Persiapan Penting Saat Liburan Ke Pulau Impian: Jangan Sampai Terlupa Sebelum Berangkat - Masgunggoyo

Persiapan Penting Saat Liburan Ke Pulau Impian: Jangan Sampai Terlupa Sebelum Berangkat

Musim kemarau sudah menjelang saatnya persiapan penting untuk mengisi liburan ke pulau impian harus segera siapkan segera. Semua pesona pulau dan pantainya yang sangat fenomenal ini tentu harus dilengkapi semua perlengkapan akan dibawa dan dipakai selama anda menghabiskan waktu liburan di sana. Hal ini juga berlaku hampir seluruh pulau yang mempesona di Indonesia yang sedang trending topik di media sosial seperti Pulau Seribu, Pulau Pahawang, Pulau Weh, Pulau Langkawi Malaysia, Pulau Tidung, Pulau Karimunjawa, Pulau Angso Duo Padang Pariaman Sumatera Barat,  Kawasan Mandeh Sumatera Barat, Pulau Sikuai, Pulau Mentawai, Pulau Nias, Pulau Derawan dan lain sebagainya. Keseluruhan pulau eksotis ini harus menjadi destinasi wisata pilihan disaat anda merencanakan jauh-jauh hari berbarengan dengan persiapan penting menjelang liburan ini telah mendekati hari keberangkatan.

Poto credit: bantenwisata.com

Dengan banyaknya pencarian khususnya rekan yang ingin mengetahui apa saja persiapan penting yang harus dipersiapkan sekarang juga sebelum melakukan perjalanan ke pulau terbaik yang ada di Indonesia ini ada beberapa tips yang harus anda ketahui sebelum perjalanan dimulai. Semoga artikel yang kami sampaikan ini dapat menjadi pedoman minimal petunjuk yang harus anda lakukan agar semua fenomena pulau ekstotis ini menjadi pengalaman yang tidak akan pernah anda lupakan sepanjang masa. Berikut penjelasan lengkapnya:

#1. Segera Konsumsi Cukup Makanan Bergizi Sehat.
Saat waktu sudah dekat perjalanan ke pulau pastikan kondisi tubuh telah mengkonsumsi makanan bergizi sehat agar kestabilan tubuh tetap terjaga dengan baik. Mengisi perut harus agar kenyamanan perjalanan tidak terjadi hal yang menghambat seperti masuk angin hingga sakit tubuh tidak kuat melangkah kaki. Tubuh harus tetap sehat agar perjalanan anda untuk memulai wisata bahari ini tetap sesuai dengan rencana yang telah dibuat.

#2. Gali Informasi Sebanyak Mungkin Pulau Tujuan.
Banyak sekali informasi yang telah ada di internet untuk diketahui dan anda harus rajin mencarinya. Informasi sangat penting diketahui agar anda memulai perjalanan ke pulau tujuan menjadi terbuka luas, apa saja yang akan merintangi hingga transportasi yang digunakan. Tentu saja ada hal tertentu yang harus dihindari atau pantangan agar kestabilan perjalanan nanti dapat anda raih sempurna. Perlu diketahui di pulau tujuan harus segera beradaptasi dengan penduduk setempat dan ikuti pengalaman rekan yang telah melakukannya supaya anda dan rombongan dapat diterima oleh penduduk lokal disana.

#3. Hitung Waktu Selama Perjalanan Ke Pulau Tujuan.
Pastinya saat anda ingin melakukan perjalanan ke pulau harus menghitung waktu yang cukup dimulai dari berangkat dari rumah, menyeberang, hingga lama waktu sampai ke pulau tujuan. Memperkirakan waktu tempuh yang akan dilalui ini sangat penting, berapa jam di perjalanan darat, saat menggunakan kapal untuk menyeberang, hingga semua hal yang akan merintangi perjalanan nanti. Hal ini sangat penting agar persiapan anda menjadi lebih optimal dan terarah sesuai dengan persiapan waktu yang cukup.

#4. Pahami Jadwal Keberangkatan Kapal Saat Menyeberang Pulau.
Setiap akan menyeberang pulau pastinya telah ada jadwal keberangkatan kapal yang tersedia, jadwal ini memang telah menjadi ketetapan dari pengelola kapal tetapi terkadang disesuaikan dengan permintaan khusus lokasi pulau tertentu yang masih sepi jumlah penduduk yang akan menggunakan jasa kapal untuk berpindah. Dengan kondisi seperti ini anda harusnya meneliti jadwal kapal yang sesuai dengan waktu keberangkatan yang dipilih, jangan sampai saat anda berada di dermaga kapal telah berangkat atau tidak tersedia pada waktu itu bahkan lusa baru ada. Nah, informasi lengkap ini harus anda dapatkan jika perlu harus melakukan kontak ke pengelola kapal untuk konfirmasi ulang jadwal kapal yang akan anda ambil saat menyeberang ke pulau tujuan.


#5. Sebaiknya Menyeberang Pada Pagi Hari.
Rekomendasi terbaik untuk sampai ke pulau tujuan sebaiknya naik kapal untuk menyeberang di pagi hari. Pesona perjalanan di pagi hari sangat banyak keuntungannya seperti anda bisa dapat melihat langsung suasana penyeberangan dan pastinya pemandangan menjadi daya tarik tambahan di saat cuaca cerah jika beruntung dapat melihat ikan yang menyambut anda saat melakukan perjalanan. Tidak direkomendasikan menyeberang di malam hari karena banyak kerugian yang akan dialami, seperti ombak laut di malam hari terkadang sulit untuk diprediksi, terlihat tenang dapat menjadi gelombang yang sangat tinggi secara tiba-tiba. Pastinya pemandangan di malam hari lebih banyak gelap tidak terlihat apa-apa menjadikan perjalanan tidak menyenangkan.

#6. Selalu Pantau Prakiraan Cuaca.
Sekarang ini sudah mudahnya mendapatkan informasi prakiraan cuaca dari smartphone secara real time online. Bahkan untuk prakiraan dapat dilihat satu minggu ke depan dengan keakuratan sampai dengan 80%. Fenomena alam memang harus selalu dipantau di saat akan masuk perjalanan liburan ke pulau ini supaya antisipasi tindakan yang akan dilakukan dapat meminimalisir ketidaknyamannya sehingga trip ini tetap berjalanan dengan baik walaupun ada pertimbangan lain yang menyertai. Cuaca sangat penting untuk diikuti karena akan menjadi rintangan anda untuk sampai ke pulau tujuan, jika cuaca baik maka pesona perjalanan akan tetap terjaga sampai waktu perjalanan yang akan ditempuh selesai sempurna.

#7. Waspada Mabuk Perjalanan.
Pastikan anda harus waspada dengan mabuk perjalanan yang sebagian turis sangat memperhatikannya seperti saat kapal menerjang ombak ada guncangan membuat perut mual. Mabuk perjalanan ini memang sangat unik disaat anda menikmati perjalanan muncul secara tiba-tiba sehingga trip yang dilakukan menjadi sedikit terhambat. Rekomendasi terbaik yang dilakukan oleh para turis adalah minum obat sebelum perjalanan sehingga kenyamanan selama naik kapal tetap dalam kondisi baik dan pastinya trip liburan ini menjadi pengalaman yang tidak pernah anda lupakan sepanjang masa.

#8. Selalu Membawa Pakaian Tebal Seperti Jaket.
Tentu saja saat naik kapal akan akan merasakan angin yang cukup kencang apalagi setelah hujan akan terasa menusuk tulang. Perlengkapan pakaian tebal seperti jaket harus dibawa agar memberikan kehangatan tubuh tetap stabil bahan jenis wol sangat direkomendasikan. Bahkan pilihan lainnya adanya elemen waterproof melekat di jaket tentu memberikan aspek positif sehingga air yang terciprat tidak membasahi semua pakaian dan kenyamanan masih dalam zona aman. Pilih jaket yang terbaik sesuai dengan karakter anda karena perlengkapan ini akan melindungi selama anda trip tidak hanya pada proses penyeberangan dengan kapal saja, tentu saja di malam hari saat berada di pulau impian.

#9. Bawa Tabir Surya Sunblock.
Untuk melindungi kulit saat anda bermain di pantai, berenang, hingga duduk manja di pepohonan cantik di pulau pastikan sunblok sekaligus tabir surya melindungi kulit dari sengatan sinar matahari yang cukup kuat harus dipakai. Untuk jenis dan mereknya disesuaikan dengan pilihan anda, banyak sekali merek terkenal yang telah banyak membantu para turis yang melakukan aktifitas outdoor seperti ini dengan harga yang sangat terjangkau. Pastikan ukuran yang dibeli disesuaikan dengan kebutuhan sehingga budget perjalanan masih dalam zona hemat. Untuk rekomendasi yang disarankan oleh dermatologist adalah 30 SPF.

#10. Hindari Sewa Pakaian Renang.
Hindari sewa pakaian renang di pulau karena mempertimbangkan aspek kesehatan kulit. Anda pasti tidak akan mengetahui kondisi kesehatan para turis yang telah memakai pakaian renang ini sebelumnya sehingga was was terhadap terjangkiti penyakit sangat menjadi perhatian. Sebaiknya anda membawa pakaian renang sendiri agar kenyakinan terhadap kesehatan kulit yang anda inginkan segera didapatkan tanpa ada keraguan. Jangan khawatir, harga pakaian renang ini sangat terjangkau dan pastikan pilih yang memang sesuai peruntunkannya dan kenyamanan saat dipakai harus anda perhatikan selalu.

0 Response to "Persiapan Penting Saat Liburan Ke Pulau Impian: Jangan Sampai Terlupa Sebelum Berangkat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel