ya pasti mencari Sarabba. Sarabba adalah minuman-khas-Makassar sehat dan menyehatkan bagi tubuh.

    #17. KONRO BAKAR.
    Alamat: Jalan Gunung Lompo Battang No.41-43, Pisang Utara, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
    Jam Operasional: Senin - Minggu, Pukul 11.00 WITA - 23.00 WITA
    Harga: Mulai dari IDR40.000 per porsi
    Setelah anda menikmati sop konro yang sangat fenomenal bagi lidah traveler, sekarang ada varian lain yaitu konro bakar. Menu spesial dan memberikan nuansa baru untuk sebuah menu makanan khas Makassar ini telah menjelma sebagai pilihan yang tidak akan pernah terlewatkan. Iga yang ada daging masih melekat di tulang pastinya dari sapi pilihan ini diracik dengan bumbu yang sangat komplit sehingga anda akan menikmatinya disaat bumbu yang menyatu di konro bakar akan belepotan di bibir. Tidak usah malu karena setiap penikmat konro bakar akan merasakan situasi ini dan terasa nikmat dengan hidangan nasi panas yang menggelora selera makan.

    #18. SOP UBI.
    Alamat: Jl. Datumuseng (Dalam Lorong) (Samping RS Stella Maris), Makassar, Sulawesi Selatan
    Jam Operasional: Senin - Minggu, Pukul 10.00 WITA - 22.00 WITA
    Harga: Mulai dari IDR20,000 per porsi
    Poto credit: beritamks.com

    Olahan masakan khas Makassar lainnya yaitu terbuat dari ubi yang tentu memberikan citra rasa baru yang berbeda hadir di pilihan wisata kuliner anda nanti. Bentuk sop yang isiannya ubi dipotong kecil ditambah dengan telur, toge, bihun, bawang goreng, daun bawang, potongan daging. Hidangan ini sangat cocok sekali disantap masih panas dan akan tambah sempurna lagi rasanya jika anda menambahkan jenis kerupuk kesukaan. Jadi, jangan pernah lewatkan menu sop ubi ini karena telah menjadi destinasi pilihan traveler di wisata kuliner nanti.
    KODE IKLAN 300x 250
    close
    ==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
    KODE IKLAN DFP 2
    KODE IKLAN DFP 2