Tips Memulai Bisnis Travel Wisata Khusus Pemula - Masgunggoyo

Tips Memulai Bisnis Travel Wisata Khusus Pemula

Memulai bisnis travel wisata sendiri tentu menjadi idaman walaupun awalnya skala rumahan tetapi prestasi yang telah anda rintis mampu bersaing dengan travel agent besar untuk membantu para turis menghabiskan waktu libur mereka di tempat tertentu. Jika anda mempunyai keahlian, kemahiran, dan paham terhadap objek wisata tertentu serta mengerti apa saja kendala yang terjadi selama proses melakukan perjalanan kesana maka anda sudah memiliki skill untuk memulai bisnis travel pariwisata atau agent travel wisata sekarang juga. Setiap kemampuan ilmu dan skill yang dimiliki pastinya mempunyai nilai ekonomi cukup tinggi dimana semua orang butuh liburan untuk menghilangkan kejenuhan dan stress selama pekerjaan keseharian. Khusus bisnis pemula tentu dimulai dari skala rumahan belum perusahaan tetapi berjalan pasti perkembangan ini akan menjadi lebih baik jika anda tekun melakukannya.

Poto credit: kennyblakey.com

Anda telah percaya diri dan ingin mencoba membuka usaha travel pariwisata sendiri atau travel agent dimulai dari skala rumahan maka tulisan ini kami ingin sharing bagaimana tips tahap untuk mewujudkannya dengan prosess yang harus tetap anda lakukan sampai perkembangan bisnis menjadi settled dan dapat diandalkan sebagaikan tempat untuk menggantungkan kehidupan yang cukup layak dengan nilai ekonomi yang sangat menjanjikan. Berikut penjelasan lengkapnya:

#1. Tentukan Jenis Usaha Travel Agen Saat Ditekuni Nanti.
Setelah anda meneliti dan memahami di posisi jenis travel agen dimana anda akan memulai. Jenis ini dapat berupa penjualan tiket pesawat terbang, penjualan tiket kereta api, tiket bus, rental sewa mobil, tour guide ke tempat wisata, jasa pembuatan visa atau paspor, hingga pemesanan vila resort hingga hotel atau homestay, dan seterusnya. Apabila anda mempunyai kemampuan di salah satu jenis travel agent ini maka peluang nilai ekonomi untuk menghasilkan uang sudah dapat dimulai dari sekarang.

#2. Konsep Profil Usaha Jelas Terarah.
Jika anda telah menentukan jenis bisnis travel wisata atau agen travel nanti pastikan anda harus membuat konsep profil usaha yang lebih terarah dan jelas. Profil ini sebuah cara paling jitu bagi anda untuk memberikan kenyakinan bagi konsumen yang akan menjadi target anda dengan kerdibilitas, akuntabilitas, profesional, hingga kejujuran yang anda sampaikan kepada mereka pada company profile untuk konsep bisnis yang lebih baik. Lengkapi seluruh konsep profil usaha ini lebih terarah dan buatlah sebuah ilustrasi menjelaskan bahwa bisnis anda bergerak di travel wisata atau travel agent bahkan tour guide untuk wilayah wisata tertentu.

#3. Maping Bisnis Menjadi Lebih Fokus.
Setelah anda mengetahui posisi bisnis yang akan dilaksanakan sudah tentu pasti hal yang penting untuk dilakukan adalah maping pola kerja bisnis ini lebih terarah dan fokus. Setiap daerah di Indonesia mempunyai semua potensi wisata yang mampu menjadi nilai jual untuk mendatangkan turis menikmati waktu liburan mereka disana. Tidak itu saja, ada potensi lain wisata kuliner yang harus dimasukan ke paket perjalanan sehingga satu kunjungan menjadi lengkap dan lebih berwarna. Anda sebagai penduduk asli disana telah mengetahui dengan pasti potensi wisata yang ada disekitar kota tersebut dan pastinya dalam zona tertentu anda juga dapat memasukannya ke kunjungan turis nanti. 

Setelah lengkap informasi yang dimasukan ini pastinya anda sebagai pelaku bisnis akan menyertakan informasi harga paket yang akan ditawarkan serta fasilitas apa yang didapatkan serta kemungkinan biaya lain saat terjadi perjalanan wisata seperti ini.

#4. Teliti Nama Bisnis Anda.
Memberikan kesan yang lebih profesional pastinya bisnis ini akan diberi nama sesuai dengan karakter dan pastinya target konsumen anda menjadi terkesan dan mudah untuk mengingatnya. Buat brand image yang sangat mudah di hafal hingga mudah disebutkan banyak orang akan menjadi solusi terbaik untuk perjalanan bisnis anda nanti. Hal yang menjagi terpenting adalah konsumen anda segera mengenali dan tidak sulit mengingatnya pastinya logo ini menarik dilihat warna yang sangat eye catching membantu going concern perusahaan ini menjadi stabil dikemudian hari.

#5. Segera Daftarkan Hak Cipta Hukum Bisnis Ini.
Setelah anda mempersiapkan semua aspek ekomoni dan bebeapa aspek penting lainnya, lebih profesional hingga perusahaan anda tetap diakui eksistensinya segera daftarkan ke HKI {Hak Kekayaan Intelektual} maka semua aspek bisnis yang melekat di perusahaan anda ini menjadi lebih terjamin keberadaannya dan tidak akan ada pihak lain yang menggugat dan menggunakan karena anda sebagai pihak yang memiliki bukan pihak lainnya. Perlindungan ini merupakan syarat sangat penting khusus anda menjadi seorang travel agent karena akan berpengaruh terhadap brand image perusahaan anda di masa yang akan datang.


#6. Segera Bentuk Tipe Jenis Paket Perjalanan.
Membuat paket tipe jenis perjalanan yang melekat di bisnis nanti tentu akan menjadi lebih terarah dan round down acara yang akan diikuti oleh target turis anda nanti menjadi lebih teratur. Turis tentu harus melihat jenis tempat wisata seperti apa yang akan dikunjungi dan pastinya informasi yang lebih lengkap di masing-masing jenis kunjungan nanti harus diikutsertakan sangat direkomendasikan untuk dilakukan. Untuk menarik para turis tentu pastinya akan memberikan ilustrasi singkat ibaratnya sebuah informasi penting kenapa tempat wisata ini akan dikunjungi, berikut dengan kuliner penting yang harus dinikmati nantinya.

#7. Segera Buat Website Resmi Bisnis Travel Ini.
Untuk membuat konsep bisnis sekarang ini harus terkoneksi dengan website minimal blog yang harus anda kelola. Dunia digital saat sekarang ini memang diharuskan memiliki website agar pelanggan mudah mencari anda dan  mudah akses semua informasi yang ter-update saat itu juga dapat mereka dapatkan. Jika anda berkemampuan untuk desain semua aspek website yang akan di lounching nanti tentu akan menghemat biaya, apabila ada budget untuk membuatnya sangat direkomendasikan. Segera buat dan konsep website atau blog seperti apa yang akan masuk dalam zona bisnis yang akan anda bangun nanti dan segera wujudkan segera.

#8. Terkoneksi Dengan Media Sosial Populer.
Pastinya media sosial tidak terlepaskan dengan komunikasi dengan seluruh pelanggan anda dan pelanggan baru. Dengan cara ini anda ingin lebih dekat dengan mereka dan mampu mendapatkan kesempatan untuk memenagkan kompetisi sehingga konsumen akan mempercayakan anda untuk manage perjalanan mereka. Anda tidak akan pernah mengetahui betapa kuatnya pengaruh media sosial saat sekarang ini karena platform ini sangat dibutuhkan untuk bersosialiasi selama 24 jam penuh setiap hari. Jadi, raih kesempatan ini dengan selalu update informasi hingga poto-poto menarik wisata yang telah anda lakukan sehingga follower anda menjadi lebih banyak, dampak lain yang sangat tinggi adalah promosi gratis dari follower ini akan melakukan sharing informasi kepada seluruh kerabat teman mereka.

Memang memulai bisnis travel wisata ini harus dari passion pemilik karena semua aktifitas selalu berhubungan dengan perjalanan dan anda harus mengetahui keseluruhan seluk beluk kegiatan ini. Awal dari bisnis ini terbentuk mungkin saja anda seorang tour guide freelance yang bekerja dengan pihak lain sehingga terdapat komunitas sehingga muncul kesempatan berkiprah di bisnis yang sangat menguntungkan ini. Tips tahap ini minimal saat anda sudah mulai bergerak secara profesional menjual keahlian anda di manage di sebuah perusahaan yang anda miliki. Segera ambil peluang ini karena perjalanan wisata tidak akan pernah luntur karena karyawan kantoran akan selalu menyiapkan waktu cuti mereka untuk menghilangkan kepenatan keseharian hingga stress yang dirasakan setiap hari. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi sebuah informasi yang anda cari selama ini ada pada tulisan kami ini. GOOD LUCK!

0 Response to "Tips Memulai Bisnis Travel Wisata Khusus Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel