5 Persiapan Menuju Ramadhan Bulan Puasa - Masgunggoyo

5 Persiapan Menuju Ramadhan Bulan Puasa

Bulan Puasa atau Bulan Ramadhan sangat di tunggu- tunggu Oleh umat muslim di seluruh dunia di mana umat Islam akan menjalankan ibadah puasa di siang hari dan menghidupkan malam-malamnya. Untuk lamannya waktu berpuasa di indonesia Di Asia, jarak antara fajar dan Maghrib tergolong standar. Kazakhstan yang mengalami siang terpanjang selama Ramadhan berdurasi 18 jam 12 menit. Sementara rentang puasa di Indonesia rata-rata berdurasi 13 jam 2 menit.



Sebentar lagi kita akan kedatangan bulan Ramadhan. Setelah sekian usang berpisah, sekarang Ramadhan kembali akan hadir di tengah-tengah kita. Bagi seorang muslim, tentu kedatangan bulan Ramadhan akan disambut dengan rasa bangga dan penuh syukur, alasannya Ramadhan merupakan bulan maghfirah, rahmat dan menuai pahala serta sarana menjadi orang yang muttaqin.

Oleh alasannya itu kita harus mempersiapkan diri semoga kita sanggup menjadi orang yang lebih taqwa kepada dewa yang masa esa dan perbanyak amal dikala di bulan yang suci ini.

Persiapan diri yang dimaksud bukan kita membeli semua makanan untuk di makan berpuka puasa namun persiapan diri yang di maksud yaitu kita sanggup menjaga diri dari hal-hal yang menciptakan kita batal dalam beribadah puasa dan jangan sesekali memikirkan atau membayangkan makanan alasannya itu sanggup menciptakan kita nanti batal puasannya.

Jadi bagaimana kita harusnnya menyambut Ramadhan? Apa yang mesti kita persiapkan dalam hal ini? Coba simak di bawah ini :

1. Berdoa Kepada Allah

Perbanyak berdoa dan sholat di bulan Ramadhan  alasannya dikala di bulan suci ini Allah biasanya suka menuruti apa kata hambannya, dan kita sebagai umat muslim jangan lupa perbanyak amal soleh semoga nantinnya pahala kita terlipat-lipat ganda, Ucapan doa yang aku suka panjatkan di bulan Ramadhan yaitu selalu berdoa kepada allah wacana berterima kasih kepadannya alasannya sudah menawarkan nikmat yang telah ia berikan dan mendoakan orang renta aku di setiap sholat maghrib

2. Menambal Puasa Tahun Lalu

Sudah seharusnya kita mengqadha puasa sesegera mungkin sebelum tiba Ramadhan berikutnya. Namun kalau seseorang memiliki kesibukan atau halangan tertentu untuk mengqadhanya menyerupai seorang ibu yang sibuk menyusui anaknya, maka hendaklah ia merampungkan hutang puasa tahun kemudian pada bulan Sya’ban.

3. Persiapan Dana (Finansial)

Sebaiknya acara ibadah di bulan Ramadhan harus lebih mewarnai hari-hari ketimbang acara mencari nafkah atau yang lainnya. Pada bulan ini setiap muslim dianjurkan memperbanyak amal alahkah baiknya You menulis anggaran perhari dan sisakan untuk sedekah yang di perbanyak kepada orang-orang yang membutuhkan di bulan ampunan ini, Contohnya memberi makanan ke orang yang di pinggir jalan atau menawarkan derma uang ke mesjid yang suka mengadakan program buka puasa bersama di mesjid

4. Siapkan Tubuh Dan Menjaga Kesehatan

Persiapan fisik semoga tetap sehat dan berpengaruh di bulan Ramadhan sangat penting. Kesehatan merupakan Faktor utama untuk beribadah. Orang yang sehat sanggup melaksanakan lebih banyak ibadah dengan baik. Namun kalau seseorang sedang sakit maka di anjurkan tidak berpuasa alasannya kita harus mempentingkan dulu kondisi fisik badan kita, sehabis sembuh nanti You sanggup lagi berpuasa. Maka, untuk meyambut Ramadhan kita harus menjaga kesehatan dan stamina dengan cara menjaga referensi makan yang sehat dan bergizi, dan istirahat cukup.

5. Menyelenggarakan Tarhib Ramadhan

Disamping persiapan secara individual, kita juga hendaknya melaksanakan persiapan secara kolektif, menyerupai melaksanakan tarhib Ramadhan yaitu mengumpulkan Youm muslimin di masjid atau di kawasan lain untuk diberi pengarahan mengenai puasa Ramadhan, adab-adab, syarat dan rukunnya, hal-hal yang membatalkannya atau amal ibadah lainnya.

0 Response to "5 Persiapan Menuju Ramadhan Bulan Puasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel