Bagaimana Cara Hemat Traveling Liburan Murah Di Vietnam: Sangat Mudah Ternyata Sahabat Terbaik Backpacker - Masgunggoyo

Bagaimana Cara Hemat Traveling Liburan Murah Di Vietnam: Sangat Mudah Ternyata Sahabat Terbaik Backpacker

Negara Vietnam dengan kesungguhan pariwisata yang sangat murah menjadikan liburan hemat yang akan anda rasakan nanti harus didapatkan tetapi anda jangan salah banyak sekali traveler yang salah menerapkan cara bagaimana hemat traveling liburan murah ke Vietnam ini membuat biaya yang dipersiapkan dan dibelanjakan menjadi lebih mahal sehingga terjadi over budget yang tidak akan pernah terelakan.  Fenomena negara Vietnam yang telah menjadi pilihan bagi traveler seluruh dunia untuk menghabiskan liburan yang mereka persiapkan dapat dilakukan sepanjang tahun ini mampu menyedot perhatian alasannya pemandangan alam yang masih alami ini telah mengedepankan pilihan dengan suasana rata-rata yang datang berkunjung dengan konsep backpacker. Berbagai atraksi yang tentu sangat berbeda dengan kondisi negara Vietnam unik tentu sangat beda yang ada di tanah air ini tentu mengguncang perhatian dimulai dari berbagai kegiatan yang dapat dilakukan disana, atraksi yang akan dilihat, hingga hidangan lokal yang menggoda selera akan menghadirkan itinerary traveling menjadi indah dan pastinya tidak akan pernah terlupakan sepanjang masa.

Poto credit: indochinatravelland.com

Dengan banyaknya pencarian bagaimana cara berhemat untuk traveling ke Vietnam ini kami merasa ingin membuat konten yang sangat sangat bermanfaat bagi rekan yang ingin merencanakan perjalanan ke negara ini pada tahun ini semoga tulisan ini mampu memberikan inspirasi bagaimana cara berhemat disana walaupun rata-rata harga disana masih murah untuk ukuran backpacker tetapi anda harus tetap mewaspadai agar uang yang dipersiapkan ini memang sesuai dengan peruntukannya tidak keluar begitu saja tanpa ada perencanaan. Berikut penjelasan lengkapnya:

#1. Pilih Makanan Street Food.
Tentu saja dengan memilih makanan street food ini cukup triki bagi rekan muslim yang tentu harus mengedepankan konsep halal, tetapi anda tidak perlu khawatir sekarang ini masih ada street food yang menyediakan menu makanan halal yang hadir di kota Ho Chi Minh City tida terlalu jauh darii Ben Than Market. Kenapa memil tema makanan street food ini alasan yang sangat kuat adalah dengan harga yang terjangkau dan rasanya lebih enak dan lezat banyak pilihan. Khusus anda penggemar kopi jangan lupakan sajian kopi di pagi hari sebelum beraktifitas karena rasa kopi yang ada di Vietnam ini tentu mempunya rasa yang sangat unik bahkan terasa khas untuk secangkir.

INFO! untuk street food ini di Vietnam banyak terkonsep dengan home cooking atau masakan rumahan dan pastinya rasa menjadi lebih lezat dan pilihan yang banyak adalah hidangan mie pho, spring rolls, dan lain sebagainya. Masalah harga untuk menu lengkap dimulai dari USD 2 saja atau sekitar Rp 28.000 anda telah menikmati hidangan lengkap menjadi selera lebih sejahtera saat traveling nanti.

#2. Tempat Nongkrong Bertebaran.
Untuk menikmati suasana kota di malam hari dimulai pada sore tentu menjadi pesona tersendiri apalagi ditambah dengan beberapa aktifitas makan dan minum dengan harga yang sangat terjangkau. Memang ini terbatas bagi rekan yang menyukai nongkrong sambil bekerja ala Nomad tentu sangat direkomendasikan, selain anda duduk menikmati suasana waktu dan bekerja juga dapat lounching internet dengan kecepatan akses yang cukup stabil terutama di daerah pusat kota HCMC atau Hanoi. Yang menjadi kabar gembira adalah sekarang ini sudah muncul rekomendasi di daerah pusat kota wisata lainnya yang ada di Vietnam akan banyak dilengkapi dengan akses internet yang lebih banyak lagi sehingga tempat nongkrong menjadi lebih banyak lagi untuk anda seorang digital nomad. 

#3. Gunakan Ahli Anda Untuk Tawar Harga Semaksimal Mungkin.
Untuk tawar harga yang kami maksudkan ini gunakan di pasar tradisional dengan banyak ditemukan di kota wisata yang ada di Vietnam. Anda akan dapat menemukan beberapa penjual suvenir, kain tradisional, hingga hal penting yang berhubungan dengaan pariwisata tentu akan menggunakan tawar harga semaksimal mungkin untuk mendapatkan harga terbaik yang tidak akan pernah anda rasakan sebelumnya. Khusus untuk tempat yang telah representatif seperti galeri dan tempat pasar pariwisata agak sulit untuk menerapkan tawar harga seperti ini karena mereka telah bersepakat harga disebutkan telah ditetapkan. Taktik yang dilakukan adalah menawar harga di zona 60%-75% dibawah harga sebutan dari penjual sebagai cara terbaik untuk memulai mendapatkan harga terbaik. Memang untuk turis akan dihargai tinggi tetapi anda dapat siasati dengan tawar harga untuk menyamai harga yang didapatkan oleh penduduk lokal.



#4. Kunjungi Tempat Wisata Gratis Vietnam.
Tentu saja hal yang gratis akan dipilih karena mengundang decak kagum untuk tidak mengeluarkan uang dan anda telah hemat untuk mengisi liburan murah di Vietnam. Dengan banyaknya tempat yang mempesona termasuk pemandangan alam yang tidak akan ada uang tambahan untuk menikmatinya termasuk beberapa tempat wisata penting seperti kuil, taman, danau, dan beberapa tempat lainnya seperti di HCMC: Notre Dome Cathedral, Saigon Central Post Office untuk Hanoi: Ho Chi Minh Mausoleum. Pilihan ini memang sebagian traveler akan memasukan di itinerary perjalanan liburan ke Vietnam dan pastinya anda telah mulai mengurangi budget traveling ini dengan tepat.

#5. Siapkan Kaki Kuat Untuk Melangkah.
Mempersiapkan kaki yang kuat untuk melangkah memang harus segera dilakukan, abaikan menggunakan taksi hingga angkutan umum ke beberapa lokasi wisata yang berdekatan supaya berhemat yang akan anda dapatkan segera dirasakan. Banyak sekali objek wisata yang berdekatan ini dipilih untuk mengisi keseharian agar biaya transportasi yang digantikan dengan berjalan kaki banyak dilakukan oleh para traveler. Hal yang paling segera dipersiapkan awal adalah air minum botolan yang harus dibawa pastinya anda akan merasa kehausan apalagi berjalan di bawah terik sinar matahari. Jangan lupa bawa topi atau pelindung sinar matahari agar perjalanan anda tetap nyaman.

#6. Cari Lokasi Nimbrung Para Backpacker.
Memang lokasi berkumpulnya para backpacker untuk berlibur di Vietnam merupakan zona hemat karena semua kebutuhan para backpacker akan mudah sekali ditemukan seperti tempat makan, pusat aktifitas ekonomi, tour agency, dan lain sebagainya. Area ini sangat seksi sekali para penggila hemat biaya murah karena pastinya penginapan yang tersedia cukup banyak pilihan dan anda mampu membandingkannya secara go show dan pilih harga paling minimal dengan fasilitas yang maksimal. Jangan pilih lokasi jauh dari pusat nimbrung para backapcker ini karena pastinya anda akan mengeluarkan biaya tambahan seperti transportasi, selalu teliti lokasi yang akan anda masuki sebelum memutuskan untuk dieksekusi. 

#7. Pilih Hostel Tempat Menginap.
Taktik lainnya untuk pemilihan hostel adalah pilih lokasinya di gang yang harus anda masuki dari jalan utama dan anda menemukan lokasi hostel dengan harga yang sangat berbeda jauh dengan hotel yang berada di jalan utama. Banyak sekali para backpacker yang akan menerapkan cara ini karena pastinya lokasi di gang yang kami maksudkan ini bukan gang yang kumuh atau sejenisnya. Tetapi gang yang mirip seperti di DKI Jakarta tetapi kawasan hostel yang berjejer satu dengan yang lainnya sehingga anda melakukan go-show sangat mudah dan dapat membandingkan kondisi hostel yang ada disana dan pastinya anda dapat yang terbaik dari berbagai sudut keinginan.



#8. Sebaiknya Hindari Beli Suvenir Di Pusat Kota Wisata.
Hal yang sangat dihindari adalah saat anda membeli suvenir atau oleh-oleh di pusat wisata karena harganya telah ditetapkan dan anda harus membayar harga yang tetalh tetap tidak dapat ditawar sama sekali. Segera persiapkan diri untuk mengunjungi pasar tradisional yang tentu banyak juga para penjual yang menyediakan barang yang dicari oleh para backpacker terutama oleh-oleh dan suvenir. Walaupun tidak sebanyak pilihan yang ada di pasar turis yang telah populer ini tetapi untuk oleh-oleh saya rasa cukup memadaai dengan konsep harga murah yang akan disenangi tentu menjadi prioritas. Banyak sekali di pusat kota wisata seperti HCMC atau Hanoi memiliki pasar tradisional yang banyak dikunjungi oleh turis agar budget belanja menjadi lebih terukur pengeluarannya sehingga zona hemat dapat anda rasakan.

#9. Cari SIM Card Lokal Jika Traveling Waktu Lama.
Khusus anda seorang turis yang berencana menghabiskan waktu liburan lebih lama sebaiknya anda mencari SIM Card provider lokal Vietnam agar komunikasi anda selama berada di negara ini tetapi maksimal. Apalagi anda seorang digital nomad yang bekerja sekuat tenaga yang membutuhkan koneksi internet saat melakukan jelajah tentu pasti harus tetap stay connected dengan internet. Pilih provider yang menyediakan paket data yang cukup besar dengan harga yang sangat kompetitif ini sehingga budget internet anda masih dalam zona hemat dan masih terkontrol dengan baik.

#10. Pastikan Anda Mengetahui Informasi Imigrasi.
Karena Vietnam masuk dalam zona negara ASEAN makan paspor hijau Indonesia diberikan bebas Visa masuk terbatas yang cukup panjang sehingga anda tidak perlu lagi mengeluarkan ekstra uang tambahan. Khusus negara lain yang butuh permit visa harus memperhatkan peraturan yang telah ditetapkan ini seperti USA, Eropa, dan lainnya. Khusus negara lain yang menerapkan visa ini membayar USD25 untuk satu bulan single entry, khusus multi entry akan dikenakan biaya tambahan lagi USD10. Untuk biaya ini tentu akan selalu di update oleh otoritas pejabat yang berwenang di Vietnam dan pastinya anda harus selalu periksa validasi informasi jika anda bukan warga negara Indonesia.

0 Response to "Bagaimana Cara Hemat Traveling Liburan Murah Di Vietnam: Sangat Mudah Ternyata Sahabat Terbaik Backpacker"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel