Mengatasi Mouse “USB Device Not Recognized” Dengan Aman dan Mudah - Masgunggoyo

Mengatasi Mouse “USB Device Not Recognized” Dengan Aman dan Mudah


Mouse merupakan alat bantu cursor untuk komputer, tanpa mouse maka cursor tidak bisa digerakkan. Namun, selalu ada permasalahannya, sebagai contoh adalah “USB Device Not Recognized”.

Source: Windows Report
Nah, untuk permaasalahan ini bisa datang dari 2 kemungkinan penyebab awal,

1. Pertama, ialah dari mouse itu sendiri. Kerusakan disini begitu umum, apalagi pada mouse pasaran yang memang digunakan untuk keperluan sedang, seperti untuk pekerjaan kantor atau bisa juga penggunaan sehari-hari yang tidak terlalu dibutuhkan. Berbeda kalau penggunaan untuk menggambar, dan bermain game seperti E-Sport.
2. Kedua, error dari port usb (komputer). Hal ini bukan berarti jarang terjadi, kesalahan pada driver terkadang memang tiba-tiba bermasalah, kemungkinan besar ada pada bagian Port-USB yang termasuki berbagai flashdisk, yang tidak diketahui antara corrupt atau tidaknya.

Maka, sebelum melangkan untuk perbaikan, alangkah baiknya untuk mengetahui perbedaan antara mana yang mouse rusak, dan mana yang kesalahan sistem. Karena kalau mouse anda memang rusak, mana bisa diperbaiki dari softwarenya “hehe”.

Kerusakan Mouse

Mari kenali dulu, apa sebenarnya yang terjadi antara mouse dan komputer yang kita gunakan. Terjadi eror yang seperti apakah ini?.

1. Driver Mouse Tidak Berfungsi Semestinya

Seperti yang sudah saya katakan tadi, bahwa kesalahan sistem yang tdak masuk akal juga bisa terjadi, padahal faktanya kita tidak melakukan apa-apa pada mouse kita maupun settingan driver terkait. Namun, beberapa masalah terjadi sekan-akan kita telah berbuat sesuatu, dan saat kita mencoba memerbaikinya, sudah bisa.

Saya sendiri sering sekali mengalami kerusakan pada mouse murah yang saya beli "hehe", dan kerusakan tersebut paling sering terjadi pada driver-nya, berulag kali juga mencoba memerbaikinya dengan unsintal, dan memerbaruinya kembal, yang menjadi masalah adalah, kenyataannya mouse itu memang saya bawa kesana-kemari, setidaknya kerusakan tersebut kan pada bidang fisik mouse itu sendiri, seperti kabelnya. Namun malah kebalikannya yang terjadi :(.

2. Kabel Mouse Error

Nah, ini baru seperti yang baru dijelaskan dimasalah sebelumnya kan. Dicek juga bagian kabel, karena seringnya tertekuk, dan juga lainnya. Kemungkinan untuk kabel putus di dalam bagian plastiknya sungguh besar loh. 

Karena setiap kali apabila mouser terbaca, kemudian tiba-tiba hilang, kalimat “USB Device Not Recognized", muncul.

3. Mouse Tidak Layak Pakai

Kalau emang udah terlihat compang-camping, ya ngga salah kalau rusak, tapi kalau parah ya emang ga bakal ke detect atau terbaca sama sekali, namun kalau muncul kalimat “USB Device Not Recognized" diatas, perlu diperhatikan lagi. Kalau memang mouse kesayanganmu yang terlihat usang namun fisiknya benar-benar dipercaya, mungkin softwarenya. 

4. Error Port USB dan Driver 

Ini adalah opsi terakhir, apabila emang bukan hal-hal diatas, ini masih memiliki kemungkinan adanya kejadian diatas yang mengakibatkan munculnya “USB Device Not Recognized" ,

Cara Mengatasi


1. Melakukan Restart

Ini memang salah satu alasan yang kurang masuk akal, namun benar-benar membantu lho, kalau banyak sekali spam dari windows yang mengatakan “USB Device Not Recognized", coba deh restart komputer kamu, setelah-nya pasti mouse kamu bisa lagi. 

Namun, cara ini bisa dibilang hanya untuk sesaat saja, kalau ingin memerbaikinya secara normal, lakukan dengan beberapa cara lain berikut ini (Pastikan Software Yang Rusak).

2. Instal Ulang Driver USB Host Controller

lakukan ini dengan melalui Device Manager
  1. Tekan Control+R, lalu tulis "Devmgmt.msc", tekan enter
  2. Pilih Device Manager dari menu Devmgmt.msc tadi.
  3. Buka "Universal Serial Bus Controllers".
  4. Akan ada banyak daftar, namun cari saja dengan kalimat yang ada "Host Controller", saja.
  5. Klik kanan pada daftar nama yang mengandung kata "Host Controllers", kemudian pilih uninstal. (INGAT, HANYA YANG BERTULISKAN HOST CONTROLLERS SAJA
  6. Restart, windows akan menangani semuanya.
Namun, kalau masih tidak bisa, coba cek cara dibawah.

3. Langkah System Restore

Cara ini kurang recommend sih, namun bisa dicoba, karena menggunakan cara ini artinya kembali ke waktu dimana keadaan USB masih terdeteksi. Artinya lagi, semua yang berjalan disaat setelah waktu tersebut, akan hilang.

Langkah-nya cukup mudah.
  1. Pilih Start, atau windows.
  2. Pilih Programs/
  3. Kemudian Accessories.
  4. System Tools.
  5. dan terakhir pilih, System Restore.
Sama seperti cara paling awal tadi, hal ini hanya bisa dilakukan sesaat, penyakitnya jelas bisa kambuh sewaktu-waktu.

4. Menggunakan Port USB Lainnya External

Kalau ada masalah di portnya, coba saja di cek, kan ada banyak port USB-nya. tapi kalau semuanya udah rusak, ya ngga mungkin. seenggaknya ada 1, "lho iya ada, tapi cukup cuman mouse sama keyboard", oh begitu, beli port external dong! "hehe".

5. Beli Mouse Baru

Cara ini terbukti paling ampuh! cuman keluar sekitar 15-20 ribu, masalah mouse-pun kelar.

0 Response to "Mengatasi Mouse “USB Device Not Recognized” Dengan Aman dan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel