Cara Ngambil Template/Clone dan Isi Website Blog Orang! Berikut Langkahnya - Masgunggoyo

Cara Ngambil Template/Clone dan Isi Website Blog Orang! Berikut Langkahnya

Keamanan merupakan salah satu bagian yang terus dikembangkan oleh masyarakat dalam segala bidang. Namun, seaman apapun mereka membuat sesuatu, pasti akan ada saja celah yang mampu dilihat dan dimanfaatkan beberapa orang.



Salah satu sistem keamanan yang akan kita bahas ialah "Situs" atau bisa disebut dengan "Web". Nah, apakah semua web itu aman? Jawabannya adalah, Tidak! Bahkan Google saja punya celah, apalagi situs embel-embel seperti blogspot dan kawan-kawannya. Namun, keamanan yang akan kita bahas pada kesempatan ini bukanlah pengambil alihan suatu web, ataupun pembajakannya. Melainkan hal-hal sederhana seperti mengambil template orang dan isi atau artikel mereka, tentu saja lengkap dengan CSS dan Script-nya.

Hal seperti ini sebenarnya biasa dilakukan oleh para programmer yang paham tentang struktur situs, mereka biasanya mengintip bagian pembangun suatu situs seperti CSS dan Script melalui inspect element. Tentu saja hal tersebut butuh ketelatenan, pemahaman, dan juga kesabaran, butuh waktu lebih dari sehari untuk bisa mengcopy penuh suatu template pada web, itu juga belum dengan kontennya.

Oleh karena itu, disini saya akan memberikan cara yang lebih simple dan praktis. Yakni menggunakan software yang bernama Httrack!


Apa itu Httrack?

Httrack merupakan suatu software yang dikembangkan untuk mengcopy website orang lain. Kita hanya perlu membaca panduan penggunaan atau melihat tutorialnya di youtube bahkan artikel yang tersebar di google dengan mudah.


Bagaimana Cara Menggunakan Httrack?

  1. Download dulu Httrack Disini [httrack_x64-3.49.2.exe] [Windows 2000 (Vista) - Win10 [64bit]], untuk pengguna OS versi lain (Win 32Bit/Linux/Other) dan juga android bisa cek sendiri disini
  2. Karena saya menggunakan Win10 dan umumnya juga pengguna Windows, maka tutorial disini melalui Windows 10
  3. Setelah terdownload, maka install seperti biasa.
  4. Setelah itu, buka. Contoh ikon seperti pada gambar.
  5. Setelah dibuka seperti inilah tampilannya, dan klik Next
  6. Lalu isi seperti pada gambar berikut. 
  7. Langkah selanjutnya adalah menentukan weblog atau website tujuan, lalu pilih set option dahulu.
  8. Seperti ini lah bentuk Set option, hiraukan saja semua-nya, langsung menuju Limit. kemudian tentukan maximum mirror deep untuk seberapa dalam copy situsnya. kemudian klik Ok, dan Next
  9. Setelah itu abaikan bagian ini dan lanjutkan dengan klik finish
  10. Setelah itu, kamu akan melihat seperti ini, ini adalah proses copy-nya 
  11. Setelah proses copy selesai, klik Finish
  12. Untuk melihat hasli-nya, langsung saja ke folder penyimpanan yang sudah ditentukan, untuk defautlnya bisa di cek di C:\My Websites
  13. Untuk tujuan penggunaannya bisa berbagai cara, pertama adalah untuk dilihat secara offline. kemudian backup wordpress, dan juga peng-cloningan sites dengan tujuan tertentu. Cara nya cukup upload filenya ke tempat biasanya. sedangkan untuk peng-aplikasian pada blogspot. Cara-nya hanya manual, yakni melalui compile sendiri menjadi XML. Cara lainnya adalah manual, karena CSS dan Script sudah di tempatkan pada masing-masing folder jadi tinggal tempel saja di template, tanpa perlu ribet inspect element.

Itulah pengetahuan singkat dan minim yang bisa saya share, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Ngambil Template/Clone dan Isi Website Blog Orang! Berikut Langkahnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel