Waspada Penyebab Petugas Imigrasi Curiga Para Turis Saat Pemeriksaan Paspor - Masgunggoyo

Waspada Penyebab Petugas Imigrasi Curiga Para Turis Saat Pemeriksaan Paspor

Tidak dapat diprediksi kapan waktunya terkadang petugas imigrasi mempunyai rasa curiga kepada turis saat pemeriksaan paspor memberikan pelajaran yang sangat berharga bagi rekan semua. Waspada terhadap semua hal yang harus diperhatikan agar petugas yakin bahwa anda tidak tersangkut dengan masalah apalagi saat terjadi random check semua turis harus bersiap diri satu per satu di antrian. Penyebab petugas imigrasi curiga ini sudah tentu pasti ada alasannya yaitu adanya instuksi dari berbagai departemen mencari seseorang yang masuk dalam target interpol hingga tenaga kerja asing ilegal. Seperti negara yang tujuan tenaga kerja asing Malaysia, Singapore, Jepang, Korea, Taiwan, dan seterusnya.

Kejadian di imigrasi ini memang sangat layak untuk disimak dan pengalaman kami memasuki pintu pemeriksaan ini tentu mempunyai fenomena tersendiri. Pada saat pemeriksaan ini tentu bersamaan dengan anda sedang traveling sebagai turis masuk dalam pemeriksaan ada beberapa negara yang mempunyai konsep pemeriksaan seperti ini untuk antisipasi keamanan negara dari berbagai peluang yang akan terjadi seperti tenaga kerja asing, buruan interpol, dan lain sebagainya. Nah, apabila anda masuk dalam pemeriksaan seperti ini tentu akan terjadi pemeriksaan panjang di gate imigrasi ini ada hal yang penting untuk diperhatikan dan menjadi perhatian penuh:

#1. Sebaiknya Anda Jangan Pernah Adu Argumen.
Poto credit: thenational.ae

Saat pemerksaan ketat sekali di gate checking point sebaiknya anda seorang turis jangan pernah melakukan adu argumen kepada petugas yang pastinya sedang menjalankan tugas yang penuh dengan tasking pengecekan hingga curiga setiap pemeriksaan. Semakin anda keras dengan tidak beralasan pastinya petugas imigrasi bertambah curiga dan anda akan dilakukan pemeriksaan berlapis bahkan sampai masuk ke ruangan interogasi yang akan membutuhkan waktu yang sangat lama bahkan berhari-hari.

Tentu hal seperti ini tidak akan pernah akan lakukan yang akan mengakibatkan rencana perjalanan anda menjadi berantakan. Apabila petugas melakukan pertanyaan jawablah dengan sangat dan pastinya petugas akan cepat stempel paspor dan anda segera melanjutkan perjalanan berikutnya.

#2. Jangan Panik, Percaya Diri, Tetap Fokus.
Poto credit: telegraph.co.uk

Memang benar adanya saat gestur tubuh anda tidak panik, percaya diri, dan fokus akan memberikan sebuah fenomena petugas imigrasi akan percaya kepada anda dan segera cap paspor saat anda diperiksa. Memang untuk penilaian ini selalu berhubungan dengan insting terhadap seorang pemeriksa dimana objek yang dia liat tidak memberikan hal yang mencurigakan maka akan memberikan sebuah kenyakinan untuk dipercepat dan target pemeriksaan menjadi sedikit dipermudah. Jadi, saat anda sudah masuk antrian dan akan diperiksa tetap percaya diri apabila anda sebagai turis yang memang datang untuk berlibur tidak ada niat lain maka pemeriksaan tidak terlalu ketat kedatangan anda di negara tujuan ini.

#3. Hindari Aksesoris Berlebihan Saat Pemeriksaan.
Poto credit: travelandleisure.com

Jika melihat turis menggunakan aksesoris yang sangat berlebihan akan memberikan rasa curiga yang cukup tinggi karena akan menjadi target pemeriksaan petugas imigrasi. Nyentrik seperti ini tentu tidak biasa ini tentu memberikan pertanyaan kenapa berperilaku seperti ini. Pemeriksaan yang dilakukan petugas lebih cepat sudah tentu pasti turis yang berpakaian biasa dan sopan tidak memakai aksesoris apapun. Boleh saja pakai aksesoris hanya standar saja, tidak seperti toko emas berjalanan tentu akan menjadi target pemeriksaan petugas. Jika anda menggunakan ear phone hingga fashion seperti topi dan syal saat anda masuk dalam pemeriksaan sebaiknya dibuka sehingga proses pemeriksaan paspor menjadi lebih baik dan cepat.



#4. Semua Dokumen Perjalanan Lengkap Bersama Anda.
Poto credit: nearsay.com

Saat pemeriksaan ketak oleh petugas imigrasi negara tujuan telah dipastikan akan bertanya seputar dokumen perjalanan, apakah turis yang datang berlibur ke negara mereka telah mengikuti seluruh prosedur yang telah ditetapkan. Pastinya salah satunya adalah dokumen arrival carad dan departure card yang akan dibagikan oleh pramugari sebelum pesawat landing. Kartu ini harus anda isi selengkapnya dengan huruf balok yang mudah dibaca dan jangan ada corat-coret. Informasi yang ada sampaikan di dalam kartu ini harus benar dan jangan pernah berbohong, karena saat terjadi pemeriksaan ketat dan anda berdusta maka petugas imigrasi akan curiga dengan anda dan akan menjadikan dunia perjalanan menjadi mimpi buruk yang tak akan terlupakan.

#5. Waspada Random Checking Ada Setiap Saat.
Poto credit: videoblocks.com

Untuk meningkatkan keamanan pemeriksaan dan pastinya menjaga keamanan suatu negara maka ada kalanya petugas imigrasi akan melakukan random checking terhadap pemeriksaan mereka kepada seluruh turis yang masuk dengan pengawasan pemeriksaan yang sangat ketat. Bahkan untuk pemeriksaan ini butuh waktu beberapa menit agar prosedur yang mereka terapkan ini untuk mencari "seseorang" yang dicurigai dari hasil investagasi suatu negara hingga buruan dari interpol. Jadi, saat anda memasuki random checking ini tetap percaya diri dan pastinya seluruh dokumen perjalanan yang anda bawa disiapkan termasuk informasi yang melekat di dokumen tersebut harus sama saat anda lafazkan kepada petugas. Sebagai turis yang smart dan cerdas walaupun sekarang ini sudah ada notifikasi pada email tetapi sebaiknya diprint untuk menjaga percaya diri saat berada di zona checking di imigrasi.


Waspada Random Checking Petugas Imigrasi Negara Saat Traveling

#6. Barang Bawaan Tidak Mencurigakan.
Poto credit: thelocal.de

Traveling ke negara tujuan pastinya anda melakukan perjalanan liburan bukan untuk pindah rumah. Barang bawaan disesuaikan lama waktu berlibr di negara tujuan dan pastinya cukup untuk dipakai selama anda disana. Apabila barang anda berlebih saat tentengan masuk ke imigrasi pastinya petugas akan menaruh curiga dan pemeriksaan berlapis dapat juga terjadi saat anda masuk dipintu checking point. Jadi, untuk menghindari kecurigaan petugas yang harus anda waspadai adalah barang bawaan harus anda perhatikan. Pilih barang bawaan yang paling sering digunakan seperti jeans, t-shirt, dan lain sebagainya sesuai dengan lama anda traveling.

Apabila anda traveling sekitar 3-4 hari tentu tidak mungkin anda membawa tas besar masuk ke cabin penumpang. Tas ransel backpack ukuran medium saja sudah cukup, sehingga zona ama anda saat pemeriksaan dapat terukur cepat dan paspor segera di cap oleh petugas.

#7. Hati-Hati Orang Asing Sikap Baik Saat Landing.
Poto credit: consumerreports.org

Anda tetap waspada dengan orang asing yang tiba-tiba baik saat memasuki ruangan pemeriksaan imigrasi. Bukan berfikir buruk tetapi anda tetap menjaga jarak terhadap mereka karena antisipasi adanya attitude buruk yang tidak diketahui saat pemeriksaan nanti. Memang hal ini sangat jarang terjadi tetapi sebagai turis yang sangat cerdas harus waspada dengan orang asing yang tidak anda kenal, mereka baik ternyata dia yang dicari oleh petugas saat pemeriksaan nanti. 

0 Response to "Waspada Penyebab Petugas Imigrasi Curiga Para Turis Saat Pemeriksaan Paspor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel