Tips Aman Mudik Menggunakan Mobil Kendaraan Pribadi - Masgunggoyo

Tips Aman Mudik Menggunakan Mobil Kendaraan Pribadi

Mudik sudah dekat dan banyak sekali para perantau ingin menggunakan kendaraan mogil pribadi sebagai cara paling mudah untuk membawa semua anggota keluarga ke kampung halaman. Memang dengan membawa kendaraan pribadi sebagai solusi paling jitu jika dihubungkan dengan keuangan yang pas-pasan jika dibandingkan berangkat dengan kendaraan umum tentu menghabiskan biaya yang sangat besar. Pastinya ada efek lainnya pastinya dengan membawa anggota keluarga akan menimbulkan rasa tidak nyaman lainnya stress dan berjubelnya para pemudik lainnya menggunakan transportasi publik lainnya seperti pesawat udara, kereta api, hingga bus antar kota antar provinsi. Fenomena seperti ini pastinya akan merasakan kejemuan hingga stress yang berlebihan sehingga anda dan keluarga harus berangkat mudik ke kampung halaman lebih cepat untuk menghindari ketidaknyamanan ini. Apa saja tips mudik menggunakan mobil kendaraan pribadi saat ingin pulang ke kampung halaman di tahun ini, berikut penjelasan lengkapnya:

#1. Periksa Kondisi Fisik Kendaraan Mobil Pribadi.
Poto credit: alotoindo.com

Sebelum melakukan perjalanan jaluh mudik pulang kampung pastikan kendaraan mobil pribadi ini telah melakukan periksa kondisi fisik baik telah dilakukan perawatan service berkala hingga pengecekan kestabilan kenyamanan perjalanan nanti. Sebaiknya kendaraan di cek ke service ATPM resmi agar semua aspek keamanan selama perjalanan nanti dapat anda dapatkan sempurna. Hindari ke bengkel yang tidak mempunyai reputasi baik justru akan memberikan hal yang tidak nyaman saat perjalanan jauh nanti.

#2. Perlengkapan Mobil Telah Lengkap: Ban Serap, dan Tool Kit.
Poto credit: carsome.id

Perlengkapan penting ini sangat penting dan harus tersedia di bagase belakang di saat terjadi bocor ban pelu ekstra ban serap dan tool kit yang akan membantu driver untuk mengganti dan siap melanjutkan perjalanan berikutnya. Jangan pernah anggap sepele perlengkapan penting ini karena sudah pasti tersedia cukup saat anda membeli mobil pribadi di pertama kali.

Cek kembali kelengkapannya sebelum berangkat dari rumah agar tidak ketinggalan, saat perjalanan mudik tetap nyaman walaupun ada situasi ban bocor anda dapat mengganti secepatnya tanpa harus menunggu bantuan lagi di saat jalan jauh dari bengkel.

#3. Siapkan Charger Gadget Jika Dibutuhkan.
Poto credit: thegadgetflow.com

Memang gadget telah menjadi alat yang sangat vital apalagi anda sudah menggunakannya semua aktifitas selama perjalanan mudik seperti menggunakan map hingga akses semua media sosial hingga informasi seputar mudik yang harus anda dapatkan agar tidak terjadi kesalahan di saat terjadi pengalihan arus kendaraan untuk masuk ke daerah tertentu. Jika perlu anda harus mencari jalur alternatif lainnya agar terhindar dari macet yang hanya di dapat dari akses internet dari smartphone hingga map terpisah yang banyak dijual di pasaran seperti alat navigasi yang terbaru untuk menuju lokasi jalan terbaik sampai ke jalan utama sampai ke kampung halaman.

#4. P3K Serta Obat Penting Seluruh Keluarga.
Poto credit: verywellhealth.com

Perlindungan seluruh anggota keluarga yang ikut bersama anda dengan mobil kendaraan pribadi pulang mudik kali ini harus membawa P3K serta obat penting lainnya agar selama perjalanan nanti dapat menjadi pertolongan pertama disaat salah satu dari mereka jatuh sakit. Obat yang paling utama dibawa adalah obat luka, perban, obat sakit perut, masuk angin, balsem, obat mabuk perjalanan, dan lain sebagainya jenis tertentu yang wajib dibawa. Pastikan semua jenis obat yang dibawa memang berguna dan berhubungan dengan situasi dan kondisi paling akan banyak terjadi menjadi prioritas.


#5. Kunci Pengaman Tambahan Manual Posisi Di Stir Mobil.
Poto credit: news.ralali.com

Walaupun sebagian dari perantau menyepelekannya tetapi kunci manual yang digunakan di stir mobil menyangkut di porseneling dan rem mobil ini berguna untuk memberikan aspek keamanan tambahan walaupun mobil telah dilengkapi dengan remote control yang lebih canggih. Tidak ada ruginya anda menyiapkan kunci ekstra tambahan ini memberikan kenyamanan saat mobil parkir berhenti di tempat yang lama terkadang anda harus full waktu bersama keluarga untuk silaturahmi.

Jadi, persiapan ini untuk sebagian perantau yang akan pulang mudik sesuaikan dengan kebutuhan disaat mobil idaman keluarga dibawa perjalanan jauh harus diberi kunci lebih lengkap agar terjaga keamanannya.

#6. Kabel Aki Jumper.
Poto credit: carmudi.co.id

Memang tidak dapat diprediksi terkadang aki khusus untuk mobil matic saat kemampuan aki tidak kuat untuk starter mobil tidak bisa hidup sehingga perjalanan anda terhambat. Kabel jumper ini berguna saat anda konvoi bersama kendaraan keluarga lainnya dan ingin menghidupkan kembali mobil dibantu listrik dari aki lain supaya kemampuan aki mobil anda menjadi maksimal. Alangkah lebih baiknya saat berjalan jauh anda mempersiapkan aki baru supaya tidak tergantung dengan kabel jumper ini saat perjalanan mudik ke kampung halaman.

#7. Roof Box Barang.
Poto credit: sg.carousell.com

Untuk menciptakan kabin penumpang menjadi lebih lapang dapat anda menyiapkan roof box diatas mobil menempatkan barang yang besar tersusun rapi. Untuk desain roof box barang ini telah terdesain dinamis dan memang disesuaikan dengan mode mobil yang anda miliki sehingga kenyamanan anda berkendara tetap terasa dan kabin penumpang terasa lebih lapang dan barang penting saja berada didalamnya. Jadi, kegalauan anda mengenai barang yang cukup banyak dibawa ke kampung halaman solusi roof box ini adalah pilihan terbaik dan pastikan plastik pembungkus barang-barang ini harus rapi agar tidak basah jika terjadi hujan deras selama perjalanan.

#8. Sediakan Tempat Sampah Dalam Mobil.
Poto credit: bukalapak.com

Menjaga kebersihan harus menyediakan tempat sampah mini di dalam mobil, jangan pernah membuang sampah ke luar mobil apalagi anda memasuki perjalanan di hutan. Sampah botol bekas makanan harus anda kumpulkan di tempat sampah tersebut dan alam selama anda diperjalanan tidak tempat pembuangan sampah yang anda buat. Anda pernah melihat tidak betapa banyaknya sampah para pemudik yang seenaknya membuang sampah ke luar mobil dan merasa tidak bersalah dengan perbuatan ini. Anda sebagai pemudik yang mempunyai attitude terpelajar tidak akan melakukan buang sampah koboi seperti ini dan menyiapkan tempat sampah sendiri kemudian dibuang di tempat sampah di pemberhentian mobil atau di tujuan nanti.

#9. Selalu Cek Tekanan Angin Ban Sebelum Perjalanan Jauh.
Poto credit: toyota.astra.co.id

Perlu anda perhatikan tekanan angin ban harus terstandar ditetapkan oleh ATPM supaya kenyamanan anda selama perjalanan jauh tetap anda rasakan. Apabila tekanan udara kurang akan memberikan dampak kepada batik ban akan cepat rusak apalagi disisi pinggir depan akan terlihat cepat aus hingga retak-retak di jangka pendek jika tidak anda perhatikan secara khusus. Jadi, ban harus menjadi perhatian penting karena tumpuan perjalanan ini ada di keempat roda ini sehingga semua anggota keluarga yang ikut merasa aman dan terhindar dari kecelakan lalu lintas.

#10. Siapkan Uang Tunai Secukupnya.
Poto credit: dream.co.id

Untuk menghindari perampokan atau pencurian selama perjalanan nanti pastikan anda mempersiapkan uang tunai secukupnya. Dengan perhitungan yang cermat saat anda mulai berangkat hingga transaksi yang terjadi selama di jalan nanti harus cukup bahkan ada pegangan sedikit jika terjadi hal emergency. Anda juga dapat melihat sekarang ini telah banyak tersedia ATM di sepanjang perjalanan mudik terutama telah memasuki kawasan perkotaan, jika kuarang yang tunai dapat anda tarik disana. Secukupnya penting agar terhindar dari perampokan atau hal yang mengundang kriminalitas selama perjalanan mudik nanti.

#11. Selalu Pastikan BBM Harus Terisi Penuh.
Poto credit: tirto.id

Jangan pernah remehkan masalah BBM {Bahan Bakar Minyak} khusus kendaraan anda, selalu dalam posisi penuh dan apabila sudah mendekati setengah anda harus segera mengisi kembali sampai penuh agar kenyamanan anda selama perjalanan nanti tetap anda rasakan. Pastinya, selama perjalanan jauh konsumsi BBM akan meningkat apalagi penggunaan AC di saat siang hari. Jadi, jangan pernah anggap remeh dengan situasi segera lakukan apabila telah melihat jarum penunjuk telah berkurang telah bersiap-siap untuk melakukan pengisian.

#12. Jangan Membuat Kondisi Kabin Penuh Penumpang.
Poto credit: dumielauxepices.net

Anda menggunakan kendaraan mobil pribadi untuk pulang mudik ke kampung halaman dengan kondisi kabin penuh dengan penumpang. Efek yang dirasakan tentu kabin akan terasa sempit bahkan anda yang membawa anak-anak akan cepat terasa bosan hingga menangis selama perjalanan akan menimbulkan efek ketidaknyamanan tingkat tinggi sehingga semua anggota keluarga lain akan merasakannya. Posisi duduk depan dan tengah saja anda isi dengan anggota keluarga dan kursi bagian belakang khusus meletakan barang-barang dan tempat istirahat sopir satu atau sopir dua saat terjadi pergantian membawa mobil.

#13. Persiapan Makanan Minuman Cukup Selama Perjalanan.
Poto credit: kumparan.com

Tentu saja saat sekarang ini pulang mudik masih dalam kondisi puasa Ramadhan, dan ada keluarga yang masih berpuasa dan anak-anak tidak melaksanakannya karena posisi zona musafir. Mempersiapkan makanan minuman yang cukup sangat penting diperhatikan agar tidak terjadi dehidrasi atau kurang tenaga saat posisi istrirahat atau saat berbuka puasa. Pilih makanan minuman yang sehat dan pastinya direkomendasikan agar memberikan energi stamina dan akan membantu seluruh anggota keluarga masih dalam zona sehat. Jadi pilah pilih untuk disantap agar kesehatan tetap terjaga walaupun dalam perjalanan.

#14. Istirahat Saat Lelah Mengantuk.
Poto credit: aca.co.id

Saat stamina telah terkuras mata akan mengantuk tubuh terasa lelah, segera tepikan kendaraan anda dan langsung istirahat. Jika anda membawa sopir pengganti segera ganti posisi dan anda langsun istirahat. Zona mengantuk selalu menghantui kecelakan yang akan terjadi selama perjalanan jauh mudik seperti ini, dan anda harus memperhatikan dengan seksama kapan waktu terbaik untuk istirahat dan jangan pernah ditunda-tunda.

#15. Patuhi Semua Rambu Lalu Lintas.
Poto credit: kinibisa.com

Selama anda berada dalam zona perjalanan sudah tentu pasti akan menghadapi semua rambu lalu lintas dan anda harus mengerti arti masing-masing rambu. Terutama anda memasuki zona jalan perbukitan yang berbahaya, menanjak, dan menurun disamping jalan telah masuk jurang yang cukup dalam. Jadi, rambu lalu lintas ini harus anda perhatikan agar terhindar dari kecelakan yang bisa saja terjadi. Jadilah seorang driver yang smart dan cerdas dan pastikan kecepatan kendaraan yang direkomendasikan selalu dalam pantauan anda.

0 Response to "Tips Aman Mudik Menggunakan Mobil Kendaraan Pribadi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel