Tips Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Selama Bulan Puasa Ramadhan Tahun Ini - Masgunggoyo

Tips Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Selama Bulan Puasa Ramadhan Tahun Ini

Bulan puasa Ramadhan tahun ini telah dekat dan anda harus tetap menjaga kesehatan agar rencana traveling setelah itu harus dilakukan segera. Zona menahan diri hampir selama 14 jam ini tubuh harus tetap dijaga agar semua  pola makan dan pola tidur tetap berjalan seimbang dan pastinya stamina yang anda inginkan tetap bugar terhindar dari penyakit. Memang stamina di bulan puasa Ramadhan ini harus dijaga karena ada masa menikmati makanan terbatas di waktu sahur dan buka puasa yang dilakukan selama hampir 30 hari penuh. Pastinya menjaga kesehatan selama bulan puasa untuk tahun ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya karena anda harus praktekan agar terhindar dari penyakit yang biasa terjadi. Semoga tulisan ini dapat mencerahkan bagaimana mewujudkan itu semua dan rencana yang telah ditetapkan jauh-jauh hari segera terwujud sesuai dengan cita-cita. Apa saja tips yang dimaksud, berikut penjelasannya:


Poto credit: bangka.tribunnews.com

#1. Jangan Pernah Melewati Jadwal Makan Sahur.
Jadwal makan sahur untuk memulai aktifitas keseharian harus anda lakukan dan jangan pernah terlewati. Konsumsi makanan yang harus disesuaikan dengan aktifitas di siang hari dengan memilih makanan yang mempunyai nilai karbohidrat yang cukup baik kandungannya seperti contoh nasi putih, roti gandum, oat meal, nasi merah, ubi-ubi an, jangung, atau singkong. Memang pemilihan jenis karbohidrat ini setiap orang berbeda-beda pilih paling anda sukai dan mempunyai daya kenyang yang cukup lama. Tidak hanya itu saja, karbohidrat ini harus didampingi dengan makanan lain seperti protein, sayuran, buah, dan diselesaikan dengan air putih hingga susu. Semua asupan makanan ini tentu sangat berguna sebagai modal untuk melakukan aktifitas keseharian.

#2. Jangan Kalap Saat Menu Buka Puasa.
Saat keseharian berpuasa tentu kondisi lambung diistirahatkan sehingga kondisi kosong sehingga terasa lapar, saat buka puasa anda harus menahan emosi untuk menyantap masakan yang lezat dengan porsi yang cukup. Dengan menu sehat yang cukup anda telah meminimalisir datangnya penyakit yang sangat terbuka luas saat di zona ini. Jadi, untuk menjaga organ lambung tetap sehat maka pilih makanan minuman yang tidak mengejutkan organ ini dengan makanan pedas tingkat tinggi dan saat memulai menu buka puasa dengan rasa manis.

#3. Hindari Minuman Kopi, Teh dan Soda.
Saat kekurangan cairan akan berdampak tuhuh menjadi haus cenderung dehidrasi. Kondisi tubuh terasa lemas dan membuat kosentrasi terbias hingga ada cenderung lemes. Semua kebutuhan asupan makanan dan minuman dimulai di sahur dan buka puasa agar haus segera hilang. Untuk menjaga kondisi kesehatan tetap stabil selalu perbanyak minum air putih agar cairan yang hilang dapat tergantikan secepatnya. Hindari minuman kopi, teh, atau soda sangat direkomendasikan. Sangat baik air putih dengan kurma yang telah direndam beberapa beberapa waktu saat buka puasa dapat diminum dan sangat memberikan tenaga.

#4. Jangan Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Manis, Asin, Berlemak Berlebihan.
Memang untuk konsumsi selama bulan puasa harus dibatasi jumlahnya agar tidak berlebih atau kurang. Terutama minuman yang terlalu manis akan memberikan efek terhadap kesehatan yaitu kadar gula menjadi meningkat. Begitu juga dengan makanan yang terlalu air dan banyak lemak harus menjadi perhatian harus seimbang agar selama bulan puasa tetap di zona aman dengan batas aman. Memang nafsu makan sangat meningkat tetapi anda harus kontrol selera agar kecukupan gizi masih anda dapatkan di sahur dan buka puasa.

Di bulan puasa sangat dianjurkan pilih kurma untuk dikonsumsi saat buka puasa dan sahur supaya kestabilan semua nilai gizi yang ada di kurma dapat diandalkan dan teruji khasiatnya.

#5. Jangan Lupa Olah Raga Ringan.
Walaupun masih dalam suasana bulan puasa sempatkan olah raga ringan tetap dapat menjaga kesehatan walaupun dalam ibadah. Olah raga yang ringan seperti bersepeda hingga fitness ringan selama 15 menit dapat dilakukan, jangan banyak menguras tenaga terlalu banyak karena akan memberikan efek capek dan cepat terasa haus. Biasanya olah raga seperti ini dilakukan menjelang buka puasa agar waktu yang disediakan maksimal dan ngabuburit sambil olah raga dapat terlaksana bersamaan.


#6. Selalu Perhatikan Kesehatan Gigi Mulut.
Tentu saja sebelum imsak anda harus menjaga kesehatan gigi dan mulut sebelum melakukan aktifitas keseharian. Adanya makanan yang tersisa di gigi harus dibersihkan dan jika diperlukan mouth wash agar nafas menjadi lebih segar. Walaupun anda masih dalam ibadah puasa kesehatan gigi dan mulut harus dijaga supaya saat anda berkomunikasi tetap dalam zona nyaman tidak terganggu dengan bau mulut.

#7. Tidur Cukup Tidak Berlebihan.
Selama bulan puasa Ramadhan tidur yang cukup jangan berlebihan terutama di siang hari rasa letih lelah melanda. Tidur melulu tidak direkomendasikan karena anda mempunyai aktifitas rutin yang harus dilakukan setiap hari dan harus diatur pola tidurnya. Biasanya setelah ibadah sholat Zuhur di siang hari anda istirahat sejenak untuk melepas lelah dan setelah itu siap melakukan aktifitas kerja kembali. Take a nap sekitar 20-30 menit sangat cukup untuk melepas kantuk di siang hari sehingga tubuh tetap bugar dan berkualitas.

#8. Banyak Aktifitas Indoor.
Aktifitas yang banyak direkomendasikan saat di bulan puasa Ramadhan adalah aktifitas dalam ruangan agar stamina tetap terjaga tidak terkuras habis di outdoor dengan cuaca yang cukup panas. Dengan berada di dalam ruangan tentu anda masih dapat bekerja dengan baik dan pastinya lebih berkualitas tinggi jika dibandingkan di luar ruangan. Kesehatan anda tetap terjaga apalagi stamina di luar ruangan akan banyak menguras tenaga lebih banyak dan mudah terasa lelah letih dengan rasa haus cepat melanda.

#9. Jika Diperlukan Minum Suplemen.
Apabila anda telah berkunjung ke dokter keluarga dan meminta suplemen untuk membantu kondisi tubuh tetap baik karena ada rencana traveling setelah bulan puasa ini tentu sangat di rekomendasikan untuk dikonsumsi. Suplemen ini sebenarnya terbuat dari makanan dan buah segar di ekstrak dalam bentuk tablet atau kapsul. Cocok sekali bagi anda yang mempunyai aktifitas yang cukup tinggi di siang hari dan pastikan jumlah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi harus terpenuhi sempurna dan dosis yang diberikan.

Anda ingin tetap sehat selama bulan puasa Ramadhan dapat megikuti tips sehat ini agar semua rencana traveling yang akan dilaksanakan setelah ibadah satu bulan penuh ini dapat dilakukan dengan baik. Tidak ada alasan anda harus tetap sehat dengan beberapa tips cara bagaimana mewujudkannya, cukup mudah dan pastinya anda mampu melaksanakannya. Jangan pernah meremehkan kesehatan ini apabila anda lengah akan jatuh sakit sehingga rencana yang telah direncanakan bisa terancam batal hingga gagal untuk traveling. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Selama Bulan Puasa Ramadhan Tahun Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel