Persiapan Mudik Pulang Kampung Lebaran Idul Fitri: Lebih Awal Lebih Baik - Masgunggoyo

Persiapan Mudik Pulang Kampung Lebaran Idul Fitri: Lebih Awal Lebih Baik

Persiapan mudik pulang kampung lebaran Idul Fitri lebih awal lebih baik setelah melakukan ibadah puasa dan hampir selesai waktunya maka para perantau akan selalu melakukan ritual ini untuk berkumpul sama sanak saudara. Hampir seluruh pelosok negeri dan dunia para perantau dari Indonesia ini mampu mempersiapkan semua hal yang sangat diperlukan untuk dilakukan supaya tidak terjadi keterlambatan, kemacetan, hingga tidak kebagian tiket sama sekali. Jangan pernah undur waktu selalu karena akan memberikan akibat yang tidak menyenangkan hingga anda sampai ke kampung halaman terlambat. 

Pengalaman yang kami rasakan ini tentu ingin kami sharing di tulisan konten supaya rekan yang ingin melakukan persiapan mudik ke kampung halaman lebaran Idul Fitri ini lebih awal lebih baik sehingga kenyamanan anda untuk melakukan perjalanan nanti menjadi siap dan menyenangkan tanpa ada yang dikhawatirkan lagi. Berikut penjelasan lengkapnya:
Poto oleh: faktualnews.co

#1. PERSIAPAN TRANSPORTASI SESUAI BUDGET.
Menggunakan transportasi yang sesuai budget ini memang harus diteliti jangan sampai salah supaya persiapan uang yang digunakan nanti sesuai dengan kebutuhan. Persiapan ini harus segera dipilih karena peruntukan bagi anda yang berkeluarga atau belum pasti kebutuhannya berbeda. Sebagai contoh: anda yang telah berkeluarga akan membutuhkan transportasi mobil minibus untuk bepergiaan sehingga semua anggota keluarga yang ikut serta dapat menikmati perjalanan ini menyenangkan. Begitu juga dengan anda yang belum keluarga tentu menggunakan transportasi lainnya akan dipilih seperti sepeda motor atau tidak sama sekali sebagai cara jitu untuk kebutuhan transportasi.

Note! khusus bagi anda yang melakukan perjalanan estafet menggunakan pesawat udara, kapal laut, dan bus AKAP segera dicari secepatnya supaya tiket yang anda pilih dapat leluasa tidak sulit hingga mudah. Jadi, bersegeralah untuk menyiapkannya supaya rencana perjalanan pulang kampung dapat terlaksana dengan baik.


#2. JIKA DIPERLUKAN PILIH TEMPAT PENGINAPAN UNTUK MUDIK KAMPUNG HALAMAN.
Tentu saja anda yang ingin membutuhkan tempat penginapan untuk mengisi liburan pulang kampung nanti bersegera dari sekarang, anda tentu tidak dapat memprediksi apakah hunian hotel di sekitar kampung halaman masih tersedia atau tidak. Banyak sekali aplikasi yang menyediakan tools untuk pembelian nanti sehingga anda mudah dan pastinya langsung mengetahui penginapan hotel seperti apa yang menjadi pilihan nanti. Pastikan untuk menambah kenyakinan tingkat tinggi baca semua komentar hingga review dari pelanggan yang pernah memilih hotel ini sebagau tempat istirahat sejenak mereka.

#3. PERSIAPKAN ITINERARY PERJALANAN SELAMA MUDIK NANTI.
Pastinya selama anda libur di kampung halaman akan menikmati beberapa itinerary perjalanan disekitar sebagai cara untuk mengisi waktu yang tersedia dengan pesona yang menggelora tidak tertahankan. Perjalanan ini dapat juga napak tilas ke teman dekat sebagai cara untuk silaturahmi. Banyak sekali pola itinerary perjalanan selama mudik nanti yang akan dapat anda pilih sesuaikan dengan kesempatan anda nanti. Segerakan disiapkan agar anda tidak bingung harus ngapain selama liburan nanti seperti ke danau, pegunungan, pantai, hingga air terjun sebagai tempat paling favorit.

#4. BUAT DAFTAR RINCI PENGELUARAN SELAMA MUDIK NANTI.
Pastinya selama anda melakukan perjalanan mudik banyak sekali pengeluaran yang akan terjadi dimulai dari biaya perjalanan hingga salam tempel kepada sanak saudara dan lain sebagainya. Sebagai pemudik yang sangat smart dan cerdas tentu saja akan menghitung komponen pengeluaran yang akan mungkin terjadi sehingga budget yang dipersiapkan nanti sesuai dengan peruntukannya. Jangan sampai salah karena akan berdampak pada biaya yang seharusnya tidak keluar terpaksa harus dikeluarkan tanpa adanya perhitungan dari awal, akibatnya berdampak pada uang ditabungan akan tergerus habis percuma begitu saja.


#5. PERSIAPKAN FISIK SELALU DALAM KEADAAN SEHAT.
Pastikan untuk menjaga kesehatan selama perjalanan mudik harus dipersiapkan semaksimal mungkin dimulai dari konsumsi makanan bergizi dan tidur yang cukup. Dengan pola hidup sehat anda telah memberikan tubuh tetap bekerja aktif disaat anda menggunakan dan terhindar dari penyakit yang akan menghambat perjalanan. Segerakan untuk tetap fokus pada kesehatan khususnya anda yang menggunakan transportasi publik massal seperti bus, kereta api, kapal laut, hingga sepeda motor sekalipun. Apabila fisik anda telah turun drastis maka tentu akan berakibat pada perjalanan mudik menjadi terhambat. 

#6. SELALU PANTAU PRAKIRAAN CUACA.
Saat sekarang ini memang untuk cuaca tidak dapat ditebak apalagi anda melakukan perjalanan darat menggunakan kendaraan pribadi akan memantau cuaca saat memasuki daerah tertentu. Banyak sekali aplikasi yang menyediakan informasi cukup lengkap yang dapat anda unduh di platform Android atau IoS sehingga selama perjalanan anda menjadi nyaman dan menyenangkan. Dengan persiapan untuk pantau prakiraan cuaca ini pastinya anda akan terupdate selalu dan dapat mengambil keputusan secepatnya tidak terjebak pada kemacetan hingga penumpukan kendaraan di jalur tertentu. Segera lakukan dan lihat selalu sebelum anda berangkat serta diperjalanan agar semua keinginan anda untuk sampai ke kampung halaman tepat waktu tidak molor.

#7. PERJALANAN MUDIK TEPAT WAKTU.
Hal yang menjadi perhatian paling tinggi adalah waktu perjalanan tepat waktu agar semua kenyamanan yang anda inginkan dapat dirasakan segera. Misalnya anda mempunyai waktu yang cukup panjang liburannya pastikan waktu yang dipilih jauh-jauh hari dan kembali setelah musim mudik selesai. Karena anda akan merasakan suasana yang menjadi lengang masih dalam zona tidak macet atau penuh dengan penumpang. Lihat saja, hampir setiap tahun saat terjadi musim mudik ke kampung halaman akan terlihat penduduk berbondong-bondong terjadi penumpukan dan lain sebagainya. Nah waktu ini lah yang akan mempengaruhi ini semua seperti yang kami jelaskan ini.

#8. TEPAT MEMILIH PROVIDER SELULER.
Untuk komunikasi menggunakan smartphone pada saat sekarang ini tentu sangat penting apalagi anda yang selalu menggantungkan semua kesempatan dengan gadget ini akan memilih provider seluler yang tepat agar di setiap daerah yang dilewati tidak terjadi blank spot atau terhindar dari tidak ada sinyal sama sekali. Anda hal meneliti provider seluler mana yang sangat tepat termasuk paket data yang sangat hemat dengan tambahan bonus sana-sini yang akan memberikan kenyamanan untuk perjalanan mudik nanti. Tentu saja provider seluler harus mempunyai komitmen tinggi terhadap kepuasan pelanggan dengan paket yang mereka sediakan pastinya di musim mudik nanti.

#9. MEMPERSIAPKAN OLEH-OLEH UNTUK KELUARGA BESAR.
Sebagai anak rantau tentu saja anda tidak akan lupa menyiapkan oleh-oleh khusus untuk orang tua dan keluarga besar lainnya di kampung halaman. Oleh-oleh yang kami maksud adalah seperti kain sarung atau baju koko saat melakukan sholat Ied nanti. Memang buah tangan seperti ini sudah menjadi kebutuhan primer saat sekarang karena dengan memberi hadiah seperti ini dapat mengikat tali persaudaraan dan tali silaturahmi menjadi lebih erat. Jadi, anda yang ingin memberi oleh-oleh sedini mungkin harus mencatat siapa saja yang akan pasti menerima supaya saat berada di kampung halaman tidak bingung lagi.

#10. BAWA BARANG SECUKUPNYA SAAT PERJALANAN MUDIK NANTI.
Saat anda menggunakan transportasi publik seperti bus atau pesawat udara sebaiknya membawa barang yang secukupnya saat perjalanan mudik nanti. Sekarang ini telah ditetapkan maksimum barang yang diperbolehkan untuk masing-masing jenis transportasi ini telah ditetapkan. Apabila lebih dari ketentuan tentu saja anda akan dibebankan biaya tambahan sehingga biaya perjalanan anda menjadi naik dan akan mempertinggi budget perjalanan nanti. Selalu pelajari ketentuan ini agar anda mengetahui berapa maksimal barang yang diperbolehkan saat menggunakan transportasi yang anda pilih nanti.

0 Response to "Persiapan Mudik Pulang Kampung Lebaran Idul Fitri: Lebih Awal Lebih Baik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel